47 Kata-Kata Doa Sumber Kekuatan dan Harapan, Penuh Makna Menambah Keyakinan

Rabu, 10 Februari 2021 18:11
47 Kata-Kata Doa Sumber Kekuatan dan Harapan, Penuh Makna Menambah Keyakinan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Doa jadi salah satu cara manusia untuk berkomunikasi dengan Tuhannya. Lewat doa yang dipanjatkan, seseorang mengadu keluh kesah, memohon ampunan, dan menyampaikan harapannya. Banyak orang yang meyakini bahwa doa berperan penting dalam keberhasilan suatu usaha. Doa diyakini jadi sumber kekuatan manusia. Hal ini setidaknya terungkap dalam kata-kata doa.

Doa menjadi sumber kekuatan bagi mereka yang meyakini dan beriman kepada Tuhan. Bahkan, ada istilah yang mengatakan bahwa 'usaha tanpa doa adalah sombong, sedangkan doa tanpa usaha adalah bohong'. Itulah mengapa doa mempunyai peranan yang penting bagi kelancaran hidup seseorang. Sayangnya, tak semua orang percaya pada kekuatan doa.

Untuk menambah kepercayaan kita pada kekuatan doa, simak beberapa kata-kata doa yang penuh makna berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

 

1. Kata-Kata Doa adalah Kekuatan

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, banyak orang yang menjadikan doa sebagai sumber kekuatannya. Melalui doa, seseorang dapat memohon kekuatan dan ketabahan pada Tuhan dalam menghadapi suatu rintangan. Adapun berikut beberapa kata-kata doa adalah sumber kekuatan.

1. "Doa adalah awal dari kesuksesan." (Boona Mohammed)

2. "Doa adalah kekuatan terbesar manusia!" (W. Clement Stone)

3. "Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya, dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan." (Aristoteles)

4. "Kekuatan doa akan jauh lebih efektif ketika dibarengi dengan kegigihan diri untuk melakukan perbaikan sikap hidup." (Abdullah Gymnastiar)

5. "Doa lebih dari meditasi. Dalam meditasi, sumber kekuatan adalah diri sendiri. Ketika seseorang berdoa dia pergi ke sumber kekuatan yang lebih besar dari miliknya." (Chiang Kai-shek)

6. "Jangan pernah melupakan tiga sumber kuat yang selalu Anda miliki: cinta, doa, dan pengampunan." (H. Jackson Brown, Jr.)

7. "Doa adalah senjata yang mampu digunakan untuk melawan segala bentuk serangan yang sedang kamu hadapi. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari doa yang tulus ikhlas."

8. "Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Tidak ada keberhasilan tanpa kebersamaan. Tidak ada kemudahan tanpa doa." (Ridwan Kamil)

9. "Saya benar-benar percaya pada kekuatan doa." (Geraldine Ferraro)

10. "Doa akan sangat besar kuasanya, ketika diselipkan kepercayaan di tiap baitnya." (Merry Riana)

11. "Sukacita adalah doa; sukacita adalah kekuatan: sukacita adalah cinta; sukacita adalah jaring cinta yang dengannya kamu bisa menangkap jiwa." (Bunda Teresa)

 

 

 

2. Kata-Kata Doa Penuh Makna

Kata-kata tentang doa mengandung pesan bijak dan makna yang mendalam. Sebab saat berdoa atau berkomunikasi dengan Tuhan, pikiran dan hati seseorang akan jadi terbuka. Artinya, seseorang yang biasa berdoa akan lebih mudah memaknai hidup. Berikut beberapa kata-kata doa yang penuh makna.

1. "Hadiah terbaik yang bisa kamu berikan dan kamu terima adalah doa."

2. "Saya adalah bukti berjalan dari kekuatan doa." (Fabrice Muamba)

3. "Doa adalah pengakuan ketidaktahuan yang agung." (Victor Hugo)

4. "Jika kamu punya waktu untuk merasa khawatir, maka kamu juga punya waktu untuk berdoa."

5. "Dari semua tugas, tentu doa adalah yang paling manis dan paling mudah." (Laurence Sterne)

6. "Doa adalah obat bagi jiwa yang hampa, pikiran yang bimbang, dan hati yang terluka."

7. "Doa adalah kunci pagi dan malam hari." (Mahatma Gandhi)

8. "Doa menjadi lebih berarti ketika kita menyatu dengan Tuhan dalam semua tindakan kita, ketika kita mengucapkan terima kasih yang tulus dan ketika kita berdoa untuk orang lain." (David A. Bednar)

9. "Doa hanyalah percakapan dua arah antara kamu dan Tuhan." (Billy Graham)

10. "Jawaban untuk doa setiap anggota keluargamu dilewatkan melaluimu, bukan karena engkau hebat, tapi karena mereka yang berdoa dan mendoakanmu." (Mario Teguh)

11. "Doa adalah pikiran, keyakinan, perasaan, yang muncul dalam benak orang yang berdoa." (Ernest Holmes)

12. "Doa tidak lain adalah persahabatan dengan Tuhan." (Saint Teresa of Avila)

13. "Doa adalah ungkapan iman yang alami seperti halnya bernapas adalah kehidupan." (Jonathan Edwards)

14. "Dalam doa, lebih baik memiliki hati tanpa kata-kata daripada kata-kata tanpa hati." (John Bunyan)

15. "Jika doa bukan sebuah permintaan, setidaknya itu adalah sebuah pengakuan atas kelemahan diri manusia di hadapan Tuhannya." (Pidi Baiq)

16. "Doa bukanlah hiburan iseng seorang wanita tua. Dipahami dan diterapkan dengan benar, doa adalah instrumen tindakan yang paling kuat." (Mahatma Gandhi)

 

 

 

3. Kata-Kata Doa sebagai Harapan

Doa adalah sarana komunikasi manusia dengan Tuhannya. Melalui doa, manusia menyampaikan banyak hal. Salah satunya, tentang harapan dan keinginan. Berbagai harapan diungkapkan seseorang sebagai permintaan dalam doa. Sehingga, kini doa identik dengan harapan dan permintaan. Berikut beberapa kata-kata doa sebagai harapan.

1. "Saat berpikir tidak mampu memecahkan masalah, ingatlah bahwa doa yang tulus ikhlas mampu mengatasinya."

2. "Doa yang paling cepat dikabulkan adalah doa secara sembunyi-bunyi yang dipanjatkan untuk orang lain." (Ibnu Taimiyyah)

3. "Usaha dan doa tergantung pada cita-cita: manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya." (Jalaludin Rumie)

4. "Jangan berkecil hati jika jawaban doa kamu tidak datang segera. Pelajarilah, renungkan, dan tetap berdoa, memiliki iman yang tulus, dan menjalankan perintah-perintah-Nya." (Joseph B. Wirthlin)

5. "Jika kita berdoa, lantas yang terwujud 50% saja, bukan berarti doa kita terkabul separuh, boleh jadi, Tuhan sedang menguji rasa cukup kita. Apakah kita merasa cukup dengan yang ada." (Tere Liye)

6. "Doa tidak hanya mengubah sesuatu - itu mengubah kita. Jika kita tekun mencari Tuhan, perlahan dan pasti, kita menjadi orang yang lebih baik." (Joyce Meyer)

7. "Tak ada yang salah dengan doa, namun ketika kau memutuskan berhenti berdoa, di situlah kesalahannya, berhenti memohon kepada-Nya atas segala pinta yang bahkan akalmu pun tak akan sanggup mengurainya. Yakin saja, apa yang tak mungkin bagimu, itu sangat mudah bagi-Nya"

8. "Doa adalah perantara mukjizat; dengan cara apa pun yang cocok untuk kamu, berdoalah sekarang juga." (Marianne Williamson)

9. "Sesuatu yang kamu harapkan, jangan pernah berhenti untuk kamu doakan. Yakinlah bahwa Tuhan pasti akan mengabulkannya."

10. "Saya berdoa untuk memulai hari saya dan menyelesaikan hari saya dengan doa." (Tim Tebow)

 

 

 

4. Kata-Kata Doa Islami

Dalam agama Islam, doa merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Melalui doa, hubungan antara manusia dan Allah SWT dapat terjalin. Semakin rajin seorang muslim berdoa, maka akan semakin dekat dan erat dia dengan Allah SWT. Berikut beberapa kata-kata doa yang Islami.

1. "Apapun yang kamu anggap itu sulit, Allah mampu membuat itu mudah untukmu. Karena itu berdoalah!"

2. "Jangan pernah menyerah untuk berdoa kepada Allah. Mungkin doamu tidak terjawab sekarang ataupun bulan depan, tapi itu pasti akan terjadi saat Allah mengetahui saat yang tepat untukmu."

3. "Doa mampu membuka jalan tersulit dan paling mustahil dalam hidup. Karena bagi Allah segala sesuatu itu mungkin terjadi."

4. "Doa itu bukan untuk mengingatkan Allah tentang masalah yang sedang kamu hadapi, tetapi Doa adalah mengingatkanmu akan siapa Allah itu."

5. "Berdoa, berusaha melakukan yang terbaik, lalu serahkan sisanya kepada Allah."

6. "Bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, jangan pernah menyerah. Teruslah berdoa dan yakinlah kepada Allah."

7. "Bagi saya, adalah penting untuk memiliki kedamaian batin dan ketenangan doa untuk mendengarkan keheningan Allah, yang berbicara kepada kita, dalam kehidupan pribadi kita dan sejarah zaman kita, tentang kekuatan cinta."

8. "Berdoalah untuk sebanyak-banyaknya orang dengan sebaik-baiknya doa, maka Insya Allah semua doa itu akan kembali kepada kita." (Aa Gym)

9. "Jika Allah berkehendak, hal itu akan terjadi. Teruslah berdoa dan jangan membuat dirimu tertekan." (Dr. Bilal Philips)

10. "Di antara keindahan Islam adalah kamu mendoakan saudara-saudari sesama muslim tanpa mengenal mereka, dan sebagai gantinya malaikat turut memanjatkan doa untukmu." (Dr. Bilal Philips)

Itulah di antaranya 47 kata-kata doa sebagai sumber kekuatan dan harapan. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

 

 

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI