5 Bahan Alami yang Ampuh Menghitamkan Rambut, Jadi Makin Berkilau tanpa Banyak Usaha!

Minggu, 08 Mei 2022 11:25 Penulis: Jeffrey Winanda
5 Bahan Alami yang Ampuh Menghitamkan Rambut, Jadi Makin Berkilau tanpa Banyak Usaha!
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Sebagai mahkota alami, rambut menjadi salah satu hal yang wajib dijaga kesehatan serta kecantikannya. Nggak jarang, banyak orang kurang percaya diri dengan rambut miliknya sendiri.

Sederet situasi seperti jenis rambut, kebotakan, hingga warna yang kurang berkilau menjadi salah satu alasan mengapa turunnya percaya diri. Jika kamu merasa rambutmu kurang hitam berkilau, ternyata ada bahan alami dalam menghitamkannya kembali lho. Apa saja?

1. Apel

Selain nikmat ketika disantap, apel juga memiliki khasiat istimewa loh. Kulit apel bisa menjadikan rambut hitam alami serta meminimalisir uban.

Caranya cukup haluskan buah apel beserta kulit dengan menggunakan blender. Kemudian, oleskan ke seluruh bagian rambut dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu lanjutkan dengan keramas. Oh iya, kamu bisa melakukan perawatan ini setiap hari untuk dapatkan hasil yang memuaskan.

2. Daun Rambutan

Banyak yang belum tahu jika daun rambutan memiliki khasiat terhadap kesehatan rambut. Daun dari rambutan ini bisa memproduksi pigmen rambut sehingga warnanya bisa semakin berkilau.

Kamu cukup merendam beberapa helai daun di dalam air sambil meremasnya hingga sedikit hancur. Diamkan daun di air selama 15 menit lalu remas kembali sampai benar-benar hancur. Setelah itu, basuhkan air daun ini ke rambut dan diamkan selama 15 menit. Akhiri dengan keramas dan membilasnya hingga bersih.

3. Minyak Zaitun

Sudah menjadi rahasia umum jika minyak zaitun menyimpan sejuta manfaat bagi manusia. Untuk rambut sendiri, minyak zaitun juga mampu mengembalikan warna menjadi hitam berkilau.

Cukup oleskan lima tetes minyak zaitun ke seluruh rambut dan diamkan semalaman hingga meresap. Keesokan harinya, bilas dengan sampo dan conditioner. Hindari menggunakan hair dryer agar manfaat minyak zaitun tidak menghilang ya.

4. Lidah Buaya

Sama seperti minyak zaitun, lidah buaya juga menyimpan banyak manfaat bagi rambut. Tanpa menggunakan pewarna, kamu bisa menghitamkan rambut hingga berkilau dengan cara mengambil daging lidah buaya yang cukup tebal lalu haluskan dan oleskan ke seluruh rambut. Setelah merata, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas sampai bersih dengan sampo.

5. Alpukat

Bukan cuma nikmat saat dijadikan smoothies, alpukat juga bermanfaat dalam menghitamkan rambut. Caranya adalah dengan mengambil daging buah yang dihaluskan, lalu campurkan kuning telur dan satu sendok teh minyak zaitun.

Adonan yang sudah tercampur merata ini bisa dijadikan masker dengan mengoleskannya merata dari pangkal sampai ujung rambut. Diamkan selama 30 menit dan biarkan mengering serta akhiri dengan membilasnya hingga bersih.

Cara menghitamkan rambut di atas mudah untuk dilakukan kan, KLovers? Pastikan juga untuk membilas rambut dengan sampo yang diperkaya bahan alami untuk membuat rambutmu indah berkilau tanpa bahan kimia ya!

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI