10 Manfaat Clover Honey untuk Kesehatan Tubuh dan Reproduksi, Obati Luka - Tingkatkan Kesuburan

Rabu, 07 Juli 2021 17:44
10 Manfaat Clover Honey untuk Kesehatan Tubuh dan Reproduksi, Obati Luka - Tingkatkan Kesuburan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Khasiat madu untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Konsumsi madu secara rutin diyakini menyehatkan dan bisa menjauhkan kita dari berbagai penyakit. Dari berbagai jenis madu, clover honey jadi salah satu yang cukup populer belakangan ini. Manfaat clover honey juga tak kalah dengan madu jenis lainnya.

Sesuai dengan namanya, clover honey merupakan madu yang diperoleh dari nektar tanaman clover (semanggi). Clover honey dikenal mempunyai karakteristik yang khas, berbeda dengan jenis madu lainnya. Ciri-ciri clover honey di antaranya punya rasa manis yang khas, dengan tekstur, dan warna yang lembut. Oleh karena itu, madu jenis ini sangat cocok dijadikan sebagai pemanis untuk makanan atau minuman.

Selain dimanfaatkan sebagai pemanis, clover honey menyimpan khasiat yang tak main-main. Apa sajakah itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ulasan manfaat clover honey untuk kesehatan.

 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh menjadi kunci dari kondisi kesehatan seseorang. Daya tahan yang stabil akan membuat seseorang sulit terjangkit penyakit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Salah satunya, bisa dengan mengonsumsi clover honey secara rutin.

Clover honey mengandung zat antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, clover honey juga mempunyai sifat antivirus dan antibakteri. Sehingga dengan kandungan dan sifat tersebut, clover honey berkhasiat menjauhkan seseorang dari penyakit.

 

2. Meredakan Gejala Flu

Flu jadi satu penyakit yang cukup mudah menular. Saat terjangkit flu, seseorang akan mengalami berbagai gejala, mulai dari pusing, hidung tersumbat, hingga sakit tenggorokan. Untungnya, sifat antibakteri dan kandungan antioksidan dalam clover honey bisa meringankan gejala-gejala dari flu. Hal ini tentunya juga akan berdampak pada, semakin cepatnya proses penyembuhan.

 

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat clover honey yang kedua yaitu baik untuk kesehatan jantung. Seperti yang kita tahu, jantung merupakan salah satu organ vital manusia. Di sisi lain, jantung juga jadi organ yang sering mengalami gangguan atau serangan yang bisa berakibat fatal.

Dalam clover honey tersimpan kandungan flavonoid dan asam fenolat. Kedua kandungan tersebut diyakini bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Secara tak langsung, hal ini akan berdampak baik pada kesehatan jantung yang lebih terjaga.

 

4. Menyehatkan Pencernaan

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami gangguan pencernaan, seperti asam lambung dan diare. Ternyata, salah satu manfaat clover honey bisa jadi satu alternatif obat untuk mengatasi masalah pencernaan.

Kandungan dalam clover honey bisa berperan sebagai prebiotik yang berguna untuk sistem pencernaan. Prebiotik tersebut akan membantu pertumbuhan bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan bisa jadi lebih lancar.

 

5. Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Sifat antibakteri dan kandungan antioksidan dalam clover honey juga berguna dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Seperti yang kita tahu, gigi dan mulut bisa jadi satu tempat pertumbuhan kuman dan bakteri. Jika didiamkan begitu saja, hal ini bisa memunculkan berbagai masalah seperti sakit gigi dan radang gusi.

Mengonsumsi bisa membantu masalah kesehatan gigi dan mulut. Konsumsi secara rutin diyakini dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman di mulut. Selain itu, clover honey juga dipercaya dapat membantu membersihkan plak gigi akibat sisa-sisa makanan yang mengendap.

 

6. Mengobati Luka Luar dan Gangguan Kulit

Manfaat clover honey berikutnya yaitu bisa digunakan sebagai obat luka luar dan gangguan pada kulit. Hal ini lantaran, sifat antiradang dan antibakteri yang dinilai dapat efektif mengatasi efek peradangan akibat luka di kulit. Tak sampai di situ, clover honey juga dipercaya bisa membantu mempercepat proses pembentukan jaringan kulit baru pada luka.

7. Memperbaiki Kualitas Sperma

Mengonsumsi clover honey dipercaya bisa memberikan banyak khasiat dalam hal seksualitas dan sistem reproduksi. Kandungan clover honey mampu merangsang hormon seksual. Selain itu pada laki-laki, kandungan dalam clover honey dipercaya mampu memperbaiki kualitas sperma.

 

8. Menyuburkan Kandungan

Sementara itu pada wanita, clover honey juga dipercaya bisa membantu menyuburkan kandungan. Bahkan, khasiat madu untuk menyuburkan kandungan ini sudah dirasakan sejak masa silam. Banyak pula orang yang telah membuktikan khasiat madu untuk kesuburan. Jadi tak salah, jika madu khususnya honey clover diyakini bisa meningkatkan peluang untuk mempercepat proses kehamilan.

9. Mengurangi Keputihan

Keputihan mungkin jadi satu masalah yang cukup sering dialami oleh kaum wanita. Keputihan sejatinya merupakan hal yang normal. Meski demikian, tetap saja keputihan seringkali terasa mengganggu karena bisa disertai dengan bau. Karena mempunyai sifat antibakteri, clover honey dapat membantu mengatasi masalah di organ kewanitaan tersebut.

 

10. Cegah Kanker

Manfaat clover honey lainnya yang tak kalah luar biasa ialah dapat mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, serta kanker prostat. Dalam clover honey terdapat kandungan zat-zat antikanker yaitu lavonoid, asam fenolat, asam amino, protein, dan enzim. Zat-zat tersebut dipercaya dapat membantu mencegah terbentuknya sel kanker.

Itulah di antaranya 10 manfaat clover honey untuk kesehatan. Bagaimana tertarik mencoba manfaatnya?

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI