90 Kata-Kata Ayah untuk Anak Perempuannya Penuh Makna, Nasihat Bijak Menyentuh Hati

Kamis, 07 Oktober 2021 11:20
90 Kata-Kata Ayah untuk Anak Perempuannya Penuh Makna, Nasihat Bijak Menyentuh Hati
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Anak perempuan mempunyai karakter yang berbeda dengan anak laki-laki. Mereka cenderung lebih berhati lembut dan perasa. Uniknya, banyak yang menyebut anak perempuan justru cenderung lebih dekat dengan sosok ayah ketimbang ibu. Padahal, sosok ayah identik dengan sifat tegas. Kata-kata ayah untuk anak perempuannya bisa menggambarkan hubungan hangat di antara mereka.

Di balik sifat tegasnya, ayah merupakan pribadi yang hangat dan penuh kasih. Ayah bisa memperlakukan anak perempuannya bak seorang putri. Ayah senantiasa berada di sisi anak perempuannya untuk memberikan kenyamanan dan selalu melindungi. Tak salah jika banyak yang mengatakan, bahwa ayah merupakan cinta pertama dari anak perempuannya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata ayah untuk anak perempuannya yang penuh makna dan jadi satu bentuk cinta kasih.

1. Kata-Kata Ayah untuk Anak Perempuannya Menyentuh Hati

Anak perempuan mempunyai hati yang lembut. Oleh karena itu, pesan dan nasihat-nasihat untuk anak perempuan harus disampaikan dengan bahasa yang lembut dan menyentuh. Berikut kata-kata ayah untuk anak perempuannya yang mampu menyentuh hati.

1. "Aku tidak ingin anakku mengikuti jejakku. Aku ingin mereka mengambil jalan di sampingku dan melangkah lebih jauh lagi dari apa yang pernah aku bayangkan."

2. "Anakku, jangan bersedih meski tadi ayah memeluk dirimu sejenak saja, karena yang perlu kamu tahu, hati ayah memelukmu selamanya."

3. "Tidak peduli berapa usia putriku, ia akan tetap menjadi bayi perempuan kesayanganku."

4. "Walau mustahil menjadi ayah yang sempurna, namun seorang ibu pasti berusaha untuk menjadi ayah terbaik bagi anak-anaknya."

5. "Dan cinta ayah seperti kehidupan ini, tanpa perlu engkau minta, tanpa perlu engkau, ia pasti datang dengan sendiri."

6. "Ayah yang sangat mencintaimu mendengar apa yang kamu katakan bahkan memahami apa yang belum engkau katakan."

7. "Tidak ada suara yang lebih merdu daripada panggilan anak perempuan saya kepada saya."

8. "Senyumnya membuatku tersenyum. Tawanya menular. Hatinya murni dan sejati. Di atas segalanya, saya senang bahwa dia adalah putri saya."

9. "Seorang ayah mencintai anak perempuannya melebihi cintanya pada diri sendiri."

10. "Saat semua orang menghina dan menjauhimu karena kekalahanmu, tapi saat itu ayahmu tidak pernah menjauh atau pun malu untuk tetap bersamamu."

11. "Saat hidupmu bahagia, ayah tidak pernah memintamu untuk membagi kebahagiaanmu kepadanya, tapi saat kamu terluka ayah selalu datang untuk menerima bagian dari lukamu."

12. "Ayah merasa sangat beruntung karena memiliki seorang putri terbaik di dunia."

13. "Bagi seorang ayah yang semakin menua, tidak ada yang lebih berharga daripada anak perempuan." - Euripides.

14. "Ayah tahu, putri ayah adalah sosok perempuan hebat. Jangan pernah bersedih anakku."

15. "Ayah berjuang untukmu, ayah akan selalu ada kapanpun kamu butuhkan anak perempuanku."

16. "Ayah tidak bisa memberikan semua yang kamu inginkan, tapi ayah mengusahakan agar memberikan semua yang kamu inginkan."

17. "Kebahagiaanmu adalah kebahagiaan ayah."

18. "Ketika kamu mengatakan: 'Ayah, aku membutuhkanmu!' Apakah kamu tidak sadar bahwa ayah selalu membutuhkanmu ribuan kali lebih banyak?"

19. "Kebahagiaan terbesar bagi ayah adalah kebahagiaanmu, putri ayah tercinta."

 

20. "Ketika ayah tidak memegang tangan anaknya, Dia menjaga tubuh anaknya supaya tetap berdiri."

21. Bagi dunia, Anda adalah seorang ayah. Bagi keluarga, Anda adalah dunia."

22. "Cinta seorang ayah tak terlihat, karena memang Ia tak pandai menunjukkannya."

23. "Ayah selalu mempunyai 1001 alasan untuk tetap berjuang dan menepis setiap kesedihannya."

24. "Seorang ayah memberikan pemberian terbesar kepada anaknya daripada orang lain: Percaya."

25. "Saya adalah seorang putri bukan karena memiliki seorang pangeran, tapi karena memiliki seorang raja."

2. Kata-Kata Ayah untuk Anak Perempuannya Penuh Nasihat

Sebagai orangtua, tentu ayah menginginkan hal-hal terbaik untuk anak perempuannya. Oleh karena itu, berbagai pesan atau nasihat bijak dia sampaikan dengan penuh kasih. Berikut kata-kata ayah untuk anak perempuannya yang penuh nasihat.

 

26. "Tidak ada suara yang lebih merdu daripada panggilan anak perempuan saya kepada saya."

27. "Seorang ayah mencintai anak perempuannya melebihi cintanya pada diri sendiri."

28. "Seorang anak perempuan mungkin tumbuh menjadi sosok hebat melebihi ayahnya, tapi Dia tidak akan pernah melampui hati ayahnya."

29. "Bagi seorang ayah yang semakin menua, tidak ada yang lebih berharga daripada anak perempuan." - Euripides

30. "Kamu adalah sebuah pelangi untuk aku jaga. Aku akan selalu mengawasi dan tidak akan pernah memalingkan pandangan darimu." - Vesna Bailey

31. "Aku berharap kalau anak perempuanku tumbuh dengan berdaya dan tidak mendefinisikan dirinya sendiri hanya dengan penampilannya saja, tetapi dengan kualitas yang membuatnya pintar, kuat, dan wanita yang bertanggung jawab."

32. "Aku akan membiarkan anak perempuanku untuk melakukan apa yang ia mau. Aku akan mendukung, menuntun, dan memberikan semua pengetahuan yang ia butuhkan karena aku ingin ia berhasil dalam apa pun yang dicintainya."

33. "Seorang ayah tidak mengajari anak perempuannya bagaimana menjalani hidup. Dia hidup dan membiarkan anaknya melihatnya melakukannya."

34. "Ayah memang tak memiliki banyak waktu bermain dengan mu. Dengan kedua tangan ini ayah ingin kau mengejar mimpimu setinggi mungkin."

35. "Perempuan tidak sekuat laki-laki. Tapi laki-laki tidak akan sekuat itu jika tidak disempurnakan oleh perempuan."

36. "Kamu harus sehat, bisa merawat dirimu sendiri, dan berbahagialah dengan hal-hal indah yang membuat kamu itu kamu."

37. "Harapan terbesar ayah adalah agar putrinya selalu tahu bahwa ayah sangat mencintainya. Dan bahwa Dia menjalani hari-hari dengan mengetahui bahwa ayahnya selalu ada setiap kali dibutuhkan."

38. "Berjuanglah dengan sungguh-sungguh, kelak kamu pasti mendapatkan apapun yang kamu inginkan."

39. "Ketika kamu beranjak dewasa dan menemukan pria idamanmu, ayah adalah orang pertama yang cemburu. Ayah takut kau tak lagi ingin dekat dan bercerita tentang hari-harimu pada ayah."

40. "Kamu tidak akan sekuat laki-laki, tapi kamu lebih tabah dari mereka. Dan ketabahan itulah yang menjadikan wanita mampu mengalahkan laki-laki."

41. "Mempunyai anak perempuan membuatmu melihat sesuatu yang berbeda. Dia adalah gadis satu-satunya. Tidak ada yang lebih penting daripada melindunginya."

42. "Seorang ayah tidak mengajari anak perempuannya bagaimana menjalani hidup. Dia hidup dan membiarkan anaknya melihatnya melakukannya."

43. "Ayah merasa sangat beruntung karena memiliki seorang putri terbaik di dunia."

44. "Sampai usia berapapun, kamu tetaplah anak perempuan ayah yang paling berharga."

45. "Kebahagiaan terbesar bagi ayah adalah kebahagiaanmu, putri ayah tercinta."

46. "Lelahmu sekarang lebih baik daripada penyesalan dimasa tuamu … Berjuanglah selagi ada waktu."

47. "Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Raihlah prestasi di sekolah supaya kamu mendapat Pendidikan yang tinggi. Nantinya yang kamu raih bukan untuk ayah ataupun ibu, tapi untuk dirimu sendiri."

48. "Karena ayah tidak memiliki kesempatan sewaktu dulu, ayah tidak bisa melanjutkan pendidikan setelah Sekolah Dasar. Namun kamu berbeda, kesempatan selalu ada selama kamu berusaha."

49. "Tidak ada hari-hari yang lebih bahagia bagi ayah daripada melihatmu tersenyum dan penuh ceria."

50. "Ayah tidak menginginkan apapun darimu kecuali kebahagiaanmu, putri ayah yang paling cantik."

3. Kata-Kata Ayah untuk Anak Perempuannya Penuh Makna

Di balik kata-kata yang menyentuh, kata-kata untuk anak perempuan juga mengandung makna mendalam. Artinya, dalam kata-kata ini tersimpan banyak pelajaran berharga, yang berguna untuk sang anak saat tumbuh dewasa kelak. Berikut kata-kata ayah untuk anak perempuannya yang penuh makna.

 

51. "Seorang ayah memberikan pemberian terbesar kepada anaknya daripada orang lain: Percaya."

52. "Seberat apa pun masalah yang ibu hadapi, tidak ada halangan yang bisa menghentikan kasih ayah pada anaknya."

53. "Ayah belajar memahami anak perempuan ayah dengan baik. Ayah ingin tanpa menyebut satu patah katapun ayah tahu apa yang kau inginkan."

54. "Seorang ayah dan anak perempuan selalu berbagi ikatan spesial, yang terukir di hati."

55. "Dunia membutuhkan wanita yang kuat. Wanita yang akan mengangkat dan membangun orang lain. Wanita yang hidup dengan berani, lembut, dan tak kenal takut. Seorang wanita dengan keinginan kuat."

56. "Ayah akan selalu berjalan di sampingmu, menggenggam erat tanganmu, menghapus kesedihanmu, dan siap menjadi tempat kau melampiaskan kemarahanmu. Ayah sangat mencintaimu."

57. "Menjadi wanita lembut adalah suatu pilihan, bukan kelemahan."

58. "Semakin banyak anak perempuan mengetahui tentang detail kehidupan ibunya tanpa tersentak atau merengek, semakin kuat anak perempuan itu."

59. "Wanita yang baik itu memang akan menuntut untuk diperhatikan, tapi tidak akan menjadikan dirinya pengemis perhatian."

60. "Anak perempuan itu jauh lebih berharga dari perhiasan apa pun."

61. "Dari semua hal yang pernah kudekap dengan tanganku, kamu adalah yang terbaik."

62. "Cinta orang tua kepada anak adalah cinta yang seharusnya diteladani. Ia banyak memberi tanpa harus meminta balasan."

63. "Kita harus mengajarkan anak-anak perempuan kita untuk menjadi seseorang daripada milik seseorang."

64. "Cintaku padamu itu seperti karet elastis yang tidak kasat mata. Tidak peduli seberapa jauh kamu pergi, kita akan selalu terhubung."

65. "Yang paling aku harapkan untuk anak perempuanku adalah supaya ia bisa melambung tinggi di langitnya sendiri, di mana pun itu."

66. "Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimpi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik."

67. "Orangtuamu tidak pernah ingin kamu menjadi seperti mereka tapi mereka ingin kamu menjadi lebih baik dari mereka."

68. "Kita boleh berharap, tapi tidak bermimpi kosong, cobalah untuk menjadikannya nyata, walau tidak sempurna."

69. "Hubungan ini memiliki sesuatu yang istimewa, yang membuat setiap ayah dan anak perempuan di dunia membicarakannya dengan hangat."

70. "Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu pakai dan kamu lepas semaumu. Mereka terhormat dan memiliki haknya."

4. Kata-Kata Ayah untuk Anak Perempuannya Bijak

Anak perempuan tidak saja diperlakukan dengan lembut dan penuh kasih. Agar kelak jadi wanita kuat dan bijak, ayah harus terus memberikan nasihat bijaknya. Sebab, hanya dengan nasihat dari orangtuanya, seorang anak akan tumbuh jadi sosok yang bijaksana. Berikut kata-kata ayah untuk anak perempuannya yang mengandung pesan bijak.

71. "Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Tapi pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali." - Akio Morit

72. "Janganlah sampai kita melupakan Tuhan di kala kita senang, maka di waktu sulitmu Tuhan akan mempermudah jalannya."

73. "Jangan pernah menyalahkan orang lain atas kesedihanmu, karena kebahagiaanmu adalah urusanmu. Kebahagiaanmu harus dari dalam dirimu."

74. "Jangan pernah mengeluh ketika kehidupan dilanda musibah, karena dengan musibah tersebut kita bisa belajar apa kuat dari cobaan."

75. "Sepintar apapun kamu ibu tetap akan bilang 'jangan pernah berhenti mendengarkan nasihat' karena hati akan buta jika kehilangan nasihat

76. "Mungkin kelak, kehidupan akan membuatmu terpaksa menorehkan senyuman palsu saat kau tidak ingin tersenyum. Lakukanlah, namun jangan pernah menorehkan air mata palsu."

77. "Hidup ini adalah pilihan yang kamu putuskan. Jika kamu tak ingin terlihat bodoh, jangan lakukan hal yang bodoh."

78. "Ketika hati tak menentu, jagalah lidah dari ucapan. Terkadang diam mempunyai peran penting agar tak menyakiti seseorang."

79. "Kesabaran, anak perempuanku tersayang. Belajarlah untuk bersabar dan hidup akan menjadi lebih mudah."

80. "Semakin berat masalahmu, semakin kuat dirimu. Dan itulah yang membuat dirimu semakin baik."

81 "Selalu ada alasan untuk setiap hal yang terjadi. Tidak ada seorang pun yang datang dan pergi di hidupmu tanpa seizin Tuhan."

82. "Kenakanlah pakaian untuk menutupi auratmu, bukan untuk berhias diri."

83. "Pekerjaan seorang ayah bukanlah mengajari putrinya bagaimana menjadi seorang wanita. Dia ada untuk mengajari bagaimana seorang wanita seharusnya diperlakukan."

84. "Anak perempuan yang tidak patuh akan menjadi istri yang tidak bisa diatur."

85. "Jagalah pikiranmu selalu baik dan positif, karena itu akan membuat wajahmu bersinar secerah matahari pagi."

86. "Tidak ada yang lebih membuat ayah menyesal daripada melihat anaknya tidak bisa mendapatkan apa yang Ia butuhkan."

87. "Bagi setiap orang, ayah adalah cinta pertama anak perempuan. Tapi bagi ayah sendiri, kamu adalah cinta kedua setelah ibumu."

88. "Berjuanglah dengan sungguh-sungguh, kelak kamu pasti mendapatkan apapun yang kamu inginkan."

89. "Tidak ada hal yang membuat ayah lebih bersemangat menjalani hari demi hari daripada melihatmu penuh kebahagiaan dan keceriaan."

90. "Ayah ingin kamu ingat bahwa ayah selalu ada setiap kali kamu membutuhkan."

Itulah di antaranya 90 kata-kata ayah untuk anak perempuannya yang menyentuh dan penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI