58 Kata-Kata Merenung Penuh Makna, Jadi Bahan Buat Introspeksi Diri

Diterbitkan:

58  Kata-Kata Merenung Penuh Makna, Jadi Bahan Buat Introspeksi Diri
Kata-kata merenung (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Merenung dapat menjadi cara buat kalian untuk memahami diri sendiri secara lebih baik. Selain itu perenungan juga bisa membantu kalian untuk introspeksi diri. Sejumlah kata-kata merenung yang penuh makna bisa menjadi referensi untuk sejenak menenangkan dan melegakan perasaan.

Perenungan biasanya dilakukan saat kalian merasakan persoalan hidup yang cukup rumit bahkan sulit. Di mana ada rasa sesak, bingung, khawatir, sedih ataupun kecewa menyelimuti hati. Akibatnya perasaan menjadi tak menentu dan membuat kalian cenderung patah semangat.

Untuk itulah dibutuhkan nasihat bijak yang bisa membantu kalian keluar dari pikiran dan perasaan tak menentu. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mendapatkan nasihat dengan kata-kata positif. Misalnya saja kalian bisa menjadikan kata-kata merenung untuk membantu kalian melakukan introspeksi diri.

Sebab, introspeksi diri diperlukan agar kalian dapat belajar dari kesalahan ataupun persoalan hidup yang dihadapi. Saat melakukan introspeksi diri umumnya kalian membutuhkan situasi dan tempat sunyi serta tenang. Sehingga kalian dapat benar-benar melakukan perenungan untuk menenangkan dan melegakan perasaan.

Sejumlah kata-kata merenung yang penuh makna di bawah ini bisa menjadi referensi buat kalian. Adapun kata-kata merenung telah dirangkum Kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Kata-Kata Merenung Penuh Makna

Kata-kata merenung penuh makna di bawah ini dapat membuat kalian menjadi lebih tenang. Sebab, bisa jadi kata-kata merenung sebagai berikut sangat relate dengan persoalan hidup yang kalian hadapi. Adapun kata-kata merenung penuh makna dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1. "Ketika kita berusaha untuk menjadi lebih baik, semua yang ada di sekitar kita juga menjadi lebih baik." - Paulo Coelho

2. "Ingatlah selalu bahwa kamu lebih berani daripada yang kamu yakini, lebih kuat dari yang terlihat dan lebih pintar dari yang kamu kira."

3. "Mulai hari ini, tetapkan niat dan fokus tanpa henti untuk menjalani hidupmu sebagai orang terbesar yang kamu bisa, dalam semua situasi."

4. "Jangan pernah takut untuk jatuh karena ini adalah kesempatan untuk membangun kembali dirimu seperti yang kamu inginkan selama ini."

5. "Kemungkinan kegelapanlah yang membuat hari tampak begitu cerah." - Stephen King

6. "Perubahan adalah teman, bukan musuh. Perubahan adalah peluang yang brilian untuk tumbuh."

7. "Ketika tiba di sebuah persimpangan dan harus memilih jalan yang dilalui, terkadang rasanya seperti berjalan di atas treadmill, berlarian di tempat yang sama."

8. "Memaafkan, tapi jangan melupakan, atau kau akan tersakiti lagi. Memaafkan mengubah pandangan, melupakan menghapus pelajaran." - Paulo Coelho

9. "Semuanya telah berubah dan teman pun pergi. Tapi, hidup tidak berhenti untuk siapapun."

10. "Apabila bisa bertemu dengan Tuhan, aku akan berkata kepada-Nya bahwa hidup ini adalah secangkir kopi yang tak pernah aku minta." - RM, Always

11. "Merenung untuk satu menit, dapat menyelamatkan hidupmu untuk satu hari."

12. "Kita harus berada dalam perbuatan, dalam merenung dan merasakan dalam laku."

13. "Harapan tinggallah harapan jika tidak disertai tindakan, impian tinggallah impian jika tidak selaras dengan kemampuan."

14. "Percayalah, ketika satu pintu tertutup untuk anda, sebenarnya pintu yang lain selalu terbuka."

15. "Kebesaran seseorang tidak diukur dari kekuatannya, tapi diukur dari bagaimana dia berdiri tegap setiap kali dia terjatuh."

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kata-Kata Merenung Yang Bijak

Sejumlah kata-kata merenung yang bijak bisa mengajarkan kalian tentang bijak dalam menghadapi persoalan tertentu. Sehingga kalian dapat lebih tenang, rileks dan berpikiran jernih. Berikut ini beberapa kata-kata merenung yang bijak.

16. "Dua hari terpenting dalam hidupmu adalah hari kamu dilahirkan, dan hari kamu mengetahui alasannya."

17. "Kecuali kamu belajar menghadapi bayanganmu sendiri, kamu akan terus melihatnya dalam diri orang lain, karena dunia di luar dirimu hanyalah cerminan dari dunia di dalam dirimu."

18. "Orang-orang dikirim ke dalam hidup kita untuk mengajari kita hal-hal yang perlu kita pelajari tentang diri kita sendiri." - Mandy Hale

19. "Sebelum bisa berteman dengan orang lain, pertama-tama kau harus bisa berteman dengan dirimu sendiri." - Stephen Richards

20. "Perubahan adalah teman, bukan musuh. Perubahan adalah peluang yang brilian untuk tumbuh."

21. "Jika Anda tidak dapat menemukan kedamaian di dalam diri Anda, Anda tidak akan pernah menemukannya di tempat lain." - Marvin Gaye

22. "Proses pendewasaan dalam hidup ini adalah melalui ujian-ujian yang terjadi dalam hidupmu."

23. "Setidaknya, ketika kita terpisah jarak, ingatlah bahwa ada sosok yang menunggumu untuk lekas pulang."

24. "Kebahagiaan bukan karena tak ada masalah. Itu adalah kelihaian untuk mengurusnya." - Steve Maraboli

25. "Untuk mempertajam pikiran, kita seharusnya lebih sering belajar daripada merenung."

26. "Lagu bisa membuat kita merenung dan lebih mendalami kehidupan kita."

27. "Orang yang hati bersih, melihat orang dengan kebaikan dahulu, orang yang hati kotor, melihat orang dengan keburukan dahulu."

28. "Yang mengasyikan di dunia ini bukanlah di mana kita berada, melainkan ke mana kita akan menuju."

29. "Kehidupan mungkin tidak semua berjalan seperti yang kita rencanakan, namun itu pasti berjalan sesuai dengan rencana tuhan."

30. "Kita selalu terpaku pada pikiran bahwa kita harus lebih baik dari orang lain. Namun sejatinya adalah kita harus menjadi lebih baik dari diri kita yang kemarin."

3. Kata-Kata Merenung Jadi Bahan Introspeksi Diri

Sesekali kalian memerlukan introspeksi diri untuk memperbaiki beragam hal yang sudah dilewati. Sebab, dengan introspeksi diri, kalian bisa menjalani kehidupan di masa mendatang dengan lebih baik. Adapun kata-kata merenung yang jadi introspeksi diri sebagai berikut.

31. "Apa yang kita fokuskan di luar adalah cerminan dari apa yang kita rasakan di dalam."

32. "Dia yang mampu menguasai orang lain memang kuat. Tapi dia yang mampu menguasai dirinya sendiri, itulah yang lebih dahsyat." - Lao Tzu

33. "Jangan kamu berani, untuk satu detik lagi, mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang tidak menyadari kekuatanmu diri."

34. "Kau hanya hidup satu kali. Tapi kalau kau menjalaninya dengan benar, sekali pun cukup." - Mae West

35. "Pada akhir hari, ingatkan dirimu bahwa kamu melakukan yang terbaik yang kamu bisa hari ini, dan itu sudah cukup baik."

36. "Segala sesuatu dalam hidupmu adalah cerminan dari pilihan yang telah kamu buat. Jika kamu menginginkan hasil yang berbeda, buatlah pilihan yang berbeda."

37. "Dengan tiga metode kita dapat belajar kebijaksanaan: Pertama, dengan refleksi, yang paling mulia; Kedua, dengan meniru, yang paling mudah; dan ketiga dengan pengalaman yang paling pahit."

38. "Ingatkan dirimu bahwa kamu tidak bisa gagal menjadi dirimu sendiri."

39. "Perasaan 'tersinggung' adalah indikator peringatan yang menunjukkan kepadamu ke mana harus mencari ke dalam dirimu untuk masalah yang belum terselesaikan."

40. "Sepanjang hidup, orang akan membuatmu marah, tidak menghormatimu, dan memperlakukanmu dengan buruk. Biarkan Tuhan berurusan dengan hal-hal yang mereka lakukan, karena kebencian di hatimu akan menghabisimu juga."

41. "Kita bisa menemukan kedamaian bukan dengan mengatur ulang keadaan hidupmu, tetapi dengan menyadari siapa dirimu pada tingkat terdalam." - Eckhart Tolle

42. "Makin sedikit Anda menanggapi orang yang kasar, kritis, dan argumentatif, makin damai hidup Anda jadinya." - Mandy Hale

43. "Memaafkan bukan karena mereka pantas mendapatkan pengampunanmu, tetapi karena kamu pantas mendapatkan kedamaian."

44. "Aku pernah berharap untuk menghilang saja dari dunia ini. Dunia ini terlihat begitu gelap dan aku menangis sepanjang malam. Apakah aku akan merasa lebih baik jika aku menghilang?"

45. "Masalah adalah ujian pendewasaan. Tidak ada alasan menyalahkan orang lain. Benahi diri sendiri dan jadilah pribadi yang dewasa."

46. "Tidak ada seorangpun dapat kembali ke masa lalu untuk membuat suatu awal yang baru. Namun, setiap orang dapat memulai saat ini untuk membuat suatu akhir dari yang baru."

4. Kata-Kata Merenung di Malam Hari

Cukup banyak orang memilih melakukan perenungan diri saat malam hari. Sebab, malam menjadi waktu yang tepat dengan kesunyiannya. Sehingga pikiran kalian jadi lebih tenang sekaligus rileks. Berikut ini sejumlah kata-kata merenung di malam hari.

47. "Setiap malam, ketika saya pergi tidur, saya mati. Dan keesokan paginya, ketika saya bangun, saya dilahirkan kembali." - Mahatma Gandhi.

48. "Kita harus rela melepaskan kehidupan yang telah kita rencanakan untuk memiliki kehidupan yang menunggu kita."

49. "Malam lebih panjang dari satu hari untuk mereka yang bermimpi, dan siang lebih panjang dari malam untuk mereka yang mewujudkan impian mereka."

50. "Terlalu banyak dari kita yang tidak mewujudkan impian kita karena kita menjalani ketakutan kita."

51. "Hari sudah berakhir, malam telah tiba. Hari ini telah berlalu, apa yang dilakukan sudah selesai. Rangkullah impianmu, sepanjang malam. Besok akan datang dengan cahaya yang sama sekali baru." - George Orwell.

52. "Waktunya padamkan bara setelah lelah bekerja. Waktunya pejamkan mata dan tak lagi berkata. Selamat tidur."

53. "Malam adalah kesempatan luar biasa untuk beristirahat, memaafkan, tersenyum, bersiap-siap untuk semua pertempuran yang harus kau lawan besok."

54. "Saat malam mulai gelap, biarkan kekhawatiranmu memudar. Tidurlah yang nyenyak, ketahui kamu telah melakukan semua yang dapat kamu lakukan untuk hari ini."

55. "Jangan menghabiskan malam tanpa tidur untuk merenungi semua masalahmu. Percayalah Tuhan sedang menyelesaikannya. Lalu tidur dan bahagialah pada esok hari."

56. "Kedamaian adalah hasil dari melatih kembali pikiran Anda untuk memproses kehidupan sebagaimana adanya, bukan seperti yang Anda pikirkan." - Wayne W. Dyer

57. "Jangan merenung di tempat gelap, karena teman setia kita (bayangan) pasti akan lari."

58. "Menjelang tidur, perlu merenung sejenak. Kebaikan-kebaikan apa yang sudah saya lakukan hari ini?"

Nah itulah 58 kata-kata merenung yang penuh makna, jadi bahan introspeksi diri. Sejumlah kata-kata merenung di atas dapat mewakili perasaan kalian yang mungkin relate dengan situasi saat ini.

Sumber: Brilio.net, bola.com, sepositif.com

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending