6 Tipe Anak Baru yang Umum Dijumpai di Kantor, Kamu Termasuk yang Mana?

Jum'at, 10 September 2021 15:57 Penulis: Wuri Anggarini
6 Tipe Anak Baru yang Umum Dijumpai di Kantor, Kamu Termasuk yang Mana?
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Pertama kali memasuki dunia kerjaan, kamu pastinya bakal beradaptasi dengan banyak hal. Mulai dari ketemu orang baru sampai mengatur waktu buat menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Apalagi kalau kamu bergelut di dunia kreatif, di mana kejar-kejaran dengan deadline sudah jadi ‘makanan' sehari-hari.

Meskipun baru sama-sama merasakan dunia kerja, tapi ternyata ada beberapa macam tipe anak baru yang biasa dijumpai di kantor. Coba ingat-ingat dulu, kamu termasuk yang mana nih?

1. Si Malu-Malu di Awal Tapi Malu-Maluin Kemudian

via GIPHY

Wajar saja sih kalau anak baru selalu tampak malu-malu waktu pertama kali ketemu. Apalagi saat berada dalam lingkungan baru yang beda jauh dari zaman kuliah dulu. Tapi, ada kejutan lain saat kenalan dengan tipe yang satu ini. Soalnya, kalau dulu dia terlihat sangat malu-malu, tapi sebulan kemudian saat sudah bisa beradaptasi, tingkahnya bisa bikin malu! Misalnya, kalau dulu dia ditawarin makanan masih sungkan mau ngambil, begitu sudah kenal dia bisa jadi orang pertama yang sapu bersih makanan satu divisi. Ada yang pernah gini?

2. Si Pendiam yang Berteman dengan Headset

via GIPHY

Ada juga anak baru yang memang selalu terlihat diam setiap saat. Bukan karena malu jadi anak baru, tapi bisa jadi sudah jadi sifat bawaan lahir. Nggak cuma jarang bicara, bahkan dia selalu berteman dengan headset setiap saat, entah itu saat lagi kerja, istirahat siang, bahkan waktu lagi hangout bareng sama teman kantor yang lain. Dia juga tipe orang yang nggak akan ngomong kalau nggak diajak ngobrol duluan atau saat ingin bertanya soal kerjaan.

3. Si Populer yang Langsung Dikenal Semua Divisi

via GIPHY

Ada juga tipe anak baru macam ini yang langsung populer di semua divisi. Biasanya sih tipe ini hanya diisi oleh beberapa orang ‘spesial’ saja, misalnya dia yang cantik atau ganteng mirip artis sinetron, punya prestasi super keren sebelum kerja, atau memang dia termasuk golongan supel yang niat kenalan ke tiap divisi.

4. Si Anak Baru Keluarga Bos Besar

via GIPHY

Kadang ada juga anak baru yang ternyata masih ada hubungan sama bos atau petinggi kantor lainnya. Kalau ketemu dengan yang model begini, sudah pasti dia beda kasta dengan tipe anak baru lainnya. Bahkan nggak jarang karyawan lama juga segan sendiri dengan kehadiran anak baru yang satu ini.

5. Si Anak Baru dengan Semangat 45

via GIPHY

Kalau anak baru yang satu ini seperti punya semangat yang nggak ada habisnya. Ciri paling nyata dari tipe ini adalah level rajin yang beda dari anak baru lain. Misalnya, selalu datang ke kantor lebih pagi, rajin bikin kopi buat teman sedivisi, selalu semangat kalau dikasih kerjaan, dan nggak pernah ngeluh kalau disuruh ikutan lembur. Tipe yang semacem ini pastinya bakal bikin kamu bingung, dia bisa dapet suntikan semangat dari mana sih?

6. Si Gen Z yang Update Banyak Hal

via GIPHY

Ada juga nih tipe anak baru yang millennial banget dan selalu update dengan banyak hal. Mulai dari hal paling receh seperti gosip terbaru dari akun lambe hingga tren kekinian yang menyangkut kerjaan. Dari awal masuk, dia sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerja cerdas, misalnya menggelontorkan ide kreatif waktu lagi meeting, bahkan punya kemampuan multitasking.

Di antara 6 tipe anak baru di atas, kira-kira kamu masuk yang mana nih?

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI