117 Kata Doa untuk Orangtua yang Mendalam, Menyentuh Hati - Ungkapan Sayang

Selasa, 14 September 2021 11:33 Penulis: Dhia Amira
117 Kata Doa untuk Orangtua yang Mendalam, Menyentuh Hati - Ungkapan Sayang
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Orangtua menjadi hal yang sangat penting bagi seorang anak dalam hidupnya. Orangtua juga menjadi sebuah alasan penting bagi pertumbuhan seorang anak. Bagaimana seorang anak tumbuh, dan bagaimana ia menjadi seorang manusia yang bisa berguna bagi sebuah kehidupan di sekelilingnya. Sehingga tidak heran bila ada banyak anak yang merasa bersyukur dan memberikan kata doa untuk orangtua sebagai bentuk rasa sayang.

Orangtua memang memiliki peran yang penting. Seorang anak yang hebat akan lahir dan dididik oleh ibu yang hebat pula. Seperti bagaimana ibu memberikan pelajaran tentang sebuah kehidupan, dan bagaimana ibu bisa menuntun anak mereka agar tidak jatuh hingga tersesat. Sehingga anak bisa menjadi sebuah permata indah dimana pun mereka berada.

Tidak hanya ibu, ayah juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan seorang anak untuk berhasil secara baik dan menjadi manusia yang bermanfaat. Ayah bisa membantu anak lebih percaya diri dalam mengambil keputusan, ayah bisa membantu anak berdiri tegak tanpa rasa takut dalam menghadapi kehidupan, dan ayah pula yang dapat menjadi tameng terkuat bagi sebuah keluarga untuk anak-anaknya terus bangkit tanpa mengenal rasa sakit.

Sehingga dengan kekuatan orangtua itulah, membuat kita menjadi manusia yang bahagia dan menjadi manusia yang tetap berusaha keras dalam menjalani sebuah kehidupan serta masalah. Untuk itulah, sebagai anak yang berbakti kita perlu memberikan sebuah doa terindah kepada orangtua. Ada banyak sekali kata doa untuk orangtua yang bisa kalian sampaikan, baik untuk ayah maupun untuk ibu.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada 117 kata doa untuk orangtua yang bisa kalian berikan sebagai ungkapan mendalam. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

 

1. Kata Doa untuk Orangtua yang Penuh Makna

Kata doa untuk orangtua yang pertama yaitu kata doa yang penuh akan makna. Kata-kata doa ini akan menjadi sebuah doa dan harapan terindah untuk orangtua dari kita sang anak. Berikut ini kata doa untuk orangtua yang penuh makna tersebut:

1. "Ayah bunda itu layaknya pelita sebagai penerang hidup. Ibarat cahaya lilin yang selalu setia menerangi setiap sudut jalan. Dan sebagai semangat yang menjadi motivasi untuk tetap kuat untuk terus melangkah maju."

2. "Kebaikan seorang ayah lebih tinggi dari gunung dan kebaikan seorang ibu lebih dalam dari lautan."

3. "Orangtua tak pernah berharap harta kekayaan dari anaknya, namun perhatian dan kasih sayang tulus dari anak, menantu, dan cucu, itulah yang sangat mereka harapkan."

4. "Hati seorang ibu itu ibarat sebuah pintu rahasia tempat di mana cinta bersemayam, kasih sayang yang abadi, dan bukan untuk disakiti, akan tetapi untuk kebahagiaan sejati."

5. "Seorang ibu adalah wanita yang paling cantik, wanita yang paling tangguh, wanita yang paling hebat, dan merupakan makhluk Tuhan yang paling agung dalam ciptaanNya."

6. "Kamu selalu ingin diperhatikan ayah ibu, tapi apakah kamu selalu perhatian kepada dia?"

7. "Ayah bisa membuatmu percaya diri karena ia percaya padamu."

8. "Ibu adalah makhluk yang paling tegar di dunia."

9. "Pemandangan paling indah di bawah bentangan langit berbintang adalah melihat seorang ibu yang bahagia."

10. "Carilah keberkahan di dunia dengan menghormati dan menyayangi ayah Anda dan carilah keberkahan di dunia dan di akhirat dengan berbakti sepenuhnya kepada ibu."

11. "Ayah, yang tak banyak bicara terkesan tidak peduli. Tetapi, sesungguhnya yang ada dalam hatinya hanyalah kita."

12. "Cinta seorang ibu itu menenangkan dan cinta seorang ayah itu menguatkan."

13. "Ayah mampu menepis air matanya karena Tuhan memberi bahu yang kuat untuk menopang kesedihan."

14. "Orang tua selalu dapat mengajarkan anak-anak mereka untuk bisa bertahan dan jalan terus saat mereka telah tiada."

15. "Target utama orang-orang sukses adalah membahagiakan orang tua mereka di masa depan."

 

 

 

2. Kata Doa untuk Orangtua Bagi Ibu

Kata doa untuk orangtua yang kedua yaitu ada kata doa yang dikhususkan untuk sang ibunda tercinta. Ibu merupakan makhluk istimewa yang dikirimkan oleh Tuhan untuk memberikan kebaikan pada dunia. Berikut ini kata doa untuk orangtua, khususnya ibu:

16. "Semakin aku tumbuh dewasa, semakin aku menyadari bahwa ibuku sendiri adalah terbaik yang pernah aku miliki seumur hidupku."

17. "Seorang ibu yang hebat adalah ibu yang memiliki lantai yang lengket, dapur yang berantakan, cucian yang menumpuk, peralatan masak yang kotor, dan anak yang bahagia."

18. "Seorang ibu adalah bagaikan sinar matahari yang menerangi seluruh pagi hari kita, dan bintang malam, yang memandu jalan pulang bagi kita semua."

19. "Terima kasih Ibu hanya dirimulah yang benar-benar tulus mencintaiku."

20. "Hingga detik akhirpun kau selalu menjadi orang yang pertama meredam emosiku."

21. "Ibuku adalah pahlawanku yang sesungguhnya. Karena atas perjuangannyalah aku dapat hidup hingga hari ini."

22. "Rasa sayangku tetap selalu abadi untukmu ibu."

23. "Ibu adalah ciptaan terindah, karena di dunia yang egois ini, dia adalah satu-satunya yang selalu ingin melihatmu bahagia."

24. "Seseorang belajar tentang makna cinta yang sesungguhnya dari sosok ibu, dan belajar pengetahuan dari sosok Ayah."

25. "Saat kamu melihat ibumu, kamu sedang melihat cinta paling murni yang pernah kamu tahu."

26. "Cinta ibu adalah kedamaian. Kita tidak perlu berjuang untuk mendapatkannya, kita juga tidak perlu melayakkan diri untuk memperolehnya."

27. "Terima kasih Tuhan, sudah menitipkanku, sosok malaikat yang kusebut dengan Ibu."

28. "Ibu tidak pernah lelah untuk merawat, membesarkan dan membimbingku, namun aku masih saja tanpa sengaja tak menghargai ketulusan Ibu."

29. "Membahagiakanmu adalah mimpi terbesarku Bu. Maka, sehatlah selalu hingga tiba saatnya aku mewujudkan mimpi itu."

30. "Ibu, sampai nanti engkau tetap menjadi cahayaku, dengan segala kesendirian yang aku miliki atau dengan seluruh kesepian yang mendatangi."

 

 

 

3. Kata Doa untuk Orangtua Bagi Ayah

Dan kata doa untuk orangtua yang terakhir yaitu ada kata doa yang diberikan khusus untuk ayah. Sama istimewa seperti ibu, ayah juga merupakan kekuatan dan simbol keberanian untuk anak maju lebih percaya diri. Berikut ini kata doa untuk orangtua yang khususkan bagi ayah:

31. "Ada rindu yang tidak pernah habis, yaitu rindu pada seorang ayah."

32. "Tulangmu begitu kuat menyangga semua cobaan hidup. Demi anak dan istri di rumah."

33. "Aku hanya ingin membuatmu bangga. Setidaknya setelah semua yang telah engkau berikan kepadaku."

34. "Ayah Aku menghargai segala pengorbananmu Akan ku balas jasamu yang indah itu Janji manisku padamu."

35. "Lelahmu selalu kau rasakan sendiri. Aku ingin engkau berbagi kisah kesedihan itu ayah."

36. "Ayah selalu punya 1000 alasan untuk tetap berjuang dan menepis kesedihannya."

37. "Ayah, kau sangat menyayangi anak-anakmu. Keringatmu menjadi inspirasiku. Tawamu yang selalu aku rindukan dan sedihmu adalah deritaku."

38. "Kau tak banyak menunjukkan ekspresi dengan ucapan, tapi tepukan ringan di pundak atau jabat tangan erat sudah cukup memberitahu kalau kau sangat bangga padaku."

39. "Restu dari ayah dan ibu adalah ridho dari Yang Maha Kuasa untuk langkahku."

40. "Ayah, terima kasih untuk segala sesuatunya. Cinta, kerja keras, perlindungan, tawa, dan tangis yang telah engkau berikan pada anakmu."

41. "Maafkan anakmu ini yang tidak pernah mendengar keluh kesahmu."

42. "Jaga dirimu baik-baik ayah. Jauh di sini doaku akan ku utus untuk menjagamu."

43. "Setiap malam engkau selalu berdoa untuk aku. Begitu pun aku akan terus berdoa supaya ayah diberi umur panjang."

44. "Ayah. jauh darimu selalu membuat hati tak menentu. Saat bersamamu memang tak pernah bisa digantikan oleh apapun. Aku rindu."

45. "Ayah, yang tak banyak bicara terkesan tidak peduli, tetapi sesungguhnya yang ada dalam hatinya hanyalah kita."

 

4. Kata Doa untuk Orang Tua Menyentuh Perasaan

Mendoakan orang tua tentu menjadi tugas bahkan kewajiban seorang anak. Apalagi doa untuk orang tua juga sebagai bukti rasa berbakti kita kepada ayah dan ibu. Sebab tidak ada hal di dunia ini yang bisa menggantikan pengorbanan dan perjuangan orang tua buat anaknya. Seperti kata doa untuk orang tua berikut ini begitu menyentuh perasaan mewakili hati seorang anak.

46. "Dunia dan kehidupan berubah dari hari ke hari, dari tahun ke tahun, tetapi cinta dan ingatanmu, tidak akan pernah berlalu."

47. "Bu, aku merindukanmu hari ini, tetapi aku tahu bahwa ibu akan selalu bersamaku di hatiku."

48. "Untuk setiap bunga yang aku taruh di atas makammu, aku teringat semua hal yang telah kamu lakukan untuk membuat hidupku seindah dan seharum rangkaian bunga. Aku rindu kamu, ibu."

49. "Engkau menyerahkan semuanya dalam hidupmu hingga ku bisa jadi seperti sekarang. Terima kasih atas segala pengorbananmu, ibu dan ayah."

50. "Jika aku memiliki kesempatan untuk memilih bapakku, kau akan tetap menjadi pilihanku. Kau adalah Bapak terhebat. Aku menyayangimu, Yah."

51. "Kata-kata tidak bisa mengungkapkan rasa syukur yang pantas ibu terima atas semua yang telah ibu lakukan untuk kami selama bertahun-tahun."

52. "Engkau senantiasa berusaha melakukan yang terbaik buatku."

53. "Ya Tuhan, berikanlah ampunan kepada diriku, ibu dan bapakku."

54. "Ayah, pinjami aku hatimu agar aku bisa belajar bagaimana engkau menghadapi masalah tanpa mengeluh sedikitpun, semoga Allah memberikan umur panjang, kesehatan dan hati yang tenang untukmu hingga sampai akhir hayat."

55. "Tak peduli seberapa tuanya kita, kita tetap membutuhkan ayah. Tak terbayang bagaimana hidup tanpa dirinya." - Jennifer Williamson

56. "Kerinduan yang abadi dan tidak pernah sampai ke pemiliknya, rindu kepada sosok ibu yang sudah tenang di surga."

57. "Ayah & Bunda, semua yang kau lakukan untuk ku begitu tulus. Kasih sayang mu tak pernah kering. Aku takkan sanggup membalasnya. Hanya doa yang bisa kupanjatkan. Semoga Tuhan membalas semuanya dengan yang terbaik."

58. "Sebentar saja aku ingin mendengar suaramu, berada dalam dekapanmu, dan mengobati rinduku, ibu."

59. "Tetesan air matamu, membuat hatiku layu. Maafkan aku ayah ibu karena aku sudah mengecewakanmu."

60. "Sekarang aku tahu mengapa kamu selalu memintaku untuk kuat, karena kamu tahu aku bakalan butuh kekuatan untuk menanggung kepergianmu. Aku merindukanmu, ibu."

61. "Ayah adalah seseorang yang selalu percaya pada kemampuanmu, orang pertama yang selalu yakin bahwa kamu bisa."

62. "Ayah, tidak ada seorang pun yang bisa menggantikan sosok sepertimu di hatiku."

63. "Di saat aku sakit, aku merasakan kasih sayang ibu jauh lebih besar dari siapa pun di dunia ini hingga ibu dapat meneteskan air matanya hanya demi kesembuhan anaknya."

64. "Engkau adalah wanita yang hebat, perawat yang hebat, dan di atas segalanya, ibu yang hebat."

65. "Ada yang selalu mendoakanmu setiap saat, sampai ia lupa mendoakan dirinya sendiri. Terima kasih."

66. "Semoga ayah selalu bahagia, selalu sehat, selalu mudah rejekinya yang halal."

67. "Di setiap doa ku, tak lupa pula aku memberikan doa terhadap kedua orang tua ku."

 

5. Kata Doa untuk Orang Tua Tercinta

Betapa besar pengorbanan dan perjuangan orang tua buat anaknya. Kasih sayang orang tua bahkan tiada tandingannya dengan apapun di dunia ini. Karena itulah memberi perhatian kepada orang tua perlu dilakukan anak untuk membuat mereka bahagia meskipun hanya sekedar ungkapan kata cinta. Berikut kata doa untuk orang tua tercinta yang bikin baper.

68. "Saya mencintai ibu saya karena pohon-pohon menyukai air dan sinar matahari. Dia membantu saya tumbuh, berkembang, dan mencapai tingkat yang tinggi."

69. "Aku mencintaimu setiap hari. Dan sekarang, aku akan merindukanmu setiap hari."

70. "Ibu adalah salah satu keajaiban ciptaan Allah."

71. "Di balik kesuksesan seorang anak, tentulah orangtua yang berperan penting di dalamnya. Karena mereka selalu mendukung, tak hanya dari segi materi, tapi juga untaian doa yang selalu dipanjatkannya. Terima kasih."

72. "Aku sangat menyayangimu dengan segala keterbatasan yang kumiliki."

73. "Ya Allah, haramkan wajah ibu dan ayahku dari sambaran api neraka. Karuniakan buatnya surga tanpa hisab."

74. "Tiap pengorbanan ayah, di dalamnya selalu ada doa. Doa agar kesuksesan bisa diraih anak-anaknya."

75. "Ucapan pertama adalah doa. Begitu orangtua kecewa, maka yang terjadi adalah kebalikannya." - Lea Agustina Citra

76. "Tuhan, bersama terbenamnya matahari di senja ini, Aku mohon agar Engkau membantuku untuk sukses semuda mungkin agar bisa meringankan beban Ayah yang selama ini selalu terpikul menjadi tulang punggung rumah kita ini."

77. "Ayah adalah sosok yang akan lebih sedih dan terluka darimu saat dia tahu kamu sedang bersedih."

78. "Aku hanya ingin membuatmu bangga, meski yang terjadi tak selalu bisa sama dengan apa yang aku harapkan."

79. "Ayah dengarlah, betapa sesungguhnya kumencintaimu, kan kubuktikan kumampu penuhi maumu." - Ada Band

80. "Saya mencintai ibu saya karena dia memberi saya segalanya: dia memberi saya cinta, dia memberi saya jiwanya, dan dia memberi saya waktunya."

81. "Hadiah terhebat yang pernah aku miliki dari Tuhan, aku memanggilnya Ayah. Selamat Hari Ayah. Aku menyayangimu."

82. "Terima kasih telah menjadi Ayah terbaik."

83. "Aku harap jika ayah dapat mendengarku, aku ingin mengatakan bahwa aku sangat merindukan kehadiranmu."

84. "Saya mencintai ibu saya seperti pohon mencintai air dan sinar matahari. Dia membantu saya tumbuh, makmur, dan mencapai ketinggian yang luar biasa." - Terry Guillemets

85. "Engkau adalah wanita yang hebat, perawat yang hebat, dan di atas segalanya, ibu yang hebat."

86. "Punggung ayah adalah penyangga rumah kita, semoga Allah selalu memberikan rezeki yang berkah untuk ayah."

87. "Ayah ibu, tanpamu, di sini rasanya sangat berbeda. Aku merindukanmu, nasihatmu, senyummu, serta canda tawamu."

88. "Ya Tuhan, berikanlah ampunan kepada diriku, ibu dan bapakku."

89. "Tidak ada cinta setulus dan semurni cintamu, Ayah. Terima kasih untuk semua hal indah dan terbaik yang engkau berikan untuk anakmu ini."

 

6. Kata Doa Untuk Orang Tua Sudah Meninggal

Kehilangan orang tua menjadi hal terberat bagi seorang anak. Terlebih jika kita belum bisa membahagiakan mereka, rasa sesal seolah menyelimuti hati. Namun orang tua tentu menginginkan kalian bahagia meskipun tanpa mereka di sisimu. Dengan terus mendoakan orang tua yang sudah meninggal bisa jadi cara terbaik buat kalian lakukan. Berikut kata doa untuk orang tua sudah meninggal yang juga dapat mewakili perasaan rindu untuk ayah ataupun ibu.

90. "Untuk ibu yang jauh di sana. Dalam hariku, dalam setiap langkahku dan dalam setiap doa-doaku ku selipkan namamu selalu."

91. "Saat terindah adalah bisa berkumpul dan bercanda tawa dengan ayah dan ibu. Namun, saat ini aku hanya bisa bertemu dengan ayah dan ibu melalui doa dan mimpi, senanglah di sana ayah dan ibuku."

92. "Ayah, walaupun engkau telah jauh di sana, di sini aku tetap menyayangi dan mencintaimu."

93. "Ayah, tangisku menyimpan seribu doa terbaik untuk mengiringi kepergianmu."

94. "Alam kita sudah jauh, hanya doa dari ku semoga mengantarkan kepergianmu ibu ke tempat yang paling nyaman di sana."

95. "Ayah, terima kasih telah menjadi orang yang berhenti menggandeng tanganku dan mengawasi langkahku di saat yang tepat."

96. "Dalam hidup, kami sangat mencintaimu, dalam kematian kami masih mencintaimu. Dalam hati kami, ibu memiliki tempat istimewa, tidak ada orang lain yang akan menggantikannya."

97. "Ayah, aku rindu saat masa kecilku dulu. Di saat kau membimbingku, aku rindukan itu, Yah. Apakah masa itu bisa ku rasakan lagi. Aku rindu dirimu, Ayah."

98. "Luas samudra, dalamnya lautan itu tak bisa menggambarkan akan kerinduanku terhadapmu ibu dan ayah."

99. "Walaupun ayah bukanlah malaikat, bukan super hero juga, tetapi ayah adalah orang yang terhebat dalam hidupku, surga menantimu ayah."

100. "Seandainya waktu dapat diulang, aku ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersamamu."

101. "Langit terlihat indah setiap hari karena surga tidak dapat memuat keindahan yang ibu pancarkan."

102. "Meski kau telah tiada, namun kau masih di sini, bersama kami. Selamat jalan Ayah. Tenang dan baik-baik di sana."

103. "Ayah ibu, rasanya dunia ini begitu sunyi semenjak kepergianmu."

104. "Aku menangis tanpa henti ketika ibu pergi, tetapi aku berjanji, aku tidak akan membiarkan air mata merusak senyum yang ibu berikan padaku ketika masih ada."

105. "Untukku tak apa, aku dapat membiasakan diri dari semua ini. Namun, semoga engkau telah nyaman di sana."

106. "Ya Allah, ampunilah dosa kedua orang tuaku dan tempatkan mereka di antara kasih-Mu."

107. "Ini adalah saatnya aku belajar tak rindu. Aku tahu ibu sudah bahagia di sana."

108. "Aku tahu ibu mendengar dari atas. Tidak ada yang aku hargai lebih dari cintamu. Tidak peduli di mana aku berada atau apa yang aku lakukan, ingatan akan ibu selalu membuat saya tersenyum."

109. "Tanpamu, di sini rasanya sangat berbeda. Aku merindukanmu, nasihatmu, senyummu, serta canda tawamu."

110. "Aku tak bisa berjanji menjadi orang kaya, tapi aku ingin menjaminkan surga pada ibu ku."

111. "Ayah, seandainya kau masih di sini, aku ingin bermain denganmu seperti dulu dan menceritakan banyak hal tentang hidupku. Tetapi, sekarang aku hanya dapat dekat denganmu, dalam doaku."

112. "Andai ayah ada di depanku saat ini, mungkin aku sudah memeluknya dan menceritakan keluh kesahku."

113. "Ibu, aku berjanji akan menjalani hidup ini dengan sebaiknya sebagai balasan atas segala pengorbanan yang kau telah buat."

114. "Kerinduan yang abadi dan tidak pernah sampai ke pemiliknya, rindu kepada sosok ibu yang sudah tenang di surga."

115. "Saat terindah adalah bisa berkumpul dan bercanda tawa dengan ayah dan ibu. Namun, saat ini aku hanya bisa bertemu dengan ayah dan ibu melalui doa dan mimpi, senanglah di sana ayah dan ibuku."

116. "Waktu terasa makin berlalu, engkau telah lama pergi. Namun, semua kenangan darimu senantiasa abadi di hatiku."

117. "Meski ibu sudah tiada, tapi sosoknya seperti warisan cinta yang akan selalu bersamamu. Semoga cinta itu mengelilingimu sekarang dan membawa kedamaian."

Itulah 117 kata doa untuk orangtua yang mendalam dan sangat menyentuh hati. Semoga dengan kata doa untuk orang tua ini bisa mewakili perasaan sayang kalian terhadap orang tua.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI