5 Destinasi Keren Ini Cuma Ada di Pontianak, Yakin Nggak Mau ke Sana?

Senin, 02 Juli 2018 16:18 Penulis: Iwan Tantomi
5 Destinasi Keren Ini Cuma Ada di Pontianak, Yakin Nggak Mau ke Sana?
© shutterstock

Kapanlagi Plus - Siapa bilang kota Pontianak nggak punya destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi? Kota yang tepat berada digaris khatulistiwa ini ternyata punya daya tarik yang nggak kalah dengan kota lainnya. Selain terkenal dengan Sungai Kapuas dan Sungai Landak, berikut ini adalah beberapa destinasi yang hanya ada di Pontianak.

Tugu Khatulistiwa

©sarahjalan

Destinasi pertama yang wajib banget dikunjungi saat ke Pontianak adalah Tugu Khatulistiwa. Ya, tugu kebanggaan masyarakat Pontianak ini terletak sekitar 3km dari pusat kota. Tugu Khatulistiwa dibangun dengan empat pilar kayu belian yang kedua pilar bagian belakangnya lebih tinggi dari pilar bagian depan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Tugu Khatulistiwa adalah pada 21-23 Maret atau 21-23 September. Pasalnya, pada saat itu terjadi fenomena alam di mana matahari berada tepat di atas garis Khatulistiwa. Sehingga, semua benda yang berada di atas garis tidak akan memiliki bayangan.

Tugu Khatulistiwa ini juga menyimpan sebuah museum yang berisi cerita lengkap mengenai garis pembelah bumi ini. Kamu juga bisa membeli souvenir berupa mini garis Khatulistiwa serta sertifikat bukti kunjungan yang ditanda tangani walikota Pontianak.

Rumah Betang Radakng

©sarahjalan

Rumah Betang Radakng merupakan rumah adat terpanjang di Indonesia yang berhasil memecahkan rekor MURI. Panjang rumah ini mencapai 138 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi 7 meter. Nggak heran jika destinasi wisata ini menjadi salah satu yang paling dibanggakan oleh pemerintah Pontianak. Para wisatawan juga antusias untuk datang ke sini karena ingin melihat langsung rumah adat terpanjang serta berfoto.

Aloe Vera Center


 
©dhzblog

Seperti namanya, Aloe Vera Center merupakan tempat budidaya lidah buaya yang begitu ternama di Pontianak. Aloe Vera Center terletak di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara. Lidah buaya di sini diolah menjadi berbagai macam kebutuhan seperti tepung, dodol, permen hingga produk kecantikan kulit. Jalan-jalan menyusuri Aloe Vera Center bakalan menyenangkan banget, karena kamu juga bisa menemukan lidah buaya ukuran raksasa yang setiap pelepahnya punya berat 1kg lebih.

Pantai Pasir Panjang

©pexels

Pontianak juga punya pantai yang begitu indah, asri dan sering kali menjadi destinasi prewedding. Pantai Pasir Panjang terletak 17km dari kota Singkawang dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga, kamu bisa mendapatkan suasana yang private saat berkunjung di sana.

Museum Kalimantan Barat

©ericopieter.blogspot

Traveling ke Pontianak, lengkapi perjalananmu dengan belajar sejarah di Museum Kalimantan Barat. Museum yang juga disebut Museum Negeri Pontianak ini menyimpan artefak, koleksi benda kerajaan, kerajinan seni dan budaya suku Dayak hingga koleksi keramik dari Cina. Main ke museum makin menyenangkan karena terdapat taman kecil dan jembatan unik yang sering kali menjadi spot untuk berfoto. Kunjungi museum ini buka hanya pada hari Selasa - Minggu.

Taman Alun-alun Kapuas

 

©rahmanelegypt.blogspot

Sungai Kapuas seakan menjadi sumber kehidupan dan juga hiburan bagi warga Pontianak. Saat sore atau malam hari, cobalah berkunjung di Taman Alun-alun Kapuas untuk menikmati wahana serta taman rekreasi keluarga yang dibangun di sana. Selain seru untuk berfoto dan bersantai bareng, Taman Alun-alun Kapuas ini juga menyimpan kuliner jalanan yang sayang untuk dilewatkan.

Pontianak ternyata juga punya banyak destinasi menarik, bukan? Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pontianak, segera persiapkan jadwal cuti, tiket pesawat dan juga tempat menginap yang sesuai dengan budget seperti Airy Rooms. Ada banyak lokasi Airy Rooms yang bisa kamu temukan di kota ini, sesuaikan saja dengan lokasi destinasi wisata yang akan dikunjungi. hotel Airy Rooms tidak akan membuat Anda kecewa karena memiliki 7 fasilitas berupa AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower hangat, air minum dan juga WiFi gratis.

Yuk cari hotel Airy Rooms terdekat dari lokasimu dengan download dulu aplikasinya di Android dan iOS. Pilihan pembayarannya juga fleksibel, bisa dilakukan melalui bank transfer, kartu kredit, hingga gerai Indomaret terdekat.Lokasi hotel Airy Rooms yang mudah ditemukan, bikin liburan makin menyenangkan.

 

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI