135 Kata-Kata Bijak Renungan untuk Wanita Penuh Makna, Menyentuh Hati Terdalam - Bikin Lebih Tegar

Senin, 30 Agustus 2021 12:44
135 Kata-Kata Bijak Renungan untuk Wanita Penuh Makna, Menyentuh Hati Terdalam - Bikin Lebih Tegar
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Dalam renungannya, wanita bisa memikirkan berbagai hal yang ada di hidupnya. Seringnya, mereka memikirkan hal buruk seperti masalah hidup yang sedang dihadapi. Tapi tak jarang, renungan juga dilakukan untuk hal yang positif. Sehingga, renungan tak selamanya membawa kesedihan. Seperti renungan-renungan dalam kata-kata bijak renungan untuk wanita justru bisa membawa kebijaksanaan dan kebahagiaan.

Selama ini, wanita memang dikenal mempunyai hati yang lembut dan sangat perasa. Dengan mudahnya, wanita bisa terbawa perasaan orang-orang di sekitarnya. Seringkali apa yang dirasakan wanita justru menyita pikirannya. Alhasil, dalam waktu senggangnya wanita cukup banyak merenungi hal-hal yang telah terjadi. Kata-kata bijak renungan wanita bisa jadi bahan merenung yang positif.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata bijak renungan untuk wanita yang menyentuh, penuh makna, dan ajarkan kebijaksanaan dalam hidup.

1. Kata-Kata Bijak Renungan untuk Wanita Menyentuh

Berkat kelembutan hati yang dimiliki, wanita mampu merasakan perasaan orang lain. Selain itu, wanita juga sangat peka dan sensitif pada hal-hal yang menyentuh. Mereka bisa dengan mudah menitihkan air mata saat menemukan sesuatu yang sedih atau mengharukan. Berikut kata-kata bijak renungan untuk wanita yang menyentuh.

1. "Wanita menginginkan disayangi tanpa ada satu argumen, bukanlah karena mereka cantik atau baik atau pandai, tetapi karena mereka yaitu mereka."

2. "Wanita ingin dicintai tanpa sebuah alasan, bukan karena mereka cantik atau baik atau pintar, namun karena mereka adalah mereka."

3. "Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang."

4. "Waktu seseorang wanita menyembunyikan tangis untuk lelakinya, yakinlah bila dia betul-betul menyukai dirimu."

5. "Sikap yang anggun dan senyum manis yang menghiasi wajah seorang wanita akan menambah pancaran pesonanya."

6. "Kehadiran seorang wanita di sisi seorang pria mampu membuatnya bertahan di sisa usianya."

7. "Hati seorang wanita akan terus bersama keluarga dan orang dicintainya di manapun ia berada."

8. "Di waktu seorang wanita tengah terdiam, di waktu tersebut ada jutaan hal yang ada pada pikirannya."

9. "Untuk para wanita, kejarlah impianmu meskipun itu jauh. Namun, jangan lupakan orang-orang yang kau sayangi."

10. "Siapapun pria yang memuliakan wanita maka ia telah menjaga hati kedua orang tuanya."

11. "Seorang wanita dikatakan hebat apabila dirinya mampu menaklukkan seorang pria hebat."

12. "Jauh lebih baik kehilangan sesuatu untuk Tuhan daripada kehilangan Tuhan untuk mendapatkan sesuatu."

13. "Di bawah setiap wanita yang kuat dan mandiri terletak seorang gadis kecil yang patah hati yang harus belajar bagaimana bangkit kembali dan tidak pernah bergantung pada siapa pun."

2. Kata-Kata Bijak Renungan untuk Wanita Penuh Makna

Hati wanita yang lembut tidak saja membuatnya jadi lebih perasa. Lebih dari itu, wanita juga cenderung lebih bisa memaknai berbagai hal ketimbang laki-laki yang seringkali hanya mengandalkan logika. Berikut kata-kata bijak renungan untuk wanita yang penuh makna.

14. "Wanita bijak seperti angsa di atas air. Anggun meski tetap bekerja dan tetap tegar meskipun terluka."

15. "Hak paling istimewa bagi seorang wanita adalah hak untuk menjadi seorang ibu."

16. "Wanita memang tidak sekuat laki-laki, tapi laki-laki akan sekuat itu jika tidak di sempurnakan oleh wanita."

17. "Wanita itu berkilau layaknya emas, maka tak perlu heran ketika dirinya mampu memancarkan sinar bagi siapapun yang ditemuinya."

18. "Kadang-kadang, seseorang wanita itu dapat tambah lebih kuat, lebih hebat, lebih pengertian, sabar serta tidak mudah menyerah dibanding dengan seorang pria."

19. "Lidahmu jangan kamu biarkan menyebut kekurangan orang lain, sebab kamu pun punya kekurangan dan orang lain pun punya lidah."

20. "Siapa pun bisa melihat wanita cantik, tapi hanya si bijak yang melihat hati cantiknya."

21. "Perempuan dilatih untuk menerima nilai, bukan untuk memberi nilai."

22. "Cinta yang putus bukan kebahagiaan yang putus, kamu hanya perlu bersabar sebentar karena kebahagiaan yang lain sedang menunggu kamu."

23. "Wanita yang baik pasti untuk lelaki yang baik dan demikian sebaliknya. Itu semuanya telah diputuskan oleh Yang Maha Kuasa."

24. "Wanita yang cantik dalam kesederhanaannya yaitu wanita cantik yang sebenarnya."

25. "Kamu itu tidak terlalu gemuk. Kamu itu tidak terlalu berisik. Kamu itu bukannya terlalu pandai. Tidak ada yang salah denganmu."

26. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

27. "Seorang wanita ditakdirkan menjadi seorang bidadari di bumi, kesabaran adalah kekuatan yang selalu dapat mengepakkan sayapnya."

28. "Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya."

29. "Seorang wanita yang berharga tidak akan membuat dirinya tenggelam ke dalam gemerlapnya kehidupan."

30. "Tak ada lelaki yang dapat dimaksud berhasil bila wanitanya tidak bahagia."

3. Kata-Kata Bijak Renungan untuk Wanita Bikin Lebih Tegar

Selain lembut, wanita juga dikenal sebagai sosok yang kuat. Meski demikian, terkadang wanita juga bisa dikecewakan dan tersakiti. Oleh karena itu, hati wanita harus selalu dikuatkan. Berikut kata-kata bijak renungan untuk wanita yang bisa bikin kuat dan tegar.

31. "Keraguan adalah pembunuh. Kamu hanya perlu tahu siapa dirimu dan apa yang kamu perjuangkan."

32. "Kamu boleh berteriak. Kamu juga boleh menangis. Akan tetapi, kamu tidak boleh menyerah."

33. "Dengan kesabaran kita memperoleh hasil lebih dari kekuatan kita."

34. "Wanita yang kuat secara sadar akan berhenti mencoba jika dia merasa tidak diinginkan. Dia tidak akan memperbaikinya atau mengemis. Dia akan pergi begitu saja."

35. "Wanita yang kuat secara otomatis akan berhenti mencoba jika dia merasa tidak diinginkan. Dia tidak akan memperbaikinya atau memohon. Dia akan pergi begitu saja."

36. "Wanita yang kuat akan selalu bangkit, walau sekeras apa pun badai pernah menerjang mereka."

37. "Wanita memanglah benar-benar hebat! Satu di antara buktinya, waktu dianya menangis, ia tetap masih dapat berkata 'saya tidak apa-apa'."

38. "Wanita terkenal dengan karakter lembutnya, namun itu bukan sebuah kelemahan."

39. "Seorang wanita dikatakan tangguh saat dirinya tetap sabar meskipun merasa terbebani."

40. "Kesabaran itu ada dua macam, yaitu sabar atas sesuatu yang tidak kamu inginkan dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kamu ingini."

41. "Wanita itu seperti kantong teh. Kita tidak tahu kekuatan sejati kita sampai kita berada di air panas. " - Eleanor Roosevelt

42. "Jangan pernah membiarkan orang lain untuk mewakilimu berbicara dan jangan bergantung pada orang lain supaya berjuang untukmu."

43. "Tetaplah tegar meski yang lain berguguran. Tetaplah tersenyum meskipun perjuangan ini terasa pahit dan berliku." - Dhiya Zafira

44. "Seorang wanita yang tidak membutuhkan pengakuan dari orang lain adalah seorang individu yang paling ditakuti di planet ini."

45. "Sabarlah, tidak semua hal bisa kamu selesaikan sendiri. Untuk hal-hal di luar jangkauanmu, kamu harus belajar sabar dan merelakannya." - Wuwun Wiati

4. Kata-Kata Bijak Renungan untuk Wanita Islami

Dalam agama Islam, wanita punya kedudukan yang istimewa. Malahan saking istimewanya, wanita sholehah yang taat disebut-sebut perhiasan dunia. Tak heran, terdapat beberapa nasihat islami khusus buat wanita. Berikut kata-kata bijak renungan untuk wanita yang bernuansa islami.

46. "Saat kau merasa tak memiliki siapa pun, ingatkan dirimu bahwa Allah telah mengirim mereka pergi, sehingga kau bisa berduaan bersama-Nya."

47. "Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya."

48. "Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang sholehah."

49. "Pria yang benar tak akan menjauhkanmu dari Allah. Kalau dia melakukannya, berarti dia pria yang salah."

50. "Wanita muslimah yang baik akhlaknya dan bijak pembawaannya laksana mutiara di langit ketujuh, tak sembarang orang bisa melihat dan menyentuhnya."

51. "Ketika hatimu hancur, itu bagus. Dengan hati yang pecah, maka cahaya Tuhan akan lebih mudah masuk ke dalamnya."

52. "Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah."

53. "Hijab tak hanya sekedar aksesoris fisik belaka. Hijab adalah identitas. Hijab adalah refleksi ketaatan wanita kepada Allah SWT."

54. "Menutup aurat adalah cara kamu menghargai keindahan, bukan cara kamu menghindarinya." - Dr. Tariq Ramadan

55. "Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu pakai dan kamu lepas semaumu. Mereka terhormat dan memiliki haknya." - Umar bin Khattab

56. "Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya."

57. "Islam menaikkan derajat wanita dari dasar bumi hingga pada akhirnya surga diletakkan di bawah kakinya." - Dr. Maulana Ansari

58. "Hijab itu payung kehidupan muslimah, tempat berteduh dari panasnya api neraka."

59. "Wanita yang baik untuk lelaki yang baik. Dan lelaki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula)." - Surat An Nur 26

60. "Allah menjadikanmu seorang muslimah karena Ia ingin melihatmu di surga, yang perlu kamu lakukan adalah kamu pantas untuk itu."

61. "Setiap ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya."

62. "Hijab tak sekadar pelindung bagi wanita melainkan menggambarkan seberapa besar kekuatan dan keindahannya."

63. "Awali hari dengan Bismillah, optimistis, dan tawakal, Insyaallah harimu akan berkah."

64. "Islam mengajarkan kamu untuk menutupi, bukan hanya sekadar membungkus."

65. "Janganlah patah hati jika doa engkau tidak dikabulkan oleh Allah, Allah tau apa yang akan Dia perbuat."

66. "Seorang wanita yang menutup aurat itu ibarat mutiara yang berada di dalam cangkangnya."

67. "Jadilah seperti berlian, berharga dan langka."

68. "Jodoh itu kayak 'Alif Lam Mim' ayat pertama surat Al-Baqarah, artinya yaitu hanya Allah yang tahu."

69. "Wanita yang baik untuk lelaki yang baik. Dan lelaki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula)." - Surat An Nur 26

70. "Wanita Muslimah adalah berliannya Islam. Tak ada seorang pun yang akan mengungkapkan berlian mereka kepada orang asing."

71. "Dunia merupakan ladang akhirat. Maka manfaatkan dunia dengan sebaik-baiknya."

72. "Kebahagiaan terletak pada kemenangan memerangi hawa nafsu dan menahan kehendak yang berlebih-lebihan."

73. "Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintai, agar sedih pun tidak berlebihan."

74. "Orang yang akan masuk surga ialah orang yang selalu taat dan percaya kepada Allah dan Rasul-Nya."

75. "Wahai saudari, Matahari tidak kehilangan keindahannya saat tertutup awan. Begitu juga dengan kecantikanmu yang tidak akan pudar saat engkau mengenakan Hijab."

76. "Tak peduli seberapa banyak orang yang senang menggosipimu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya dia sedang memberimu pahala."

77. "Wanita itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang." - Ali bin Abi Thalib

78. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

79. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

80. "Jika seorang istri mengerjakan sholat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, niscaya akan dikatakan kepadanya, Masuklah ke surga." - HR. Ahmad

81. "Hijab bukan berarti menindas atau mengekang, tapi tentang membebaskan diri dari pandangan mata-mata yang jahat."

5. Kata-Kata Bijak Renungan untuk Wanita Menginspirasi

Kata-kata bijak renungan untuk wanita di bawah ini mengandung pesan bermakna yang dapat dijadikan bahan introspeksi diri. Misalnya saja inspirasi untuk selalu bersikap sabar, ikhlas, mandiri serta semangat dalam menjalani hidup. Berikut ulasannya tentang kata-kata bijak renungan untuk wanita yang menginspirasi.

82. "Seorang wanita yang kuat membela dirinya sendiri. Seorang wanita yang lebih kuat membela orang lain."

83. "Jadilah wanita yang kuat agar tidak dipandang sebelah mata oleh orang. Jadilah wanita yang kuat agar dapat dijadikan contoh oleh wanita-wanita lainnya."

84. "Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian namun penuh dengan harapan."

85. "Petualangan terbesar yang kau bisa lakukan adalah memperjuangkan mimpimu menjadi kenyataan." - Oprah Winfrey

86. "Wanita bijak fokus memperbaiki kekurangannya ketimbang menyombongkan kelebihannya."

87. "Setelah Anda mengetahui seperti apa rasa hormat, rasanya lebih baik daripada perhatian."

88. "Tindakan terkuat bagi seorang wanita adalah mencintai dirinya sendiri, menjadi dirinya sendiri, dan bersinar di antara mereka yang tidak pernah percaya dia bisa."

89. "Cintai dirimu sendiri. Penting untuk tetap positif karena kecantikan datang dari dalam ke luar."

90. "Bila ingin mendapatkan sesuatu, belajarlah dengan memberi sesuatu."

91. "Kecantikan tertinggi dari seorang wanita adalah kualitas yang menjadikannya diinginkan sebagai istri dari seorang laki-laki dan ibu dari anak-anaknya."

92. "Kebahagiaan adalah milik mereka yang mempunyai impian, dan punya keberanian untuk berusaha mewujudkannya jadi kenyataan."

93. "Wanita yang bermanfaat adalah wanita yang mampu menempatkan dirinya dalam setiap situasi."

94. "Dia kuat bukan karena dia tidak takut tetapi karena dia terus maju dengan kuat, meski ada ketakutan." - Atticus

95. "Hati seorang wanita akan terus bersama keluarga dan orang dicintainya di manapun ia berada."

96. "Kamu bisa tahu siapa wanita kuat itu. Mereka adalah orang-orang yang kamu lihat saling membangun alih-alih menghancurkan satu sama lain."

97. "Bersikaplah cukup kuat untuk berdiri sendiri, cukup pintar untuk mengetahui kapan kamu membutuhkan bantuan, dan cukup berani untuk memintanya." - Ziad K. Abdelnour

98. "Maafkan orang yang menghina Anda, menyerang Anda, meremehkan Anda atau menyepelekan Anda. Tapi, lebih dari itu, maafkan diri Anda karena membiarkan mereka menyakiti Anda."

99. "Dengan kesabaran kita memperoleh hasil lebih dari kekuatan kita."

100. "Berjuanglah keras dalam kesunyian, dan biarkan kesuksesan kita menggema ke seluruh dunia."

6. Kata-Kata Bijak Renungan untuk Wanita Tangguh

Tak hanya dipandang sebagai sosok yang lemah lembut atau lekat dengan perasaan sensitif, wanita juga memiliki ketangguhan dan kemandirian luar biasa. Karena itulah, kata-kata bijak renungan untuk wanita berikut ini menggambarkan betapa tangguh, kuatnya, serta hebatnya seorang perempuan. Yuk simak ulasannya tentang kata-kata renungan untuk wanita tangguh.

101. "Jadilah wanita yang kuat. Jadilah wanita pemberani yang berani melakukan apa saja. Jadilah wanita mandiri, yang tidak membutuhkan pria. Jadilah wanita yang tidak pernah mundur."

102. "Kamu harus tahu bahwa kamu dapat melakukan ini. Kamu kuat. Kamu pasti bisa. Bertahanlah dan tetap percaya pada dirimu sendiri, selalu."

103. "Beri wanita rasa sakit dan dia akan mengubahnya menjadi kekuatan. Beri wanita itu kekacauan dan dia akan menciptakan kedamaian."

104. "Jangan pernah meminta maaf karena telah menjadi wanita yang kuat."

105. "Wanita yang tangguh kuat menghadapi cobaan hebat dan menahan rasa amarah."

106. "Jangan pernah terpuruk karena suatu masalah, bersabar dan berdoa. Percayalah, tak ada masalah yang terlalu besar bagi Tuhan."

107. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

108. "Sikap yang anggun dan senyum manis yang menghiasi wajah seorang wanita akan menambah pancaran pesonanya."

109. "Wanita cantik adalah wanita yang memiliki kepribadian tangguh, yang kuat menghadapi masalah dengan pemikiran positif."

110. "Dunia membutuhkan wanita yang kuat. Wanita yang akan mengangkat dan membangun orang lain, yang akan mencintai dan dicintai. Wanita yang hidup dengan berani, lembut, dan galak. Wanita dengan keinginan kuat."

111. "Jangan pernah menyerah dan berusaha lari, tapi hadapilah cobaan yang ada di depan kita dengan sabar."

112. "Hidup telah menjatuhkan saya beberapa kali, itu menunjukkan kepada saya hal-hal yang tidak pernah ingin saya lihat. Saya mengalami kesedihan dan kegagalan. Tapi, satu hal yang pasti, saya selalu bangkit."

113. "Keraguan adalah pembunuh. Anda hanya perlu tahu siapa Anda dan apa yang Anda perjuangkan."

114. "Wanita itu unik. Kamu mampu melihatnya tersenyum sepanjang hari, tanpa mengetahui betapa dia menangis sepanjang malam."

115. "Buatlah keputusan yang bijak dengan keberanian. Karena percayalah, rasa takutmu hari ini adalah hal remeh di masa depan."

116. "Tindakan terkuat bagi seorang wanita adalah mencintai dirinya sendiri, menjadi dirinya sendiri, dan bersinar di antara mereka yang tidak pernah percaya dia bisa."

117. "Ada banyak kesempatan di luar sana. Jangan habiskan waktumu untuk fokus pada rasa takut."

118. "Saya wanita yang kuat. Saya tidak duduk-duduk mengasihani diri sendiri atau membiarkan orang menganiaya saya. Saya tidak menanggapi orang yang mendikte saya atau mencoba menjatuhkan saya. Jika saya jatuh, saya akan bangkit lebih kuat. Saya yang mengendalikan hidup saya dan tidak ada yang tidak bisa saya capai."

7. Kata-Kata Bijak Renungan untuk Wanita Hebat

Betapa hebatnya seorang wanita terkadang tak hanya terlihat dengan mata melainkan juga dirasakan. Artinya segala hal yang kita lihat tidak bisa menyimpulkan tentang diri seseorang. Seperti referensi kata-kata bijak renungan untuk wanita hebat berikut ini bisa menginspirasimu jadi sosok yang hebat dan kuat.

119. "Wanita yang kuat secara sadar akan berhenti mencoba jika dia merasa tidak diinginkan. Dia tidak akan memperbaikinya atau mengemis, dia akan pergi begitu saja."

120. "Tidak ada yang bisa menghalangi kamu untuk bertindak tepat sehingga kamu bisa mendapatkan tempat terbaik, karena kamu adalah wanita hebat."

121. "Beberapa wanita tersesat dalam api. Beberapa wanita dibangun dari itu."

122. "Dunia membutuhkan wanita yang kuat. Wanita yang akan mengangkat dan membangun orang lain, yang akan mencintai dan dicintai. Wanita yang hidup dengan berani, lembut, dan galak. Wanita dengan keinginan kuat."

123. "Gunakan sikap lemah lembut untuk meluluhkan kerasnya dunia dan ketegasan untuk keadilan di sekitarmu."

124. "Perempuan hebat pasti bertindak dengan tepat, Perempuan hebat pasti selalu punya tempat." - R.A Kartini

125. "Kamu harus tahu bahwa kamu dapat melakukan ini. Kamu kuat. Kamu pasti bisa. Bertahanlah dan tetap percaya pada dirimu sendiri, selalu."

126. "Wanita hebat itu mampu membalut luka hati dengan sabar."

127. "Wanita yang kuat mencintai, memaafkan, pergi, melepaskan, mencoba lagi, dan bertahan, tidak peduli apa pun yang ada di hadapannya."

128. "Wanita tidak pernah menjadi kuat ketika mereka terus-menerus mengurung diri dengan rasa cemas akan kelemahannya."

129. "Untuk seluruh wanita hebat di Indonesia. Tetaplah bersinar walau mimpimu selalu dipatahkan."

130. "Wanita, kadangkala diuji dengan sehebat-hebat ujian. Fisiknya lemah tapi batinnya sangat kuat. Itulah anugerah Tuhan bagi mereka."

131. "Aku cantik aku hebat aku kuat dan aku adalah wanita yang paling berharga di mata orang-orang yang mencintaiku."

132. Rasa takut hanyalah sebuah perasaan. Jangan biarkan ia merenggut kendali dirimu."

133. "Saya sama sekali bukan wanita yang sulit. Saya hanyalah seorang wanita yang kuat dan tahu nilai saya."

134. "Maafkan orang yang menghina Anda, menyerang Anda, meremehkan Anda atau menyepelekan Anda. Tapi, lebih dari itu, maafkan diri Anda karena membiarkan mereka menyakiti Anda."

135. "Saya wanita yang kuat karena wanita yang kuat membesarkan saya."

Itulah di antaranya 135 kata-kata renungan untuk wanita yang penuh makna dan menyentuh hati. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI