5 Wisata Kuliner Legendaris di Solo, Kelewatan Enaknya! NUMBER

Sabtu, 03 Agustus 2019 05:38 Penulis: Editor KapanLagi.com
5 Wisata Kuliner Legendaris di Solo, Kelewatan Enaknya! NUMBER
Instagram.com/KulinerLegendarisSolo, Diambil pada 3 Agustus 2019


Kapanlagi Plus - Dikenal sebagai Kota Budaya, Solo juga menawarkan banyak kekayaan akan wisata kuliner dan tempat wisatanya. Jalan-jalan ke Solo, kurang afdol kalau belum mampir untuk berwisata kuliner yang nggak kalah enak dengan wisata kuliner di kota-kota lain. Dibalik ketenangan dan keramahan masyarakatnya, di Solo juga ada banyak wisata kuliner yang harus kalian coba. Wisata kuliner legendaris di Solo juga banyak dicari-cari karena kelezatannya yang khas dan tidak berubah seiring berjalannya waktu.

Selain enak dan legendaris, harganya yang sangat terjangkau bikin pengunjung nggak nyesel bolak-balik karena ketagihan dengan makanan ini KLovers. Masih ragu untuk cobain kenikmatan wisata kulnernya? Yuk intip wisata kuliner legendaris di Solo yang dilansir dari beberapa sumber seperti berikut ini.

1. Tengkleng Klewer Bu Edi

Instagram.com/TengklengKlewer, Diambil pada 3 Agustus 2019Instagram.com/TengklengKlewer, Diambil pada 3 Agustus 2019

Tengkleng Klewer Bu Edi merupakan salah satu makanan legendaris di Solo yang sangat populer di telinga para pecinta kuliner lho KLovers. Banyak wisatawan luar yang rela datang jauh-jauh dari kota lain untuk mencicipi Tengkleng Bu Edi ini. Tengkleng Klewer Bu Edi sudah mulai dirintis sejak tahun 1971 oleh nenek Bu Edi. Awalnya nenek Bu Edi berjualan dengan cara berkeliling dan menggendong wadah tengklengnya.

Beberapa tahun kemudian, dibangunlah warung di Pasar Klewer sebagai tempat berjualan yang dikenal masyarakat sampai sekarang. Sang pengelola yang sekarang bernama Sulistri, mengaku tidak ada bumbu rahasia. Ia memasak semuanya berdasarkan resep turun temurun. Meskipun begitu, racikannya dari dulu selalu pas dan dagingnya yang lunak dan lembut membuatnya ketika berada di mulut bisa lepas dengan mudah dari tulang-tulang.

Kelezatan dari Tengkleng Bu Edi ini sudah tidak diragukan lagi KLovers. Banyak pengunjung yang rela antri panjang dan datang lebih awal dari jam buka hanya untuk mencicipi makanan legendaris satu ini olahannya memang hanya tengkleng, namun antriannya bisa mengular. Seperti yang dilansir dari travelingyuk.com, Tengkleng Bu Edi ini buka mulai pukul 12.00 WIB, tetapi 2 sampai 3 jam kemudian biasanya sudah habis lho KLovers. Bisa bayangin nggak betapa enaknya Tengkleng Bu Edi ini sampai bisa secepat itu habis? Lokasi Tengkleng Klewer Bu Edi berada di Pasar Klewer di Jl. Radjiman, Solo. Harganya Juga tidak terlalu mahal lho, mulai dari Rp 20.000 sampai dengan Rp50.000, tergantung dengan tambahan lauk yang kalian pesan ya KLovers.

2. Serabi Notosuman Ny. Handayani

Instagram.com/SerabiNotosuman, Diambil pada 3 Agustus 2019Instagram.com/SerabiNotosuman, Diambil pada 3 Agustus 2019

Serabi merupakan camilan khas Indonesia yang memiliki beragam versi. Namun yang paling terkenal adalah serabi dari Bandung dan juga Solo. Beda keduanya, serabi Solo lebih tipis dibandingkan dari Bandung. Nah, Serabi Notosuman Ny. Handayani merupakan salah satu yang cukup legendaris di Solo, KLovers. Resepnya sudah ada sejak tahun 1923 yang lalu. Banyak yang berkata bahwa Serabi Notosuman ini menjadi favorit selama empat generasi. Ciri khas serabi di tempat ini adalah memiliki rasa yang lebih manis. Kemasan serabi ini memiliki warna oranye. Serabi ini juga memiliki kualtas rasa santan yang kuat lho KLovers. Dijamin bikin ketagihan deh! Jika kalian datang untuk mencicipi makanan legendaris ini, jangan lupa bawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah ya.

Alamat dari Serabi Notosuman Ny. Handayani ada di Jl. Moh. Yamin No. 51. Jam bukanya mulai dari pukul 04:30 hingga 19:00 WIB. Pilhan rasanya ada dua, coklat dan original. Sementara itu untuk harganya, Satu kardus berisi 10 biji serabi dipatok Rp26.000-Rp 28.000-an per 10 serabi.

Dilansir dari artikel yang sama, travelingyuk.com.

3. Nasi Liwet Yu Sani Solo

      
Instagram.com/NasiLiwet, Diambil pada 3 Agustus 2019Instagram.com/NasiLiwet, Diambil pada 3 Agustus 2019

Salah satu makanan khas Indonesia yang juga banyak dicari adalah Nasi Liwet. Di Solo, kalian bisa menikmati Nasi Liwet yang super nikmat ini sebagai sarapan ataupun makan malam. Ketika malam salah satu tempat makan nasi liwet yang kami rekomendasikan adalah Nasi Liwet Yu Sani. Seperti yang dilansir dari wisatasolo.id, warung nasi ini memiliki tiga cabang, salah satunya ada di Veteran yang secara jarak lebih dekat dari Kota Solo.

Warung Yu Sani, menyediakan tempat makan yang bersih dan sederhana. Di sana juga disediakan lesehan maupun kursi untuk tempat duduk. Meskipun tempat berjualannya berada di pinggir jalan, Warung Yu Sani ini tidak pernah sepi pembeli lho KLovers. Begitu kalian sampai di depan Warung Yu Sani ini, aroma gurihnya santan dari nasi liwet sudah menyeruak keluar. Menu standarnya adalah nasih liwet, sayur labu plus cabe, areh dan suwiran ayam, sendokan pertama  sudah  terasa gurihnya, pulen dan empuk ditimpali oleh empuknya suwiran ayam. Apabila kalian merasa kurang dengan lauk suwiran ayam, kalian bisa meminta potongan ayam, ati ampela, telor ataupun uritan lho KLovers. Uritan adalah indung telur, bakal telur muda yang ada didalam ayam betina. Untuk menikmati kelezatan Nasi Liwet Yu Sani in nggak bikin kantong kering kok KLovers. Harganya masih terjangkau, untuk Nasi Liwet Ayam Suwir. telur ayam  dan Teh Manis kalian cukup membayar sebesar Rp 20.000.

4. Warung Selat Solo Mbak Lies

 

Nikmatnya kuah Selat Solo yang disantap dengan irisan daging sapi bisa kamu nikmati di Warung Mbak Lies yang sampai sekarang menjadi kuliner legendaris di Solo. Ada yang tau nggak kalau Warung Selat Solo Mbak Lies ini juga punya menu lidah sapi? Enak sudah pasti, dan harganya juga sangat terjangkau lho KLovers. Kuliner yang satu ini sangat melegenda, biasanya menggunakan mustard dan mayones tersaji dengan tampilan yang menggiurkan. Ada dua menu pilihan yaitu bistik dan galantine.

Datang saja langsung ke lokasinya di Jalan Veteran, tepatnya masuk ke Gang 2. Memang tidak berada di pinggir jalan besar, tapi menemukannya juga bukan hal yang sulit. Bangunan dan interiornya juga sangat unik dan klasik, kamu akan menemukan nama yang unik seperti meja paying, hingga meja parkir untuk menandai tempat makan pembeli. Puas menikmati selat yang nikmat, cukup berkendara sejauh 2 km kamu bisa jalan-jalan ke objek wisata Solo seperti Alun-Alun dan Keraton.

Dilansir dari travelingyuk.com.

5. Mie Thoprak dan Dawet Gempol Pleret

Instagram.com/MieThoprak, Diambil pada 3 Agustus 2019Instagram.com/MieThoprak, Diambil pada 3 Agustus 2019

Nah, kuliner legendaris Solo berikutnya adalah Mie Toprak dan ada minuman juga yakni Es Dawet Gempol Pleret. Di Mangkuyudan Solo,  dua kuliner khas Solo yang jadi menu andalan ini dijual sekaligus dalam satu tempat. Waktu paling tepat dan nikmat untuk bisa mencicipi makanan dan minuman yang satu ini yakni pada siang hari, di Warung Pak Suharto.

Mie Toprak Solo ini beda lho KLovers dengan Ketoprak Jakarta. Mie Toprak khas Solo merupakan makanan berkuah kaldu bening yang berisikan mie, irisan daging sapi, irisan tahu dan tempe goreng, risol, cakue, bakwan, tauge, kol, kacang tanah goreng, juga bihun. Setelah diracik dalam mangkok, semua bahan diguyur kuah kaldu yang segar dan panas. Paling enak kalau ditambah sedikit cuka, dan juga irisan cabe rawit. Tak ketinggalan taburan bawang goreng dan juga daun seledrinya. Nikmatnya makanan legendaris satu ini bisa kamu nikmati hanya dengan Rp 10.000 saja per porsinya lho.

Nah, selanjutnya ada Es Dawet Gempol Pleret. Gempol Pleret adalah nama dua jenis bahan utama Es Dawet Gempol Pleret. Gempol adalah sebutan bulatan-bulatan berwarna putih agak pipih terbuat dari meniran (pecahan bulir padi), sedangkan Pleret, terbuat dari adonan tepung dan sedikit gula jawa berwarna coklat pucat. Gempol pleret dan cendol dicampur jadi satu dengan kuah santan dan gula jawa, ditambah bongkahan es. Rasa manis dan gurihnya pas. Bikin siang yang panas jadi terasa seger banget KLovers. Murah pula, cuma Rp 5.000/porsinya. Seperti yang dilansir dari wonderfulsolo.com, jika kamu mau icip Mie Toprak dan Es Dawet Gempol Pleret Mangkuyudan, kamu bisa datang ke Jalan Sri Rejeki Dalam 7 No 34 Mangkuyudan, Laweyan, Solo (Sebelah Utara Sabar Motor).

Nggak bakal ada habisnya deh KLovers kalau mau mencicipi wisata kuliner yang ada di Solo ini. Masih banyak lagi makanan lezat yang harus kalian coba ketika jalan-jalan di Kota Budaya ini. Siap-siap bakal lapar mata kalau sudah datang ke tempat makan yang ada di atas. Selamat mencoba ya!

Penulis : Artamevia Faberta Elvanda

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI