55 Kata-Kata untuk Wanita Muslimah Penuh Makna dan Bijak, Pesan Menyentuh Hati yang Menambah Keimanan

Rabu, 07 Juli 2021 18:55
55 Kata-Kata untuk Wanita Muslimah Penuh Makna dan Bijak, Pesan Menyentuh Hati yang Menambah Keimanan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kata-kata untuk wanita muslimah bisa jadi satu pesan bijak dalam menjalani kehidupan. Pasalnya, dalam agama Islam wanita muslimah dipandang dengan penuh kemuliaan. Wanita muslimah mempunyai berbagai keistimewaan, mulai dari dalam hal ibadah sampai kebiasaan di keseharian. Bukan untuk mengekang, keistimewaan tersebut justru untuk menunjukkan kemuliaan seorang wanita.

Wanita muslimah juga sering digambarkan sebagai pribadi yang lembut dan penuh ketaatan. Sebagai calon ibu, muslimah berperan penting dalam mendidik anak berakhlak saleh dan solehah. Tak salah jika kemudian, wanita muslimah dianggap sebagai perhiasan dunia.

Kemuliaan seorang wanita seringkali tertuang dalam penggalan Al quran, hadis, serta beberapa kata-kata bijak untuk wanita yang inspiratif. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata untuk muslimah yang bijak dan penuh makna.

 

1. Kata-Kata untuk Wanita Muslimah Inspiratif

Inspirasi jadi hal yang dibutuhkan dalam hidup. Dengan inspirasi, seseorang akan lebih mudah menentukan pilihan dan menetapkan langkah. Begitu pula bagi muslimah, inspirasi juga mereka butuhkan untuk memilih jalan hidup serta untuk mengekspresikan diri sesuai dengan nilai-nilai islami. Berikut kata-kata untuk wanita muslimah yang bisa jadi sumber inspirasi.

1. "Islam memperlakukan wanita dengan hormat dan bermartabat. Maka jangan mau menerima apa pun yang lebih rendah dari itu."

2. "Islam mewajibkan wanita menutup aurat karena Islam melindunginya dari pandangan buas para lelaki."

3. "Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar'i. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji."

4. "Islam mewajibkan wanita menutup aurat karena Islam melindunginya dari pandangan buas para lelaki."

5. "Wanita yang baik untuk lelaki yang baik. Dan lelaki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula)." - Surat An Nur 26

6. "Mengapa wanita muslimah harus memakai hijab? Karena kecantikan mereka adalah untuk pria (suami) mereka, buka untuk semua orang."

7. "Hijab tak sekadar pelindung bagi wanita melainkan menggambarkan seberapa besar kekuatan dan keindahannya."

8. "Hijab bukan hanya tentang apa yang kamu kenakan, tapi juga tentang sikap dan ucapan."

9. "Allah sudah menuliskan nama jodoh Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mempererat hubungan dengan Allah."

10. "Jauh lebih baik kehilangan sesuatu untuk Tuhan daripada kehilangan Tuhan untuk mendapatkan sesuatu."

11. "Jika seorang istri mengerjakan sholat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadan, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, niscaya akan dikatakan kepadanya, 'Masuklah ke surga'." - HR. Ahmad

12. "Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya baik pula negara itu, tetapi jika jelek wanitanya, maka jelek juga negara itu." - Nabi Muhammad SAW

13. "Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan."

2. Kata-Kata untuk Wanita Muslimah Bijak

Seorang wanita muslimah haruslah bisa menjalani hidup dengan bijaksana. Pasalnya, kebijaksanaan seorang muslimah akan sangat berguna untuk mendidik anak yang saleh dan solehah. Berikut kata-kata untuk wanita muslimah yang mengandung pesan bijak.

14. "Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya."

15. "Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintai, agar sedih pun tidak berlebihan."

16. "Wanita muslimah yang baik akhlaknya dan bijak pembawaannya laksana mutiara di langit ketujuh, tak sembarang orang bisa melihat dan menyentuhnya."

17. "Saat kau mencintai seseorang karena Allah, cinta itu tak akan pernah padam".

18. "Pria yang benar tak akan menjauhkanmu dari Allah. Kalau dia melakukannya, berarti dia pria yang salah." - Abdul Bary Yahya

19. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

20. "Tak peduli seberapa banyak orang yang senang menggosipimu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya dia sedang memberimu pahala."

21. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

22. "Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya."

23. "Ketika mengambil keputusan dengan melibatkan-Nya, lalu melepaskan sesuatu yang kita senangi karena alasan-alasan syar'i. Jangan takut! Karena Allah akan menggantinya untukmu bahkan lebih, percayalah."

24. "Ketika hatimu terlalu berharap kepada seseorang, maka Allah timpakan ke atas kamu pedihnya sebuah pengharapan, supaya kamu mengetahui bahwa Allah sangat mencemburui hati yang berharap selain Dia. Maka Allah menghalangimu dari perkara tersebut agar kamu kembali berharap kepada-Nya." - Imam Syafi'i

25. "Lidahmu jangan kamu biarkan menyebut kekurangan orang lain, sebab kamu pun punya kekurangan dan orang lain pun punya lidah."

26. "Orang yang akan masuk surga ialah orang yang selalu taat dan percaya kepada Allah dan Rasul-Nya."

 

3. Kata-Kata untuk Wanita Muslimah Menyentuh

Wanita muslimah mempunyai hati yang lembut. Dengan kelembutan hatinya, wanita muslimah mampu merasakan perasaan orang lain. Selain itu, hati wanita yang lembut juga membuatnya mudah tersentuh pada hal-hal sedih dan mengharukan. Berikut kata-kata untuk wanita muslimah yang mampu menyentuh hati.

27. "Allah mengangkat martabatmu melalui hijab. Ketika ada seorang pria asing melihatmu, dia akan menghormatimu, karena dia melihat bahwa dirimu bisa menghormati diri sendiri."

28. "Wahai saudari, Matahari tidak kehilangan keindahannya saat tertutup awan. Begitu juga dengan kecantikanmu yang tidak akan pudar saat engkau mengenakan hijab."

29. "Wahai Saudariku, suatu hari nanti tubuhmu akan ditutupi kain dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jangan biarkan hari terakhirmu di bumi menjadi hari pertamamu memakai hijab."

30. "Menutup aurat adalah cara kamu menghargai keindahan, bukan cara kamu menghindarinya." - Dr. Tariq Ramadan

31. "Ketika hatimu hancur, itu bagus. Dengan hati yang pecah, maka cahaya Tuhan akan lebih mudah masuk ke dalamnya." - Shaykh Hamza Yusuf

32. "Wanita itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang." - Ali bin Abi Thalib

33. "Pria memimpikan wanita sempurna. Wanita memimpikan pria sempurna. Mereka tidak tahu bahwa Allah SWT menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain." - Ahmad Al Sughairi

34. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan, pasti akan datang kemudahan." - HR. Tirmidzi

35. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

36. "Hati manusia sama seperti cangkir. Semakin kamu memenuhinya dengan cinta kepada Allah, semakin sedikit ruang yang tersisa untuk dipenuhi rasa cinta terhadap dunia."

37. "Rugi sekali jika seorang pria melepas wanita yang cantik akhlaknya, hanya demi mengejar wanita yang cantik wajahnya."

38. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

39. "Janganlah patah hati jika doa engkau tidak dikabulkan oleh Allah, Allah tau apa yang akan Dia perbuat."

40. "Kebahagiaan terletak pada kemenangan memerangi hawa nafsu dan menahan kehendak yang berlebih-lebihan."

41. "Menikahlah dengan seseorang yang akan membuatmu jatuh cinta kepada Allah setiap hari."

4. Kata-Kata untuk Wanita Muslimah Penuh Makna

Seperti yang disinggung sebelumnya, wanita muslimah punya kedudukan yang istimewa. Bahkan saking istimewanya, wanita sering dianggap sebagai perhiasan dunia hingga disebut terdapat surga di bawah telapak kakinya. Berikut kata-kata wanita muslimah yang penuh makna.

42. "Islam menaikkan derajat wanita dari dasar bumi hingga pada akhirnya surga diletakkan di bawah kakinya."

43. "Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu pakai dan kamu lepas semaumu. Mereka terhormat dan memiliki haknya."

44. "Wanita muslimah yang baik akhlaknya dan bijak pembawaannya laksana mutiara di langit ketujuh, tak sembarang orang bisa melihat dan menyentuhnya."

45. "Wanita seharusnya tidak seperti bulan yang setiap orang bisa melihatnya tanpa tertutupi apa pun, tapi wanita seharusnya menjadi seperti matahari yang membuat mata tertunduk sebelum melihatnya."

46. "Wanita Muslimah adalah berliannya Islam. Tak ada seorang pun yang akan mengungkapkan berlian mereka kepada orang asing."

47. "Saat kau mencintai seseorang karena Allah, cinta itu tak akan pernah padam."

48. "Jadilah seperti berlian, berharga dan langka."

49. "Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya."

50. "Setiap ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya."

51. "Wanita yang baik adalah yang paham kebutuhan hiburan."

52. "Seorang wanita yang menutup aurat itu ibarat mutiara yang berada di dalam cangkangnya."

53. "Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita sholehah." - HR. Muslim, Ibnu Majjah dan Nasa'i

54. "Memangnya kenapa kalau hidup ini tak sempurna, toh, ini bukanlah jannah." - Nourman Ali Khan

55. "Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah."

Itulah di antaranya 55 kata-kata untuk wanita muslimah yang menyentuh hati dan penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI