60 Kata-Kata Bijak dalam Rumah Tangga Harmonis, Jadi Inspirasi Hubungan Makin Erat

Penulis: Nurul Wahida

Diperbarui: Diterbitkan:

60 Kata-Kata Bijak dalam Rumah Tangga Harmonis, Jadi Inspirasi Hubungan Makin Erat
Kata-kata bijak dalam rumah tangga (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Memiliki rumah tangga yang harmonis dan bahagia tentunya menjadi harapan setiap orang. Meski begitu hubungan memang tak selalu berjalan mulus dan terkadang mengalami pasang surut. Namun kata-kata bijak dalam rumah tangga harmonis dapat menjadi inspirasi dan pelajaran berharga bagi tiap pasangan.

Setelah menikah membina rumah tangga yang harmonis dan bahagia adalah cita-cita banyak pasangan. Saat janji pernikahan tersebut diikrarkan masing-masing pasangan memiliki kewajiban untuk memberikan yang terbaik serta bertanggung jawab bagi kehidupan rumah tangganya. Saling percaya, memahami, pengertian, menerima, dan memberikan cinta serta kasih sayang dapat menjadi cara membina hubungan rumah tangga yang harmonis.

Meski begitu, kehidupan rumah tangga terkadang mengalami pasang surut yang menguji kekuatan cinta pernikahan kalian. Sehingga dibutuhkan sebuah dukungan dari masing-masing pasangan dalam menghadapi ujian rumah tangga agar mampu melewatinya secara baik.

Sejumlah kata-kata bijak dalam rumah tangga harmonis dapat menjadi inspirasi buat kalian yang membuat hubungan pernikahan makin erat. Sebab setiap orang tentunya dapat mengambil pelajaran berharga dari berbagai hal termasuk mendapatkan inspirasi dan support lewat kata-kata bijak.

Beberapa kata-kata bijak dalam rumah tangga agar harmonis dan bahagia di bawah ini bisa mewakili ungkapan hati kalian. Adapun kata-kata bijak dalam rumah tangga telah dirangkum kapanlagi,com dari berbagai sumber.

 

1. ata-Kata Bijak dalam Rumah Tangga Harmonis

Seperti ulasan sebelumnya, memiliki rumah tangga yang harmonis menjadi cita-cita tiap pasangan setelah mengikat janji pernikahan. Ya, rumah tangga harmonis dapat dirasakan tiap pasangan apabila ada rasa saling pengertian, percaya, kepedulian, cinta dan sayang, serta memahami dalam ikatan cinta pernikahan. Beberapa kata-kata bijak rumah tangga harmonis di bawah ini bisa menjadi pelajaran berharga agar dapat membina hubungan rumah tangga bahagia.

1. Setiap rumah tangga itu bermasalah, yang perlu diselesaikan itu masalahnya bukan rumah tangganya.

2. Karena dalam rumah tangga bukan tentang siapa yang paling baik, melainkan bagaimana kita bersama-sama untuk menjadi lebih baik setiap hari.

3. Jadilah kepala rumah tangga yang bertanggung jawab! Bukan hanya soal kesejahteraan lahirnya. Tapi, juga kebaikan akhirat anggota rumah tangga.

4. Tak ada rumah tangga yang dapat capai kemajuan tanpa kerja sama suami istri yang saling membantu; melangkah maju, walau memerlukan pengorbanan.

5. Berbagi tugas rumah tangga adalah salah satu cara terbaik untuk saling mendekatkan diri.

6. Jelas sekali bahwasannya rumah tangga yang aman damai ialah gabungan antara tegapnya laki-laki dan halusnya perempuan.

7. Keharmonisan sebuah rumah tangga terletak pada sikap tanggung jawab dan terbangunnya komunikasi yang sehat.

8. Rumah yang nyaman untuk berteduh dibangun oleh tangan manusia. Rumah tangga yang kukuh dibangun oleh hati manusia.

9. Dalam menjaga keharmonisan rumah tangga, jangan berjanji untuk tidak saling menyakiti, tapi berjanjilah untuk bertahan, meski salah satu tersakiti.

10. Menjalani biduk rumah tangga itu berarti kita harus punya cara untuk bahagia bersama dalam suka maupun duka. Terkadang terasa lelah, tapi tak boleh menyerah.

11. Cinta kita adalah cinta yang terbaik karena engkau telah membuat imanku meningkat, juga membantuku di dunia ini. Karena itulah, aku ingin berjumpa kembali denganmu di surga.

12. Semahal apapun harga sebuah bantal, tak akan mampu menggantikan nyaman dan tenangnya bahu seorang suami untuk bersandar.

13. Saat pasangan suami istri berdoa bersama-sama, mereka sesungguhnya sedang berbagi keintiman yang tidak dapat diciptakan dengan cara apa pun. Itu adalah perasaan yang luar biasa.

14. Pernikahan yang baik, tidak karena salah satu pihak berhasil mengendalikan. Tetapi karena kedua pihak memiliki pengertian.

15. Tidak ada resep yang sama dalam mencapai kebahagiaan pasangan suami istri. Setiap pasangan suami istri harus mencari resep masing-masing agar bisa membuat masakan yang nikmat dalam hubungan mereka.

16. Pernikahan adalah antara dua pihak, jadi harus ada kerja sama, bukan penjajahan antara yang berkuasa dengan pihak yang lemah.

17. Pertengkaran dalam porsi yang wajar bisa membuat pasangan suami istri lebih bahagia. Karena masing-masing bisa mengutarakan kepada pasangan tentang hal-hal yang tidak disukai.

18. Pasangan suami istri tidak perlu bertengkar untuk satu permasalahan berulang kali. Jika suatu pertengkaran berulang, artinya cara komunikasinya kurang efektif.

19. Semakin positif kita berpikir tentang pasangan kita, semakin besar cinta kita padanya.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kata-Kata Bijak dalam Rumah Tangga yang Menginspirasi

Kata-kata bijak dalam rumah tangga yang menginspirasi juga dapat memberi kalian motivasi agar kehidupan rumah tangga semakin harmonis. Adapun kata-kata bijak dalam rumah tangga yang menginspirasi dapat kalian simak melalui ulasan berikut ini.

20. Kebahagiaan adalah ketika kita bisa membangun rumah tangga yang penuh ketaatan kepada Allah.

21. Terwujudnya suatu keberhasilan terletak pada suasana rumah tangga dan keluarga yang bahagia.

22. Hubungan percintaan yang didasari oleh keikhlasan hati, kesetiaan, dan kasih sayang akan melahirkan kebahagiaan dalam kebersamaan rumah tangga.

23. Semua bukan hanya tentang tawa, cinta pun melekat di dalamnya untuk menjadi satu kesatuan yang utuh dalam bahtera rumah tangga.

24. Seorang pria mendambakan sosok istri yang sempurna, seorang perempuan juga memimpikan sosok suami yang sempurna. Namun, keduanya tidak menyadari bahwa mereka diciptakan untuk saling menyempurnakan.

25. Hargai istrimu sebagaimana engkau menghargai ibumu. Sebab, istrimu juga seorang ibu dari anak-anakmu.

26. Kau ajarkan aku kesetiaan, sehingga aku setia. Kau ajarkan aku arti cinta, sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini.

27. Pasangan suami istri harus berperan seperti dua sayap pada seekor burung yang sama. Keduanya harus bekerja sama atau pernikahan mereka tidak akan pernah sampai ke permukaan.

28. Tidak pernah ada pernikahan semulus jalan tol, selalu ada lubang-lubang penghambat, yang penting teruslah berjalan, dan jangan berhenti!

29. Sekali-sekali pandanglah pasangan. Katakan, terima kasih telah menjadi suami/istri-ku.Ini membuatnya merasa dihargai. Dan kita akan merasa lebih baik.

30. Marah itu wajar.tetapi jangan marah-marah, ungkapkan ketidaknyamanan kita pada pasangan dengan bahasa yang baik.

31. Seperti kancing baju, suami istri adalah pasangan yang baru nyaman dipakai setelah terpasang dengan baik, jika baru terpasang sebagian, ia akan lepas di jalan.

32. Seperti bunga di taman, rasa cinta kepada pasangan harus dipupuk dan disiangi, segarkan hubungan dengan saling memuji dan hilangkan curiga di hati.

33. Harapan kita terhadap pasangan sering terlalu ideal, pasangan ideal itu tidak ada. Yang ada adalah mewujudkan hubungan terbaik antara suami istri.

34. Kebahagiaan dalam keluarga tidak tergantung melimpahnya harta. Tapi lebih karena kualitas hubungan di dalamnya.

 

3. Kata-Kata Bijak dalam Rumah Tangga Secara Islami

Pernikahan dalam Islam memiliki nilai ibadah dan ladang pahala bagi setiap pasangan. Berbagai pembahasan tentang pernikahan telah disebutkan dalam Al-Quran dan Hadis misalnya saja terkait kewajiban ataupun larangan yang perlu diketahui masing-masing pasangan. Sejumlah kata-kata bijak dalam rumah tangga menurut Islam di bawah ini bisa menjadi referensi membina kehidupan pernikahan yang harmonis.

35. Istri shalihah adalah dia yang tak pernah menunjukkan kecantikan dan keindahan tubuhnya selain di depan suaminya sendiri.

36. Sakinah, mawaddah, dan rahmah tidak muncul dengan sendirinya, tetapi harus diusahakan bersama istri.

37. Ketika suami istri saling memandang satu sama lain dengan penuh cinta dan kasih sayang, maka Allah memandang keduanya dengan tatapan kasih sayang.

38. Apapun hal yang kau habiskan bersama keluargamu, nanti akan menjadi sumber pahala dari Allah. Bahkan dengan sepotong makanan yang kau suapkan ke mulut istrimu.

39. Jantung rumah adalah seorang istri. Jika hati istrimu tidak bahagia maka seisi rumah pun akan tidak bahagia.

40. Jika seorang Muslim memberi nafkah kepada keluarganya, dan ia berharap pahala dari itu, maka nafkah tersebut bernilai sedekah. - HR. Bukhari no. 5351

41. Seorang pria mendambakan sosok istri yang sempurna, seorang perempuan juga memimpikan sosok suami yang sempurna. Namun, keduanya tidak menyadari bahwa mereka diciptakan untuk saling menyempurnakan.

42. Sebaik-baik kalian suami adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya.

43. Wanita itu ibarat bunga, mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik hati, dan dengan penuh kasih sayang.

44. Seorang istri yang salihah akan memperlakukan suaminya layaknya seorang raja, mencintainya seperti seorang pangeran, namun ia juga tidak lupa untuk terus mengingatkan suaminya bahwa dia hanyalah hamba Allah.

45. Suamiku, bertakwalah kepada Allah. Janganlah engkau memberi makan kami kecuali yang halal. Sungguh, kami bisa bersabar atas makanan yang sedikit, tetapi kami tidak bisa bersabar atas panasnya api neraka di akhirat.

46. Seorang laki-laki tak hanya bertanggung jawab untuk menghidupi keluarganya di dunia. Sebagai suami, seorang laki-laki harus bisa mempertanggung jawabkan masa depan keluarganya di akhirat nanti.

47. Istri salihah adalah istri yang taat kepada suaminya dan melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya.

48. Suami saleh adalah suami yang dapat membimbing istrinya ke jalan yang diridhai Allah dan Rasul-Nya.

49. Seorang suami yang memuliakan istrinya maka akan mendapatkan tempat terindah di sisi Allah SWT.

 

4. Kata-Kata Bijak dalam Rumah Tangga Menyentuh Hati

Adapun kata-kata bijak dalam rumah tangga yang menyentuh hati dapat membuat kalian dan pasangan mengerti akan makna ikatan suci pernikahan. Berikut ini beberapa kata-kata bijak dalam rumah tangga yang menyentuh hati.

50. Rumah terindah adalah rumah yang senantiasa dipenuhi cinta di dalamnya.

51. Cincin pernikahan hanya sebuah simbol kebahagiaan, tetapi kebahagiaan sesungguhnya ada dalam bahtera rumah tangga.

52. Rumput tetangga selalu kelihatan lebih hijau? Mungkin kita sebagai manusia perlu lebih bersyukur agar merasa cukup untuk berbahagia.

53. Semoga kita semua diberikan rumah tangga yang membuat kita nyaman, tenteram, dan bahagia.

54. Istri yang paling beruntung adalah ia yang dikaruniai Allah seorang suami yang penyabar dan penyayang, penuh kehangatan dan kelembutan, suka menolong, dan berhati tulus.

55. Saat seorang pria mengatakan 'saya terima' dalam sebuah akad pernikahan, maka itu berarti ia mengatakan 'bahwa saya menerima tanggung jawab untuk melayani, mencintai, dan melindunginya'.

56. Pernikahan yang sukses bukanlah saat kamu bisa menjalani hidup dengan damai bersama istrimu, melainkan saat kamu tidak dapat menjalani hidup dengan damai tanpanya.

57. Kita tidak bisa mengharapkan kebahagiaan dengan meminta pasangan kita berubah, perubahan itu harus dilakukan bersama.

58. Pernikahan tak mungkin mudah, sehingga bobotnya setengah agama Allah, agar rumah tangga jadi indah. Niatkan semua sebagai ibadah.

59. Pernikahan yang sukses bukanlah sebuah hadiah, sungguh itu merupakan sebuah perjuangan. - Ann Landers

60. Kebahagiaan suami istri bukan sesuatu yang jatuh dari langit. Itu harus diperjuangkan keduanya sekuat tenaga.

Nah itulah 60 kata-kata dalam rumah tangga yang harmonis dan menginspirasi agar hubungan makin erat. Sejumlah kata-kata dalam rumah tangga harmonis dapat membantu kalian meluapkan perasaan pada pasangan.

Sumber: titikdua.net, bola.com, brilio.net

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending