6 Kelemahan Mobil Matic dan Kelebihannya Dibanding Manual, Bisa Jadi Bahan Pertimbangan

Senin, 25 Januari 2021 18:22 Penulis: Nurul Wahida
6 Kelemahan Mobil Matic dan Kelebihannya Dibanding Manual, Bisa Jadi Bahan Pertimbangan
Kelemahan mobil matic (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Ada beragam tipe kendaraan pribadi yang bisa dipilih dalam berkendara. Dalam hal ini salah satunya mobil matic yang disebut lebih mudah dioperasikan daripada mobil manual. Namun ternyata ada sejumlah kelemahan mobil matic dibanding manual yang bisa jadi bahan pertimbangan.

Seiring berkembangnya zaman, ada kemajuan teknologi di bidang transportasi dengan tujuan memberikan kenyamanan bagi pengendara. Misalnya saja kehadiran mobil matic yang dikenal juga dengan mobil otomatis. Adanya mobil matic memang berhasil menarik perhatian masyarakat. Sesuai namanya, dari segi teknologi mobil matic memang disebut lebih unggul dibandingkan dengan manual.

Selain itu dari segi penggunaan atau pengoperasiannya, mobil matic juga lebih mudah untuk digunakan. Meski begitu ada kelemahan mobil matic yang dapat dirasakan pengendara misalnya saja berkaitan dengan perawatannya. Selain perawatan yang dinilai lebih rumit, ada beberapa kelemahan mobil matic yang perlu dipahami sebelum beralih menggunakan tipe kendaraan pribadi ini untuk aktivitas sehari-hari.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa kelemahan mobil matic dan kelebihannya dibanding manual. Adapun kelemahan mobil matic dan kelebihannya dibanding manual telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Perawatan Rumit

Sebelum membahas mengenai kelebihan mobil matic, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu kelemahan mobil matic dibanding manual. Salah satu kelemahan mobil matic dibanding manual adalah dari segi perawatan. Sebab mobil matic diketahui memiliki perawatan yang sedikit rumit.

Melansir dari liputan6.com, biaya perawatan mobil matic terbilang lebih mahal dibanding dengan manual. Ini terjadi karena harga suku cadang mobil matic umumnya dibanderol dengan harga cukup mahal. Apabila terjadi kerusakan, otomatis biaya yang dikeluarkan juga akan tinggi. Bukan hanya itu saja, perbaikan mobil matic juga tidak semuanya dapat dilakukan oleh teknisi. Dari segi perawatan mungkin kelemahan mobil matic ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kalian.

 

2. Bahan Bakar Cenderung Boros

Kelemahan mobil matic selanjutnya adalah dari segi bahan bakar yang cenderung boros. Sebab diketahui bahwa putaran mesin mobil matic cenderung memakan bahan bakar tinggi serta tidak bisa mudah untuk dikontrol ketika berkendara. Melansir dari liputan6.com, spesifikasi transmisi mobil matic yang dimiliki juga berpengaruh terhadap jumlah bahan bakar.

Namun ada tips agar penggunaan bahan bakar tidak terlalu boros yakni dengan mengurangi penggunaan AC mobil matic. Secara singkatnya kalian bisa menggunakan AC seperlunya. Selain itu usahakan agar tidak berkendara secara agresif akan tetapi tetap santai agar hemat bahan bakar.

 

3. Harga Jual Cenderung Rendah

Seperti diketahui harga mobil matic lebih banyak dijual dengan kisaran cukup tinggi. Namun kelemahan mobil matic juga terletak pada harga jualnya yang cenderung rendah. Dalam artian saat kalian ingin menjual mobil matic pribadi, jangan kaget apabila harganya mungkin tidak sebanding dengan harga beli atau bahkan turun banyak.

Melansir dari liputan6.com, kondisi tersebut terjadi karena mobil matic bekas seringkali dianggap telah mengalami beberapa masalah. Sehingga risiko biaya servis tinggi mungkin akan dialami pembeli mobil matic bekas.

 

4. Tidak Ada Engine Brake

Kelemahan mobil matic selanjutnya adalah tidak dapat melakukan engine brake. Hal ini berbeda pada tipe mobil manual yang dapat melakukan engine brake. Engine brake pada mobil memiliki fungsi agar dapat meringankan penggunaan rem ataupun menghemat bahan bakar. Selain itu tidak adanya engine brake pada mobil matic menyebabkan kendaraan pribadi tersebut hanya dapat mengoperasikan rem saja saat melewati jalan menurun seperti melansir dari liputan6.com.

 

5. Rentan Kerusakan

Kelemahan mobil matic selanjutnya adalah rentan mengalami kerusakan. Meski kondisi ini  bisa disebabkan oleh beragam faktor termasuk perawatan dan cara menggunakannya, namun mobil manual di nilai tidak mudah rusak. Hal inilah yang menjadikan mobil matic mungkin memiliki mungkin mengalami beberapa masalah. Namun sekali lagi hal ini juga dipengaruhi oleh penggunaan mobil matic ataupun segi perawatannya.

 

6. Rem Mudah Aus

Masih berkaitan dengan tidak adanya engine brake, kelemahan mobil matic adalah karena rem yang mudah aus. Ini terjadi karena engine brake sendiri berfungsi untuk mengontrol penggunaan rem. Tidak adanya engine brake secara tidak langsung dapat memakan banyak kampas rem yang akhirnya berdampak pada rem yang mudah aus. Untuk itu diperlukan perawatan pada rem untuk mencegah masalah yang muncul di kemudian hari.

 

7. Kelebihan Mobil Matic

Setelah mengetahui beberapa kelemahan mobil matic, penting juga mengetahui kelebihan mobil matic sebagai bahan pertimbangan kalian memilih tipe tranportasi pribadi. Adapun kelebihan mobil matic dibanding mobil manual sebagai berikut.

- Mudah dioperasikan: Kelebihan mobil matic yang pertama adalah karena mobil jenis ini cenderung mudah untuk dioperasikan. Seperti ulasan sebelumnya, mobil matic cenderung mudah digunakan dibandingkan manual. Hal inilah yang menjadi faktor banyaknya masyarakat memilih menggunakan mobil matic.

- Nyaman digunakan: Selain mudah dioperasikan, kelebihan mobil matic ternyata juga lebih nyaman untuk digunakan. Sebab mobil matic diketahui tidak mudah membuat pegal pengendara. Ini terjadi karena mobil matic tidak memerlukan perpindahan gigi atau bisa disebut otomatis.

- Bisa menghadapi kemacetan: Kelebihan mobil matic selanjutnya adalah bisa menghadapi kemacetan. Dalam artian mobil matic cukup nyaman digunakan saat situasi macet. Ini terjadi karena kalian tidak perlu terus menerus menahan ataupun melepaskan kopling seperti halnya pada mobil manual.

- Cocok dijalan menanjak: Kelebihan mobil matic juga cenderung cocok dipakai pada jalanan menanjak. Sebab mobil matic tidak berisiko mundur karena mesinnya yang otomatis dapat beradaptasi dengan kondisi jalan menanjak.

Nah itulah 6 kelemahan mobil matic dan kelebihannya dibanding manual, bisa jadi bahan pertimbangan. Beberapa kelemahan mobil matic dan kelebihannya tersebut perlu kalian pahami sebelum menentukan tipe kendaraan yang hendak digunakan.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI