4 Lifehack Pada Komputer untuk Mencegah Mata Lelah, Cocok Buat Pejuang Side Hustle

Jum'at, 18 Maret 2022 20:59 Penulis: Jeffrey Winanda
4 Lifehack Pada Komputer untuk Mencegah Mata Lelah, Cocok Buat Pejuang Side Hustle
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Nggak cuma untuk aktivitas wajib harian, komputer kini juga menjadi tools wajib buat para pejuang side hustle dan hobi lainnya. Namun, nggak jarang terlalu lama menghadap layar komputer atau laptop membuat kondisi pengelihatan menjadi bermasalah.

Bisa nggak sih mengatur komputer untuk mencegah terjadinya mata lelah? Bisa banget. Kamu bisa menggunakan lifehack ini agar produktivitasmu di depan komputer bisa tetap maksimal tanpa harus mengalami mata lelah.

Pusatkan Sudut antara Mata dan Layar Komputer

Kenyamanan posisi menjadi kunci dalam menghadap komputer untuk kurun waktu lama. Kamu bisa mengatur posisi duduk yang disesuaikan berdasarkan meja.

Satu lagi yang tak boleh terlewat adalah memastikan layar komputer membentuk sudut 10-15 derajat di bawah mata. Kamu bisa melakukan berbagai trik agar sudut ini bisa membuatmu nyaman dalam menatap layar.

Beri Jarak antara Mata dan Layar Komputer

Selain sudut yang pas, penting untuk mengatur jarak antara mata dan layar komputer. Posisi mata yang terlalu dekat dengan layar akan berimbas pada kondisi kesehatan mata.

Idealnya, jarak yang ideal antara permukaan layar dan mata adalah 60-65 cm. Patokan lain yang bisa digunakan adalah seukuran panjang lengan antara layar dengan posisi matamu.

Beri Jeda dan Istirahat Sejenak dalam Menghadap Komputer

Wrok hard, rest hard. Kerja keras boleh, tapi jangan lupa istirahat ya Klovers!

Beri jeda ketika diharuskan menghadap komputer dalam waktu yang lama. Idealnya, berhentilah 15 menit ketiak kamu sudah menatap layar selama 2 jam. Cara ini efektif untuk membuatmu terhindar dari gangguan mata lelah sekaligus menjaga produktivitas tetap optimal.

Jangan Menatap Layar Komputer dalam Kondisi Ruangan Minim Cahaya

Baik cahaya yang terlalu terang atau terlalu redup, hal ini bisa mempercepat mata lelah. Hal ini disebabkan adanya ketidakstabilan cahaya yang membuat mata menjadi bekerja ekstra keras.

Oleh sebab itu, penting untuk mengatur pencahayaan di ruang kerjamu. Meski terkesan sepele, cara ini efektif untuk membuat mata tetap segar sekaligus meningkatkan produktivitas saat berjuang di tengah kesibukan.

Selain pengaturan komputer, penting untuk memposisikan tempat duduk senyaman mungkin selama bekerja. Satu lagi item yang kamu butuhkan adalah kursi komputer yang nyaman dan bikin kamu betah duduk berlama lama. Temukan segera di marketplace kesayanganmu, mumpung lagi banyak diskon lho!

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI