4 Senyawa Kebahagiaan yang Bikin Hidupmu Bebas Drama

Sabtu, 24 Juli 2021 10:00 Penulis: Iwan Tantomi
4 Senyawa Kebahagiaan yang Bikin Hidupmu Bebas Drama
credit via shutterstock

Kapanlagi Plus - Jalanan macet, koneksi internet WFH yang nggak stabil, hingga duit habis sebelum gajian tiba memang jadi hal nggak terduga yang bikin hidup penuh drama. Lebih menyebalkannya lagi, drama ini nggak terjadi sekali, tetapi bisa berlangsung berulang kali. Nggak heran jika stres pun kerap mendera selama kegiatan banyak dilakukan di rumah saja seperti sekarang ini.

Namun, tahu nggak sih kalau ternyata ada senyawa kebahagiaan yang bisa bikin hidupmu bebas drama? Keempat senyawa kebahagiaan ini merupakan hormone dalam tubuh yang bisa membuat mental tetap sehat terutama di masa pandemi saat ini.

Serotonin

credit via shutterstockcredit via shutterstock

Hormon ini sebenarnya berperan sebagai neurotransmiter atau pengantar sinyal antar jaringan saraf, tetapi juga berperan mengatur suasana hati. Lebih lanjut, serotonin juga dapat membantu tidur jadi lebih berkualitas, nafsu makan meningkat, mengatur pencernaan agar berfungsi dengan baik, meningkatkan fokus dan kemampuan belajar, sekaligus membuat memori bertahan lebih lama. Serotonin bisa didapatkan dengan sering berjemur di pagi hari, meditasi serta melihat keindahan alam, agar membuat mood lebih stabil.

Oksitosin

credit via shutterstockcredit via shutterstock

Sering juga disebut hormon cinta, oksitosin dapat membantu meningkatkan kepercayaan, empati serta ikatan dalam hubungan, baik bersama pasangan maupun keluarga. Oksitosin bisa didapatkan lewat curhat dengan sahabat, sentuhan fisik seperti pelukan dengan keluarga, dan melakukan kebaikan, misalnya kirim uang buat keponakan di kampung lewat fitur Kirim Uang dari DANA.

Fitur ini membuat siapapun jadi bebas gaptek, sebab bisa kirim uang ke mana saja dan siapa saja. Kamu juga bebas memilih saldo kirim uang, bisa dari Saldo DANA atau Kartu Debit yang tersimpan. Hasilnya, kirim uang antar bank juga jadi gampang, sudah gitu gratis biaya admin lagi. Hati pun bisa lebih bahagia karena bisa terus menebar cinta dengan berbagi kepada saudara dan kerabat yang terpisah jauh jaraknya.

Endorfin

credit via shutterstockcredit via shutterstock

Selanjutnya ada endorfin yang berperan sebagai hormon pereda nyeri alami dalam tubuh. Hormon ini diproduksi tubuh sebagai respon terhadap stres atau rasa ketidaknyamanan yang terjadi, seperti akibat terlalu lama di rumah saja selama pandemi ini. Menariknya, kadar endorfin ini bisa ditingkatkan dengan melakukan berbagai aktivitas yang bisa membuatmu merasa lebih puas.

Misalnya saja berolahraga, nonton video yang bisa bikin kamu tertawa, serta mendengarkan musik di platform musik kekinian macam Spotify. Biar kebahagiaan nggak terganggu akibat iklan yang muncul, pastikan mendengarkan musik terbaik dari artis kesayangan menggunakan akun Spotify Premium.

Sebab, kamu kini bisa bayar biaya berlangganan Spotify secara mudah lewat DANA. Begitu juga dengan pulsa dan paket data, juga bisa kamu beli lewat DANA, sehingga endorfin yang terbentuk lebih maksimal, tanpa perlu ada rasa kesal akibat kuota internet habis saat lagi asyik streaming beragam lagu favorit maupun aktivitas online lainnya.

Dopamin

credit via shutterstockcredit via shutterstock

Last but not least, ada dopamin yang kerap dijuluki sebagai hormon perasaan baik atau pembentuk sensasi menyenangkan. Selain sebagai hormon, dopamin juga berperan sebagai neurotransmiter yang merupakan bagian dari sistem penghargaan otak. Supaya tubuh bisa menghasilkan dopamin secara optimal, kamu perlu istirahat secara cukup, kemudian bisa didorong dengan mandi air hangat, hingga makan makan enak.

Urusan bebas gaptek beli makan merchant kuliner favorit, kamu bisa mengandalkan fitur SmartPay di aplikasi DANA, karena bisa menggabungkan Saldo DANA dan kartu bank tersimpan. Bisa cek fitur Nearby untuk mencari merchant DANA terdekat dari tempat tinggal kamu. Dari menu sarapan, makan siang, makan malam, camilan di waktu senggang, hingga kopi peneman WFH bisa kamu temukan di sana. Nggak jarang banyak promo dibagikan lho.

Makanya, jika hidup bisa bahagia dan #BebasDrama, kenapa harus dibikin ribet dan susah? Yuk, bangkitkan senyawa kebahagiaan tersebut dari sekarang.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI