55 Kata-Kata Minta Maaf yang Tulus dan Penuh Makna, Bisa untuk Ucapan Hari Raya Idul Fitri

Senin, 03 Mei 2021 13:33
55 Kata-Kata Minta Maaf yang Tulus dan Penuh Makna, Bisa untuk Ucapan Hari Raya Idul Fitri
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Selama hidup di dunia, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak. Terkadang di antara kesalahan-kesalahan tersebut, ada yang merugikan orang lain. Lantas untuk menebus rasa bersalah, orang yang berbuat salah harus meminta maaf. Oleh sebab itu, setiap orang harus terbiasa mengucap kata-kata minta maaf.

Meminta maaf juga sudah menjadi tradisi di perayaan Lebaran. Pada momen hari kemenangan itu, orang-orang saling maaf-memaafkan. Namun karena adanya pandemi, tradisi maaf memaafkan secara langsung lewat jabat tangan sementara waktu tidak bisa dilakukan. Sebagai gantinya, kita bisa mengirimkan kata-kata minta maaf yang indah, menyentuh, dan penuh makna.

Tertarik mengirimkan kata-kata memohon maaf sebagai ganti jabat tangan? Tak perlu repot-repot merangkai kata, karena kapanlagi.com telah mengumpulkan kata-kata meminta maaf yang tulus dari berbagai sumber. Langsung saja, kalian bisa simak kata-kata tersebut di bawah ini.

1. Kata-Kata Meminta Maaf secara Tulus

Permintaan maaf harus diucapkan secara tulus. Sebab dalam kalimat tulus akan tampak penyesalan atas kesalahan yang diperbuat. Sehingga, tak sekadar memohon maaf, permintaan maaf tulus juga terdapat penyesalan dan janji untuk tidak mengulangi lagi. Berikut beberapa kata-kata meminta maaf secara tulus.

1. "Sesungguhnya di balik kata maaf, ada janji untuk menjadi lebih baik dan tak mengulangi kesalahan yang sama."

2. "Aku benar-benar minta maaf. Aku sudah terlalu banyak salah padamu. Ingat kan, kita pernah jadi sahabat?" - Alvi Syahrin

3. "Aku memang tak sempurna, kadang ucapanku tajam. Tapi, tak ada maksudku untuk melukaimu."

4. "Aku cuma bisa minta maaf. Aku tau mungkin aku gak pantes buat minta maaf." - Raditya Dika

5. "Seandainya aku bersalah, akan aku susun sepuluh jari untuk memohon maaf kepadamu sebab aku hanya mengharapkan persahabatan kita selalu membawakan kebahgaiaan dalam suka dan duka."

6. "Maaf jika aku banyak mengecewakanmu, dan maaf aku terlalu memaksamu, maaf juga karena aku belum bisa membahagiakanmu."

7. "Aku memang tak sempurna, kadang ucapanku tajam. Tapi, tak ada maksudku untuk melukaimu."

8. "Maaf jika aku banyak mengecewakanmu, dan maaf aku terlalu memaksamu, maaf juga karena aku belum bisa membahagiakanmu."

9. "Maaf jika terkadang aku tak seperti yang kamu harapkan dan selalu membuatmu kecewa."

10. "Menanggung beban karena menyukai, mencintai seseorang yang tak pernah bisa digapai hanya membuat dirinya dihantui penyesalan dan kesengsaraan yang konyol." - Sheva Thalia

11. "Setulus hati aku minta maaf sama kamu, jangan ngambek terus nanti aku jadi bingung mau ngapain karena kamu itu sesuatu banget buat aku."

12. "Kamu adalah wanita tercantik yang pernah hadir dalam hidupku. Tanpamu, aku bukan siapa-siapa. Maafkan aku karena telah banyak menyakitimu."

13. "Aku tidak pandai merangkai kata-kata maaf yang indah, tetapi tolonglah terima permintaan maafku. kamu adalah segalanya bagiku, tolong jangan tinggalkan aku sendiri."

2. Kata-Kata Meminta Maaf pada Orang Tersayang

Setiap orang tak pernah luput dari salah dan khilaf. Setiap harinya kita selalu membuat kesalahan-kesalahan. Bahkan, tak jarang kita juga berbuat kesalahan pada orang-orang terdekat dan tersayang. Berikut beberapa kata-kata meminta maaf pada orang tersayang.

14. "Ibu, maafkan aku yang sering bertutur kata tidak santun. Sesungguhnya, tak terbayangkan olehku apabila hidup tanpamu."

15. "Maafkan aku, Sahabatku, karena mungkin aku telah banyak menyakiti hatimu tanpa aku sadari, dan itu mungkin kekuranganku yang perlu aku perbaiki."

16. "Maafkan aku, Ibu, karena aku selalu marah setiap kali ibu menasihatiku, aku berlagak tidak punya telinga karena malas untuk menderkan omongan ibu. Maaf, Ibu, maaf, bukan maksud aku untuk seperti itu, namun sebenarnya aku sangat sayang kepadamu ibu."

17. "Kamu adalah sahabat terbaik dalam hidupku, bagaimana bisa aku duduk manis setelah berbuat salah padamu, maafkan aku."

18. "Hidup memang selalu memberi dua kesempatan untuk berbagai hal, tapi aku meminta maaf padamu di kesempatan pertama, karena aku tak mau lebih lama kehilangan senyummu, ibu."

19. "Terkadang karena persahabatan yang sangat dekat ini aku merasa kamu akan memaklumi semua canda ku, tapi kali ini aku berlebihan, aku minta maaf."

20. "Terkadang aku meminta maaf pada seseorang bukan karena aku salah, tapi karena aku tak inngin menyakiti orang-orang yang aku sayang."

21. "Maafkan aku bapak dan ibuku. Sejak aku dilahirkan hingga sampai saat ini, aku belum menjadi anak baik yang pantas engkau banggakan. Tetapi besok akan menjadi hari baru, semoga aku seperti terlahir kembali dan menjadi anak yang bisa engkau banggakan."

22. "Ibu, maafkan aku yang sampai saat ini masih belum bisa untuk membahagiakanmu sepenuhnya, masih saja ada kesedihan yang aku torehkan dalam setiap hari-harimu. Maafkan aku, kesuksesan belum ada di tanganku, tetapi aku yakin doamu untukku dalam meraih cita-cita dan kesuksesan selalu kau panjatkan untukku."

23. "Bukannya menjadi anak yang bisa dibanggakan aku malah menjadi anak keras kepala yang selalu membangkang, maafkan aku bu."

24. "Aku benar-benar minta maaf, kumohon kembalilah padaku lagi." - The Rose

25. "Aku hanya seorang sahabat yang tidak sempurna, masih banyak memiliki kekurangan dan kelemahan yang sering kali terjadi. Namun, tak pernah aku sadari, sekali maafkan aku, Sahabatku."

26. "Engkau sirami jiwaku dengan cinta dan perhatian, tapi aku jarang ada untukmu hingga hatimu muram dan kosong. Engkau mengisi hidupku dengan semua hal yang menyenangkan, tetapi aku membalas dengan kekhawatiran dan tangisan. Maaf Bu."

27. "Sahabat, maafkan aku karena membutakan mata. Maafkan aku karena telah membisukan kata-kata. Maafkan aku karena tiada berdaya."

3. Kata-Kata Meminta Maaf Penuh Makna

Kata-kata maaf akan ditulis dengan bahasa yang lembut dan menyentuh. Tak heran, di balik kata-kata menyentuh ini juga seringkali tersimpan makna yang begitu mendalam. Sehingga, dari kata-kata maaf kita juga bisa belajar banyak hal berharga. Berikut kata-kata meminta maaf yang punya makna mendalam.

28. "Aku berharap mesin waktu benar-benar ada supaya aku bisa kembali ke masa lalu untuk menghapus semua penyesalanku."

29. "Minta maaf dengan segenap konsekuensinya, harusnya mudah dilakukan oleh siapapun yang belum beku." - Sujiwo Tejo

30. "Aku benar-benar minta maaf kamu harus melewati masa-masa itu tanpa penjelasan. Membuatmu bertanya-tanya, membuatmu menunggu." - Tere Liye

31. "Seandainya saja aku bisa lebih baik mengatakan pada orang-orang tentang perasaanku."

32. "Takan mulia kau menunggu permintaan maaf. Takan hina kau meminta maaf terlebih dahulu." - Fiersa Besari

33. "Minta maaf tidak selalu berarti kita salah. Itu bisa berarti kita lebih menghargai cinta dan persahabatan diatas ego kita." - Merry Riana

34. "Bagaimana kau tahu apakah orang-orang memaafkanmu atau tidak, jika kau bahkan tidak pernah mencoba meminta maaf?" - Damala Shobita

35. "Jangan menunda tobat karena makin lama menunda, makin lama pula perjalanan yang ditempuh, begitu pula kembalinya juga menjadi sulit."

36. "Kebanyakan jeritan para penghuni neraka itu adalah penyesalan karena menunda tobat mereka."

37. "Mungkin matahari masih terbit esok, maka belum tentu dengan kamu, oleh karena itu segeralah tobat dan banyak memohon maaf hari ini."

38. "Kadang mengalah dan meminta maaf itu lebih baik daripada menjelaskan semuanya kepada orang yang tak mau mengerti." - Mario Teguh

39. "Maaf aku menyukaimu. Aku tahu rasa ini tak pantas untuk kuberikan padamu. Tapi, jujur aku sayang kamu, walau kamu tidak tahu itu."

40. "Dia adalah Maha Pengampun atas segala dosa hamba-Nya, namun aku sering kali membuat cemburu dan melukai perasaan-Mu. Tolong maafkanlah atas segala dosaku."

41. "Bagaimanapun, dalam kehidupan selalu ada tempat untuk sebuah maaf, tak peduli seberapa besar kesalahan yang terjadi." - Leo Tolstoy

4. Kata-Kata Meminta Maaf untuk Lebaran

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, meminta maaf sudah jadi tradisi di hari raya Idul Fitri atau Lebaran. Di hari raya, meminta maaf tidak saja dilakukan secara langsung. Melainkan juga bisa melalui tulisan kata-kata di media sosial. Berikut beberapa kata-kata meminta maaf di hari Lebaran.

42. "Maaf adalah pengakuan atas kesalahan dan memaafkan adalah penghargaan atas pengakuan kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin."

43. "Jika Idul Fitri adalah lentera. Maka izinkan-lah membuka takbir-nya dengan maaf. Supaya cahaya yang fitri ini menembus jiwa dari tiap khilaf."

44. "Memaafkan tidak akan membuat kita hina, meminta maaf tidak meruntuhkan harga diri, saling memaafkan membuat kita mulia. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya."

45. "Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala masih ada rasa kebencian yang tertanam dalam jiwa. Semoga Persaudaraan tetap Terjaga. Mohon maaf lahir dan Batin."

46. "Kemarin malam adalah malam terakhir tarawih tahun ini, malam ini suara takbir bergema menggantikannya. Ayah Ibu, izinkan putramu ini memohon ampun lahir dan batin atas semua dosa dan kesalahan, maaf putramu ini belum bisa pulang."

47. "Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka, dengan niat yang tulus dan suci, putra mu mengucapkan mohon maaf lahir dan batin."

48. "Kepada bapak dan ibu, selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin. Dengan penuh kesungguhan semoga bapak dan ibu memaafkan. Semoga di sana selalu diberikan kesehatan dan keselamatan, dan naungan perlindungan dari Allah Swt."

49. "Keberadaan aku sebagai sahabat mungkin kerap membawa kebahagiaan, tetapi terkadang juga dapat mendatangkan kesedihan. Tanpa disadari, ada beberapa tindakan aku yang membuat hatimu tersinggung atau terluka. Mohon maaf lahir dan batin."

50. "Memaafkan tidak akan membuat kamu menjadi hina, meminta maaf tidak akan meruntuhkan harga diri, saling memaafkan akan membuat kita semakin mulia. Maafkan aku kawan."

51. "Dengan keimanan yang semakin tebal dan ketaqwaan tanpa tapi. Menjadi diri yang hangat oleh siraman kasih sayang-Nya. Taqabbalallaahu minnaa wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin."

52. "Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin."

53. "Dalam setiap kebersamaan yang penuh senyum dan tawa, dalam setiap untaian doa, dalam setiap kesempatan yang datang menyapa, semoga Allah memberkahimu. Selamat Hari Raya Idul Fitri."

54. "Tidak ada kata seindah kata maaf, tidak ada perbuatan seindah yang memaafkan, kini hati akan dibersihkan, tanpa noda dan kotoran, Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin."

55. "Semoga Allah memberkahi setiap harimu dengan kebahagiaan, setiap pekanmu dengan kemakmuran, setiap bulanmu dengan suka cita, dan setiap tahunmu dengan cinta dan kedamaian. Selamat Hari Raya Idul Fitri."

Itulah di antaranya kata-kata minta maaf yang tulus dan penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI