50 Kata-Kata Mutiara Tentang Ibu yang Bijak, Menyentuh Hati dan Bikin Terharu

Kamis, 08 April 2021 11:33 Penulis: Anik Setiyaningrum
50 Kata-Kata Mutiara Tentang Ibu yang Bijak, Menyentuh Hati dan Bikin Terharu
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Memang benar kata penyair D. Zawawi Imron dalam puisinya, jika ditanya nama pahlawan, nama ibu yang perlu disebut paling dahulu. Kekuatan seorang ibu yang sudah mempertahankan janin dan melahirkannya perlu diberi tepuk tangan paling riuh. Tak hanya itu, jika kalian menyampaikan kata-kata mutiara tentang ibu sebanyak apapun, rasanya tetap tak akan cukup.

Jasa ibu memang tak sebanding jika hanya dibalas dengan kata-kata mutiara tentang ibu. Namun, apa lagi yang bisa kalian lakukan sebagai seorang anak? Ya, menyayanginya, berbakti, dan membahagiakannya dengan setulus hati.

Kata-kata mutiara tentang ibu juga boleh sesekali diucapkan pada hari-hari tertentu seperti hari ulang tahunnya atau saat hari perempuan. Jika kalian merasa tak pandai merangkai kata-kata mutiara tentang ibu, tak usah khawatir. Langsung saja, simak kata-kata mutiara tentang ibu yang dilansir dari bola.com berikut ini.

 

1. Kata-Kata Mutiara Tentang Ibu yang Bijak

Sepertinya, kalian tak perlu lagi mencari sosok bijaksana terlalu jauh di luar rumah. Sebab, ibu kalian sebenarnya merupakan sosok bijak yang mungkin tak terlihat oleh mata. Aktivitasnya sehari-hari mungkin terlihat biasa atau justru cenderung lebih cerewet dari orang lain, tapi mereka tetap paling pantas menerima ucapan berupa kata-kata mutiara tentang ibu lho, KLovers.

Berikut ini terdapat kata-kata mutiara tentang ibu yang bisa kalian ambil dan jadikan inspirasi untuk merangkai kata-kata versi kalian sendiri.

1. "Saat kamu melihat ibumu, kamu sedang melihat cinta paling murni yang pernah kamu tahu."

2. "Cinta ibu adalah kedamaian. Kita tidak perlu berjuang untuk mendapatkannya, kita juga tidak perlu melayakkan diri untuk memperolehnya."

3. "Terima kasih tuhan telah menitipkanku kepada malaikatmu yang kusebut ibu."

4. "Ibu yang sangat mencintaimu, mendengar apa yang kamu katakan bahkan memahami apa yang belum engkau katakan."

5. "Ibu adalah orang yang sangat hebat, yang nggak pernah lelah untuk membahagiakan anaknya."

6. "Ibu tak pernah lelah untuk merawat, membesarkan, dan membimbingku, tapi aku masih aja tanpa sengaja tak menghargai ketulusan ibu."

7. "Hati ibu itu sempurna, tak peduli berapa kali engkau menyakiti hatinya, dia selalu ada kata maaf untukmu."

8. "Ibu ajarilah aku bagaimana caranya untuk ikhlas dan selalu tersenyum, meski hati dalam terluka."

9. "Kasih sayang ibu sangat sempurna kepada anaknya dan sejahat apa pun engkau menyakitinya, tapi ibu tak pernah membencimu."

10. Ibu adalah ciptaan terindah karena di dunia yang egois ini, dia adalah satu-satunya yang selalu ingin melihatmu bahagia."

11. "Ibu telah menjadi pintu untukmu terlahir di dunia ini, ibu juga yang akan menjadi pintumu menuju surga. Maka jagalah dengan baik pintu itu."

12. "Hati seorang ibu adalah ruang kelas tempat anaknya belajar." - Henry Ward Beecher

13. "Cinta ibu adalah yang paling menenangkan. Ia tak banyak wujud dan meneduhkan seperti oase di padang panjang nan gersang."

14. "Walau mustahil menjadi ibu yang sempurna, seorang ibu pasti berusaha untuk menjadi ibu terbaik bagi anak-anaknya."

15. "Dan cinta ibu itu seperti kehidupan ini, tanpa perlu engkau minta, tanpa perlu engkau, ia pasti datang dengan sendiri."

 

2. Kata-Kata Mutiara Tentang Ibu yang Menyentuh Hati

Tentu saja hati ibu kalian telah tersentuh untuk kali pertama setelah melihat bayi yang baru saja lahir ke dunia. Namun, kesempatan untuk menyentuh hatinya masih banyak dan bisa kalian ulangi berkali-kali.

Selain melalui persembahan besar, kalian juga bisa menyentuh hatinya melalui kata-kata mutiara tentang ibu sebagai ucapan. Nah, berikut ini terdapat kata-kata mutiara tentang ibu yang bisa kalian ikuti.

16. "Hati ibu itu sempurna. Tak peduli berapa kali engkau menyakiti hatinya, ia selalu ada kata maaf untukmu."

17. "Ibu adalah ciptaan terindah karena di dunia yang egois ini, dia adalah satu-satunya yang selalu ingin melihatmu bahagia."

18. "Ibu tidak memaksa anaknya untuk mencintainya. Tapi, cinta ibu ke anaknya tanpa paksaan untuk selamanya."

19. "Seorang ibu sanggup memelihara 10 orang anak, tetapi 10 orang anak belum tentu dapat memelihara seorang ibu."

20. "Ibu, izinkan aku untuk memeluk hatimu agar aku dapat merasakan apa yang kau rasakan dari sakit yang tak menangis. Bidadari yang menyembunyikan sayapnya itu engkau, ibu."

21. "Pelukan seorang ibu bertahan lama meski dia telah melepasnya."

22. "Murni, teduh, dan lembut. Itulah hati terbaik yang pernah diciptakan Tuhan. Itu semua adalah hatimu, ibu."

23. "Ibu mengajarkanku untuk menjadi orang yang sabar."

24. "Hanya memberi, tak harap kembali. Bagai sang surya menyinari dunia."

25. "Saya mencintai ibu seperti pohon-pohon menyukai air dan sinar matahari. Dia membantu saya tumbuh, berkembang, dan mencapai tingkat yang tinggi."

26. "Hati seorang ibu adalah ruang kelas tempat anaknya belajar."

27. "Pernah kudengar orang kampung bilang: sebesar-besarnya ampun adalah yang diminta seorang anak dari ibunya, sebesar-besar dosa adalah dosa anak kepada ibunya."

28. "Para ibu selalu mempunyai tempat untuk menampung duka, lalu mengecupnya dan bangkit."

29. "Bunda adalah yang terhebat di dunia sebab ia melahirkan kehidupan dan memberi nyawa pada kata cinta."

30. "Laut seperti ibu. Dalam dan menunggu."

31. "Ibu mana pun, yang baik atau buruk, tetap terluka ketika anaknya dicela. Meski celaan itu tidak salah, dan juga bukan fitnah. Tetapi tali pusar anak dari ibunya hanya diputus oleh sebilah gunting dunia. Di antara mereka berdua ada pertalian abadi, yang bahkan oleh seorang ayah pun tak bisa dipahami."

32. "Ibu adalah detak nadi waktu."

33. "Mereka yang tidak bisa menghargai profesi ibu rumah tangga dan bahkan memandang sebelah mata, semestinya mengalami dan menjalani sendiri bagaimana rasa riweuh dan berat bebannya."

34. "Kelak jika ada orang dungu yang bertanya, 'Peran ibu dalam keluarga itu apa?' Jawab saja, S-E-G-A-L-A-N-Y-A."

35. "Rumah adalah tempat di mana ibuku berada."

 

3. Kata-Kata Mutiara Tentang Ibu yang Bikin Terharu

Kisah bersama ibu menjadi salah satu ingatan yang paling emosional. Banyak kata yang awalnya tak direncanakan untuk bikin terharu, tapi malah menjelma jadi kata-kata mutiara tentang ibu.

Ketika pamitan akan merantau atau saat hari raya misalnya, kata-kata mutiara tentang ibu memiliki peran paling kuat dalam mengontrol suasana. Berikut ini terdapat kata-kata mutiara tentang ibu yang bisa kalian baca dan tiru sebagai ucapan untuk ibu.

36. "Semakin aku tumbuh dewasa, semakin aku menyadari bahwa ibuku sendiri adalah terbaik yang pernah aku miliki seumur hidupku."

37. "Seorang ibu yang hebat adalah ibu yang memiliki lantai yang lengket, dapur yang berantakan, cucian yang menumpuk, peralatan masak yang kotor, dan anak yang bahagia."

38. "Seorang ibu adalah bagaikan sinar matahari yang menerangi seluruh pagi hari kita, dan bintang malam, yang memandu jalan pulang bagi kita semua."

39. "Terima kasih Ibu hanya dirimulah yang benar-benar tulus mencintaiku."

40. "Hingga detik akhir pun kau selalu menjadi orang yang pertama meredam emosiku."

41. "Ibuku adalah pahlawanku yang sesungguhnya. Karena atas perjuangannyalah aku dapat hidup hingga hari ini."

42. "Rasa sayangku tetap selalu abadi untukmu ibu."

43. "Ibu adalah ciptaan terindah, karena di dunia yang egois ini, dia adalah satu-satunya yang selalu ingin melihatmu bahagia."

44. "Seseorang belajar tentang makna cinta yang sesungguhnya dari sosok ibu, dan belajar pengetahuan dari sosok ayah."

45. "Saat kamu melihat ibumu, kamu sedang melihat cinta paling murni yang pernah kamu tahu."

46. "Cinta ibu adalah kedamaian. Kita tidak perlu berjuang untuk mendapatkannya, kita juga tidak perlu melayakkan diri untuk memperolehnya."

47. "Terima kasih Tuhan, sudah menitipkanku, sosok malaikat yang kusebut dengan ibu."

48. "Ibu tidak pernah lelah untuk merawat, membesarkan dan membimbingku, namun aku masih saja tanpa sengaja tak menghargai ketulusan ibu."

49. "Membahagiakanmu adalah mimpi terbesarku Bu. Maka, sehatlah selalu hingga tiba saatnya aku mewujudkan mimpi itu."

50. "Ibu, sampai nanti engkau tetap menjadi cahayaku, dengan segala kesendirian yang aku miliki atau dengan seluruh kesepian yang mendatangi."

Nah, KLovers, itulah kata-kata mutiara tentang ibu yang bisa kalian tiru atau jadikan inspirasi membuat ucapan di hari-hari spesial bersama ibu.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI