4 Penyebab Console Game Kesayangan sering Overheat, Dari Software Hingga Sirkulasi Udara

Kamis, 16 Juni 2022 14:15 Penulis: Jeffrey Winanda
4 Penyebab Console Game Kesayangan sering Overheat, Dari Software Hingga Sirkulasi Udara
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Bukan gamer sejati namanya kalau nggak menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game di depan layar. Salah satu device andalan untuk bermain game tentu saja adalah console.

Console generasi terbaru yang sudah mengusung resolusi 4K serta kartu grafis kelas dewa sendiri menjanjikan gaming experience yang semakin optimal melalui gameplay serta display menawan. Namun, console generasi terbaru juga bisa mengalami masalah lho.

Salah satu masalah klasik yang dialami oleh console game adalah overheat atau panas berlebih. Hal ini jangan diremehkan, KLovers sebab overheat bisa membuat console menjadi rentan mengalami kerusakan. Lantas, apa saja sih penyebab console game menjadi overheat.

1. Software yang Sudah Out of Date

Sama seperti smartphone serta komputer, gaming console generasi terbaru juga memiliki software yang perlu diperbaharui secara berkala. Hal ini tentunya diperlukan mengingat sederet fitur baik online maupun offline perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas game yang berjalan.

Namun, software yang jarang diperbaharui bisa memicu console menjadi overheat. Sistem yang semestinya sudah out of date akan menimbulkan panas berlebih ketika menjalankan perintah yang memerlukan requirements paling aktual. Maka nggak heran jika hal ini memicu console kesayanganmu menjadi panas secara berlebihan.

2. Penggunaan Console yang Terlalu Lama

Bukan hanya manusia, console juga bisa mengalami overworked lho. Meski console generasi terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi mutakhir, tetap saja penggunaan berlebihan justru membuat kinerjanya semakin berat.

Idealnya, gaming console generasi terbaru memerlukan waktu penggunaan maksimal 5 jam. Setelah durasi tersebut, sebaiknya console dimatikan dan membiarkannya istirahat sebelum bisa digunakan kembali beberapa waktu berselang.

3. Sirkulasi Udara yang Kurang Baik

Bukan hanya kipas internal serta ventilasi yang tersemat di dalam console saja yang memicu terjadinya peningkatan suhu. Namun sirkulasi udara di ruangan yang ditempati juga memegang peranan penting. Sirkulasi udara bisa mempengaruhi suhu di dalam console game, terlebih jika ruangan yang digunakan nggak dilengkapi dengan AC atau kipas angin.

4. Debu dan Kotoran yang Masuk ke Dalam mesin

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, debu bisa saja masuk ke dalam console melalui sela-sela ventilasi dan menumpuk di dalamnya. Jika dibiarkan tanpa dibersihkan, debu-debu ini akan semakin menumpuk serta menimbulkan berbagai kerusakan termasuk panas berlebih atau overheating.

Nah sekarang sudah tahu kan penyebab console kesayangan menjadi overheat? Sekarang kamu bisa memainkan game kesayanganmu secara maksimal dan tanpa gangguan.

Agar gaming experience semakin paripurna, siapkan camilan dan minuman segar untuk menemanimu dalam berpetualang di dunia virtual ya.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI