80 Kata-Kata Bijak Ibu untuk Anaknya, Penuh Cinta dan Motivasi dalam Menjalani Hidup

Rabu, 21 Juli 2021 12:25 Penulis: Anik Setiyaningrum
80 Kata-Kata Bijak Ibu untuk Anaknya, Penuh Cinta dan Motivasi dalam Menjalani Hidup
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Biasanya, hubungan antara ibu dan anak terkesan lebih intim dalam keluarga. Namun terkadang, ada juga anak yang lebih nyaman untuk terbuka dengan ayah atau kakek dan nenek sebagai orang tua di dalam rumah. Jika kalian seorang ibu yang berada dalam situasi seperti itu, wajar jika merasa khawatir karena tak bisa menyampaikan kata-kata bijak ibu untuk anaknya.

Walaupun begitu, kemungkinan kalian untuk mendekatkan diri kepada anak belum tertutup. Barangkali, selama ini kalian sibuk bekerja atau memang kurang bisa berkomunikasi dengan baik saat berhadapan dengan anak. Hal tersebut bisa terjadi jika kalian tidak biasa menerapkan pola komunikasi baik untuk mencapai sebuah keintiman.

Banyak solusi yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya yaitu, perbaiki pola komunikasi dengan memasukkan kata-kata bijak ibu yang mungkin selama ini hanya tertahan di bibir kalian. Namun, jika kalian memang belum bisa merangkai kalimatnya, langsung saja simak kata-kata bijak ibu yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

 

 

1. Kata-Kata Bijak Ibu untuk Anaknya

Sebagai seorang ibu, tentu kalian merasa berhak turut sedih ketika anak ditimpa masalah. Perasaan itu bisa kalian utarakan melalui kata-kata bijak ibu sebagai bentuk simpati, seperti kutipan berikut ini.

1. "Cinta orang tua kepada anak adalah cinta yang seharusnya diteladani. Ia banyak memberi tanpa harus meminta balasan."

2. "Orang tua adalah tempat berlindung seorang anak. Jika sang anak sudah tak merasa aman lagi di sana maka kau harus belajar menjadi orang tua lagi."

3. "Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimpi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik."

4. "Keberhasilan itu bukan hanya saat kalian bisa mencapai apa yang kalian inginkan tapi saat kalian bisa melihat senyum orangtua kalian karena keinginan yang bisa kalian capai."

5. "Kedua orangtuamu adalah malaikat yang selalu menyembunyikan sayapnya untuk melindungimu."

6. "Seberat apa pun masalah yang ibu hadapi, tidak ada halangan yang bisa menghentikan kasih ibu pada anaknya."

7. "Kasih sayang seorang ibu tidak ada batasnya."

8. "Hanya seorang ibu yang bisa memahami seperti apa keadaan anak-anaknya."

9. "Orang tua adalah seorang manusia ia bisa juga salah, karenanya ia harus terus menerus berbenah."

10. "Semakin berat masalahmu, semakin kuat dirimu. Dan itulah yang membuat dirimu semakin baik."

 

 

2. Kata-Kata Bijak Ibu yang Penuh Cinta

Rasa cinta memang tak selalu mudah disampaikan, termasuk rasa cinta seorang ibu kepada anaknya. Dengan membaca kata-kata bijak ibu berikut ini, mungkin bisa sedikit mengatasi hubungan kalian yang kaku untuk kemudian terbiasa mengutarakan perasaan cinta.

11. "Jika dia mencintaimu, dia akan bersabar dengan kekuranganmu, sebagaimana engkau bersabar dengan kekurangannya."

12. "Sepintar apapun kamu ibu tetap akan bilang 'Jangan pernah berhenti mendengarkan nasehat' karena hati akan buta jika kehilangan nasihat."

13. "Pada kehidupan yang fana ini, kau tak perlu mempertahankan sesuatu dengan mati matian kecuali kemanusiaan."

14. "Sesibuk apapun dirimu, jangan pernah melupakan Allah."

15. "Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimpi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik."

16. "Ketika seorang ibu menangis, percayalah, hatinya sudah sangat terluka. Dan percayalah, dia tidak sedikitpun membencimu."

17. "Saat kamu tidak mau menerima pendapat orangtuamu mereka hanya diam dan berdoa yang terbaik untukmu, tapi saat mereka yang tidak bisa menerima pendapatmu kemarahan yang kamu berikan pada mereka."

18. "Kebahagiaanmu adalah kebahagiaan mama."

19. "Kita hidup memang membutuhkan uang. Tetapi uang bukanlah segalanya dalam hidup."

20. "Mama tahu kamu sakit ketika mama menghukummu, tapi tahukah sakit yang mama rasakan?"

21. "Jangan terlalu mengharapkan keberuntungan, karena keberuntungan tidak akan datang kepada orang yang tidak mau berusaha."

22. "Teruslah tersenyum, karena hidup itu indah dan ada banyak hal yang bisa disyukuri." - Marilyn Monroe

23. "Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki; kamu akan berakhir dengan memiliki lebih banyak. Jika kamu berkonsentrasi pada apa yang tidak Anda miliki, kamu tidak akan pernah memiliki cukup." - Oprah Winfrey

24. "Setiap anak adalah seorang seniman. Masalahnya sekarang bagaimana tetap menjadi seorang seniman ketika kita tumbuh dewasa." - Pablo Picasso

25. "Jangan pernah mengeluh kepada Tuhanmu, sesungguhnya apa yang Tuhanmu kehendaki itu yang terbaik untukmu."

 

 

3. Kata-Kata Bijak Ibu Penuh Motivasi Kehidupan

Kehidupan punya sisi menyakitkan tersendiri bagi anak maupun orang dewasa. Ketika anak kalian sudah beranjak dewasa, kalian perlu untuk menyampaikan kata-kata bijak ibu untuk memotivasi seperti kutipan berikut ini.

26. "Jangan pernah mengeluh ketika kehidupan dilanda musibah, karena dengan musibah tersebut kita bisa belajar apa kuat dari cobaan."

27. "Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimpi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik."

28. "Sesulit apapun masalah yang kamu hadapi cobalah untuk selalu sabar menghadapinya, karena dengan kesabaran masalah apapun akan mudah diselesaikan."

29. "Siapapun yang menjadikan Allah hanya Tuhan kita satu-satunya, maka kita takkan pernah terjebak dalam rasa kecewa dan kegelisahan."

30. "Di kala kamu merasakan kesedihan yang luar biasa, maka sholatlah dan beribadah maka Allah akan memberikan keindahan padamu di suatu hari nanti."

31. "Jangan pernah mengeluh ketika kehidupan dilanda musibah, karena dengan musibah tersebut kita bisa belajar apa kuat dari cobaan."

32. "Ibu diam ketika kamu mengeluh bukan karena tak perhatian, tapi tetap memantau, memberimu kesempatan untuk kamu terus tumbuh dan belajar menemukan jalan keluar"

33. "Siapapun yang menjadikan Allah hanya Tuhan kita satu-satunya, maka kita takkan pernah terjebak dalam rasa kecewa dan kegelisahan."

34. "Orangtuamu tidak pernah ingin kamu menjadi seperti mereka tapi mereka ingin kamu menjadi lebih baik dari mereka."

35. "Tetapkan tujuan, tantang diri kamu dan capai tujuan tersebut. Hiduplah dengan sehat dan hitunglah setiap waktu yang kamu miliki. Bangkitlah mengatasi rintangan dan fokus pada yang positif." - Robbert H. Goddard

36. "Kia seharusnya tidak menunggu orang lain datang dan mengangkat suara kita. Kita harus melakukannya sendiri. Kita harus percata pada diri kita sendiri." - Malala Yousafzai

37. "Orang-orang tidak ingin melihat wanita melakukan hal-hal yang menurut mereka tidak boleh dilakukan wanita." - Joan Jett

38. "Kamu boleh berteriak, kamu boleh menangis, tapi jangan pernah menyerah." - Jeun jungkook SUGUS

39. "Hidup ini tidak mudah bagi kita semua. Tapi bagaimana dengan itu? Kita harus memiliki ketekunan dan yang terutama percaya diri. Kita harus percaya kita berbakat untuk sesuatu." - Marie Curie

 

 

 

4. Kata-Kata Bijak Ibu untuk Anaknya Menyentuh Hati

Setiap kata bijak yang keluar dari mulut ibu selalu terdengar lembut dan menyentuh. Tak heran, setiap nasihat bijak tersebut akan terus terkenang dan membekas di hati seorang anak hingga dia tumbuh dewasa. Berikut kata-kata bijak ibu untuk anaknya yang mampu menyentuh hati.

40. "Saat semua orang menghina dan menjauhimu karena kekalahanmu, tapi saat itu ibumu tidak pernah menjauh atau pun malu untuk tetap bersamamu."

41. "Hati seorang ibu adalah ruang kelas tempat anaknya belajar." - Henry Ward Beecher

42. "Ibu tiri tidak sejahat yang tergambar di sinetron." - Arumi E

43. "Siapapun yang menjadikan Allah hanya Tuhan kita satu-satunya, maka kita takakn pernah terjebak dalam rasa kecewa dan kegelisahan."

44. "Mungkin kamu kini mengacuhkan perkataan orangtua, namun suatu hari kamu menyadari, pesan mereka yang membawamu dalam kesuksesan."

45. "Hidup hanya sekali, manfaatkan untuk melakukan kebaikan."

46. "Jangan pernah menoleh ke belakang jika itu hanya membuat mu mengulangi kesalahan, cobalah menoleh ke depan dan membuka lembar baru yang lebih baik."

47. "Cinta orangtua kepada anak adalah cinta yang seharusnya diteladani. Ia banyak memberi tanpa harus meminta balasan."

48. "Kasih sayang orang tua banyak wujudnya. Hargai dan pahami setiap maksud mereka."

49. "Cobalah untuk tidak menjadi orang sukses, melainkan mencoba menjadi orang yang berharga." - Albert Einstein

50. "Hidup ini adalah pilihan yang kamu putuskan. Jika kamu tak ingin terlihat bodoh, jangan lakukan hal yang bodoh."

51. "Sesama manusia kita janganlah saling dendam karena Allah akan menjauhkan keberkahan dan pahala pada kita."

52. "Di kala kamu merasakan kesedihan yang luar biasa, maka shalatlah dan beribadah maka Allah akan memberikan keindahan padamu disuatu hari nanti."

53. "Ingatlah, apapun kesalahan yang kamu perbuat di hari yang lampau. Semua akan berlalu dan kamu harus memperbaiki kesalahanmu tersebut, semoaga semua kebaikan yang kamu lakukan menjadi berkah dan rahmat bagi orang yang ada disekitarmu."

54. "Selalu mencoba menyemangatkan pagi, bahkan ayah pun selalu tampak bersemangat, walau hidup terasa berat."

55. "Saat jalan yang dilalui kian berliku, maka beristirahatlah sebentar. Tenangkan pikiran dan temukan jalan keluarnya."

56. "Masalah itu pasti ada. Di sini kamu menjadi belajar, bagaimana menyikapi dan menyelesaikan secara baik."

57. "Jagalah pergaulan dari pergaulan yang bebas, karena harga diri kau akan terlihat tidak sopan."

58. "Sebuah nasihat ayah adalah wujud kepeduliannya kepada kita anaknya."

59. "Maafkan aku karena tidak bisa seperti ayah teman-temanmu, tapi aku berjanji untuk memberimu segala yang terbaik yang bisa aku berikan sebelum aku 'pergi'."

5. Kata-Kata Bijak Ibu untuk Anaknya yang Penuh Makna

Tak saja menyentuh, kata-kata tulus berisi nasihat dari ibu juga begitu bermakna. Darinya, seorang anak bisa belajar banyak hal khususnya terkait kebijaksanaan dalam hidup. Berikut kata-kata bijak ibu untuk anaknya yang penuh makna.

60. "Hari ini kita tidak mengenal kata menyerah agar hari esok kita bisa menikmati kesuksesan."

61. "Menjadi panutan bukan tugas anak sulung kepada adik-adiknya, tapi tugas orang tua kepada semua anaknya."

62. "Kau harus kuat karena kaulah yang akan menggantikanku menjaga ibumu saat aku telah tiada nanti."

63. "Kita boleh berharap, tapi tidak bermimpi kosong, cobalah untuk menjadikannya nyata nak, walau tidak sempurna."

64. "Tak ada yang kekal di dunia ini nak, termasuk juga masalahmu nak. Bersabarlah…semua akan indah pada waktunya."

65. "Ibu yang sangat mencintaimu mendengar apa yang kamu katakan bahkan memahami apa yang belum engkau katakan."

66. "Jangan pernah menoleh kebelakang jika itu hanya membuat mu mengulangi kesalahan, cobalah menoleh ke depan dan membuka lembar baru yang lebih baik."

67. "Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Tapi pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali." - Akio Morit

68. "Janganlah sampai kita melupakan Tuhan di kala kita senang, maka di waktu sulitmu Tuhan akan mempermudah jalannya."

69. "Meraih kesuksesan besar adalah bukti bagi semua orang lain bahwa bisa mencapainya juga." - Abraham Lincoln

70. "Mimpi tidak pernah menyakiti siapapun jika kamu terus bekerja tepat di belakang mimpi itu untuk mewujudkannya semaksimal mungkin." - F. W. Woolworth

71. "Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimipi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik."

72. "Tak ada manusia yang menyayangimu melebihi ibu kamu. Dan dia tetap rela menyayangimu meskipun bukan ia yang paling kamu sayangi."

73. "Walau mustahil menjadi ibu yang sempurna, namun seorang ibu pasti berusaha untuk menjadi ibu terbaik bagi anak-anaknya."

74. Sepintar apapun kamu ibu tetap akan bilang 'Jangan pernah berhenti mendengarkan nasehat' karena hati akan buta jika kehilangan nasehat."

75. "Seorang juara hanyalah seseorang yang tidak menyerah saat menginginkannya." - Tom Landry

76. "Seberat apa pun masalah yang ibu hadapi, tidak ada halangan yang bisa menghentikan kasih ibu pada anaknya."

77. "Ayah memang beda dari seorang ibu, namun ayah dan ibu selalu berusaha menjagamu."

78. "Tak ada yang kekal di dunia ini nak, termasuk juga masalahmu nak. Bersabarlah…semua akan indah pada waktunya."

79. "Mimpi tidak pernah menyakiti siapapun jika kamu terus bekerja tepat di belakang mimpi itu untuk mewujudkannya semaksimal mungkin." - F. W. Woolworth

80. "Saat hidupmu bahagia, ibumu tidak pernah memintamu untuk membagi kebahagiaan mu kepadanya, tapi saat kamu terluka ibumu selalu datang untuk menerima bagian dari luka mu."

KLovers, itulah kata-kata bijak ibu yang bisa kalian baca sebagai sumber inspirasi untuk mengutarakan perasaan kepada anak. Selain itu, kalian juga bisa langsung mengutipnya sebagai nasihat ketika anak berada dalam masalah.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI