55 Kata-Kata Sekolah Penuh Makna, Bangkitkan Kenangan dan Motivasi Menuntut Ilmu

Selasa, 06 April 2021 16:11
55 Kata-Kata Sekolah Penuh Makna, Bangkitkan Kenangan dan Motivasi Menuntut Ilmu
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sekolah tentu jadi tempat yang sudah tidak asing lagi untuk kita semua. Hampir setiap orang pernah menghabiskan pagi hingga siangnya di tempat tersebut. Sekolah jadi tempat kita menimba ilmu. Selain itu, setiap orang tentu punya banyak cerita dan kenangan selama di sekolah. Kata-kata sekolah bisa menggambarkan betapa berkesannya tempat tersebut.

Sekolah memang bukan sekadar tempat menimba ilmu. Di sekolah ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti bercanda dengan sahabat dan guru. Setiap hal yang dilakukan semasa sekolah akan jadi hal yang selamanya terkenang. Kata-kata sekolah bisa membangkitkan kenangan semasa sekolah dulu. Selain itu, kata-kata ini juga bisa menambah semangat anak-anak sekolah saat ini agar tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kata-kata sekolah yang penuh kenangan dan bisa bangkitkan semangat.

 

1. Kata-Kata Sekolah Penuh Kenangan

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, sekolah jadi satu tempat yang menyimpan banyak kenangan. Momen-momen kebersamaan dengan teman-teman dan guru tentu jadi hal yang selalu dirindukan. Berikut kata-kata sekolah yang bisa bangkitkan kenangan semasa menimba ilmu dulu.

1. "Saya selalu menyukai hari pertama sekolah lebih baik daripada hari terakhir sekolah. Yang pertama adalah yang terbaik karena itu adalah permulaan." - Jenny Han

2. "Apa yang aku ingat tentang sekolah adalah kenangan-kenangan yang aku buat bersama teman-teman." - J. J. Watt, Atlet American Football

3. "Masa SMA, merajut kata menjadi cerita yang tak akan dilupa."

4. "Tak semua orang memiliki masa SMA yang indah. Namun setiap orang akan menemukan pengalaman yang berharga."

5. "Kisah kasih di sekolah mengantarkan pada kenangan yang berharga."

6. "Tiada masa paling indah masa-masa di sekolah, tiada kisah paling indah kisah kasih di sekolah."

7. "Masa-masa SMA membawa banyak cerita, luka, dan kenangan yang berharga."

8. "Apa yang kita alami demi teman terkadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah."

9. "Renungkanlah setiap detik penuh makna, setiap menit diiringi canda tawa, kini waktu telah memisahkan kita. Semoga persahabatan kita selalu terjaga selamanya."

10. "Sahabat mencarimu ketika yang lain mencacimu. Mereka merangkulmu ketika yang lain memukulmu."

 

2. Kata-Kata Sekolah Penuh Makna

Selain penuh kenangan, sekolah juga jadi tempat yang penuh makna. Bagaimana tidak, di bangunan tersebut kita menimba ilmu dan menjalin persahabatan. Sehingga, tanpa disadari sekolah telah memberikan banyak hal bagi hidup kita. Berikut kata-kata sekolah yang penuh makna.

11. "Filosofi ruang sekolah dalam satu generasi akan menjadi filosofi pemerintah di generasi berikutnya." - Abraham Lincoln

12. "Saya suka guru yang memberi kamu sesuatu untuk dibawa pulang untuk dipikirkan selain pekerjaan rumah." - Lily Tomlin

13. "Mari kita ingat: Satu buku, satu pena, satu anak, dan satu guru dapat mengubah dunia." - Malala Yousafzai

14. "Mereka yang pergi ke sekolah, adalah ia pergi meninggalkan penjara." - Victor Hugo

15. "Hidup adalah tentang belajar. Jika anda berhenti, maka anda mati."

16. "Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan, tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan." - Najwa Shihab

17. "Perubahan adalah hasil akhir dari semua pembelajaran sejati." - Leo Buscaglia

18. "Kamu tidak dapat memulai bab selanjutnya dalam hidupmu jika kamu terus membaca lagi yang terakhir."

19. "Akar dari pendidikan memang pahit, tapi buahnya manis. - Aristoteles

20. Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya." - Mahatma Gandhi

 

3. Kata-Kata Sekolah Bangkitkan Motivasi

Bagi murid atau siswa, sekolah jadi tempat mereka biasa menghabiskan waktu pagi hingga siang, bahkan sore. Di sekolah mereka bisa mendapatkan berbagai ilmu yang berguna untuk masa depannya kelak. Oleh karena itu, sudah semestinya setiap siswa mempunyai motivasi belajar dalam dirinya. Berikut kata-kata sekolah yang bisa bangkitkan motivasi belajar seorang siswa.

21. "Kamu punya otak di kepalamu. Kamu memiliki kaki di sepatumu. Kamu dapat mengarahkan diri sendiri ke arah mana pun yang kamu pilih." - Dr. Seuss

22. "Ketakutan yang kau hadapi selama masa SMA menjadi tak berarti pada hari ini."

23. "Pendidikan adalah kunci untuk membuka gembok dunia, paspor untuk kebebasan." - Oprah Winfrey

24. "Pendidikan adalah apa yang tersisa setelah seseorang melupakan apa yang telah dipelajari di sekolah." - Albert Einstein

25. Pendidikan bukanlah proses mengisi wadah yang kosong. Pendidikan adalah proses menyalakan api pikiran." W.B Yeats

26. "Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini." - Malcolm X

27. "Pendidikan bukanlah persiapan untuk hidup; pendidikan adalah kehidupan itu sendiri." - John Dewey

28. Apa pun kata orang lain, belajar dan bekerja keraslah untuk mencapai kesuksesan."

29. "Kapasitas untuk belajar adalah hadiah, kemampuan belajar adalah keterampilan, kemauan untuk belajar adalah sebuah pilihan." - Brian Herbert

30. "Jangan takut salah ketika menuntut ilmu karena banyak orang sukses belajar dari sebuah kesalahan."

31. Saya tidak pergi ke sekolah hanya untuk para akademisi. Saya ingin berbagi ide, dan berada di sekitar orang-orang yang bersemangat belajar." - Emma Watson

 

4. Kata-Kata Sekolah saat Perpisahan

Momen perpisahan bisa jadi momen paling sedih semasa sekolah. Bagaimana tidak, setelah bertahun-tahun bersama, akhirnya kita harus berpisah dan melanjutkan hidup masing-masing. Padahal ikatan persahabatan sudah terjalin begitu kuat. Berikut kata-kata sekolah yang bisa gambarkan kesedihan saat momen perpisahan.

32. "Kemarin membawa awal, esok membawa akhir, meskipun kita di suatu tempat yang berbeda, kita menjadi sahabat sejati."

33. "Tidak ada yang tahu saat yang tepat ketika persahabatan terbentuk, tetapi saat terlupakan yang diam-diam inilah yang menyebabkan rasa sakit ketika kita harus mengucapkan selamat tinggal."

34. "Perpisahan itu pasti adanya, cukup kita kenang yang selama ini kita lewati bersama. Semoga kita bahagia dengan pilihan kita masing-masing."

35. "Perpisahan bukan berarti berhenti menyatukan hati meski tidak ada disatu tempat."

36. "Perpisahan itu ada, agar kita bisa menghargai sebuah pertemuan."

37. "Ingat aku dengan senyum dan tawa, untuk itulah aku akan mengingatmu. Jika kamu hanya dapat mengingatku dalam kesedihan dan air mata, maka jangan ingat aku sama sekali."

38. "Kita sudah saling kenal sepanjang hidup kita dan sekarang kita akan berpisah. Beberapa akan mengingat dan beberapa akan saling melupakan, tetapi kita akan selalu memiliki bagian dari satu sama lain di dalam diri kita. "

39. "Terkadang, pertemuan dan perpisahan terjadi terlalu cepat. Namun kenangan dan perasaan tinggal terlalu lama." - Fiersa Besari

40. "Saat dua orang yang bukan teman berdekatan, tak akan ada pertemuan. Saat ada dua orang yang berteman berjauhan, tak akan ada perpisahan."

41. "Semua pasti berubah, mau tidak mau. Semua pasti berpisah, ingin tidak ingin. Semua pasti berakhir, siap tidak siap."

42. "Harapanku untukmu adalah agar hidup ini berjalan sesuai keinginanmu. Impianmu tetap besar, kegelisahanmu selalu kecil, dan kau tak akan mendapatkan beban yang melebihi kemampuanmu."- Rascal Flatts

43. "Perpisahan memang dibuat untuk menjadikan pertemuan kembali terasa indah sekali." - Ken Terate

 

5. Kata-Kata Sekolah Lucu

Selain momen-momen sedih, kenangan sekolah juga dipenuhi hal-hal lucu. Tak bisa dipungkiri, momen bercanda dengan teman memang jadi hal yang paling dirindukan dari masa-masa sekolah. Di samping itu, masih ada banyak hal yang lucu mengundang tawa saat mengenang sekolah. Berikut kata-kata sekolah yang lucu dan bisa buat tertawa.

44. "Ujian nasional adalah bagian terkecil dari ujian hidup."

45. "Saat pulpen jatuh di kelas dalam sekejap dia akan pindah ke dimensi lain."

46. "Hari baik pasti akan datang, jadi kamu tidak perlu khawatir yaitu hari Sabtu dan Minggu".

47. "Kamu tahu nggak bedanya kamu sama rumus fisika? Kalau rumus fisika susah dihafalin, tapi kalau kamu susah dilupain."

48. "Satu tanggal merah jadi kebahagiaan yang begitu besar untuk anak sekolah."

49. "Janganlah menimba ilmu pengetahuan karena di dalam sumur tidak terdapat ilmu pengetahuan, nanti kamu hanya akan capek naik turunin timba".

50. "Salah satu kebahagiaan anak sekolah adalah pulang cepat."

51. "Nggak ada momen yang paling mendebarkan di sekolah selain menunggu bel pulang."

52. "Malamnya sibuk bikin contekan rumus matematika, saat mau nyontek bingung mau pakai rumus yang mana."

53. "Sebenarnya kadang-kadang kami bingung dengan pemikiran guru. Di saat kami terlambat, biasanya mereka akan marah-marah, padahal kami justru senang di saat mereka datang telat untuk mengajar."

54. "Terdapat penyakit yang berbahaya, namun tidak berdarah dalam ilmu psikologi, yaitu ketika kita melihat pacar kita selingkuh di depan mata".

55. "Bahagia itu saat mau ulangan, tetapi gurunya tidak datang."

Itulah di antaranya 55 kata-kata sekolah dari yang penuh kenangan hingga yang lucu. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi.

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI