6 Arti Kedutan di Dagu Menurut Primbon Jawa, Punya Makna Beragam Tergantung Titiknya

Diterbitkan:

6 Arti Kedutan di Dagu Menurut Primbon Jawa, Punya Makna Beragam Tergantung Titiknya
Arti Kedutan di Dagu Menurut Primbon Jawa (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Di kalangan masyarakat Jawa, primbon sudah menjadi bagian budaya dan tradisi. Primbon Jawa sering digunakan untuk berbagai hal, salah satunya untuk memaknai arti di balik kedutan di berbagai bagian tubuh. Dari banyaknya bagian tubuh, kedutan di dagu menjadi salah satu sering membuat penasaran. Banyak orang berusaha mencari tahu apa arti kedutan di dagu menurut primbon Jawa.

Dagu merupakan bagian wajah yang cukup menonjol dan sering menarik perhatian. Maka dari itu, orang-orang percaya bahwa terdapat penjelasan arti kedutan di dagu. Bagi masyarakat yang percaya, arti kedutan di dagu diyakini bisa beragam tergantung titik atau lokasi pasti bagian dagu yang berkedut.

Penasaran, seperti apa penjelasan arti kedutan di dagu menurut primbon Jawa? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Arti Kedutan di Dagu Bagian Tengah

Salah satu arti kedutan di dagu menurut primbon Jawa diyakini sebagai pertanda positif berkaitan akan datangnya rejeki. Banyak orang percaya bahwa kedutan di dagu khususnya bagian tengah diyakini bisa jadi isyarat seseorang akan mendapatkan hadiah atau pemberian dari seseorang yang tidak terduga.

Namun, ada juga yang percaya bahwa kedutan di bagian ini bisa menjadi tanda akan adanya perubahan dalam kehidupan finansial. Perubahan tersebut bisa membawa seseorang mengalami peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Kedutan di Dagu Bagian Kanan

Seperti yang disebutkan di awal, arti kedutan di dagu bisa berbeda tergantung pada titik pasti terjadinya. Ketika bagian kanan dagu yang mengalami kedutan, primbon Jawa meyakini hal ini memiliki makna tersendiri.

Primbon Jawa menyebut bahwa kedutan di area ini bisa menjadi pertanda akan bertemu dengan seseorang yang sudah lama tidak berjumpa. Ini bisa jadi teman lama, kerabat jauh, atau bahkan seseorang yang pernah memiliki arti penting dalam hidup. Beberapa interpretasi juga menghubungkan kedutan ini dengan datangnya kabar baik.

3. Arti Kedutan di Dagu Bagian Kiri

Selanjutnya, arti kedutan di dagu menurut primbon khusus untuk bagian kiri. Dalam kepercayaan Jawa, kedutan di sisi kiri dagu bisa menjadi pertanda akan adanya tantangan atau hambatan yang akan dihadapi.

Namun jangan keburu cemas dan khawatir, pasalnya hal ini tidak selalu berarti sesuatu yang negatif. Tantangan ini bisa jadi merupakan kesempatan bagi orang yang mengalami kedutan untuk tumbuh dan berkembang. Ada juga yang percaya bahwa kedutan di area ini bisa menandakan akan adanya perjalanan dalam waktu dekat.

4. Arti Kedutan di Bawah Dagu

Primbon Jawa juga membahas arti kedutan di dagu menurut primbon untuk area bawah. Kedutan di bagian ini sering dikaitkan dengan pertanda buruk. Masyarakat Jawa tradisional meyakini bahwa kedutan di dagu bagian bawah sebagai pertanda buruk di mana seseorang akan mengalami masalah keuangan dalam hidupnya.

Selain itu, primbon juga menyebutkan bahwa ini bisa menjadi tanda akan datangnya pengeluaran yang tidak terduga. Namun, ada juga yang percaya bahwa ini bisa menjadi pertanda akan adanya pemasukan tambahan atau kesempatan finansial baru.

5. Arti Kedutan di Seluruh Dagu

Arti kedutan di dagu menurut primbon Jawa menjadi lebih intens ketika kedutan terjadi di seluruh area dagu. Menurut primbon Jawa, hal ini dianggap sebagai tanda yang cukup kuat dan biasanya dikaitkan dengan perubahan besar dalam hidup.

Masyarakat Jawa tradisional percaya bahwa kedutan di seluruh bagian dagu berhubungan dengan akan datangnya masa-masa yang penuh tantangan tetapi juga peluang. Di samping itu, ada juga yang percaya bahwa kedutan di area ini bisa menjadi tanda akan adanya perubahan dalam status sosial atau pekerjaan.

6. Frekuensi dan Intensitas Kedutan

Tak hanya berdasarkan titik pasti terjadinya, arti kedutan di dagu juga bisa ditafsirkan berdasarkan intensitasnya. Dalam primbon Jawa, arti kedutan di dagu berdasarkan frekuensi dan intensitasnya juga tak kalah penting.

Menurut primbon Jawa, kedutan di dagu yang terjadi sekali-sekali dan ringan biasanya dianggap sebagai tanda yang lebih ringan pula. Sementara itu, kedutan yang terjadi berulang kali atau dengan intensitas yang kuat dianggap sebagai tanda yang lebih serius dan perlu mendapat perhatian lebih.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan arti kedutan di dagu menurut primbon Jawa. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran selama ini.

Namun perlu dipahami, bahwa penjelasan di atas tidak mempunyai penjelasan yang dibuktikan secara ilmiah. Jadi, keputusan akhir untuk percaya atau tidak percaya dikembalikan lagi ke masing-masing pembaca. Diharapkan untuk bisa menyikapinya secara bijaksana.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending