5 Doa Pagi Hari Menurut Agama Islam, Bisa Dibaca Sebelum Memulai Aktivitas

Diterbitkan:

5 Doa Pagi Hari Menurut Agama Islam, Bisa Dibaca Sebelum Memulai Aktivitas
Doa Pagi Hari Menurut Agama Islam (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Dalam agama Islam, berdoa kepada Allah SWT adalah sebuah keharusan. Salah satu waktu yang dianjurkan untuk berdoa adalah pada pagi hari, sebelum memulai aktivitas. Doa pagi hari menjadi bagian penting dalam rutinitas umat Islam. Doa pagi hari bisa jadi sarana untuk memohon kelancaran, keberkahan, rezeki, dan keselamatan dalam menjalani berbagai aktivitas sepanjang hari.

Doa pagi juga seringkali mencakup ungkapan syukur atas nikmat-nikmat yang diberikan Allah SWT. Oleh karena itu, ada beragam doa pagi hari dalam Islam yang bisa dibaca, tergantung pada tujuan keberkahan yang ingin diperoleh. Dengan memulai hari dengan doa, umat Islam diharapkan dapat meraih keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT dalam setiap langkah mereka.

Berikut beberapa bacaan doa pagi hari yang bisa dipanjatkan setiap muslim sebelum memulai aktivitas seharian penuh.

1. Doa Pagi Hari Agar Diberi Kelancaran dalam Beraktivitas

Salah satu tujuan orang berdoa di pagi hari adalah untuk mendapatkan kelancaran dalam menjalani berbagai aktivitas seharian penuh. Berikut bacaan doa pagi hari agar diberikan kelancaran dalam beraktivitas:

"Allahummaa bika ashbahnaa, wa bika amsainaa, wa bika nahyaa, wa bika namuutu, wa ilaikan nusyuuru."

Artinya:

"Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali," (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya)."

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Doa Pagi Hari Agar Mendapatkan Rezeki

Di setiap harinya, seseorang bekerja untuk mendapatkan rezeki. Agar dimudahkan dalam mencari rezeki, berikut bacaan doa pagi hari yang bisa dibaca:

"Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyiban, wasta'milnii thayyiban. Allahummaj'al ausa'a rizqika 'alayya 'inda kibari sinnii wanqithaa'i 'umrii. Allahummakfinii bihalaalika 'an haraamika wa aghninii bifadhlika 'amman siwaaka. Allahumma innii as-aluka rizqan waasi'an naafi'an. Allahumma innii as-aluka na'iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu."

Artinya:

"Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

3. Doa Pagi Hari Agar Mendapatkan Kemudahan

Setiap orang pasti menginginkan setiap hal yang dikerjakannya bisa berjalan dengan mudah tanpa hambatan. Berikut bacaan doa pagi hari agar mendapatkan kemudahan dalam menjalani hari:

"Rabbana laa tuaa-khidzna innasiina au akhtho'na, rabbana wala tahmil 'alaina ishran kama hamaltahu 'alalladziina min qablina, rabbana wala tuhammilna ma la thooqatalanabih, wa'fu'anna waghfirlana warhamna, anta maulana fansurna 'alal qaumilkaafiriin."

Artinya:

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

4. Doa Pagi Hari Agar Mendapatkan Perlindungan

Agar terhindar dari mara bahaya dan kejahatan, seseorang harus berhati-hati dan waspada. Selain itu, seorang muslim juga diwajibkan berserah dengan berdoa memohon perlindungan Allah SWT. Berikut bacaan doa pagi hari agar mendapatkan perlindungan:

"Allahumma innii as-aluka min khairi hadzal amali wa khairi maa fiihi, wa'audzubika min syarri haadzal amali wasyarri maa fiihi innaka 'alaakulli syaiin qadiir."

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung pada-Mu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menentukannya."

5. Doa Pagi Hari Agar Mendapatkan Petunjuk

Tak jarang, seseorang terbangun dalam kondisi pikiran kosong seolah tidak memiliki gambaran mengenai hal yang akan dikerjakan selama sehari nanti. Jika mengalami hal tersebut, berikut bacaan doa pagi hari agar mendapatkan petunjuk dari Allah SWT:

"Rabbanaa aatinaa minladunka rahmataw-wahayyi lanaa min amrinaa rosyada."

Artinya:

"Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami."

Itulah di antaranya beberapa doa pagi hari yang bisa dibaca setelah bangun tidur, sebelum memulai aktivitas. Semoga bermanfaat, menambah wawasan, dan bisa meningkatkan keimanan sebagai seorang muslim. Amiin.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending