8 Kekurangan dan Kelebihan Internet Explorer, Web Browser dari Microsoft

Senin, 25 Januari 2021 16:33 Penulis: Nurul Wahida
8 Kekurangan dan Kelebihan Internet Explorer, Web Browser dari Microsoft
Kekurangan dan kelebihan Internet Explorer (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Ada beragam jenis web browser yang bisa digunakan pengguna jaringan internet. Web browser tersebut dapat diakses melalui komputer ataupun ponsel dengan beberapa fasilitas, misalnya saja Internet Explorer. Namun perlu dipahami ada sejumlah kekurangan dan kelebihan Internet Explorer sebagai web browser yang rilis tahun 1995.

Internet Explorer adalah jenis web browser yang disediakan oleh Microsoft. Versi pertama dari Internet Explorer dirilis tahun 1995 yang terus mengalami perkembangan dan pembaruan. Sama halnya dengan web browser lainnya, Internet Explorer berfungsi memudahkan pengguna mengakses internet dengan beragam fasilitas yang disediakan.

Internet Explorer disebut pernah menjadi web browser paling eksis di tahun 2002-2003. Perangkat dengan sistem operasi Windows bahkan secara otomatis memiliki Internet Explorer sebagai web browser yang disediakan Microsoft.

Seiring berkembangnya waktu, Internet Explorer mengalami pembaruan dan inovasi baru untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna. Hingga saat ini versi Internet Explorer yang disediakan adalah Internet Explorer 11 yang rilis pada tahun 2013 lalu. Namun kabar terbarunya, Internet Explorer akan digantikan dengan web browser Microsoft Edge. Fasilitas Microsoft Edge saat ini sudah dapat dinikmati oleh pengguna Windows 10.

Meski begitu ada beragam kekurangan dan kelebihan Internet Explorer yang dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut kekurangan dan kelebihan Internet Explorer telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Gratis Disediakan OS Windows

Kekurangan dan kelebihan Internet Explorer yang pertama adalah web browser ini gratis disediakan pada sistem operasi Windows. Dalam hal ini apabila perangkat kalian memiliki OS Windows maka secara otomatis memiliki fasilitas Internet Explorer. Sehingga kalian tidak perlu menginstal kembali Internet Explorer apabila ingin menggunakannya. Web browser ini pun sama dengan jenis web browser lainnya yang dapat menjelajah internet dengan sejumlah fitur di dalamnya.

 

2. Menyediakan Fitur Lengkap

Seperti ulasan sebelumnya, Internet Explorer juga dilengkapi dengan sejumlah fitur lengkap yang memberi kenyamanan bagi pengguna untuk menjelajah internet. Melansir dari dosenit.com, Internet Explorer menyediakan fitur lengkap yang dapat di non aktifkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Beberapa fitur dalam Internet Explorer tersebut meliputi Inprivate Browsing, Inprivate Filtering, Delete Browsing History, Search Box, Search Suggestions, Proteksi Preferensi User, Caret Browsing, Accelerators, Web Slices, Favorite Bar, dan seterusnya.

 

3. Adanya Fitur Add Ons

Kelebihan Internet Explorer selanjutnya adalah adanya fitur add ons. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat menambahkan beberapa fasilitas lain yang disediakan pada web browser. Sehingga pengguna dapat meningkatkan performa dan utilitas dari browser Internet Explorer. Misalnya saja beberapa contoh dari fitur add ons tersebut meliputi flash player, pdf reader, safe search, anti virus, ataupun firewall.

 

4. Ada Versi Mobile

Sama halnya dengan web browser lainnya, kelebihan Internet Explorer yang merupakan fasilitas disediakan oleh Microsoft ini juga memiliki versi mobile. Versi mobile tersebut memudahkan kalian berselancar di internet. Sebab Internet Explorer dapat diakses melalui smartphone dengan beragam sistem operasi termasuk Android. Tentunya buat kalian yang nyaman menggunakan web browser ini, terasa dipermudah dengan adanya versi mobile ataupun smartphone.

 

5. Dilengkapi Bing dan MSN Default di Versi Terbaru

Kekurangan dan kelebihan Internet Explorer selanjutnya adalah dilengkapi Bing dan MSN default pada versi terbarunya yakni Internet Explorer 11. Pada versi Internet Explorer 11 adanya Bing dan MSN default memungkinkan pengguna lebih nyaman menggunakan fasilitas Internet. Beberapa diantaranya yakni seperti lebih cepat memuat situs, lebih aman dengan perlindungan yang ditingkatkan, serta halaman yang ditingkatkan dengan MSN dan seterusnya seperti melansir dari microsoft.com.

 

6. Notifikasi Langsung dari Fitur Internet Explorer

Kelebihan Internet Explorer selanjutnya adalah adanya notifikasi fitur secara langsung yang terhubung dalam Windows live. Melansir dari dosenit.com, saat pengguna melakukan bookmark atau menandai situs tertentu di dalam Internet Explorer, maka bookmark tersebut akan muncul melalui notifikasi dalam email Microsoft pengguna. Tentunya hal ini memudahkan kalian saat browsing dan membuka situs dengan cepat.

 

7. Bisa Akses File HTML dan Javascript

Kelebihan Internet Explorer selanjutnya adalah mudah akses untuk file HTML dan javascript. Misalnya saja pada Internet Explorer versi 9 dan di atasnya menggunakan HTML 5 yang bisa meningkatkan pengalaman menjelajah internet. Bahkan hal tersebut memungkinkan pengguna streaming video dan audio tanpa harus menginstal plugin tambahan. Selain itu Internet Explorer terbilang menjadi web browser senior yang mendukung beragam aplikasi namun pada web browser lainnya mungkin tidak dapat mendukung.

 

8. Adanya Fitur Keamanan

Kelebihan Internet Explorer selanjutnya adalah adanya fitur keamanan yang memberikan kenyamanan bagi pengguna. Melansir dari online-sciences.com, salah satu fitur keamanan yang disediakan oleh Internet Explorer adalah framework. Ini memberikan perlindungan berbasis zona yang mengelompokkan situs web berdasarkan kondisi tertentu dan Batasan tertentu. Selain itu ada juga layanan keamanan lampiran yang bisa muncul saat mengunduh file. Di mana pengguna dapat memutuskan untuk mengunduh ataupun membatalkan file tersebut. Ini biasanya muncul ketika file yang diunduh berpotensi memberikan risiko bahaya keamanan.

 

9. Kekurangan Internet Explorer

Setelah mengetahui beberapa kelebihan Internet Explorer, kalian juga perlu memahami kekurangan dari Internet Explorer. Adapun kekurangan Internet Explorer sebagai berikut:

- Masalah kecepatan: Kekurangan Internet Explorer yang pertama adalah berkaitan dengan kecepatan. Melansir dari online-sciences.com, Internet Explorer diketahui lebih lambat jika dibandingkan dengan Google Chrome. Terlebih pada beberapa computer dengan spesifikasi rendah mungkin akan mengalami kecepatan yang sangat lambat.

- Terkadang kurang responsive pada script tertentu: Kekurangan Internet Explorer selanjutnya adalah web browser ini kurang responsive dan tidak mendukung script tertentu seperti CSS. Melansir dari dosenit.com, kondisi tersebut menyebabkan web browser ini rentan eror dan kegagalan memuat situs dengan script CSS.

- Tampilan membuat bingung: Kekurangan Internet Explorer selanjutnya adalah tampilannya pada menu bar dan toolbar yang membuat bingung. Sebab terlalu banyak menu bar dan toolbar justru membuat pengguna terkadang merasakan bosan.

- Ekstensi browser tidak tersedia: Kekurangan Internet Explorer selanjutnya adalah ekstensi browser yang tidak tersedia. Hal ini berbeda dengan web browser lain yang sudah memiliki ekstensi.

 

10. Fungsi Web Browser

Kekurangan dan kelebihan Internet Explorer tersebut dapat menjadi pertimbangan menggunakan web browser besutan Microsoft ini untuk berselancar di Internet. Namun secara keseluruhan, ada beberapa fungsi web browser yang perlu kalian ketahui. Adapun fungsi web browser tersebut sebagai berikut:

- Untuk menjelajah internet.

- Menyimpan dan mengunduh file.

- Membookmark situs penting pada web browser pilihan.

- Akses google sesuai dengan kebutuhan informasi yang diperlukan.

- Memudahkan aktivitas dengan Internet atau dunia maya.

 

11. Kekurangan dan Kelebihan Google Chrome

Bukan kekurangan dan kelebihan Internet Explorer, web browser seperti Google Chrome juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Diantaranya yakni kekurangan dan kelebihan Google Chrome sebagai berikut.

Kelebihan Google Chrome:

- Mendukung script CSS dan HTML5.

- Bisa menginstal ekstensi dan memiliki variasi beragam.

- Perbarui secara otomatis.

- Mudah digunakan.

- Bisa masuk banyak akun google.

Kekurangan Google Chrome:

- Seringkali lambat atau  bahkan macet.

- Menggunakan RAM terlalu besar.

- Risiko keamanan.

Nah itulah 8 kekurangan dan kelebihan Internet Explorer sebagai web browser dari Microsoft. Beberapa kekurangan dan kelebihan Internet di atas dapat menjadi referensi buat kalian menggunakannya ataupun sebaliknya.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI