4 Rekomendasi Destinasi Wisata di Bali yang Enggak Cuma Seru tapi Juga Edukatif, Cocok Dieksplorasi Bareng Bestie

Rabu, 13 Juli 2022 18:32 Penulis: Jeffrey Winanda
4 Rekomendasi Destinasi Wisata di Bali yang Enggak Cuma Seru tapi Juga Edukatif, Cocok Dieksplorasi Bareng Bestie
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Mengagendakan liburan bareng bestie memang wajib banget dilakukan untuk melepas stres di sela padatnya aktivitas. Short escape di tempat yang nyaman dan menyenangkan bisa dilakukan dengan mengajak bestie untuk menambah keseruan selama berlibur.

Bali menjadi pilihan tempat yang enggak pernah ada habisnya buat dieksplorasi. Enggak cuma pantai, ada banyak spot seru sekaligus edukatif di Bali untuk dijelajahi.

Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan inspirasi destinasi wisata #DiIndonesiaAja secara mendalam dengan mengikuti akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesona.indonesia. Enggak cuma itu, kamu juga bisa menyimak program Ngantri (Ngobrol Bareng Mas Menteri) via Instagram Live di akun @pesona.indonesia. Program ini berlangsung setiap akhir pekan, jadi jangan sampai ketinggalan, ya!

Nah, yuk intip rekomendasi destinasi wisata yang seru dan edukatif di Bali!

Monumen Bajra Sandhi

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Enggak jauh-jauh dari sederet tempat ikonik di Denpasar, terdapat Monumen Bajra Sandhi yang penuh akan nilai historis dan estetika di sekitarnya. Monumen Bajra Sandhi menggambarkan adat istiadat dan perjuangan masyarakat Bali di masa lalu.

Corak dan ambience khas Bali menjadi visual pembuka yang menyambut para pengunjung. Di sini, kamu akan menemukan cerita para pejuang di masa lalu dengan sederet diorama estetik yang membuat pengunjung terhibur tapi sekaligus mempelajari nilai historis.

Selain aspek historis, kamu juga bisa menemukan spot foto menarik untuk dieksplorasi. Bahkan, lansekap yang didominasi warna hijau berkat pepohonan dan rerumputan di Monumen Bajra Sandhi juga ampuh untuk menyegarkan pikiran.

Bali Safari & Marine Park

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Sesuai namanya, deretan satwa dari berbagai belahan dunia bisa ditemukan di Bali Safari & Marine Park. Tempat ini sekaligus menjadi konservasi binatang yang dilindungi seperti Jalak Bali, Orangutan, dan Komodo.

Menariknya, Bali Safari & Marine Park juga bisa dikunjungi pada malam hari sehingga kamu bisa melihat eksotisme dari berbagai spot menarik termasuk aktivitas para satwa setelah terbenamnya matahari.

Terdapat pula paket menarik seperti Jungle Hopper Package, 4×4 Safari, Breakfast with the lions, Agung Show, dan paket menarik lainnya. Kamu juga bisa menginap di sekitar area Bali Safari & Marine Park yang juga menyediakan berbagai tipe kamar sesuai pilihanmu.

Taman Nasional Bali Barat

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Eksotisme yang dimiliki Bali Enggak cuma pantai saja, lho! Seperti Taman Nasional Bali Barat yang terletak di Pulau Menjangan, Kabupaten Jembrana ini.

Taman Nasional Bali Barat menyimpan kekayaan alam yang luar biasa serta keanekaragaman hayati di lingkungan tropisnya. Enggak tanggung-tanggung, pada tahun 2018 lalu Taman Nasional Bali Barat juga berhasil masuk dalam daftar 'Best Top 100 Destination' di Belin, Jerman.

Kebun Raya Eka Karya

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Short escape sejenak dari ingar bingar kota besar dengan segala kemacetannya, Kebun Raya Eka Karya menjadi spot yang tepat untukmu. Terletak di kawasan Bedugul, Kebun Raya Eka Karya berisi banyak spesies flora dan fauna yang menarik.

Destinasi wisata berbasis alam seperti ini tentunya sangat cocok untuk healing. Kebun Raya Eka Karya juga berada dalam pengawasan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Enggak cuma healing dan berburu insight baru di destinasi wisata edukatif, kamu juga bisa menerapkan sustainable tourism alias menciptakan dampak positif terhadap lingkungan hingga perekonomian dengan cara memanfaatkan transportasi umum, #BeliKreatifLokal yang ramah lingkungan, dan mengunjungi destinasi yang dikelola oleh masyarakat.

Hal ini tentu saja berbanding lurus dengan upaya pemerintah dalam pengelolaan UMKM agar bisa naik kelas yang kemudian berdampak pada tingginya minat wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

“UMKM harus naik kelas, ini merupakan salah satu bagian upaya kita bersama Presiden Jokowi dalam membangun transisi menuju ekonomi baru, dengan melibatkan serta memberdayakan masyarakat,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Cukup #DiIndonesiaAja kamu bisa healing hingga mendapatkan insight baru dengan mengunjungi deretan destinasi wisata edukatif seperti yang ada di Bali. Namun, jangan sampai lupa untuk berwisata secara bijak dan penuh tanggung jawab dengan cara menghargai kearifan lokal serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selalu gunakan masker dan rutin mencuci tangan demi kenyamanan bersama, ya!

Happy traveling, KLovers!

(jef)

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI