40 Kata-Kata untuk Ibu yang Panjang Penuh Makna, Ungkapan Terima Kasih Tulus dan Menyentuh Hati

Senin, 12 Juli 2021 16:22
40 Kata-Kata untuk Ibu yang Panjang Penuh Makna, Ungkapan Terima Kasih Tulus dan Menyentuh Hati
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Ibu menjadi sosok yang paling berharga dan berjasa di kehidupan seorang anak. Berkat cinta kasihnya, setiap anak bisa tumbuh. Di sepanjang usianya, ibu juga selalu mengusahakan yang terbaik untuk sang buah hati. Tak akan ada yang bisa membalas ketulusan hati seorang ibu. Namun kata-kata untuk ibu yang panjang bisa jadi cara menuangkan isi hati dan rasa terima kasih kita pada sosok penuh cinta tersebut.

Cinta kasih ibu selalu mengalir setiap harinya, lewat nasihat dan doa yang tulus. Ibu memang tak pernah mengharapkan imbalan atas cinta kasih yang dia berikan. Namun atas segala ibu sudah beri, sudah semestinya sebagai anak kita berusaha untuk membahagiakannya. Memberikan kata-kata untuk ibu yang panjang dan penuh makna bisa jadi satu cara membuatnya bahagia.

Dalam kata-kata panjang untuk ibu, setiap anak bisa menuangkan rasa cintanya yang tulus. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata untuk ibu yang panjang dan menyentuh.

 

1. Kata-Kata untuk Ibu yang Panjang dan Menyentuh

Ibu jadi sosok yang lembut dan penuh perhatian. Kelembutan hati ibu membuat anaknya selalu tenang dan merasa nyaman. Tak heran momen jika kebersamaan anak dan ibu selalu menyentuh penuh haru. Berikut kata-kata untuk ibu yang panjang dan menyentuh.

1. "Ibu maafkanlah kata-kata yang telah terucap oleh bibirku, anakmu terkadang telah menyakiti perasaan ibu, aku sungguh tidak kuasa untuk melihatmu sedih karena kelakuanku."

2. "Aku tidak pernah melihat ada sesuatu sekuat dirimu, aku tidak pernah melihat siapapun setegar dirimu, aku ingin suatu hari aku menjadi seperti dirimu, I Love You Mama."

3. "Tak terhitung banyaknya nyanyian yang engkau alunkan untukku terlelap, karena ucapan terima kasih pun tak cukup membalasnya. Selamat menjadi ibu terhebat di hidupku."

4. "Ibu mana pun, yang baik atau buruk, tetap terluka ketika anaknya dicela. Meski celaan itu tidak salah, dan juga bukan fitnah. Tetapi tali pusar anak dari ibunya hanya diputus oleh sebilah gunting dunia. Di antara mereka berdua ada pertalian abadi, yang bahkan oleh seorang ayah pun tak bisa dipahami."

5. "Dalam hidup, kami sangat mencintaimu, dalam kematian kami masih mencintaimu. Dalam hati kami, ibu memiliki tempat istimewa, tidak ada orang lain yang akan menggantikannya."

6. "Ibu, aku menyanyangimu sampai akhir hidupku, meski aku tau aku selalu mengecewakanmu. Maafkan aku yang belum bisa membuatmu bahagia."

7. "Hari demi hari langit menjadi terlihat lebih indah. Tahukah kamu alasannya? Karena sekarang mamaku hidup di sana. Ibuku adalah seorang malaikat cantik di langit. Aku rindu kamu, ibu.

8. Terima kasih mama atas setiap air susu yang mengalir dalam darahku. Tanpa mama, aku tak akan pernah mampu menghirup udara kehidupan, berteman dengan alam, mengarungi nafas dunia bersamamu. Terima kasih karena selalu menyayangiku mama."

9. "Salah satu hal yang paling sedih yang akan kamu lihat dalam hidupmu adalah ketika kamu sedang melihat ibumu sendiri menangis, apalagi jika alasannya menangis adalah dirimu sendiri."

10. "Keinginanku sangatlah sederhana,, aku ingin selalu melihat ibu dengan tersenyum, karena kebahagianku akan terasa begitu sempurna apabila sebuah alasan di balik ibu senyuman itu adalah anaknya."

11. "Kebanyakan orang bermimpi melihat malaikat tapi aku adalah orang yang paling beruntung karena telah menghabiskan banyak waktu dengan seorang malaikat hingga kepergianmu, ibu. Aku sangat merindukanmu."

12. "Aku bisa membawakanmu bunga, aku bisa membawakanmu hadiah. Tetapi, cintamu tidak akan pernah bisa terbalaskan karena cintamu adalah cinta yang sebenarnya. Selamat hari Ibu untukmu!"

2. Kata-Kata untuk Ibu yang Panjang Penuh Makna

Ibu jadi sosok yang berharga dan bermakna di kehidupan setiap anaknya. Oleh karena itu, segala hal tentang ibu terasa begitu indah dan punya makna mendalam. Berikut kata-kata untuk ibu yang panjang dan penuh makna.

13. "Ingatlah! Kejayaan dan kebahagiaan yang kamu miliki hari ini, bukan dari doa kekasih yang selama ini kamu perjuangkan. Tetapi, keberkatan seorang ibunda yang tanpa lelah mengingatkan dan mendoakanmu."

14. "Saya mencintai ibu saya seperti pohon mencintai air dan sinar matahari. Dia membantu saya tumbuh, makmur, dan mencapai ketinggian yang luar biasa." - Terry Guillemets

15. "Ribuan kilo jalan yang kau tempuh, lewati rintang untuk aku anakmu. Ibuku sayang masih terus berjalan walau tapak kaki, penuh darah... penuh nanah. Seperti udara, kasih yang engkau berikan. Tak mampu ku membalas. Ibu, ibu." - Iwan Fals, Ibu

16. "Para ibu tidak pernah benar-benar pergi, mereka hanya menjaga rumah di langit, Mereka memoles matahari di siang hari dan menerangi bintang-bintang yang bersinar di malam hari, menjaga sinar bulan bersinar perak dan di rumah surgawi di atas mereka menunggu untuk menyambut orang-orang yang mereka cintai. " - Helen Steiner Rice.

17. "Seorang ibu yang hebat adalah ibu yang memiliki lantai yang lengket, dapur yang berantakan, cucian yang menumpuk, peralatan masak yang kotor, dan anak yang bahagia."

18. "Ibu, izinkan aku untuk memeluk hatimu agar aku dapat merasakan apa yang kau rasakan dari sakit yang tak menangis. Bidadari yang menyembunyikan sayapnya itu engkau, ibu."

19."Untuk setiap bunga yang aku taruh di atas makammu, aku teringat semua hal yang telah kamu lakukan untuk membuat hidupku seindah dan seharum rangkaian bunga. Aku rindu kamu, ibu."

20. "Belas kasih itu seperti cinta seorang ibu pada anak-anaknya. Cinta seorang ibu jauh lebih kuat daripada yang lain, bahkan ketika semua orang menolak kita, seorang ibu akan menerima dengan tangan terbuka." - Amit RAy

 

3. Kata-Kata untuk Ibu yang Panjang Bijak

Ibu jadi salah satu sosok yang mengajarkan kebijaksanaan. Dari ibu, seorang anak belajar tentang ketulusan. Setiap ibu juga menginginkan setiap anaknya tumbuh jadi orang dewasa dan bijaksana. Berikut kata-kata untuk ibu yang panjang dan penuh pesan bijak.

21. "Ibu, aku rela melakukan apa saja untukmu meskipun nyawaku taruhannya. Tetapi saya kemudian sadar itu pun belum seberapa untuk membayar segala jerih payahmu untukku anakmu, bu."

22. "Jika Allah saja mencintaimu lebih dari sekedar cinta seorang ibu, maka seharusnya kamu tidak malu untuk menangis kepada-Nya seperti seorang bayi."

23. "Semoga Allah memberikan petunjuk kepada kita untuk bisa memahami derajat mulia para Ibu dan memberikan kita kemampuan untuk berbakti kepadanya sepanjang hidup."

24. "Ibu mana pun, yang baik atau buruk, tetap terluka ketika anaknya dicela. Meski celaan itu tidak salah, dan juga bukan fitnah. Tetapi tali pusar anak dari ibunya hanya diputus oleh sebilah gunting dunia. Di antara mereka berdua ada pertalian abadi, yang bahkan oleh seorang ayah pun tak bisa dipahami."

25. "Tidak mudah menjadi seorang ibu, kamu harus mengajari anakmu segalanya, memberinya makan, memakaikannya baju, dan kamu sendiri hanyalah manusia biasa, kamu bisa saja melakukan kesalahan sesekali, tapi percayalah, ikatan yang terbentuk karena semua itu antara dirimu dan anakmu tidak dapat dibandingkan dengan apapun di dunia ini."

26. "Ibu ajarilah aku bagaimana caranya untuk ikhlas dan selalu tersenyum meskipun hati dalam terluka, peluklah aku ibu karena hanya pelukanmu yang dapat menenangkan jiwaku"

27. "Jangan pernah mengabaikan keadaan ayah dan ibumu ketika mereka masih ada, karena ketika mereka sudah tidak ada kamu akan merasakan sepinya harimu tanpa mereka."

28. "Mereka yang tidak bisa menghargai profesi ibu rumah tangga dan bahkan memandang sebelah mata, semestinya mengalami dan menjalani sendiri bagaimana rasa riweuh dan berat bebannya."

29. "Saat kamu tidak mau menerima pendapat orangtuamu mereka hanya diam dan berdoa yang terbaik untukmu, tapi saat mereka yang tidak bisa menerima pendapatmu kemarahan yang kamu berikan pada mereka."

30. "Di belakang setiap orang terkenal dan berpengaruh, ada suatu kekuatan yang jadi pendorong, dan dalam banyak kasus kekuatan pendorong ini adalah cinta dan dukungan tak henti-hentinya dari ibu mereka." - Lisa Valentine

31. "Sejak kamu lahir, ibu selalu berusaha membuatmu bahagia tanpa mengharapkan imbalan apapun. Ya Allah, bukakanlah pintu surga untuknya dan bahagiakan dia."

 

4. Kata-Kata untuk Ibu yang Panjang Ungkap Kerinduan

Saat berjauhan atau berpisah, rasa rindu pada ibu tentu jadi hal yang tak bisa dihindari. Terlebih, bagi seseorang yang sedari kecil tumbuh dengan cinta kasih seorang ibu. Berikut kata-kata untuk ibu yang panjang dan ungkapkan kerinduan seorang anak.

32. "Sekarang aku tahu mengapa ibu selalu memintaku untuk kuat, karena ibu tahu aku bakalan butuh kekuatan untuk menanggung kepergiannya. Aku merindukanmu, Ibu."

33. "Ini tak akan lama Bu, aku akan ada di hari tuamu nanti. Karena ku sadar, seonggok emas yang ku bawa tak akan bisa menggantikan kedatanganku di pangkuanmu."

34. "Ibu aku merindukanmu. Tanganku tak mampu menggapaimu, mataku tak mampu menatapmu. Namun tahukah ibu, hatiku tak pernah mencoba berhenti berkata-kata bahwa aku sangat merindukan kebersamaan kita di rumah."

35. "Saat merasa sedih akibat rindu ibu yang telah berada di surga, tak banyak yang bisa dilakukan. Berdoa untuk melepas sesak di dada, menjadi satu cara terbaik yang bisa dilakukan."

36. "Aku menangis tanpa henti ketika ibu pergi, tetapi aku berjanji, aku tidak akan membiarkan air mata merusak senyum yang ibu berikan padaku ketika masih ada."

37. "Ibu, tak usah terlalu mengkhawatirkan aku. Di sini adalah tempatku belajar menjadi lebih baik, dewasa, dan mandiri. Doakan aku di setiap waktumu agar aku mampu melewati hari-hari dan tantangan-tantangannya."

38. "Masakan ibu selalu terasa pas di lidahku. Tak pernah keasinan, tak pernah hambar. Tolong siapkanlah masakan itu lagi untukku ketika aku pulang ke rumah, karena aku tak dapat menemukan selera makan yang sama seperti ketika aku mencicipi masakanmu yang tak ada duanya itu."

39. "Ibuku yang malang, aku merindukanmu. Tapi aku tau, rinduku ini tak sebanding dengan pengorbananmu. Pantaskah aku menuntut akan kasih sayang yang kau tinggalkan?" - Titin Ambar Wati

40. "Kamar kos berantakan dan tak ada yang menegurku untuk segera merapikannya. Tadi pagi aku bangun terlambat karena tak ada yang membangunkanmu seperti pada saat aku di rumah."

Itulah di antaranya kata-kata untuk ibu panjang dan menyentuh. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kalian untuk semakin sayang dan cinta pada ibu!

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI