6 Rekomendasi Buku Anatomi Fisiologi untuk Mahasiswa Kedokteran

Rabu, 16 November 2022 12:22
6 Rekomendasi Buku Anatomi Fisiologi untuk Mahasiswa Kedokteran
(Credit: Goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Sebagai mahasiswa kedokteran, wajar jika kalian merasa butuh untuk menemukan rekomendasi buku anatomi fisiologi yang tepat. Fisiologi merupakan ilmu yang berkaitan dengan fungsi dan kegiatan kehidupan atau zat hidup, seperti organ, jaringan, atau sel.

Sebagai calon tenaga kesehatan, tentu kalian wajib memahami ilmu ini. Namun, mempelajari materi ini perlu disesuaikan dengan tingkat pengetahuan. Jika kalian merupakan mahasiswa kedokteran yang baru masuk kuliah, alangkah lebih baik membaca rekomendasi buku anatomi fisiologi bagi pemula terlebih dahulu.

Setelah memahami dasar, kalian bisa mencari buku dengan materi yang lebih komprehensif. Nah, bagi kalian yang sedang mencari rekomendasi buku anatomi fisiologi untuk mahasiswa kedokteran, silakan simak beberapa ulasan berikut ini.

 

1. Principles of Anatomy and Physiology - Tortora\'s

Principles of Anatomy and Physiology menjadi rekomendasi buku anatomi fisiologi yang cocok untuk dipelajari oleh mahasiswa kedokteran. Tak hanya salah satu, buku ini berisi materi mengenai anatomi dan fisiologi. Jika dibandingkan dengan yang lain, buku ini bisa dikatakan lebih simpel. Pasalnya, bahasa dalam buku ini mudah dipahami dan dilengkapi dengan ilustrasi yang juga lebih banyak.

Sayangnya, isi dari pembahasan buku ini masih sangat basic, baik dari sisi anatomi maupun fisiologi. Bagi beberapa orang, buku ini akan terasa nanggung. Namun, bagi mahasiswa baru yang memang belum banyak mengerti mengenai anatomi dan fisiologi, buku ini akan cukup membantu. Apalagi, buku ini juga sudah tersedia dalam bahasa Indonesia lho, KLovers!

 

2. Introduction to Human Physiology - Sherwood

Selanjutnya, ada rekomendasi buku anatomi fisiologi yang berjudul Introduction to Human Physiology. Buku ini berisi materi tentang fisiologi basic. Pemaparannya pun terbilang cukup mudah dicerna sehingga jadi buku favorit bagi mahasiswa kedokteran.

Pasalnya, bahasa Inggris dalam buku ini cukup padat, jelas, dan singkat. Apalagi, penjelasannya juga dilengkapi dengan diagram dan ilustrasi menarik. Hal itu jelas memudahkan pembaca dalam mendapatkan pemahaman yang lebih baik lagi. Bagi kalian yang mencari versi bahasa Indonesia pun tak perlu khawatir karena sudah tersedia terjemahannya.

 

3. Textbook of Medical Physiology - Guyton and Hall

Sebagai mahasiswa kedokteran, mungkin kalian sudah mengenal Guyton dan Hall. Mereka adalah ahli fisiologi yang menulis buku Textbook of Medical Physiology. Rekomendasi buku anatomi fisiologi yang satu ini cocok bagi kalian yang masih merasa tertantang setelah membaca Sherwood. Kalian bisa memahami lebih lanjut mengenai materi fisiologi lewat buku ini.

Saat membaca buku ini, kalian akan lebih banyak menemukan teks daripada gambar dan diagram. Selain itu, bahasa Inggris dalam buku ini bisa dikatakan lebih berat bagi penutur asli bahasa Indonesia. Meski begitu, kalian akan mendapatkan pembahasan lebih komprehensif. Namun, bagi pemula tetap disarankan untuk memulainya dari Sherwood terlebih dahulu.

 

4. Ganong\'s Review of Medical Physiology

Buku berjudul Ganong's Review of Medical Physiology ini menjadi rekomendasi buku anatomi fisiologi yang tepat bagi mahasiswa kedokteran. Terutama bagi kalian yang belum merasa puas setelah membaca Guyton. Dibandingkan buku sebelumnya, Ganong memiliki ilustrasi yang jauh lebih sedikit. Oleh karena itu, mungkin buku ini akan terasa sulit dibaca oleh pemula.

Pasalnya, buku ini memang dibuat untuk orang yang sudah paham dengan basic anatomi fisiologi. Kalian akan menemukan pembahasan lebih lanjut mengenai reseptor-reseptor atau hormon-hormon dan interaksinya dengan sistem fisiologi. Bisa jadi, banyak hal yang belum kalian dengar sebelumnya bakal ada di buku ini. Perlu kalian ketahui pula jika Ganong juga memiliki seri Ganong's Review yang merupakan buku pelengkap untuk memantapkan pemahaman mengenai fisiologi.

 

5. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis - Evelyn C. Pearce

Menemukan rekomendasi buku anatomi fisiologi untuk mahasiswa kedokteran yang baru masuk kuliah mungkin terasa susah. Namun, kalian tak perlu khawatir karena ada buku berjudul Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis yang bisa dipilih. Materi tentang tubuh manusia memang begitu rumit. Sebagai calon dokter atau tenaga kesehatan, kalian jelas wajib memahaminya dengan baik.

Buku ini akan membantu kalian dalam memahaminya. Belajar pun akan terasa lebih mudah karena buku ini memiliki dua ratus ilustrasi yang memikat dan sangat detail. Bagaimana, tertarik untuk mempelajari anatomi tubuh dan fungsi serta kaitan tiap bagian manusia lewat buku ini?

 

6. Mosby Physiology Series

Masih ada lagi rekomendasi buku anatomi fisiologi yang bisa kalian baca untuk lebih meningkatkan pemahaman. Seri buku ini berjudul Mosby Physiology Series. Melalui buku-buku setebal 120-150 halaman ini, kalian akan mendapatkan ilmu fisiologi yang komprehensif dari setiap organ. Seri buku ini terdiri dari:

- Cellular Physiology and Neurophysiology

- Gastrointestinal Physiology

- Renal Physiology

- Cardiovascular Physiology

- Endocrine and Reproductive Physiology

Nah, Klovers, itulah beberapa rekomendasi buku anatomi fisiologi untuk mahasiswa kedokteran yang bisa kalian baca.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI