5 Alasan Kenapa Belajar Online Kini Nggak Sekadar Tren

Rabu, 31 Juli 2019 15:00 Penulis: Iwan Tantomi
5 Alasan Kenapa Belajar Online Kini Nggak Sekadar Tren
© Shutterstock

Kapanlagi Plus - Jauhnya lokasi bimbingan belajar (bimbel) atau minimnya keberadaan bimbel di sekitar tempat tinggal, belakangan membuat beberapa pelajar milenial zaman sekarang lebih suka bimbel online. Bayangkan, hanya bermodalkan internet dan gadget seperti tablet maupun smartphone kamu sudah bisa mengakses ribuan soal secara mudah. Bahkan lebih dari sekadar tren, berikut ini lima alasan kenapa belajar online memang cocok dipilih oleh para pelajar milenial.

Dapat Smart Recommendation

© YouTube.com/Ruangguru

Pernah nggak merasa kesulitan mengerjakan soal lalu bingung mau mengadu ke mana, lantaran nggak bisa berinteraksi 24 jam dengan guru maupun tutor bimbel? Uniknya, hal tersebut nggak bakal kamu alami saat menggunakan aplikasi belajar online. Sebab, ada fitur Smart Recommendation yang dapat mendeteksi kelebihan dan kekurangan pelajar secara otomatis. Baru kemudian, pelajar akan mendapatkan rekomendasi konten yang sesuai dengan kemampuannya, sehingga belajar menjadi jauh lebih efektif.

Nggak Kalah Seru dari Games

© YouTube.com/Ruangguru

Alih-alih membosankan, aplikasi belajar online justru seru layaknya sebuah games. Kok bisa? Pengguna disediakan avatar yang dapat dipilih sesuka hati. Lalu tersedia pula video belajar animasi, yang nanti bakal dikalkulasikan dengan poin. Bahkan, mengerjakan soal maupun ikutan tryout juga dapat poin. Nantinya poin-poin tersebut bisa ditukarkan dengan digital items. Asyik, kan?

Bisa Merasakan Social Learning

© YouTube.com/Ruangguru

Era digital agaknya memang nggak bisa dipisahkan dengan social media. Nah, dalam aplikasi belajar online ini kamu juga dapat menemukan fitur Social Learning. Berkat fitur tersebut, para belajar bisa saling berinteraksi hingga berdiskusi satu sama lain mengenai pelajaran sekolah di dalam aplikasi belajar online.

Mendapatkan Akses Live Teaching

© YouTube.com/Ruangguru

Nggak hanya bisa berinteraksi dengan sesama pelajar, murid-murid pun juga bisa berinteraksi langsung dengan para guru lewat aplikasi belajar online. Pengajaran langsung ini akan memberikan kesempatan bagi banyak pelajar, untuk menerima beragam materi terbaru, tanpa khawatir tersekat waktu dan jarak. Orang tua pun jadi lebih tenang, karena anaknya bisa belajar dari layar gadget secara efektif dan menyenangkan.

Cukup Unduh Aplikasi Cuma-Cuma

Hal yang paling menarik dari belajar online ini adalah aplikasinya yang bisa diunduh secara cuma-cuma alias gratis, baik di Google Play Store maupu App Store. Itulah kenapa pelajar milenial zaman sekarang tertarik dengan sistem belajar online ini. Sebab, materi yang didapatkan nggak harus selalu lewat layar komputer, tetapi juga bisa didapatkan lewat perangkat smartphone. Dengan begitu, hampir semua pelajar bisa merasakan pengalaman dan kesempatan yang sama.

© Facebook.com/ruanggurucom

Pertanyaannya sekarang, ada nggak sih aplikasi belajar online yang sesuai dengan poin-poin tersebut? Tentu saja ada. Seluruh fitur dan keunggulan belajar online tersebut bisa kamu temukan dalam Ruangguru. Selain Smart Recommendation, Social Learning, Live Teaching, ada pula fitur yang nggak kalah asik daripada games, yaitu Ruangguru Adventure.

Bukan itu saja, pelajar juga akan mendapatkan akses puluhan ribu video belajar animasi, pengalaman belajar dengan guru-guru terbaik, hingga ratusan ribu soal lengkap dengan catatan belajar untuk persiapan tryout menghadapi ujian akhir sekolah, hingga masuk perguruan tinggi.

© Facebook.com/ruanggurucom

Nggak heran dengan segudang fitur yang dibenamkan, aplikasi Ruangguru didapuk sebagai aplikasi belajar online terbaik sepanjang 2018 versi Google Play User's Choice Awards 2018. Bahkan, hasil riset membuktikan 98% siswa percaya Ruangguru membantu pemahaman konsep dan persiapan ujian. Selain itu juga, 96% siswa menilai Ruangguru lebih menarik daripada pengajaran di institusi pendidikan lainnya. Cek informasi selengkapnya di sini.

 

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI