5 Cara Mengecilkan Layar Laptop yang Mudah dan Praktis, dari Menggunakan Keyboard - Mouse

Sabtu, 07 Mei 2022 13:22 Penulis: Dhia Amira
5 Cara Mengecilkan Layar Laptop yang Mudah dan Praktis, dari Menggunakan Keyboard - Mouse
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Laptop saat ini menjadi salah satu alat elektronik yang banyak digunakan dalam berbagai kegiatan. Laptop banyak dipilih karena mudah dibawa ke mana saja. Bahkan, laptop juga bisa mengatur keperluan kalian, salah satunya mengecilkan layar laptop. Ya, cara mengecilkan layar laptop ini bisa kalian gunakan dalam berbagai cara.

Ada cara mengecilkan layar laptop untuk Windows 8 dan Windows 7, adapula cara mengecilkan layar laptop dengan menggunakan keyboard hingga mouse. Kalian bisa memilih beberapa cara mengecilkan layar laptop ini sesuai dengan kebutuhan kalian ya KLovers. Cara-cara berikut ini ada yang sangat mudah, ada pula yang cukup sulit.

Nah, apa saja ya cara mengecilkan layar laptop tersebut? Berikut ini beberapa cara mengecilkan layar laptop yang bisa kalian lakukan dengan mudah dan praktis. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Mengecilkan Layar Windows 7 dan Windows 8

Cara mengecilkan layar laptop yang pertama yaitu, ada cara mengecilkan layar laptop untuk Windows 7 dan Windows 8. Cara mengecilkan layar laptop ini cukup mudah dan praktis untuk kalian lakukan kok KLovers. Dan berikut ini beberapa tahapan yang bisa kalian lakukan bila menggunakan Windows 7 dan Windows 8:

1. Cara pertama, kalian bisa langsung klik kanan pada layar desktop, lalu pilih "Screen Resolution".

2. Jika menu "Screen Resolution" sudah muncul, maka akan disajikan dua pilihan yakni "Display" dan "Resolution".

3. Bila sudah, kalian bisa pilih "Resolution".

4. Pada menu "Resolution" juga terdapat berbagai pilihan ukuran resolusi layar. Pada menu ini, kalian bisa pilih "Resolusi" yang paling kecil untuk memperkecil layar laptop.

5. Setelah itu, kalian bisa klik "Apply" untuk mengaplikasikan resolusi yang kalian pilih.

6. Namun perlu diingat ya KLovers, sebelum resolusi pada layar kalian berubah, akan ada pilihan lain yang ditampilkan yakni, "Keep Changes" dan "Revert".

7. "Keep Changes" berfungsi untuk memastikan perubahannya tetap dilakukan. Sementara "Revert" berfungsi untuk mengembalikannya pada ukuran semula.

2. Mengecilkan Layar Windows 10

Kemudian, ada pula cara mengecilkan layar laptop untuk kalian yang menggunakan Windows 10. Ya, cara mengecilkan layar laptop ini sangat mudah dan praktis bila kalian menggunakan Windows 10. Berikut beberapa tahapan yang bisa kalian lakukan:

1. Cara pertama, silahkan klik kanan pada layar desktop, lalu pilih menu "Display Setting".

2. Kemudian, pilih "Advance Display Settings".

3. Setelah itu pada menu "Resolution" akan ada pilihan beberapa pilihan ukuran layar, pilihlah resolusi yang kalian inginkan.

4. Jika kalian ingin memperkecil layar laptop, maka silahkan pilih resolusi yang paling kecil.

5. Selanjutnya, klik "Apply" jika sudah menentukan resolusi yang kalian inginkan, maka layar akan berubah sesuai dengan resolusi yang kalian pilih.

3. Mengecilkan Layar dengan Keyboard

Cara mengecilkan layar laptop yang lainnya yaitu, kalian bisa menggunakan keyboard. Ya, cara ini lebih mudah lagi loh KLovers. Kalian hanya menggunakan keyboard untuk mengubah ukuran pada layar. Dan berikut cara mengecilkan layar laptop dengan keyboard:

1. Cara pertama yaitu, kalian hanya perlu menekan tombol Ctrl + (-).

2. Bila sudah, maka ukuran layar laptop kalian akan berubah menjadi kecil.

3. Sedangkan jika ingin memperbesar layar, kalian tinggal menekan tombol Ctrl + (+).

4. Mengecilkan Layar pada Browser

Bagi kalian yang sedang menggunakan layar browser dan ingin mengubah layarnya agar lebih kecil ataupun besar, maka ada kok caranya. Dan berikut ini cara mengecilkan layar laptop pada browser:

1. Cara pertama, kalian hanya perlu klik tanda icon tiga titik di sudut kiri atas pada Chrome.

2. Setelah itu, kalian bisa perhatikan menu Zoom. Untuk mengecilkan tampilannya, klik tanda kurang (-). Atur sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan.

3. Bila sudah, kalian akan melihat perubahan pada tampilannya yang semakin mengecil.

5. Mengecilkan Layar dengan Mouse

Selain menggunakan keyboard, kalian juga bisa mengecilkan layar dengan trackpad atau mouse. Namun, cara mengecilkan layar laptop dengan menggunakan mouse ini akan sangat sulit dilakukan ya KLovers, sebab trackpad atau mouse lebih sulit untuk dikendalikan.

Bila tidak teliti, maka kalian bisa mendapatkan ukuran layar yang tidak ideal. Namun, bagi kalian yang teliti dan pintar dalam menggunakan mouse, maka cara mengecilkan layar laptop berikut ini bisa banget jadi pilihan kalian.

1. Cara pertama, kalian bisa tekan dan tahan tombol Ctrl.

2. Kemudian scroll roda mouse atau trackpad kalian ke bawah sehingga mencapai ukuran layar yang diinginkan.

3. Jika kalian scroll ke bawah untuk mengecilkan layar, maka kalian cukup scroll ke atas untuk mengubah ukuran layar menjadi lebih besar.

Itulah beberapa cara mengecilkan layar laptop yang bisa kalian lakukan sendiri. Ada beberapa cara mengecilkan layar laptop yang mudah dan praktis ada pula cara mengecilkan layar laptop yang cukup sulit. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI