90 Kata-Kata Anak Nakal yang Sukses, Penuh Makna dan Nasihat dari Orang Tua

Rabu, 23 Juni 2021 15:01 Penulis: Nurul Wahida
90 Kata-Kata Anak Nakal yang Sukses, Penuh Makna dan Nasihat dari Orang Tua
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Anak nakal tak selalu dipandang sebelah mata. Sebab kenakalan tak dapat menjadi tolok ukur kesuksesan mereka di masa depan. Untuk itulah melalui kata-kata anak nakal yang sukses, dapat dijadikan referensi dan inspirasi bahwa kenakalan tak melulu menentukan berhasil tidaknya hidup seseorang.

Nakal kerap diidentikan sebagai perilaku atau perbuatan yang tidak baik, buruk bahkan negatif. Seorang anak dianggap nakal apabila ia berperilaku di luar kebiasaan umumnya, tidak sesuai norma, adab, sopan santun, nyeleneh, tidak serius mengerjakan sesuatu, ngeyel dan seterusnya.

Tidak heran apabila karena kenakalan tersebut, seringkali membuat orang tua, guru, atau wali mereka dibuat pusing, jengkel, dan kesal. Pengawasan yang lebih ketat serta nasihat terus menerus diberikan agar membuat anak berperilaku lebih baik.

Namun sejumlah anak yang dianggap nakal ternyata dapat membuktikan diri mereka lebih sukses dan berhasil mendapatkan cita-cita serta impian . Hal inilah yang bisa dijadikan pelajaran bahwa, kenakalan bukan menjadi tolok ukur keberhasilan atau kesuksesan seseorang. Akan tetapi perlu dipahami bahwa kenakalan yang terjadi terus menerus juga bukan sikap baik bahkan cenderung merugikan diri sendiri.

Melalui sejumlah kata-kata anak nakal yang sukses di bawah ini bisa dijadikan pelajaran berharga dan inspirasi buat kalian dalam menyikapi kenakalan anak. Adapun kata-kata anak  nakal yang sukses telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Kata-Kata Anak Nakal yang Sukses

Kata-kata anak nakal di bawah ini membuktikan bahwa kenakalan seorang anak tak melulu menentukan keberhasilan mereka. Sebab ada juga anak nakal yang mampu membuktikan dirinya sukses dan berhasil dalam menjalani kehidupan. Namun kesuksesan tersebut dapat diperoleh karena mereka mampu melawan kenakalannya dengan terus berusaha dan memperbaiki diri ke arah yang lebih baik. Berikut kata-kata anak nakal yang sukses.

1. "Anak nakal itu bisa sukses dengan caranya sendiri. Dan pertanyaannya, kapan kamu akan menghentikan kenakalanmu untuk memulai suksesmu?" - chachaoerco

2. "Kebanyakan orang sukses berasal dari anak muda yang nakal tapi cepat tobat/insyaf." - Mario Teguh

3. "Nakal dulu baru sukses. Itu adalah salah satu kalimat yang disalahgunakan oleh orang-orang yang gak mau usaha ketika masih muda."

4. "Anak nakal itu kalau galau, galaunya parah. Tapi, kalau sudah insyaf - tidak ada yang bisa menahan suksesnya." - Mario Teguh

5. "Anak nakal memang bukan calon orang gagal, tapi kalau nakal terus, memang pasti gagal." - Mario Teguh

6. "Lebih baik dari yang nakal mencoba jadi yang baik dari pada yang baik mencoba untuk menjadi yang nakal." - Mario Teguh

7. "Yang gak nakal dan yang berusaha aja belum tentu sukses tong, apa lagi loe yang nakal."

8. "Heningnya malam bukan berarti kesempatan untuk berbuat hal yang nakal, tetapi waktu yang tepat untuk mendekatkan diri dengan Tuhanmu."

9. "Nakal tak harus berandal. Yang penting tahu saatnya berhenti dan kapan membangun mimpi."

10. "Bocah nakal sepertiku juga memiliki tujuan yang menurutku baik, yaitu membahagiakan orang tua."

11. "Keberhasilan itu bukan hanya saat kalian bisa mencapai apa yang kalian inginkan tapi saat kalian bisa melihat senyum orangtua kalian karena keinginan yang bisa kalian capai."

12. "Meraih kesuksesan besar adalah bukti bagi semua orang lain bahwa bisa mencapainya juga." - Abraham Lincoln

13. "Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimipi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik."

14. "Boleh aja nakal tapi jangan frontal, karena kamu bukan anak jendral."

15. "Kenapa harus beradu fisik jika suksesku bisa untuk menginjak bacotmu itu."

16. "Nilailah saya bila anda telah benar benar mengenal saya."

 

2. Kata-Kata Anak Nakal Penuh Makna

Sejumlah kata-kata anak nakal berikut ini mengandung makna mendalam yang bisa kalian jadikan pelajaran berharga. Sehingga melalui kata-kata anak nakal di bawah ini dapat membantu kalian lebih bijak dalam menyikapi kenakalan seorang anak.

17. "Katanya nakal dulu baru sukses. Emang loe udah yakin bakalan sukses?"

18. "Tiada anak yang nakal, yang ada hanyalah anak yang belum mengerti. Tiada anak yang nakal, yang ada hanyalah orang tua yang tidak sadar. Tiada anak yang nakal, yang ada hanyalah pendidik yang buru-buru melihat hasil." - Alhabib Muhammad Alhabsyi

19. "Nakal kok bermoral, sekali nakal ya nakal moral itu budi pekerti yang baik. Nakal itu budi pekerti orang yang tak punya akal."

20. "Emang gue anak nakal, sering kali ngomong kasar, tapi masih dalam batas wajar."

21. "Kami bukan anak yang nakal kok bu. Kami hanya agak sulit diatur. Jadi, tolonglah bantu kami supaya jadi lebih baik lagi."

22. "Laki-laki nakal saat muda itu wajar, asal tidak kriminal." - Mario Teguh

23. "Tak usah terlalu dikekang, senakal-nakalnya laki-laki pasti ingat jalan kembali."

24. "Kenakalan itu hanya kesenangan sementara dan suatu saat nanti pasti akan sadar dengan berjalannya waktu."

25. "Lebih baik nakal tapi jujur dari pada baik tapi munafik."

26. "Jika diam mu bijak maka diamlah, jika diam mu diinjak maka bicaralah agar mereka diam."

27. "Berusahalah untuk tidak menjadi orang yang berhasil, tapi berusahalah untuk menjadi orang yang berguna."

28. "Terkadang hidup itu keras Ketika dunia tidak menerima impian mu ada 2 pilihan, berdiri menantang atau tunduk dengan gelar pecundang."

 

3. Kata-Kata Anak Nakal Menginspirasi

Meski kerap memicu rasa marah, jengkel, serta emosi, namun melalui kata-kata anak nakal berikut bisa dijadikan inspirasi buat kalian. Sebab sejumlah kata-kata anak nakal di bawah ini mengandung hikmah terbaik yang menginspirasi kalian.

29. "Nakal kami itu berkelas. Jadi, bagi kami, minuman keras bukanlah sebuah prioritas."

30. "Walau nakal, bermoral. Meski nakal, masih ingat Tuhan!"

31. "Nakal sudah nggak zaman, yang tren sekarang adalah bahagiain orang tua."

32. "Tuhan, aku mohon tumbuhkanlah aku untuk menjadi pribadi dewasa yang tidak nakal lagi." - Mario Teguh

33. "Maksudnya; jangan jadi perempuan tidak baik karena bahkan laki-laki yang nakal tetap memilih wanita yang baik. Oraight?" - Mario Teguh

34. "Jangan ingat orang yang dilihat nakal tak ada baiknya. Mereka juga tidak mau dilihat sebagai nakal." - Hafiz Hamidun

35. "Sesulit apapun masalah yang kamu hadapi cobalah untuk selalu sabar menghadapinya, karena dengan kesabaran masalah apapun akan mudah diselesaikan."

36. "Semakin berat masalahmu, semakin kuat dirimu. Dan itulah yang membuat dirimu semakin baik."

37. "Hidup ini adalah pilihan yang kamu putuskan. Jika kamu tak ingin terlihat bodoh, jangan lakukan hal yang bodoh."

38. "Hidup hanya sekali, manfaatkan untuk melakukan kebaikan."

39. "Saya ini bukan orang baik, tapi saya berusaha menghindari berbuat jahat. Jadi jangan pancing saya buat melakukannya."

40. "Jadikanlah diri Anda seseorang yang jujur dan Anda akan yakin bahwa orang yang tidak baik sudah berkurang."

41. "Hidup bukanlah tentang siapa yang terbaik, tapi siapa yang bisa berbuat baik dan bukan berpura pura berbuat baik."

42. "Walaupun kamu nakal, tetap ada yang senantiasa berdoa untukmu sampai sampai dia lupa berdoa untuk dirinya sendiri, ialah ayah dan ibumu."

43. "Senakal nakalnya orang islam , tetap tidak lupa mendoakan yang terbaik untuk kedua orang tua."

 

4. Kata-Kata Anak Nakal Penuh Nasihat dari Orang Tua

Adapun kata-kata anak nakal berikut mengandung pesan nasihat dari orang tua yang menyentuh perasaan. Sehingga dengan adanya nasihat tersebut dapat membantu mereka lebih berhati-hati dalam bertindak dan bersikap. Berikut kata-kata anak nakal penuh nasihat dari orang tua.

44. "Anak laki-laki nakal itu wajar! Tapi, kalau ngelawan ibunya, itu kurang ajar!" - Kaka Slank

45. "Jadikanlah dirimu seseorang yang jujur, dan kamu akan yakin bahwa orang nakal di dunia telah berkurang."

46. "Siapa yang sederhana, harus bertoleransi, dan siapa yang nakal, dia harus menderita."

47. "Menjadi anak yang saleh dan tidak pernah menyakiti hati orang tua itulah hal yang paling diinginkan orang tua kita."

48. "Orangtuamu tidak pernah ingin kamu menjadi seperti mereka tapi mereka ingin kamu menjadi lebih baik dari mereka."

49. "Cobalah untuk tidak menjadi orang sukses, melainkan mencoba menjadi orang yang berharga." - Albert Einstein

50. "Jangan pernah mengeluh kepada Tuhanmu, sesungguhnya apa yang Tuhanmu kehendaki itu yang terbaik untukmu."

51. "Jangan pernah menoleh ke belakang jika itu hanya membuat mu mengulangi kesalahan, cobalah menoleh ke depan dan membuka lembar baru yang lebih baik."

52. "Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Tapi pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali." - Akio Morit

53. "Tak ada yang kekal di dunia ini nak, termasuk juga masalahmu nak. Bersabarlah, semua akan indah pada waktunya."

54. "Anakku jagalah auratmu, jangan kau biarkan auratmu terbuka."

55. "Jagalah pergaulan dari pergaulan yang bebas, karena harga diri kau akan terlihat tidak sopan."

56. "Saat kamu tidak mau menerima pendapat orangtuamu mereka hanya diam dan berdoa yang terbaik untuk mu, tapi saat mereka yang tidak bisa menerima pendapatmu kemarahan yang kamu berikan pada mereka."

57. "Mungkin kamu kini mengacuhkan perkataan orangtua, namun suatu hari kamu menyadari, pesan mereka yang membawamu dalam kesuksesan."

5. Kata-Kata Anak Nakal yang Islami

Kemudian ada pula kata-kata anak nakal yang Islami. Kata-kata ini tak hanya menjadi sebuah nasihat untuk anak saja, namun juga orang tua. Dan berikut ini beberapa kata-kata anak nakal yang Islami tersebut:

58. "Hai Anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar" (QS. Luqman)

59. "Kata kunci dalam pendidikan anak adalah memilihkan teman dan lingkungan yang baik. Siapa memiliki anak kecil, hendaklah ia bercanda dan bermain dengan mereka." (HR. Ad-Dailami)

60. "Perintahlah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka jika enggan melakukannya pada usia sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka." (HR. Ahmad)

61. "Seseorang itu akan mengikuti agama teman dekatnya (lingkungan pergaulannya). Oleh karena itu, hendaknya kalian siapakah yang kalian(anakmu)jadikan sebagai teman dekat." (HR. Abu Daud)

62. "Dan ketahuilah, bahwa harta dan anak-anakmu hanyalah sebagai cobaan, dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar." (QS. Al-Anfal: 28)

63. "Siapa memiliki anak kecil, hendaklah ia bercanda dan bermain dengan mereka." (HR. Ad-Dailami)

64. "Sungguh di dalam surga itu ada rumah yang disebut rumah kebahagiaan yang tidak dimasuki kecuali orang yang membahagiakan anak-anak kecil." (HR. Aisyah)

65. "Tidak ada pemberian orangtua yang paling berharga kepada anaknya daripada pendidikan akhlak mulia." (HR. Bukhari)

66. "Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada (pendidikan) tata krama yang baik." (HR. At-Tirmidzi)

67. "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan yang menyejukkan hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa." (Q.S Al-Furqan: 74)

68. "Jangan membesarkan anak-anak supaya mereka menghasilkan rezeki untukmu. Akan tetapi besarkan mereka untuk beribadah kepada Allah, maka rezeki pun akan datang mengikuti." - Ibnu Utsaimin

69. "Jangan paksa anakmu untuk menjadi seperti dirimu, karena mereka tidak terlahir di zamanmu." - Ali bin Abi Thalib

70. "Jangan pergi di waktu luangnya, sehingga dia merasakan manisnya waktu kosong dan membuatnya terbiasa dengannya". - Harun Ar Rasyid

6. Kata-Kata Anak Nakal Bahasa Jawa

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata anak nakal dalam bahasa Jawa. Kata-kata ini menjadi sebuah nasihat bijak bagi anak-anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Berikut beberapa kata-kata anak nakal bahasa Jawa tersebut:

71. "Aja dadi wong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter, nanging dadiya wong sing bisa lan pinter rumangsa." (Jangan menjadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar. Tapi, jadilah orang yang bisa dan pintar merasa.)

72. "Sabar iku ingaran mustikaning laku." (Tingkah laku yang mengedepankan kesabaran itu diibaratkan dengan sebuah hal yang indah dalam kehidupan.)

73. "Urip bakalan terus mlaku bebarengan karo wektu. Yentho ojo urip sak karepe dewe." (Hidup akan terus berjalan bersama. Sehingga jangan hidup dengan semaunya sendiri.)

74. "Urip ojo mung di kanggono gawe nuruti nafsu, jenenge wong sing pingin mulyo mesti kudu soyo." (Hidup itu jangan dipergunakan untuk menuruti nafsu, karena orang yang ingin hidup mulia harus bekerja keras.)

75. "Witing tresno jalaran soko kulino." (Cinta itu berawal dari kebiasaan.)

76. "Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan." (Sebaik-baik orang adalah mereka yang memberi pertolongan dengan cara sembunyi-sembunyi.)

77. "Becik ketitik ala kethara." (Kebaikan sekecil apapun akan terlihat dan kejelekan meskipun disembuyikan akan terdeteksi.)

78. "Sapa wani rekasa, bakal nggayuh mulya." (Siapapun yang bersungguh-sungguh dalam usahanya pasti akan meraih kemulyaan.)

79. "Wis ginaris neng takdire menungso yen apa sing urip kuwi wis disangoni saka sing kuwasa." (Sudah menjadi takdir manusia, bahwa apapun yang hidup di dunia ini sudah diberi bekal oleh yang Maha Kuasa.)

80. "Dalan urip lan pangane wis cemepak cedhak kaya angin sing disedhot bendinane." (Jalan hidup dan rejeki itu sudah disediakan seperti udara yang dihirup setiap hari.)

81. "Mikul dhuwur mendem jero." (Memikul tinggi-tinggi, memendam dalam-dalam. Intinya menganjurkan bagi seorang anak atau murid menjunjung tinggi kehormatan orang tua dan gurunya. Serta sebisa mungkin memendam dalam-dalam segala aib dan kesalahan orang tua.)

82. "Sepi ing pamrih, rame ing gawe." (Senyap dalam pamrih atau meminta imbalan, rajin dalam bekerja.)

83. "Yen sembahyang kungsi pucuke panah." (Jika Anda salat harus khusyu’ dan anteng seperti anak panah yang menancap kuat pada sasaran.)

84. "Ibadah kudu netep." (Kalau sedang beribadah harus istiqamah dan terus menerus.)

85. "Aja ngaji kejayaan kang ala rautah." (Jangan belajar jika untuk kepentingan yang salah dan untuk disalahgunakan.)

86. "Singkirna sifat kanden wanci." (Jauhi sifat yang tidak baik yang akan mencelakakanmu.)

87. "Aja lunga layaran ing lautan." (Jangan berlayar di lautan jika Anda tidak memiliki cukup persiapan.)

88. "Adigang, adigung, adiguna." (Jagalah kelakuan Anda, jangan sombong dengan kekuatan yang Anda miliki, kedudukan, atau bahkan latar belakang Anda.)

89. "Nerimo ing pandum." (Menerima segala pemberian dari Allah dengan ikhlas dan lapang dada.)

90. "Kawulo mung saderma, mobah ,mosik kersaning hyang sukmo." (Berusahalah dan lakukan apapun yang kita bisa, selanjutnya serahkan semuanya pada Sang Pencipta.)

Nah itulah 90 kata-kata anak nakal yang sukses, penuh makna dan nasihat dari orang tua. Kata-kata anak nakal di atas dapat kalian ambil pelajaran berharga tentang kenakalan seorang anak.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI