5 Tradisi Unik saat Idul Fitri di Indonesia yang Selalu Ditunggu Setiap Tahunnya

Rabu, 22 Mei 2019 00:01 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
5 Tradisi Unik saat Idul Fitri di Indonesia yang Selalu Ditunggu Setiap Tahunnya
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Bagi umat muslim, momen Lebaran atau Idul Fitri tentunya selalu disambut dengan sukacita. Bagaimana tidak, setelah berpuasa satu bulan lamanya, kini saatnya merayakan hari kemenangan bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Berbicara soal Idul Fitri 2019, Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, punya banyak tradisi khas yang tak pernah dilewatkan. Ada apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

Mudik

(c) shutterstock(c) shutterstock

Tradisi yang satu ini bisa dibilang hanya terjadi di Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri setiap tahunnya. Pemudik sendiri biasanya adalah perantau yang tinggal di kota besar, seperti Jakarta. Mereka kemudian pulang ke kampung halaman untuk bisa berkumpul bersama keluarga dan orang tercinta di hari yang fitri.

Untuk bisa pulang, pemudik biasanya berburu tiket transportasi dari jauh-jauh hari, atau ada juga yang melakukan perjalanan mudiknya dengan kendaraan pribadi. Tak heran jika pada momen ini biasanya bandara, terminal hingga pelabuhan dipadati oleh para penumpang.

Bonus THR

Selain mudik, bonus Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu tradisi Idul Fitri yang ditunggu-tunggu banyak orang. Tunjangan ini biasanya diberikan pada mereka yang bekerja sebagai pegawai di sebuah perusahaan. Dana THR tersebut nantinya akan dialokasikan ke banyak hal, mulai dari belanja oleh-oleh hingga diberikan kepada saudara dan keponakan kecil di kampung halaman.

Makan ketupat

(c) shutterstock(c) shutterstock

Lebaran nggak akan lengkap tanpa makan ketupat. Biasanya ketupat akan disajikan bersama opor ayam atau rendang. Sajian satu ini memang selalu menjadi menu wajib saat hari raya tiba. Tak heran jika, Anda akan menemukan sajian ini di setiap rumah yang disinggahi saat datang bersilaturahmi.

Beli Baju Baru

(c) shutterstock(c) shutterstock

Momen Idul Fitri selalu identik dengan baju baru. Jelang hari raya, orang-orang biasanya berbondong-bondong ke pusat perbelanjaan untuk memborong baju Lebaran. Kini dengan semakin majunya teknologi internet, online shop dan e-commerce pun tak kalah ramainya kebanjiran order menjelang Lebaran. Tradisi ini semakin seru saat ada tawaran diskon besar-besaran dari para pelaku bisnis.

Cuti Bersama

Momen Lebaran di Indonesia merupakan momen libur panjang bagi banyak orang. Hal ini karena pemerintah biasanya menetapkan cuti bersama untuk merayakan hari raya ini. Kesempatan ini biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berlibur bersama keluarga dan orang-orang terdekatnya. Persiapan libur Lebaran pun biasanya sudah direncanakan dari jauh-jauh hari dengan banyak cara. Salah satunya dengan dengan memanfaatkan promo diskon hotel hingga 5 juta rupiah dari Traveloka yang akan hadir pada tanggal 22-26 Mei 2019.

Dengan diskon spesial ini, pengguna tentunya bisa menekan budget liburannya menjadi lebih hemat. Proses pemesanan hingga pembayaran hotel pun sangat praktis dan mudah dengan beragam pilihan hotel baik di dalam maupun luar negeri.

Berbicara soal tradisi unik Idul Fitri di Indonesia rasanya tidak akan ada habisnya. Belum lagi jika kita menengok pada tradisi di setiap daerah. Tentunya akan ada lebih banyak lagi tradisi unik yang Anda tahu. Bagaimana dengan tradisi unik dari daerah Anda sendiri?

 

 

(*/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI