5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Beralih ke Mobil Listrik di Tahun 2022 Ini

Rabu, 09 Februari 2022 07:35 Penulis: Jeffrey Winanda
5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Beralih ke Mobil Listrik di Tahun 2022 Ini
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Sejak dirilis beberapa tahun lalu, geliat mobil listrik di jalanan Ibukota kini meningkat. Sudah banyak industri otomotif yang juga merilis mobil listrik terbaru guna memanjakan para konsumen.

Mobil listrik sendiri memiliki sejumlah keunggulan jika dibanding dengan bahan bakar minyak. Tahun 2022 ini pun menjadi momen yang pas untuk beralih ke mobil listrik.

Hal ini lantaran beberapa kebijakan pemerintah terkait penggunaan mobil listrik telah terbit serta fasilitas umum telah memadai untuk pengendara mobil listrik. Lantas apa saja alasan mengapa kamu perlu mempertimbangkan untuk beralih ke mobil listrik?

1. Mengurangi Emisi Karbon

Kerusakan lingkungan serta climate change menjadi PR besar umat manusia di seluruh dunia. Pencemaran lingkungan dan emisi karbon pun turut memperparah kondisi dan memicu situasi yang lebih buruk jika dibiarkan.

Melihat situasi ini, mobil listrik adalah salah satu kendaran yang ramah lingkungan. Berbeda dengan kendaraan berbahan bakar minyak, mobil lisrik nggak menghasilkan polusi lantaran minimnya pembakaran pada mesin.

2. Hemat Biaya Operasional

Selain ramah lingkungan, mobil listrik juga ramah di kantong. Hal ini karena biaya operasional yang harus dikeluarkan lebih sedikit dibanding mobil berbahan bakar minyak.

Satu kali pengisian daya mobil listrik bisa 50% lebih sedikit dibanding pengisian bahan bakar minyak. Beberapa mobil listrik pun mengklaim memiliki jarak tempuh hingga lebih dari 300 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Menariknya, biaya isi daya bateri mobik listrik hanya memerlukan uang sekitar Rp 75 ribu per 120 kilometer.

3. Perawatan yang Mudah

Mobil listrik memiliki mesin yang nggak serumit mesin mobil berbahan bakar minyak. Jika mobil berbahan bakar minyak disibukkan dengan pelumasan serta pembakaran seperti oli radiator, dan sejenisnya, maka mobil listrik memiliki sistem yang jauh berbeda.

Hal inilah yang membuat perawatan mobil listrik lebih mudah dan minim biaya. Servis rutin kendaraan pun bisa dilakukan ketika jarak yang ditempuh mobil listrik mencapai 10.000km.

4. Suara yang Nggak Bising

Kenyamanan berkendara menjadi salah satu kelebihan dari mobil listrik. Berbeda dengan mobil berbahan bakar minyak, kamu nggak perlu khawatir soal suara bising atau getaran ketika kamu memacu mobilmu dengan kecepatan tinggi.

Mobil listrik memang dikenal memiliki mesin yang nggak mengeluarkan suara terutama ketika dikendarai dalam daya baterai penuh. Hal ini pun membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman.

5. Memiliki Performa yang Nggak Kalah dengan Mobil Biasa

Nggak kalah dengan mesin berbahan bakar minyak, mobil listrik juga tetap memiliki performa tangguh dan lincah di jalanan. Akselerasi mesin yang lebih lincah membuat pembakaran pada mesin lebih optimal sehingga kecepatan yang dihasilkan nggak membuat daya cepat habis.

See, ada banyak banget alasan mengapa di tahun 2022 ini menjadi momen yang tepat untuk beralih ke mobil listrik. Kapan giliranmu untuk beralih ke mobil listrik?

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI