5 Barang Sehari-Hari yang Bisa Digunakan sebagai Alat Pembersih Earphone Kesayangan

Selasa, 07 Juni 2022 12:40 Penulis: Jeffrey Winanda
5 Barang Sehari-Hari yang Bisa Digunakan sebagai Alat Pembersih Earphone Kesayangan
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Di balik manfaatnya yang mampu menjadi penyelamat kala mati gaya, earphone nyatanya menyimpan potensi kotoran yang besar lho. Meski nggak kelihatan, nyatanya terdapat kotoran berukuran mikroskopis pada earphone kesayangan.

Penggunaan pribadi pada earphone pun tetap bisa membuat kotoran menempel. Selain pada menurunnya performa audio, kotoran yang menempel pada earphone juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada telinga.

Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan eraphone secara berkala. Nggak perlu tools khusus, beberapa barang di rumah bisa dimanfaatkan untuk membersihkan earphone kesayangan. Apa saja?

1. Tusuk Gigi

Ujung runcing yang terdapat pada tusuk gigi ternyata juga bermanfaat untuk mengambil kotoran pada sela earphone. Tentu saja tusuk gigi sangat membantu membersihkan bagian dalam earphone yang nggak bisa dijangkau dengan tangan.

Meski begitu, lakukan pembersihan dengan tusuk gigi ini secara lembut. Hal ini penting agar nggak terjadi kerusakan pada permukaan earphone.

2. Sikat Gigi Bekas

Jangan buru-buru membuang sikat gigi bekas setelah nggak terpakai. Hal ini lantaran sikat bekas bisa dimanfaatkan untuk membersihkan earphone kesayangan.

Pastikan sikat gigi bekas dalam keadaan bersih dan kering. Kamu bisa menggunakan bulu lembut dari sikat gigi bekas untuk menjangkau kotoran di bagian dalam earphone.

3. Cotton Buds

Sisa kotoran yang masih menempel dan sulit dijangkau pada earphone memang suka bikin gemas. Selain tusuk gigi dan sikat gigi bekas, kamu juga bisa menggunakan cotton buds untuk membersihkannya.

Ujung kapas lembut di cotton buds bisa mengangkat sisa kotoran di dalam earphone. Cara pakainya pun sama seperti menggunakan cotton buds untuk membersihkan telinga.

4. Alkohol

Sudah menggunakan tusuk gigi, sikat gigi bekas, dan cotton buds untuk membersihkan earphone namun masih tetap ada kotoran yang menempel? Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan alkohol 70% untuk membersihkan sisa kotorannya.

Beri 1-2 tetes alkohol ke alat pembersihmu untuk kemudian diaplikasikan pada earphone. Jangan sampai terlalu banyak memberikan alkohol lantaran bisa memicu terjadinya korsleting dan kerusakan pada earphone.

5. Tisu Basah

Setelah membersihkan bagian dalam earphone, tanpa disadari masih ada sisa-sisa kotoran yang menempel. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengelap permukaan eraphone dengan tisu basah. Bagian yang bisa dibersihkan hanya permukaan dan kabelnya saja. Untuk bagian dalam sangat nggak disarankan sebab bisa menyebabkan korsleting.

Tahu nggak sih jika semua barang kebutuhan sehari-hari bisa kamu dapatkan tanpa harus keluar rumah? Kamu bisa mendapatkan semua kebutuhan di marketplace kesayanganmu dan semua kebutuhan harian bisa langsung datang di depan pintu rumahmu.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI