90 Kata-Kata Bijak Perempuan, Sumber Inspirasi untuk Tetap Kuat

Senin, 23 Agustus 2021 18:44 Penulis: Anik Setiyaningrum
90 Kata-Kata Bijak Perempuan, Sumber Inspirasi untuk Tetap Kuat
Ilustrasi (Credit: Shutterstock)


Kapanlagi Plus - Menjadi perempuan di tanah yang menjunjung sistem patriarki bukanlah hal yang mudah. Dahulu hingga sekarang, masih banyak bidang yang menjadikan laki-laki sebagai pusat dan itu banyak merugikan perempuan. Bahkan, dahulu, kata-kata bijak perempuan berisi pesan-pesan yang melemahkan.

Kata-kata bijak perempuan seharusnya berisi pesan yang membangun dan menguatkan dirinya. Dengan begitu, perempuan bisa menunjukkan eksistensinya yang sebenarnya juga bisa sama dengan laki-laki yang selama ini sering dianggap sebagai makhluk nomor satu.

Nah, agar tak ada lagi rasa ragu dalam hati kalian untuk menunjukkan kemampuan diri, coba baca kata-kata bijak perempuan berikut ini. Setiap hari merupakan momen perjuangan bagi kalian untuk membuktikan bahwa perempuan tak lemah seperti citra yang dilekatkan.

 

 

1. Kata-Kata Bijak Perempuan

Selain lemah, citra cantik dan lembut merupakan hal yang juga dilekatkan pada diri perempuan. Jika selama ini kalian tak berada dalam standar tersebut maka tak perlu cemas. Kata-kata bijak perempuan berikut ini bisa menjadi salah satu pemantik penerimaan bagi kalian.

1. "Keraguan adalah pembunuh. Kamu hanya perlu tahu siapa dirimu dan apa yang kamu perjuangkan."

2. "Wanita menginginkan disayangi tanpa ada satu argumen, bukanlah karena mereka cantik atau baik atau pandai, tetapi karena mereka yaitu mereka."

3. "Kamu boleh berteriak. Kamu juga boleh menangis. Akan tetapi, kamu tidak boleh menyerah."

4. "Wanita bijak seperti angsa di atas air. Anggun meski tetap bekerja dan tetap tegar meskipun terluka."

5. "Saat kau merasa tak memiliki siapa pun, ingatkan dirimu bahwa Allah telah mengirim mereka pergi, sehingga kau bisa berduaan bersama-Nya."

6. "Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang."

7. "Wanita memang tidak sekuat laki-laki, tapi laki-laki akan sekuat itu jika tidak di sempurnakan oleh wanita."

8. "Hak paling istimewa bagi seorang wanita adalah hak untuk menjadi seorang ibu."

9. "Lidahmu jangan kamu biarkan menyebut kekurangan orang lain, sebab kamu pun punya kekurangan dan orang lain pun punya lidah."

10. "Wanita yang kuat secara sadar akan berhenti mencoba jika dia merasa tidak diinginkan. Dia tidak akan memperbaikinya atau mengemis. Dia akan pergi begitu saja."

11. "Di waktu seorang wanita tengah terdiam, di waktu tersebut ada jutaan hal yang ada pada pikirannya."

12. "Kesabaran itu ada dua macam, yaitu sabar atas sesuatu yang tidak kamu inginkan dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kamu ingini."

13. "Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya."

14. "Cinta yang putus bukan kebahagiaan yang putus, kamu hanya perlu bersabar sebentar karena kebahagiaan yang lain sedang menunggu kamu."

15. "Waktu seseorang wanita menyembunyikan tangis untuk lelakinya, yakinlah bila dia betul-betul menyukai dirimu."

16. "Wanita yang baik pasti untuk lelaki yang baik dan demikian sebaliknya. Itu semuanya telah diputuskan oleh Yang Maha Kuasa."

17. "Perempuan tidak dilatih hanya untuk menerima nilai, ia juga bisa memberi nilai."

18. "Jangan pernah membiarkan orang lain untuk mewakilimu berbicara dan jangan bergantung pada orang lain supaya berjuang untukmu."

19. "Wanita itu berkilau layaknya emas, maka tak perlu heran ketika dirinya mampu memancarkan sinar bagi siapapun yang ditemuinya."

20. "Siapapun pria yang memuliakan wanita maka ia telah menjaga hati kedua orang tuanya."

 

 

2. Kata-Kata Bijak Perempuan Penuh Inspirasi

Untuk berkembang, terkadang seseorang memerlukan contoh sebagai sumber inspirasi. Nah, kalian bisa membaca kata-kata bijak perempuan berikut ini untuk membangunkan hasrat maju yang selama ini terpendam.

21. "Kadang-kadang, seseorang wanita itu dapat tambah lebih kuat, lebih hebat, lebih pengertian, sabar serta tidak mudah menyerah dibanding dengan seorang pria."

22. "Seorang wanita dikatakan hebat apabila dirinya mampu menaklukkan seorang pria hebat."

23. "Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang sholehah."

24. "Kehadiran seorang wanita di sisi seorang pria mampu membuatnya bertahan di sisa usianya."

25. "Dengan kesabaran kita memperoleh hasil lebih dari kekuatan kita."

26. "Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya."

27. "Wanita yang cantik dalam kesederhanaannya yaitu wanita cantik yang sebenarnya."

28. "Seorang wanita yang tidak membutuhkan pengakuan dari orang lain adalah seorang individu yang paling ditakuti di planet ini."

29. "Jauh lebih baik kehilangan sesuatu untuk Tuhan daripada kehilangan Tuhan untuk mendapatkan sesuatu."

30. "Untuk para wanita, kejarlah impianmu meskipun itu jauh. Namun, jangan lupakan orang-orang yang kau sayangi."

31. "Wanita memanglah benar-benar hebat! Satu di antara buktinya, waktu dianya menangis, ia tetap masih dapat berkata 'saya tidak apa-apa'."

32. "Wanita ingin dicintai tanpa sebuah alasan, bukan karena mereka cantik atau baik atau pintar, namun karena mereka adalah mereka."

33. "Pria yang benar tak akan menjauhkanmu dari Allah. Kalau dia melakukannya, berarti dia pria yang salah."

34. "Wanita terkenal dengan karakter lembutnya, namun itu bukan sebuah kelemahan."

35. "Seorang wanita yang berharga tidak akan membuat dirinya tenggelam ke dalam gemerlapnya kehidupan."

36. "Ketika hatimu hancur, itu bagus. Dengan hati yang pecah, maka cahaya Tuhan akan lebih mudah masuk ke dalamnya."

37. "Sikap yang anggun dan senyum manis yang menghiasi wajah seorang wanita akan menambah pancaran pesonanya."

38. "Hati seorang wanita akan terus bersama keluarga dan orang dicintainya di manapun ia berada."

39. "Tak ada lelaki yang dapat dimaksud berhasil bila wanitanya tidak bahagia."

40. "Tindakan terkuat bagi seorang wanita adalah mencintai dirinya sendiri, menjadi dirinya sendiri, dan bersinar di antara mereka yang tidak pernah percaya dia bisa."

 

 

3. Kata-Kata Bijak Perempuan Agar Tetap Kuat

Perempuan diciptakan bukan hanya untuk memenuhi keinginan makhluk lainnya. Kalian pun juga bisa berjuang dan semakin kuat dalam bidang yang kalian suka. Semangat tersebut tercermin dalam kata-kata bijak perempuan berikut ini.

41. "Saya wanita yang kuat. Saya tidak duduk-duduk mengasihani diri sendiri atau membiarkan orang menganiaya saya. Saya tidak menanggapi orang yang mendikte saya atau mencoba menjatuhkan saya. Jika saya jatuh, saya akan bangkit lebih kuat karena saya adalah survivor dan bukan korban. Saya mengendalikan hidup saya dan tidak ada yang tidak bisa saya capai. "

42. "Wanita yang kuat membela dirinya sendiri. Seorang wanita yang lebih kuat membela orang lain."

43. "Wanita yang kuat adalah wanita yang merasa sangat dalam dan sangat mencintai. Air matanya mengalir deras seperti tawanya. Wanita yang kuat itu lembut dan kuat, dia praktis dan spiritual. Wanita yang kuat pada intinya adalah hadiah untuk dunia. "

44. "Saya tangguh, ambisius, dan saya tahu persis apa yang saya inginkan. Jika itu membuatku menyebalkan, oke." - Madonna

45. "Wanita yang kuat adalah orang yang bisa tersenyum pagi ini seperti dia tidak menangis semalam."

46. "Wanita yang kuat mencintai, memaafkan, pergi, melepaskan, mencoba lagi, dan bertahan... tidak peduli apa kehidupan yang ada padanya."

47. "Jadilah wanita yang kuat. Jadi putri Anda akan memiliki anutan dan putra Anda akan tahu apa yang harus dicari dari seorang wanita ketika dia menjadi seorang pria. "

48. "Jangan pernah meminta maaf karena telah menjadi wanita yang kuat."

49. "Aku tipe orang yang akan duduk di kamar mandi dan menangis, tapi kemudian berjalan keluar seperti tidak pernah terjadi apa-apa."

50. "Dia kuat bukan karena dia tidak takut tetapi karena dia terus maju dengan kuat, meski ada ketakutan." - Atticus

51. "Di bawah setiap wanita yang kuat dan mandiri terletak seorang gadis kecil yang patah hati yang harus belajar bagaimana bangkit kembali dan tidak pernah bergantung pada siapa pun."

52. "Dia berpakaian dengan kekuatan dan martabat, serta dia tertawa tanpa takut akan masa depan."

53. "Wanita itu seperti kantong teh. Kita tidak tahu kekuatan sejati kita sampai kita berada di air panas. " - Eleanor Roosevelt

54. "Hidup telah menjatuhkan saya beberapa kali, itu menunjukkan kepada saya hal-hal yang tidak pernah ingin saya lihat. Saya mengalami kesedihan dan kegagalan. Tapi, satu hal yang pasti, saya selalu bangun."

55. "Wanita yang kuat secara otomatis akan berhenti mencoba jika dia merasa tidak diinginkan. Dia tidak akan memperbaikinya atau memohon. Dia akan pergi begitu saja."

56. "Saya sama sekali bukan wanita yang sulit. Saya hanyalah seorang wanita yang kuat dan tahu nilai saya."

57. "Jadilah versi kelas satu dari diri kamu sendiri, bukan versi kelas dua dari orang lain."

58. "Wanita yang kuat akan selalu bangkit, walau sekeras apa pun badai pernah menerjang mereka."

59. "Wanita yang kuat tidak perlu menyatakan bahwa mereka dapat memikul semua beban dalam hidup. Mereka diam-diam melakukannya dan bertahan dengan senyuman."

60. "Beberapa wanita tersesat dalam api. Beberapa wanita dibangun dari itu."

 

 

4. Kata-Kata Bijak Perempuan dari Para Tokoh

Inspirasi dalam menjalani hidup bisa kalian dapat dengan membaca kata-kata bijak perempuan dari para tokoh berikut ini. Meresapi perkataan para tokoh perempuan hebat ini bisa menjadi sumber kekuatan tersendiri, terutama jika kalian sedang dihinggapi perasaan lelah, putus asa, atau kurang percaya diri.

61. "Aku perlu mengingatkan diriku untuk mengambil nafas dan mengambil langkah satu per satu. Menikmati proses bisa membantu kita lebih menghargai hasil kerja keras." -Cinta Laura

62. "Aku harus belajar mencintai diri aku sendiri. Pada akhirnya, aku harus belajar menerima diriku apa adanya dan bersyukur dengan apa yang aku liat saat bercermin." -Cinta Laura

63. "Aku memiliki beberapa kesempatan untuk menyadari bahwa kegembiraan tidak ada hubungannya dengan penampilan seseorang, pencapaian atau status sosial. Sederhana saja, kegembiraan tidak ada kaitannya dengan apapun yang ada di luar diri kita." -Cinta Laura

64. "Aku masih punya perjalanan panjang yang harus aku lalui, terlalu banyak cita-cita yang harus aku capai." -Cinta Laura

65. "Sadarilah bahwa apapun kondisi hidup kamu sekarang, kamu akan selalu mengalami hal hal yang positif maupun negatif. Aku benci perubahan, tapi aku sadar bahwa aku harus belajar beradaptasi dan menerima ketidakpastian yang ada dalam hidup ini." -Cinta Laura

66. "Setiap tindakan ditentukan oleh pilihan. Namun, mengapa kita sebagai manusia sering memilih pilihan yang kita tahu tidak akan membuat kita maju dan bahagia?" -Cinta Laura

67. "Tidak peduli kemanapun aku pergi ke (suatu tempat pada) map (dunia). kalian adalah tempat aku terlindung." -Dian Sastrowardoyo

68. "Duka cita dapat menjelma menjadi 'taman' kasih sayang. Jika kamu mempertahankan hatimu terbuka terhadap segala sesuatu, kesedihanmu akan menjadi sekutu terhebat dalam proses kehidupan mencari cinta dan kebijaksanaan." -Dian Sastrowardoyo

69. "Saat aku berlari, aku memberikan waktu untuk diriku sendiri untuk berpikir, untuk memilah prioritas. Aku merenung. Aku membayangkan hal-hal indah dalam kehidupan. Aku mendengar musik (favorit) ku. Aku bernyanyi untuk diriku sendiri. Aku membentangkan batasan ku, ini merupakan pengalaman batin yang sangat patut dicari. Jangan cemas akan kecepatan berlari orang lain, kamu akan menemukan milikmu sendiri, Latihan. Latihan." -Dian Sastrowardoyo

70. "Saya menjadikan diri saya seperti sekarang juga terinspirasi oleh orang-orang, kalau bisa saya juga menginspirasikan orang-orang." -Dian Sastrowardoyo

71. "Mari kita (keluarga) tetap berjalan bersama-sama dengan tangan saling tergenggam satu sama lain." -Dian Sastrowardoyo

72. "Kamu seharusnya mengucap syukur atas hal-hal yang kamu miliki dalam kehidupanmu, rangkullah." -Dian Sastrowardoyo

73. "Jangan goyah dan ketahui bahwa Tuhan memegang kontrol." -Dian Sastrowardoyo

74. "Dari pada 30 menit ngomongin orang, lebih baik 30 menit ngomongin diri sendiri. Gue kurangnya ini, ini, ini. Gue mesti begini, begini, begini." -Agnes Monica

75. "Judgement itu ada di tangan Tuhan. Jadi orang yang suka men-judge orang lain, itulah yang sombong. Merasa dirinya Tuhan." -Agnes Monica

76. "Ketika Anda menyukai bunga, Anda cukup memetiknya. Tetapi jika Anda mencintainya, Anda menyiraminya setiap hari." -Agnes Monica

77. "Jika kalian berbicara buruk tentangku, mungkin itu benar karena kalian tidak benar-benar mengenaliku." -Agnes Monica

78. "Optimis dan tekad yang kuat adalah kombinasi yang pas untuk meraih mimpi." -Agnes Monica

79. "Sesuatu yang hebat dan besar selalu susah diraih. Itu sebabnya, saya mampu menahan derita karena ambisi mewujudkan mimpi yang lebih besar lagi." -Agnes Monica

80. "Gila adalah mengharapkan perubahan dan kemudahan terjadi, padahal setiap hari tidak melakukan apa-apa." -Agnes Monica

81. "Dalam hidup kita, kita harus menjadi diri kita sendiri, jangan biarkan kita melakukan sesuatu kecuali berbohong pada diri kita sendiri." -Agnes Monica

82. "Cita-cita yang tinggi memang bukan kunci kesuksesan, tetapi rahasia dari orang sukses adalah memiliki cita-cita yang tinggi." -Susi Pudjiastuti

83. "Jangan menunggu. Kerjakan apa yang bisa kamu kerjakan. Jangan sampai terlambat dan kehilangan momen. Karena kalau sampai kehilangan momen, maka apa yang kamu kerjakan sudah tidak valid lagi." -Susi Pudjiastuti

84. "Jalankan bisnis dengan common sense. If it doesn't make sense it won't be right!" -Susi Pudjiastuti

85. "Tidak peduli seberapa banyak uang yang diberikan. Saya bekerja demi nusa bangsa demi laut Indonesia." -Susi Pudjiastuti

86. "Positive thinking maka kecantikan akan terpancar." -Susi Pudjiastuti

87. "Orang yang meraih kesuksesan tidak selalu orang yang pintar, tapi orang yang selalu meraih kesuksesan adalah orang yang gigih dan pantang menyerah. Bagaimana caranya mewujudkan impian agar sukses, kunci suksesnya adalah komitmen dengan apa yang kita jalani." -Susi Pudjiastuti

88. "Walaupun kita manusia biasa, tetapi kalau mau merubah sesuatu pasti bisa." -Susi Pudjiastuti

89. "Bekerja keras adalah bagian dari fisik, bekerja cerdas merupakan bagian dari otak, sedangkan bekerja ikhlas ialah bagian dari hati." -Susi Pudjiastuti

90. "Bermimpilah setinggi-tingginya. Yang harus dibayar adalah mewujudkan mimpi itu. Cara bayarnya dengan kerja keras, semangat, dan komitmen." -Susi Pudjiastuti

Nah, itulah kata-kata bijak perempuan yang bisa kalian baca dan jadikan sumber inspirasi untuk mendobrak nilai lama sehingga kalian bisa berkembang melewati batas yang selama ini merugikan.

(Sumber: Brilio.net, Bola.com)

 

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI