5 Wisata Pantai Indah dan Menarik Di Indonesia yang Tidak Boleh Terlewatkan

Selasa, 09 Juli 2019 21:53 Penulis: Editor KapanLagi.com
5 Wisata Pantai Indah dan Menarik Di Indonesia yang Tidak Boleh Terlewatkan
Foto : Instagram.com/pesonaid_travel, Diambil 9 Juli 2019


Kapanlagi Plus - Liburan adalah salah satu cara paling jitu untuk melepas stres akibat rutinitas dan pekerjaan yang monoton. Salah satu kegiatan berlibur yang bisa kamu lakukan adalah bermain ke pantai. Bermain di pantai bisa menjadikan badan lebih rileks dengan menikmati suara deburan ombak, angin yang sepoi-sepoi dan panorama yang sejuk dipandang. Tidak perlu melancong ke luar negeri untuk mengunjungi pantai yang indah, cukup di dalam negeri saja dan kalian akan menemui banyak pantai yang menakjubkan. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia mempunyai banyak sekali wisata pantai indah dan menarik yang tidak boleh terlewatkan.

Pantai indah di Indonesia tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke. Kamu bisa mengunjunginya satu per satu sambil menjelajahi Indonesia. Karena kepopulerannya, banyak sekali wisatawan dari luar negeri yang berkunjung ke Indonesia untuk menikmati keindahan pantai di Negeri Zamrud Katulistiwa ini. Buat kamu yang penasaran, yuk simak dulu artikel ini yang membahas beberapa pantai yang indah dan populer di Indonesia seperti yang telah dilansir oleh Liputan6.com

 

 

 

 

1. Pantai Nusa Dua, Bali

Pantai Nusa Dua Bali adalah salah satu pantai yang terindah di Indonesia. Pantai Nusa Dua adalah merupakan salah satu pantai di Bali yang sangat diminati  kalangan wisatawan dalam negeri maupun yang wisatawan mancanegara. Pantai ini memiliki pesona alam yang eksotis, berpasir putih, serta kawasannya bersih. Tak lupa, kawasan Pantai Nusa Dua Bali juga adalah salah satu tempat terkenal untuk melihat pemandangan matahari terbenam yang mempesona.

Pantai Nusa Dua di Bali ini juga dikenal mempunyai garis pantai yang sangat panjang. Para pengunjung pun bisa bermain air sepuasnya di pantai ini. Pasir pantai yang putih dan bersih, memang menjadi area bermain untuk anak yang menyenangkan. Pantai ini juga memiliki ombak yang dapat dikatakan cukup tenang, jadi pengunjung aman bermain di sekitar bibir pantai. Dari segi amenitas, pantai ini bahkan dikelilingi hingga 54 hotel dan 214 vacation rentals. Kawasan Nusa Dua Bali yang mudah diakses dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai berada di bagian ujung tenggara Pulau Bali. Berbagai event internasional maupun dalam negeri kerap digelar di kawasan Nusa Dua.

Menurut water-sport-bali.com, tidak ada biaya tiket masuk yang di kenakan kepada pegunjung untuk memasuki kawasan pariwisata Nusa Dua. Begitu juga dengan pantai yang ada di kawasan Nusa Dua, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk atau gratis. Namun akan ada biaya jika kamu ingin menonton pertunjukan Devdan Show di Nusa Dua theater, atau ingin main golf di Bali National Golf Club yang ada di sekitar Nusa Dua, Bali.

2. Pink Beach, Nusa Tenggara Barat

Salah satu wisata pantai menarik di Lombok yang patut dikunjungi adalah kawasan pantai Tangsi yang lebih populer disebut Pink Beach. Pantai ini terletak di daerah Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Seperti namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna pink dan ini tentunya sangat unik dan spesial, juga terlihat menawan. Air lautnya yang jernih, serta pasir putihnya yang dapat berubah menjadi pink karena pantulan sinar matahari, hanya dapat dinikmati sekitar pukul 07.00 sampai 09.00 pagi dan sore menjelang matahari terbenam jika cuaca cerah. Warna merah muda ini berasal dari koral, pecahan kerang, dan kalsium karbonat yang berasal dari hewan laut.

Wisatawan yang datang ke pantai ini dapat melakukan banyak kegiatan, khususnya kegiatan yang berhubungan dengan air seperti snorkeling, memancing dan menyelam atau bahkan berjemur. Untuk snorkeling wisatawan harus membawa perlengkapan sendiri, karena tidak ada yang menyewakan peralatan. Para wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai keindahan terumbu karang, serta ikan - ikan yang lucu dan warna yang beragam akan menghapiri mu saat kamu melakukan snorkeling. Tentunya kamu juga nggak akan melewatkan kesempatan untuk ber swafoto di Pink Beach ini dengan pemandangan yang indah.

Untuk menikmati pemandangan di pantai ini, pengunjung diharuskan membayar tiket sebesar Rp 10.000/orang untuk wisatawan lokal dan Rp 50.000/orang untuk wisatawan mancanegara.

3. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pantai Tanjung Tinggi  terletak 30 Km dari pusat Kota Tanjung Pandan, tepatnya di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Tanjung Pandan merupakan ibu kota Kabupaten Belitung. Pantai ini pernah dijadikan tempat syuting film terkenal yaitu Laskar Pelangi. Pesona kecantikannya merupakan daya tarik dari pantai ini. Hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau tosca kebiruan serta hamparan bebatuan yang berada di sekitar pantai menambah pesona kecantikan Pantai Tanjung Tinggi.

Tidak hanya menikmati pesona keindahannya saja, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas olahraga air di Pantai Tanjung Tinggi. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini yaitu berjemur, berenang, memancing, snorkeling, menyelam, dan menyewa jetski serta menjelajah dengan kano atau perahu karet. Jika kamu melakukan penyelaman, maka kamu akan menjumpai berbagai jenis spesies laut dengan bentuk dan warna yang lucu serta terumbu karang yang menarik.

Pantai ini buka setiap hari 24 jam. Untuk harga tiket masuk, pengunjung diharuskan membayar sebesar Rp 10.000/orang.

4. Pantai Pandawa, Bali

Pantai Pandawa merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang terkenal di Bali. Pantai Pandawa ini terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali. Pesona pantai ini juga nggak kalah dari pantai lainnya dan tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Air lautnya yang jernih, pasir putihnya yang bersih, dan ombaknya yang relatif tenang menjadikan tempat ini cukup aman untuk aktivitas berenang di tepi laut.

Lokasinya yang terletak di balik tebing kokoh membuat panorama alam di pantai ini terlihat sangat eksotis. Selain wisata alam, pihak pengelola juga memasukkan unsur budaya di pantai ini dengan meletakkan lima buah patung Ksatria Pandawa di antara dinding-dinding tebing. Kamu bisa berfoto atau selfie dengan latar patung Ksatria Pandawa yaitu Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula, dan Sadewa.

Tidak hanya berenang, berfoto ataupun bersantai di tepi pantai, kamu juga bisa bermain kano di Pantai Pandawa. Banyak tersedia jasa penyewaan kano di sekitar lokasi pantai. Tarif sewanya pun cukup terjangkau, untuk kano berkapasitas 1 orang, kamu bisa menyewa dengan tarif Rp 25.000/jam. Sementara kano berkapasitas 2 orang dapat disewa dengan tarif Rp 50.000/jam.

Untuk masuk tempat ini, pengunjung dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 8.000/orang untuk wisatawan domestik, dan Rp 15.000/orang untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan untuk parkir, dikenakan harga Rp 5.000/mobil dan Rp 2.000/motor.

5. Pantai Gili Meno, Nusa Tenggara Barat

Pantai yang indah selanjutnya adalah Pantai Gili Meno. Pantai ini terletak di Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini menawarkan suasana yang lebih tenang sebagai gaya tarik bagi wisatawan. Bagi kamu ingin rileks dan menjauhkan diri dari aktivitas keramaian saat berlibur, maka pulau kecil yang berada di antara pulau Gili Trawangan dan Gili Air ini adalah pilihan yang lebih tepat. Karena pulau kecil ini akan menyajikan kamu alam yang tenang dan damai dengan suasana pantai yang relatif sunyi.

Kalau kamu pecinta olahraga air, maka tempat ini adalah tempat yang cocok untuk melakukan diving dan snorkeling. Pemandangan yang indah di bawah laut lengkap dengan ikan dan terumbu karang lucu membuat pengunjung betah di dalam air.

Selain panorama yang indah, pantai ini memiliki sesuatu yang sangat unik yaitu patung bawah laut. Dalam kegiatan snorkeling kamu bisa melihat patung-patung di bawah air. Patung-patung ini sendiri merupakan karya seniman International Jason de Caires Taylor yang telah bekerja sama dengan salah satu hotel terbesar di Gili Meno yaitu Bask Hotel. Patung yang sangat mirip dengan manusia ini berjumlah 80 buah dan berjarak 40 kilo meter dari garis pantai.

Pengunjung tidak dikenakan tiket masuk untuk ke pantai ini atau gratis. Pengunjung hanya perlu membayar transportasi yang digunakan untuk mencapai lokasi ini. Pengunjung bisa menggunakan kapal dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Namun, kamu harus bersabar menunggu sampai kapal terisi penuh penumpang terlebih dahulu baru kemudian bisa berangkat. Tarif kapal tersebut sekitar Rp 12.000/orang.

Nah, itu tadi beberapa pantai yang indah di Indonesia. Saat berkunjung ke pantai-pantai ini, kamu akan merasa lebih segar dan rasa penat karena rutinitas akan hilang. Tentunya kamu ingin berkunjung ke pantai tersebut, bukan? Selamat bersantai.

 

Penulis : Ririn Sri Wasida

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI