Ganggu Penampilan, Ini 8 Kondisi yang Membuat Mata Tampak Lelah

Kamis, 05 November 2020 11:11 Penulis: Puput Saputro
Ganggu Penampilan, Ini 8 Kondisi yang Membuat Mata Tampak Lelah
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mata bukan saja berfungsi sebagai indera penglihatan. Mata juga jadi salah satu bagian wajah yang menunjang penampilan. Seharian penuh, kita menggunakan mata untuk sekadar melihat atau mengerjakan suatu pekerjaan. Akibatnya, mata sering kali terlihat dan terasa lelah. Namun, tanpa disadari ternyata ada beberapa kondisi yang membuat mata tampak lelah.

Saat lelah, mata akan terlihat sayu, tidak bersinar, dan tampak seperti mengantuk. Selain itu, mata lelah juga sering kali disertai dengan munculnya kantung mata atau mata panda. Hal ini tentu akan sangat mengganggu penampilan. Namun jangan khawatir kalian bisa mencegah mata lelah, dengan menghindari kondisi-kondisi tertentu penyebab mata terlihat lelah. Apa sajakah itu?

Disadur dari merdeka.com, berikut beberapa kondisi yang membuat mata tampak lelah.

 

1. Dehidrasi

Dehidrasi terjadi saat kita kekurangan asupan cairan. Seperti yang kita tahu, dehidrasi bisa menyebabkan berbagai masalah seperti lemas, pusing, hingga pingsan. Namun, ternyata dehidrasi juga bisa sebabkan mata terlihat lelah. Hal ini dikarenakan, saat dehidrasi volume darah akan menurun. Hal ini akan berimbas pada jantung yang bekerja secara tidak efisien. Akibatnya, tubuh akan terasa lebih lelah.

 

2. Alergi

Ada banyak reaksi alergi, ternyata salah satunya bisa menyebabkan mata terlihat lelah. Ya, alergi juga bisa menjadi salah satu kondisi yang membuat mata tampak lelah. Saat alergi kambuh, tubuh melepaskan histamine kimia, akibatnya pembuluh darah akan melebar. Hal ini kemudian berdampak meningkatnya aliran darah di bawah mata. Selanjutnya, bisa timbul rasa gatal yang berdampak bengkak, menumpuknya cairan bawah mata, sehingga muncul mata panda.

 

3. Terlalu Lama Menatap Komputer

Terlalu lama bekerja di depan komputer selama ini dikenal jadi salah satu kondisi yang bisa membuat mata tampak lelah. Terlebih, jika kalian melakukannya tanpa mengenakan kacamata antiradiasi. Memandang layar komputer terlalu lama bisa membuat pembuluh darah di mata melebar, kemudian memunculkan lingkaran hitam dan mata lelah.

 

4. Faktor Usia

Mata yang terlihat lelah ternyata juga bisa disebabkan karena faktor usia. Saat usia semakin menua, secara alami kulit akan kehilangan elastisitas. Akibatnya, produksi kolagen menurun, membuat kulit terlihat lebih tipis dan tidak elastis. Kondisi ini lantas membuat pembuluh darah bisa jadi lebih terlihat, ditandai dengan munculnya lingkaran hitam.

 

5. Makanan Asin

Selain usia, ternyata makanan yang dikonsumsi juga bisa jadi penyebab mata terlihat lelah. Untuk menghindari mata terlihat lelah, sebaiknya jauhi makanan yang bercita rasa asin. Sebab kandungan garam bisa mengakibatkan retensi cairan di kantung mata. Jadi, sebaiknya kurangi konsumsi garam, tingkatkan asupan air, serta tidur dengan kondisi batal tinggi.

 

6. Faktor Genetik

Faktor genetik juga bisa jadi kondisi yang membuat mata tampak lelah. Beberapa orang terlahir dengan struktur tulang yang membuat mata tampak lelah. Hal ini lantaran struktur tulang akan sangat berpengaruh terhadap cekungan cekungan di mata, serta warna kulit di area cekungan tersebut. Sehingga, area cekungan mata sering terlihat berwujud lingkaran hitam.

 

7. Pigmen Mata yang Terlalu Banyak

Selain struktur kulit, beberapa orang juga mempunyai pigmen mata yang terlalu banyak. Hal ini pada akhirnya juga membuat kulit di sekitar mata tampak menghitam. Sehingga, mata tampak seperti kelelahan.

 

8. Pembuluh Vena Menonjol

Di samping faktor pigmen dan struktur tulang, lingkaran hitam di area mata juga bisa disebabkan pembuluh vena di bawah mata yang teroksidasi. Pasalnya, kulit di sekitar mata tergolong tipis. Dengan begitu, lingkaran hitam kebiruan bisa dengan sangat mudah terlihat. Khususnya, pada pagi hari saat kita bangun tidur. Hal ini dikarenakan cairan yang tertahan sepanjang malam.

Itulah di antaranya beberapa kondisi yang membuat mata tampak lelah. Hindari dan cegah agar mata tetap sehat dan terlihat segar. Semoga bermanfaat!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI