Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang Baru atau Sudah Mati Sekalipun

Kamis, 07 Oktober 2021 10:33 Penulis: Dhia Amira
Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang Baru atau Sudah Mati Sekalipun
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Telkomsel menjadi salah satu kartu perdana yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali layanan yang dimiliki oleh Telkomsel, naik dari pulsa hingga paket data. Bahkan saat ini layanan Telkomsel mencakup 80% wilayah di Indonesia, meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi. Bagi kalian pengguna kartu Telkomsel, tentu harus mengetahui bagaimana cara aktivasi kartu Telkomsel dengan tepat.

Sebenarnya kartu Telkomsel bisa kalian aktivasi dengan mudah, baik untuk pengguna baru, pengguna lama, hingga kartu mereka yang sudah mati. Bahkan kalian bisa melakukannya sendiri loh KLovers. Namun kalian juga perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat agar tidak salah dalam melakukan aktivasi kartu Telkomsel. Dan kalian juga perlu menyiapkan persyaratan yang harus dilakukan.

Untuk itu berikut ini ada beberapa tahapan atau cara aktivasi kartu Telkomsel yang bisa kalian lakukan sendiri dengan tepat. Berikut beberapa cara tersebut. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang Baru

Cara aktivasi kartu Telkomsel yang pertama yaitu, ada untuk pengguna baru. Cara ini cukup mudah kok untuk kalian lakukan, bahkan bisa kalian lakukan sendiri. Berikut ini beberapa cara aktivasi kartu Telkomsel yang baru:

1. Cara pertama kalian bisa siapkan persyaratannya seperti nomor E-KTP serta nomor KK terdiri dari 16 digit yang sudah terdaftar di Dukcapil.

2. Kemudian kalian bisa buka aplikasi pesan di handphone kalian.

3. Selanjutnya pilih buat pesan baru.

4. Lalu ketik SMS: REGNIK#Nomor KK# setelah itu kirimkan ke 4444. Contohnya, REG 123454343512323553#126473498553# krim ke 4444

5. Setelah berhasil terkirim nantinya pengguna akan mendapatkan sms baru yang menyatakan kartu Telkomsel telah berhasil diregistrasi atau diaktifkan.

2. Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang Lama

Selanjutnya ada pula cara aktivasi kartu Telkomsel yang sudah lama. Bila kalian pengguna kartu Telkomsel lama, maka kalian bisa kok melakukan aktivasi dengan cara ini. Berikut beberapa cara aktivasi kartu Telkomsel lama:

1. Cara pertama yaitu kalian bisa siapkan persyaratannya seperti nomor E-KTP serta nomor KK terdiri dari 16 digit yang sudah terdaftar di Dukcapil.

2. Lalu buka aplikasi pesan di handphone kalian.

3. Pilih buat pesan baru.

4. Lalu ketik SMS: ULANGNIK#Nomor KK#

5. Setelah itu kirimkan ke 4444. Contohnya, ULANG 123454343512323553#126473498553# krim ke 4444.

3. Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Dan yang terakhir yaitu ada cara aktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati. Cara ini bisa kalian lakukan bila ingin mengaktifkan kembali kartu yang sudah mati. Berikut ini beberapa cara aktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati tersebut:

1. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Tanpa ke GraPARI

- Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati dengan migrasi ke kartu Halo dapat dilakukan jika masa tenggang pengguna belum berakhir. Biasanya batasnya tidak lebih dari 15 hari setelah masa tenggang kartu. Jika masa tenggang tersebut belum berakhir kalian bisa melaporkan melalui akun resmi media sosial Telkomsel seperti akun twitter @Telkomsel.

- Setelah itu ajukan permohonan dengan format, nomor, waktu dan tanggal masa tenggang berakhir, serta lokasi.

- Kemudian kalian bisa menunggu prosesnya hingga dikonfirmasi oleh admin.

- Kalian juga dapat mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati dengan menghubungi call center Telkomsel di nomor 0807 1811 811 untuk customer service dapat menekan 188. Setelah itu kalian dapat mengajukan permohonan ataupun pengaktifan kartu. Sebelum itu siapkan NIK E-KTP agar pengaktifan kartu segera diproses. Namun untuk menggunakan layanan ini dikenakan biaya pulsa telepon.

2. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Sudah Mati ke GraPARI

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati ke GraPARI bisa jadi pilihan kalian untuk segera mendapatkan solusi tepat. Kunjungi GraPARI terdekat di area sekitarmu lalu mengajukan pengaktifan kartu Telkomsel. Pastikan membawa persyaratan seperti SIM Card lama, nomor KK, E-KTP asli. Pengaktifan kartu Telkomsel yang sudah mati di GraPARI pengguna juga akan dikenakan biaya pelayanan.

4. Syarat Registrasi Kartu Telkomsel Prabayar Bagi WNI dan WNA

Sebelum melakukan aktivasi kartu Telkomsel, kalian juga perlu tahu syarat dan ketentuan yang harus dilakukan ya KLovers. Dan berikut ini beberapa syarat registrasi kartu Telkomsel prabayar bagi WNI ataupun WNA:

Syarat Registrasi Kartu Bagi WNI:

- Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP)

- Kartu Keluarga (KK)

Syarat Registrasi Kartu bagi WNA:

- Paspor.

- Kartu Izin Tinggal (KITAP)

- Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)

Itulah beberapa cara aktivasi kartu Telkomsel baik yang baru, sudah lama, ataupun yang sudah mati. Semoga beberapa cara di atas dapat membantu kalian dalam melakukan aktivasi secara mudah dan cepat. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI