50 Kata-Kata Bersyukur Kepada Allah Penuh Makna, Tulus dari Hati - Bikin Hidup Lebih Tenang

Sabtu, 12 Juni 2021 12:22
50 Kata-Kata Bersyukur Kepada Allah Penuh Makna, Tulus dari Hati - Bikin Hidup Lebih Tenang
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Selama hidup di dunia, manusia selalu mendapatkan nikmat dari Allah SWT. Tak melulu dalam bentuk rezeki melimpah, nikmat juga muncul dalam bentuk lain seperti kemudahan dalam hidup. Jadi sudah semestinya, sebagai insan yang bertakwa, kita mengucap syukur. Kata-kata bersyukur kepada Allah bisa jadi satu cara mengungkapkan rasa syukur yang mendalam dan tulus.

Bersyukur memang sudah jadi satu keharusan dalam hidup. Bersyukur menjadi cara untuk mengucapkan terima kasih secara langsung pada Allah SWT yang maha mengatur hidup. Bahkan, dalam keadaan sulit pun kita dianjurkan tetap bersyukur. Pasalnya, bersyukur akan membuat hidup jadi lebih tenang. Selain itu, bersyukur juga akan mendekatkan kita dengan Allah SWT.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata bersyukur pada Allah SWT yang penuh makna dan bisa menenangkan hati.

 

1. Kata-Kata Bersyukur kepada Allah Secara Tulus

Bersyukur harus dilandasi dengan hati yang tulus ikhlas. Sebab, rasa syukur seorang manusia langsung ditujukan pada Tuhannya yang Maha mengerti isi hati. Berikut kata-kata bersyukur kepada Allah SWT secara tulus dan ikhlas.

1. "Tuhan, terima kasih masih memberi kami kesempatan untuk menikmati indahnya pagi. Terima kasih atas udara yang masih bisa kami hirup. Semoga kami selalu menjadi makhluk ciptaan-Mu yang pandai bersyukur."

2. "Saat aku tersenyum, bukan berarti hidupku telah sempurna. Itu hanya caraku bersyukur, menikmati hidup yang telah Tuhan berikan."

3. "Terima kasih, Ya Allah, Engkau masih membangunkanku pagi ini. Terima kasih atas napas dan udara yang masih bisa kuhirup, terima kasih untuk semuanya.

4. "Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah. Apa pun yang Engkau berikan kepadaku, itu adalah yang terbaik. Jika bukan untuk hari ini, aku yakin pasti untuk masa yang akan datang.

5. "Alhamdulillah rasa syukurku kepada Allah karena diberi kenikmatan hidup dan kesehatan untuk menjalankan aktivitas.

6. "Ya Allah, aku berterima kasih dan bersyukur kepada-Mu sebab telah diberi tempat yang indah di sekeliling orang-orang yang menyayangi dan mendukung diriku."

7. "Ya Allah, aku ingin mengucapkan terima kasih kepada-Mu atas kesempatan untukku melihat dunia yang indah ini lebih lama."

8. "Tak peduli seberapa baik atau buruknya hidupmu, bangunlah setiap pagi dan bersyukurlah bahwa kamu masih memilikinya."

9. "Bersyukurlah untuk masa-masa sulit, karena di masa itulah kamu tumbuh."

10. "Ya Rabb, rasa syukur yang tak terhingga kuucapkan atas setiap kesempatan baik yang telah Engkau berikan.

 

2. Kata-Kata Bersyukur kepada Allah Penuh Makna

Bersyukur mungkin terdengar sebagai hal yang sederhana dan mudah dilakukan. Namun, karena dilakukan dengan hati yang tulus ikhlas, bersyukur jadi perbuatan yang luar biasa dan sangat bermakna. Berikut kata-kata bersyukur kepada Allah yang penuh makna.

11. "Perbanyak mengingat Allah supaya bisa merasa lebih bersyukur."

12. "Aku selalu bersyukur pada Allah karena masih dapat menikmati udara dan hangatnya mentari pagi. Terima kasih, Ya Rabb, semoga aku menjadi hamba yang selalu bersujud kepada-Mu.

13. "Ya Allah, terima kasih atas segala berkah yang telah Engkau berikan kepadaku. Lindungilah aku dari segala perilaku buruk orang lain. Amin.

14. "Percayalah bahwa yang telah diberikan Tuhan adalah yang terbaik. Yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah untuk bersyukur dan menjaganya."

15. "Cara kerja Tuhan memang aneh, satu-satunya cara kita memahaminya hanyalah dengan bersyukur." - Chara Perdana

16. "Ya Allah, terima kasih atas segala nikmat yang masih Engkau berikan hingga saat ini. Semoga aku tak pernah lupa untuk senantiasa mensyukurinya."

17. "Ketahuilah bahwa rasa syukur merupakan tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan (khauf), dan keterpisahan dari dunia (zuhud)." - Imam Al-Ghazali

18. "Mengucap syukur dan bersabar adalah rem untuk memperlambat ketinggian hati, kecepatan lupa diri, dan kelebihan ambisi."

19. "Ketika kamu mampu tuk selalu bersyukur atas apa yang telah kamu miliki, Tuhan akan memberikanmu lebih."

20. "Selalu ada lebih banyak hal yang patut untuk disyukuri daripada mengeluh."

21. "Bersyukurlah untuk kesalahan yang kamu buat. Itu akan mengajarkan pelajaran yang berharga."

22. "Ingin hidup tenang? Latihlah hatimu bersabar dan bersyukur."

23. "Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur."

24. "Orang yang bersyukur adalah orang yang tahu cara menikmati hidup."

 

3. Kata-Kata Bersyukur kepada Allah Menyentuh

Seperti yang disinggung sebelumnya, bersyukur adalah perbuatan yang melibatkan hati. Oleh karena itu, hanya kata-kata yang indah dan menyentuh yang dapat menggambarkannya secara sempurna. Berikut kata-kata bersyukur kepada Allah yang mampu menyentuh hati.

25. "Alhamdulillah. Hidupku memang tidak sempurna, tetapi aku selalu bersyukur atas apa yang aku miliki karena semua itu juga pemberian dari Tuhan.

26. "Berserah dirilah kepada Tuhan, supaya kita lebih banyak menikmati apa yang kita inginkan."

27. "Bersyukurlah untuk kesalahan yang kamu buat. Itu akan mengajarkan pelajaran yang berharga."

28. "Bukan kebahagiaan yang menjadikan kita bersyukur, tapi bersyukurlah yang membuat kita bahagia."

29. "Ya Allah, tak akan kulewati hari tanpa bersyukur kepada-Mu. Terima kasih atas segala yang telah Engkau beri. Terima kasih untuk semua kemurahan-Mu dan atas rezeki-Mu, Aamiin.

30. "Ya Allah, jadikanlah hamba seseorang yang ikhlas dan selalu bersyukur atas semua yang telah Engkau berikan dan jauhkanlah hati hamba dari rasa iri dan dengki."

31. "Aku bersyukur karena Allah telah memberiku begitu banyak anugerah. Semuanya terbukti dari banyaknya kesempatan berbuat baik yang datang berkali-kali kepadaku.

32. "Terkadang hidup yang kau keluhkan adalah hidup yang sangat didambakan oleh orang banyak."

33. "Ya Rabbi, terima kasih atas nikmat-Mu hari ini. Jadikanlah hamba selalu berada di antara orang-orang yang bersyukur kepada-Mu dalam situasi apa pun dan di mana pun."

34. "Jika kita saja tidak merasa bersyukur atas apa yang sudah kita miliki, lalu apa yang membuat kita berpikir bahwa kita akan bahagia dengan memiliki yang lebih banyak?"

35. "Hamba ucapkan rasa syukur yang tak terhingga kepada-Mu, Ya Allah. Jadikanlah hamba orang yang bukan hanya berdoa ketika terluka, tetapi juga orang yang akan selalu bersama-Mu saat sedang bahagia."

 

4. Kata-Kata Bersyukur kepada Allah Bijak

Bersyukur merupakan salah satu cerminan dari sikap bijak. Orang yang bersyukur dalam hidupnya akan mendapat keberkahan. Semakin sering ia bersyukur, semakin bertambah pula kebijaksanaan dalam dirinya. Berikut kata-kata bersyukur kepada Allah dengan pesan bijak.

36. "Jika Allah memberi kamu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu."

37. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik, terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit."

38. "Jangan hanya bersyukur kepada Tuhan tapi juga semua makhluk yang selama ini memberimu kehidupan." - Pramoedya Ananta Toer

39. "Jangan pernah lupa tuk bersyukur pada Tuhan atas segala yang Dia berikan. Tak peduli betapa baik pun buruk, pasti selalu tuk yang terbaik."

40. "Berdoalah agar dijadikan orang yang pandai bersyukur. Karena syukur mampu menjadikanmu bahagia di setiap saat dan keadaan."

41. "Kamu hanya hidup sekali. Maka, syukurilah perjalanan hidupmu yang singkat ini."

42. "Bersyukurlah untuk kesalahan yang kamu buat. Itu akan mengajarkan pelajaran yang berharga."

43. "Mengucaplah selalu Alhamdulillah sebagai rasa syukurmu kepada Allah karena Dia penentu segala sesuatunya.

44. "Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita menyesali apa yang belum kita capai."

45. "Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, bahkan ketika berkekurangan. Jangan berharap lebih sebelum berusaha lebih."

46. "Bahagialah secukupnya, Sedih seperlunya, mencintai sewajarnya, membenci sekadarnya, dan bersyukurlah sebanyak-banyaknya."

47. "Apapun yang terjadi tetaplah bersyukur, jangan sampai penderitaan membuatmu lupa bagaimana cara untuk bersyukur."

48. "Mulai sekarang, berhentilah selalu mengeluh, syukuri segala yang Anda dapatkan dan miliki karena keluhan itu tidak berguna, hanya akan membuat orang lain bosan dan tidak akan menyelesaikan masalah apa pun."

49. "Harta dan ilmu tidak akan berarti jika hanya dinikmati sendiri. Mari berbagi, itu adalah cara bersyukur yang paling tinggi."

50. "Terima kasih Tuhan atas segala anugerah-Mu. Semoga kami selalu menjadi hamba-Mu yang pandai bersyukur.

Itulah di antaranya 50 kata-kata bersyukur kepada Allah secara tulus dan penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI