100 Kata-Kata Ikhlas Menerima Keadaan dan Menjalani Hidup, Penuh Makna Menenangkan Hati

Senin, 12 Juli 2021 13:40
100 Kata-Kata Ikhlas Menerima Keadaan dan Menjalani Hidup, Penuh Makna Menenangkan Hati
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Hidup tak selamanya berjalan mulus. Berbagai masalah dan cobaan silih berganti, membuat hidup terasa berat dan sulit. Namun bagaimanapun juga, setiap rintangan yang menghadang harus dilalui dengan ikhlas. Sayangnya, ikhlas bukanlah perkara yang gampang. Diperlukan hati yang lapang dan menerima setiap keadaan. Kata-kata ikhlas bisa menjadi satu cara untuk membangkitkan keikhlasan di lubuk hati.

Dengan hati yang ikhlas dan menerima, hidup akan terasa lebih mudah dan tenang. Beban berat di pundak saat dihadapi dengan hati yang ikhlas juga akan terasa lebih ringan. Walaupun tak bisa dipungkiri untuk menjadi ikhlas memang ada banyak hal yang harus dikorbankan. Sebab, ikhlas bukan saja bisa dilakukan lewat perkataan atau perbuatan, melainkan juga harus tertanam pada hati terdalam.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kata-kata ikhlas yang menenangkan.

 

 

 

1. Kata-Kata Ikhlas Menerima Keadaan

Berbagai keadaan yang sulit dan membuat hidup terasa berat dan hampa muncul silih berganti. Rasa ikhlas dibutuhkan untuk tetap bisa menjalani hidup dengan tenang dan bahagia. Dengan hati yang ikhlas, kita bisa menerima setiap rasa sakit, sedih, dan kecewa. Sehingga, hidup terasa lebih mudah dan indah. Berikut beberapa kata-kata ikhlas menerima keadaan.

1. "Kepasrahan - penyerahan secara ikhlas - adalah sesuatu yang wajar. Bukan kalah. Bukan mengalah." (Arswendo Atmowiloto)

2. "Mensyukuri hari ini. Mengikhlaskan apa yang telah berlalu."

3. "Ikhlaskan yang sudah berlalu. Tetap bersyukur dan optimis menyambut esok, hari yang baru." (Andrie Wongso)

4. "Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan maka semangatlah buat hari ini! Jalani dengan ikhlas dan penuh rasa sabar."

5. "Kita enggak bisa melupakan masa lalu, yang bisa kita lakukan adalah mengikhlaskan masa lalu kita dengan orang lain." (Alit Susanto)

6. "Ikhlas menerima kesalahan, dan belajar dari setiap kesalahan. Karena itu yang akan menjadikanmu lebih kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan."

7. "Orang ikhlas adalah orang yang berkarakter kuat, sikapnya tidak dipengaruhi oleh ada atau tiadanya penghargaan manusia." (Abdullah Gymnastiar)

8. "Aku mencoba ikhlas dari suatu kehilangan dan tersenyum dari suatu kesakitan yang sedang menimpa."

9. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas. Dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

10. "Aku belajar mengikhlaskan sesuatu yang memang bukan untukku."

11. "Daun yang jatuh tak pernah membenci angin. Dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja. Tak melawan, Mengikhlaskan semua." (Tere Liye)

12. "Aku akan mulai belajar berjalan meninggalkan, lalu aku akan tersenyum, ikhlas, dan diam."

13. "Rasa kehilangan itu wajar. Tapi percaya deh, semuanya akan baik-baik aja. Suatu hari, lo akan bangun dan nggak merasakan apa-apa. Semua beban dari masa lalu lo, rasa sedih ini, puff! hilang begitu saja. Dan saat itu, lo akan lebih ikhlas menjalani semuanya, karena lo udah menerima bahwa kenyataan nggak bisa diubah." (Winna Efendi)

14. "Makin berusaha mengikhlaskan, makin tenang perasaan, makin yakin Allah memberikan yang terbaik di masa depan."

15. "Kebahagiaan adalah jalan sedangkan kesedihan adalah ujian. Hidup adalah seberapa ikhlas kita menjalani kenyataan."

16. "Ikhlas menerima kesalahan dan belajar dari setiap kesalahan karena itu yang akan menjadikanmu lebih kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan."

17. "Hidup ini bukan hanya mencari yang terbaik, namun lebih kepada menerima kenyataan dengan ikhlas bahwa kamu adalah kamu, maka jadilah dirimu sendiri."

18. "Percayalah bahwa segala sesuatu masalah akan berakhir dengan kebahagian apabila kita bisa sabar dan ikhlas menghadapinya."

19. "Sabar itu pahit, jujur itu pahit, dan ikhlas itu sangatlah pahit. Namun, semua yang pahit menyembuhkan segala penyakit."

20. "Segala masalah tidak boleh kita hadapi dengan kekerasan, tapi harus kita hadapi dengan keikhlasan."

21. "Bagi orang yang ikhlas, tak ada waktu untuk mengeluh karena setiap kondisi datangnya dari Allah dan ia pun menyikapi kondisi tersebut untuk Allah."

22. "Tutupi hatimu dengan keikhlasan seperti kamu menutupi tubuhmu dengan pakaian."

23. "Sama seperti air yang bisa mengikis batu yang paling keras, keikhlasan juga bisa melembutkan atau meluluhkan hati yang paling dingin."

24. "Percayalah bahwa segala sesuatu masalah akan berakhir dengan kebahagian apabila kita bisa sabar dan ikhlas mengahadapinya.

25. "Segala masalah tidak boleh kita hadapi dengan kekerasan, tapi harus kita hadapi dengan keikhlasan."

 

 

 

2. Kata-Kata Ikhlas Menjalani Hidup

Hidup disebut-sebut ibarat roda berputar, kadang ada di atas tapi terkadang juga di bawah. Susah dan senang datang bergantian, dan harus dijalani dengan ikhlas. Dengan hati yang ikhlas, dalam keadaan susah pun hidup akan jadi terasa lebih mudah. Pasalnya, keikhlasan akan membangkitkan kekuatan dalam diri. Berikut beberapa kata-kata ikhlas dalam menjalani hidup.

1. "Ketahuilah, bahwa hidup dengan sepenuhnya ikhlas dalam kebaikan, adalah persiapan bagi kehidupan abadi yang indah dan mulia bersama semua jiwa terkemuka di surga nanti." (Mario Teguh)

2. "Memang tidak semua pertempuran dapat kami menangkan. Akan tetapi setidaknya, kami adalah anak-anak yang berjuang dengan tulus ikhlas dan sepenuh hati untuk mengharumkan nama tanah tumpah darah yang kami cintai." (Bambang Pamungkas)

3. "Ikhlas terhadap takdir yang telah digariskan Tuhan, setelah usaha yang maksimal. Harapan besar yang kandas, belum tentu sungguh-sungguh kandas." (Hanum Salsabiela Rais)

4. "Selain kerja keras, hal lain yang harus diingat adalah kerja ikhlas. Setelah itu, baru menyerahkan segala hasil kerja keras kepada Tuhan." (Chairul Tanjung)

5. "Hidup ini dipergilirikan satu sama lain. Kadang kita di atas, kadang kita di bawah. Kadang kita tertawa, lantas kemudian kita terdiam, bahkan menangis. Itulah kehidupan. Barang siapa yang sabar, maka semua bisa dilewati dengan hati lapang." (Tere Liye)

6. "Jalan keluar terbaik tidak akan pernah bisa ditemukan pada hati yang tidak ikhlas dan tidak sabar.

7. "Saat kita membantu seseorang, jangan mencoba untuk mengungkitnya kembali di masa depan. Itu baru ikhlas." (Bong Chandra)

8. "Jalani hidup meski kadang ada bagian yang tidak disukai. Terimalah kenyataan yang ada, bersyukur, ikhlas dan sabar."

9. "Segala masalah tidak boleh kita hadapi dengan kekerasan, tapi harus kita hadapi dengan keikhlasan."

10. "Salah satu cara untuk tetap bertahan hidup adalah dengan cara menerima kenyataan hidup dengan keikhlasan."

11. "Ikhlas adalah perpaduan antara keinginan dan niat seseorang." (Ibn Al-Qayyim)

12. "Orang yang kuat itu adalah orang yang sabar dan ikhlas ketika ditimpa musibah."

13. "Sabar itu pahit, jujur itu pahit, dan ikhlas itu sangatlah pahit. Namun, semua yang pahit menyembuhkan segala penyakit."

14. "Tidak ada kata-kata yang indah selain kata ikhlas dan sabar."

15. "Bersabarlah dengan semua masalah yang kamu hadapi karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya."

16. "Sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian."

17. "Bersabarlah ketika suatu hal yang sangat kamu sayangi hilang, dan percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal lebih indah dari sebelumnya."

18. "Sabar dan ikhlas adalah kunci sukses menjalani segala cobaan yang Tuhan beri agar hati dan keyakinan kita tetap kuat bertahan."

19. "Bersabarlah, tak peduli seberapa sulit dan gelap jalan yang akan Anda lalui."

20. "Belajarlah tenang dan sabar. Jalan keluar sebuah masalah dan kemenangan selalu diraih oleh mereka yang tenang dan sabar."

21. "Setiap musibah mengandung permata yang berharga, tapi hanya orang-orang bersabarlah yang berhak mendapatkannya."

22. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi, sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

23. "Kesulitan untuk ikhlas adalah masukan kalau ego di dalam perlu dikecilkan" - Gede Prama

24. "Orang yang sabar bukan berarti orang yang tak akan pernah marah. Mereka hanya sebagian orang yang masih bisa tetap diam saat melihat masalah."

25. "Ketahuilah, bahwa hidup dengan sepenuhnya ikhlas dalam kebaikan adalah persiapan bagi kehidupan abadi yang indah dan mulia bersama semua jiwa terkemuka di surga nanti." - Mario Teguh

 

 

 

3. Kata-Kata Ikhlas Penuh Makna

Ikhlas memang perasaan yang luar biasa. Bukan saja membangkitkan semangat dalam diri, ikhlas juga dapat membuka mata, pikiran, dan juga hati. Dengan rasa ikhlas, kita bisa jadi memaknai hidup. Berikut beberapa kata-kata ikhlas penuh makna.

1. "Cinta itu perang, yakni perang yang hebat dalam rohani manusia. Jika ia menang, akan didapati orang yang tulus ikhlas, luas pikiran, sabar dan tenang hati. Jika ia kalah, akan didapati orang yang putus asa, sesat, lemah hati, kecil perasaan dan bahkan kadang-kadang hilang kepercayaan pada diri sendiri." (Buya Hamka)

2. "Pada akhirnya, hanya tiga hal yang berarti: Seberapa banyak kau mencintai. Seberapa lembut kau menjalani hidup, dan seberapa ikhlas kau melepaskan sesuatu yang tidak dimaksudkan untukmu." (Buddha)

3. "Barangsiapa menghendaki akhirat, maka hendaknya ia ikhlas dalam mencari ilmu." (Imam Syafi'i)

4. "Tidak ada kata-kata yang lebih indah selain kata ikhlas dan sabar."

5. "Tidak ada di dunia ini yang lebih berbahaya daripada ketidakpedulian yang ikhlas dan kebodohan yang sungguh-sungguh." (Martin Luther King)

6. "Belajarlah keikhlasan dari akar pohon, akar pohon itu letaknya tersembunyi di dalam tanah dan tidak semua manusia peduli dan mengaguminya. Walaupun begitu, dia tetap bekerja siang dan malam tanpa mengenal lelah dan pamrih untuk kehidupan batang dan dedaunan."

7. "Bagaikan bunga yang sabar selama kuncupnya untuk kemudian mekar dengan indah. Atau ulat yang sabar menanti dalam kepompong untuk bermetamorfosa menjadi kupu-kupu yang cantik. Itulah perumpamaan orang-orang yang sabar dan ikhlas."

8. "Ada kalanya sebuah keputusan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, tapi di situ kita akan belajar dari makna dari sebuah ikhlas dan sabar."

9. "Tidak ada kebaikan sedekah kecuali dengan niat yang ikhlas." (Ahnaf ibn Qais)

10. "Belajarlah ikhlas pada hal-hal kecil, maka dengan demikian kamu akan terbiasa ikhlas saat melakukan hal besar. Dan lakukanlah satu kali hal besar dengan ikhlas, sehingga kamu akan ikhlas saat melakukan hal kecil."

11. "Ikhlas itu saat kau memberi tanpa ada beban dalam hati."

12. "Sabar itu pahit, jujur itu pahit, dan ikhlas itu sangatlah pahit. Namun, semua yang pahit menyembuhkan segala penyakit."

13. "Sesungguhnya nikmat terbesar dalam hidup adalah ketika kita ikhlas mendoakan orang yang membenci dan menghina kita." (Harly Umboh)

14. "Jalani hidup meski kadang ada bagian yang tidak disukai. Terimalah kenyataan yang ada, bersyukur, ikhlas dan sabar."

15. "Ikhlas, bukan melepaskan sesuatu dengan air mata tetapi bisa merelakan sesuatu dengan senyuman."

16. "Kebahagiaan bukanlah saat kamu memiliki kesempurnaan, namun ketika kamu dapat menerima ketidaksempurnaan dengan tulus dan ikhlas.

17. "Jalan keluar terbaik tidak akan pernah bisa ditemukan pada hati yang tidak ikhlas dan tidak sabar."

18. "Ikhlas menerima kesalahan, dan belajar dari setiap kesalahan. Karena itu yang akan menjadikanmu lebih kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan."

19. "Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan. Jalani dengan ikhlas dan penuh rasa sabar."

20. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas. Dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

21. "Bagaikan bunga yang sabar selama kuncupnya untuk kemudian mekar dengan indah. Atau ulat yang sabar menanti dalam kepompong untuk bermetamorfosis menjadi kupu-kupu yang cantik. Itulah perumpamaan orang-orang yang sabar dan ikhlas."

22. "Kamu boleh saja telah memberi jutaan bantuan. Tapi kamu tak akan merasakan kebahagiaan sejati sebelum kamu memberi dengan penuh keikhlasan, meskipun jumlahnya sedikit."

23. "Betapa mulia jiwa yang sabar dan ikhlas, yang meyakini akan datangnya kebahagiaan pemberian Tuhan."

24. "Tuhan tidak menjanjikan langit selalu biru, tapi ia selalu menghadirkan pelangi setelah badai berlalu."

25. "Orang yang ikhlas, akan melalui segala macam ujian kehidupan dengan mudah."

 

 

 

4. Kata-Kata Ikhlas yang Menenangkan

Perasaan ikhlas memberikan banyak energi positif dalam diri. Hati yang ikhlas akan membawa ketenangan dalam hidup. Keikhlasan membuat kita lebih menerima dan memaknai berbagai hal yang dimiliki dalam hidup. Dengan begitu, hidup jadi lebih tenang meski bagaimanapun kondisinya. Berikut beberapa kata-kata ikhlas yang menenangkan.

1. "Hati dikatakan baik bila telah diisi dengan taqwa, tawakkal, tauhid dan ikhlas kepadaNya dalam semua amalan. Hadiahi kami dgn itu semua Yaa Robb." (Jefri Al Buchori)

2. "Ikhlas, bukan melepaskan sesuatu dengan air mata tetapi bisa merelakan sesuatu dengan senyuman."

3. "Orang yang ikhlas, akan melalui segala macam ujian kehidupan dengan mudah."

4. "Betapa mulia jiwa yang sabar dan ikhlas, yang meyakini akan datangnya kebahagiaan pemberian Tuhan."

5. "Ikhlas membiarkan diri tenang, Pasrah membiarkan diri kalah." (Pidi Baiq)

6. "Kebahagiaan bukanlah disaat kamu memiliki kesempurnaan, namun ketika kamu dapat menerima ketidak sempurnaan dengan tulus dan ikhlas."

7. "Mensyukuri hari ini dan mengikhlaskan apa yang telah berlalu menjadi jalan terbaik dalam proses pendewasaan."

8. "Memberi sedikit dengan keikhlasan lebih membahagiakan dibanding memberi banyak, tapi memiliki pamrih."

9. "Intinya yang selalu sabar dan ikhlas, akan menerima kebahagiaan yang lebih."

10. "Saat kamu tidak ikhlas, kamu akan dibalas dengan satu pujian manusia. Saat kamu ikhlas, kamu akan mendapatkan pujian dari Sang Pencipta."

11. "Karena hati yang terlukai, hanya bisa terobati oleh hati ikhlas dan berserah diri kepada-Nya."

12. "Percayalah bahwa segala sesuatu masalah akan berakhir dengan kebahagian apabila kita bisa sabar dan ikhlas mengahadapinya."

13. "Makin berusaha mengikhlaskan, makin tenang perasaan, makin yakin Allah memberikan yang terbaik di masa depan."

14. "Ketika berhadapan dengan masalah, terkadang manusia lebih mengutamakan logika hingga lupa pada sujud yang lama."

15. "Ya Allah, peluklah aku hingga hatiku bisa merasa tenang dan damai. Hilangkanlah tangisku sehingga aku bisa merasa sabar dan ikhlas."

16. "Cobaan hidup itu didikan Allah, tinggal kita berusaha sabar dan ikhlas pada ketentuan-Nya."

17. "Allah adalah sebaik-baik perencana maka yakinlah bahwa apapun itu pasti ada hikmah di balik rencana-Nya."

18. "Ya, Robb. Tuntunlah hamba agar selalu berusaha lebih baik, selalu ikhlas dan sabar dalam menghadapi cobaan dari-Mu."

19. "Allah memberi kita ujian melalui situasi yang sulit. Ikhlaslah melangkah di situasi tersebut, maka kamu akan melewatinya dengan sangat mudah."

20. "Ketika berhadapan dengan masalah, terkadang manusia lebih mengutamakan logika hingga lupa pada sujud yang lama."

21. "Allah menghancurkan hati hamba-hamba yang ia cintai, agar tidak ada lagi pengharapan mereka kepada dunia."

22. "Jangan masuk ke dalam ranah yang akan membuat hidupmu menderita tetapi masuklah ke dalam ranah yang membuatmu ikhlas beramal, cukuplah kesabaran itu menjadi tembok bagimu berbuat baik."

23. "Sama seperti air yang bisa mengikis batu yang paling keras, keikhlasan juga bisa melembutkan atau meluluhkan hati yang paling dingin."

24. "Lakukanlah setiap perbuatan baik semata-mata hanya kerena Allah."

25. "Allah menghancurkan hati hamba-hamba yang ia cintai, agar tidak ada lagi pengharapan mereka kepada dunia."

Itulah 100 kata-kata ikhlas yang penuh makna dan menenangkan hati. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

 

 

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI