85 Kata-Kata Lelah Hati dan Pikiran Penuh Makna, Bahan Renungan untuk Bangkitkan Motivasi

Senin, 05 Juli 2021 15:40
85 Kata-Kata Lelah Hati dan Pikiran Penuh Makna, Bahan Renungan untuk Bangkitkan Motivasi
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Setiap manusia hidup pasti pernah merasakan lelah. Bahkan tidak saja menyoal fisik, seringkali rasa lelah juga mendera hati dan pikiran. Saat mengalaminya, hidup akan terasa berat dan sulit untuk dijalani. Tak ada yang bisa dilakukan selain sejenak beristirahat. Sembari beristirahat, membaca kata-kata lelah hati dan pikiran juga bisa jadi cara untuk mempercepat proses bangkit.

Namun tak bisa dipungkiri, lelah hati dan pikiran adalah hal yang berbeda dengan kelelahan secara fisik. Sehingga, selain beristirahat seseorang juga perlu energi tambahan berwujud motivasi. Sebab, hanya dengan begitu rasa lelah yang ada bisa dilepas secara perlahan, berganti dengan semangat baru. Kata-kata lelah hati dan pikiran bisa jadi bahan renungan untuk membangkitkan motivasi diri.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kata-kata lelah hati dan pikiran yang bisa jadi bahan renungan dalam menjalani hidup.

1. Kata-Kata Lelah Hati dan Pikiran Menyentuh

Tak mudah mengatasi lelah hati dan pikiran. Pasalnya, rasa lelah tersebut berdasar di hati dan tidaklah terlihat seperti kelelahan secara fisik. Oleh karena itu, kata-kata lelah pikiran dan hati ditulis dengan bahasa yang menyentuh. Sebab, hanya dengan begitu rasa lelah yang ada bisa tergambar dengan sempurna. Berikut kata-kata lelah hati dan pikiran yang menyentuh.

1. "Ketika aku lelah, maka pikiranku pun tersadar jika aku tak lagi dibutuhkan."

2. "Saat aku pergi dan telah menemukan yang baru dalam hidupku, itu tandanya aku telah lelah dengan hubungan ini."

3. "Berlarilah terus ke depan sebisa yang kau lakukan, namun jika suatu saat kamu merasa lelah, maka tengoklah ke belakang maka kamu akan melihatku senantiasa menunggumu."

4. "Rasanya sangat lelah hidup sendiri tanpa kekasih yang menemani."

5. "Ada masa di mana kita dituntut untuk tetap bekerja mencari nafkah, walaupun tubuh sudah sangat lelah."

6. "Diamku adalah tanda jika aku telah merasa lelah dan berharap agar kamu mengerti akan kesalahanmu."

7. "Ketika aku merasa lelah karena suatu kebohongan, maka bukan penjelasan yang aku butuhkan, namun pembuktian dari setiap janji yang kamu ucapkan."

8. "Yang pergi datang lagi, mau sampai kapan keadaan ini terus berulang. Aku lelah dan bingung sama semua ini."

9. "Aku hanya sedang lelah dengan keadaan yang sekarang. Bukan lelah karena kamu, jadi tenanglah."

10. "Titik lelah wanita. Saat seorang wanita sedang curhat lalu dia menangis, di situlah titik lemahnya seorang wanita, saat menghadapi tekanan atau keadaan yang dia rasakan."

11. "Ketika seseorang bahagia, tidak ada waktu untuk lelah; menjadi bahagia melibatkan seluruh perhatian." - Edward F. Benson

12. "Kadang kita merasa lelah pada diri sendiri tanpa alasan yang jelas. Itu hanya karena kita jenuh dengan keadaan."

2. Kata-Kata Lelah Hati dan Pikiran Bikin Merenung

Kata-kata lelah bisa jadi satu bahan atau pengantar seseorang untuk merenungi hidup. Sebab dengan merenung, seseorang bisa menemukan pangkal dari perasaan lelah. Sehingga, seseorang bisa lebih mudah untuk mengobati lelah yang ada. Berikut kata-kata lelah hati dan pikiran yang bisa jadi bahan renungan.

13. "Tersenyum saat dikecewakan dan bersabar saat tak dihargai adalah dua hal yang membuatku merasa lelah karena harus berpura-pura."

14. "Tidak ingin menyalahkan keadaan, cuma berharap masih ada yang mendukung. Terus terang emang lelah, tapi tidak untuk menyerah."

15. "Jangan pernah berhenti saat kamu merasa lelah, namun berhentilah saat kamu telah mencapai puncak."

16. "Diamnya seseorang kadang karena mereka lelah dengan keadaan."

17. "Kadang badan terasa lelah hingga aku berpikir hingga kapan aku harus kerja lembur bagai seekor kuda seperti ini."

18. "Mungkin kita tiba di suasana saling lelah; entah sebab beban kerja, atau beban pikiran." - Boy Candra

19. "Apa yang kamu lakukan jika kamu lelah dengan keadaan, tapi kamu dituntut harus tetap bertahan?"

20. "Keletihan kita sering disebabkan bukan oleh pekerjaan, tapi oleh kekhawatiran, frustrasi, dan putus asa." - Dale Carnegie

21. "Kegiatan yang tidak disuka dalam hitungan detik akan membuat lelah, sekalipun saat memulainya kita berada dalam kondisi puncak." - Ken Robinson

22. "Lelah juga dengan keadaan seperti ini, cepat membaik bumiku, kami rindu suasana seperti dulu lagi, kami rindu ngumpul bersama teman-teman lagi."

23. "Mereka yang paling lelah hidupnya, dan yang paling tidak mau mati, adalah orang yang hidup tanpa tujuan, yang lebih suka bernafas dari pada hidup." - Lord Clarendon

3. Kata-Kata Lelah Hati dan Pikiran Motivasi Bangkit

Lelah hati dan pikiran bisa jadi satu hal yang sangat menjemukan. Untuk bisa sembuh dari lelah tersebut, seseorang tidak saja butuh istirahat. Lebih dari itu, seseorang perlu punya motivasi untuk bisa bangkit. Berikut kata-kata lelah hati dan pikiran yang bisa jadi motivasi untuk bangkit.

24. "Kalau capek, istirahat. Kalau lelah, rehat. Memang maknanya sama, namun tidak dalam artian masing-masing orang. Bisa saja lelah dengan keadaan, atau lelah karena menunggu yang tidak pasti. Hanya satu kata ingin disampaikan. Istirahat dan rehatlah sejenak."

25. "Meski ku putuskan untuk tetap bertahan, namun kadang kala rasa lelah memaksaku untuk pergi."

26. "Kesuksesan tak selalu datang atas apa yang kita usahakan, namun jangan ada kata lelah karena dari situlah kamu belajar."

27. "Hidup memang tak mudah, tapi jika kamu terus berjuang tanpa lelah, akhir yang indah akan selalu menunggu untuk kamu sapa."

28. "Aku berhenti bukan saat aku lelah, tapi saat aku telah selesai."

29. "Rasa lelah itu pasti ada, namun dia perlahan akan menghilang tetapi usaha dari rasa lelah itu tak akan pernah hilang bagi mereka yang kita berikan manfaatnya."

30. "Jangan pernah berhenti saat kamu merasa lelah, namun berhentilah saat kamu telah mencapai puncak."

31. "Saat aku merasa lelah, tetaplah di sampingku hingga aku tak lagi merasakan rasa lelah itu kembali."

32. "Rasa malas, gagal, jenuh, bingung, dan lelah juga pernah dirasakan oleh orang-orang sukses, namun mereka mampu untuk bangkit, terus maju, dan mencoba."

33. "Percayalah orang yang selalu mendamba-dambakan ketenangan di atas ketinggian, dia adalah orang yang paling lelah dengan keadaan sekitarnya."

34. "Rasa lelah saat bekerja akan hilang tatkala kita memandang keluarga yang kita cintai dan demi merekalah kita bekerja selama ini."

35. "Sering sekali rasanya lelah sama keadaan, tapi tak pernah mau menyerah, tenang."

36. "Aku berharap semoga rasa lelah yang aku rasakan dalam bekerja mendatangkan rezeki yang berkah bagi keluarga."

37. "Seringkali kau merasa sudah terlalu lelah dan nyaris rebah. Tapi jangan pakai sisa energi, langkah dan nafasmu untuk menyerah. Bangkit dan rebut niscaya!" - Helvy Tiana Rosa

38. "Ketika lelah, yang diinginkan terkadang hanyalah sekadar dorongan. Bukan paksaan untuk melanjutkan perjuangan. Beristirahatlah."

39. "Ketika masalah menghampiri hidup Anda tanpa kenal lelah, berserahlah kepada-Nya."

4. Kata-Kata Lelah Hati dan Pikiran Penuh Makna

Tak sekadar mengatasi lelah dan memberi motivasi, kata-kata lelah hati dan pikiran juga punya makna yang begitu dalam. Dari kata-kata ini, seseorang bisa belajar makna dari kehidupan dan perjuangan. Berikut kata-kata lelah hati dan pikiran yang punya makna mendalam.

40. "Lelah hanyalah sebuah kata untuk orang-orang yang lemah, yang mulai pasrah dan menyerah dengan keadaan yang sama sekali tidak memberi jalan dan arah."

41. "Genggaman tanganmu senantiasa menguatkanku di saat aku merasa lelah dalam menghadapi semuanya."

42. "Ketika kamu lelah dan kecewa, maka saat itu kamu sedang belajar tentang kesungguhan." - Dahlan Iskan

43. "Tetaplah baik kepada diri sendiri, meski kamu gagal. Sekecil apa pun kebahagiaanmu, sekarang itu waktu terbaikmu."

44. "Tidak perlu memikirkan jalan hidupmu yang mungkin berbeda dengan orang lain, yang harus kamu ingat adalah setiap orang memiliki jalan hidup yang tidak sama. Jadi, jangan pernah ada kata lelah untuk menjalaninya."

45. "Jangan pernah lelah untuk jadi orang baik, jangan pernah lelah untuk jadi orang yang peduli sesama. Udah bukan waktunya mikirin "apa yang dikerjain orang lain", tapi "apa yang bisa kita lakuin" untuk memperbaiki keadaan."

46. "Nantinya kalau kamu lelah dengan keadaan, aku siap jadi tempat ternyaman kamu untuk pulang."

47. "Hiburlah hatimu, siramilah ia dengan percikan hikmah. Seperti halnya fisik, hati juga merasakan letih." - Ali bin Abi Thalib

48. "Di mana setiap orang pasti merasakan yang namanya lelah, beristirahatlah untuk memulihkan keadaan, kemudian bangunkanlah jiwa ragamu untuk masa depan."

49. "Lelah merupakan tanda jika kamu telah berjuang, baik untuk sesuatu maupun masa depan."

50. "Saat lelah, tubuh butuh istirahat. Bahkan ketika yang lelah adalah hati dan pikiran, tubuh manusia juga perlu diistirahatkan."

5. Kata-Kata Lelah Hati dan Pikiran yang Islami

Kemudian ada pula kata-kata lelah hati yang Islami. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah nasihat yang menenangkan dan menyejukkan hati. Berikut beberapa kata-kata lelah hati tersebut:

51. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi.

52. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

53. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik, terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit."

54. "Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi maka senangilah apa yang terjadi." – Ali bin Abi Thalib.

55. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad.

56. "Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan, maka kita akan menjadi penghuni neraka." - Abu Hamid Al Ghazali.

57. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." – Al-Baqarah: 286.

58. "Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." – Ali bin Abi Thalib.

59. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain."

60. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." - QS Al Insyirah 5.

61. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." QS At Taubah 40.

62. "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu." - Ali bin Abi Thalib.

63. "Air mata berasa asin itu karena air mata adalah garam kehidupan." - Buya Hamka.

64. "Keluarga sakinah bukan keluarga yang tanpa masalah, tapi mereka terampil mengelola konflik menjadi buah yang penuh hikmah." - Abdullah Gymnastiar

65. "Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." - Abu Hamid Al Ghazali.

66. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

67. "Cara untuk memulai adalah berhenti berbicara dan mulai lakukan."

68. "Yang penting tidak takut mengambil risiko. Ingat, kegagalan terbesar adalah tidak mencoba. Setelah Kamu menemukan sesuatu yang Kamu sukai, jadilah yang terbaik dalam melakukannya."

69. "Ridha lah kepada Allah, untuk membuka jalan ke ridhaan Allah."

70. "Dengan 3 metode kita bisa belajar kebijaksanaan. Pertama dengan refleksi, yang paling mulia; Kedua, dengan meniru, yang paling mudah; dan ketiga berdasarkan pengalaman yang paling pahit."

6. Kata-Kata Lelah Hati dan Pikiran Bahasa Inggris

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata lelah hati dan pikiran dalam bahasa Inggris. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah nasihat motivasi untuk kalian semua. Berikut kata-kata lelah hati dan pikiran bahasa Inggris tersebut:

71. "When we are tired, we are attacked by ideas we conquered long ago." - Friedrich Nietzsche (Ketika kita lelah, kita diserang oleh ide-ide yang kita taklukkan sebelumnya.)

72. "Only when we are sick and tired of being sick and tired do any of us do something different." - Amanda de Cadenet (Hanya ketika kita muak dan lelah menjadi muak dan lelah, kita melakukan sesuatu yang berbeda.)

73. Never be tired of a dream, if not fulfilled. Fear of failure should not deter you from your path of self belief. Your belief and determination will get you to your destination and make the dream come true." - Anil Sinha (Jangan pernah lelah dengan impian jika tidak terpenuhi. Ketakutan akan kegagalan seharusnya tidak menghalangimu dari kepercayaan dirimu. Keyakinan dan tekadmu akan mengantarkanmu ke tujuan dan mewujudkan impian itu.)

74. "Perseverance is the hard work you do after you get tired of doing the hard work you already did." - Newt Gingrich (Kegigihan adalah kerja keras yang kamu lakukan setelah kamu lelah melakukan kerja keras yang sudah kamu lakukan.)

75. "Tired minds don’t plan well. Sleep first, plan later." - Walter Reisch (Pikiran yang lelah tidak membuat rencana dengan baik. Tidur dulu, rencanakan nanti.)

76. "A man grows most tired while standing still." - Chinese Proverbs (Seseorang menjadi paling lelah ketika sedang berdiri diam.)

77. "I know you are tired, I know you are physically and emotionally drained. But you have to keep going." (Saya tahu kamu lelah, saya tahu kamu lelah secara fisik dan emosional. Tetapi kamu harus terus maju.)

78. "All parts of the human body get tired eventually – except the tongue." - Konrad Adenauer (Semua bagian tubuh manusia akhirnya lelah – kecuali lidah.)

79. "Writing is like travelling. It’s wonderful to go somewhere, but you get tired of staying." - Langston Hughes (Menulis itu seperti bepergian. Sangat menyenangkan pergi ke suatu tempat, tetapi kamu akan lelah untuk berdiam.)

80. "We can be tired, weary and emotionally distraught, but after spending time alone with God, we find that He injects into our bodies energy, power and strength." - Charles Stanley (Kita bisa lelah, letih, dan putus asa secara emosional, tetapi setelah menghabiskan waktu sendirian bersama Tuhan, kita mendapati bahwa Dia menyuntikkan ke tubuh kita energi, tenaga, dan kekuatan.)

81. "Even the most caring people can get tired of being taken for granted." - Nishan Panwar (Bahkan orang yang paling peduli pun bisa lelah tidak diapresiasi.)

82. "I am tired of being tired and talking about how tired I am." - Amy Poehler (Saya lelah menjadi lelah dan berbicara tentang betapa lelahnya saya.)

83. "There are times a country is so tired of bull that only the truth can provide relief." - Molly Ivins (Ada saat-saat ketika suatu negara sangat lelah dengan omong kosong hingga hanya kebenaran yang bisa memberikan kelegaan.)

84. "Really, the measure of a man is when they’re tired and exhausted." - George Eads (Sungguh, ukuran seseorang adalah ketika mereka lelah dan terkuras.)

85. "In order to change we must be sick and tired of being sick and tired." (Untuk berubah, kita harus muak dan lelah menjadi muak dan lelah.)

Itulah di antaranya 85 kata-kata lelah hati dan pikiran yang menyentuh dan bisa jadi bahan renungan. Bagaimana, adakah yang bisa mewakili perasaan hati kalian saat ini?

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI