60 Nasehat Islami Tentang Kehidupan yang Menyentuh Hati, Jadi Nasihat Bijak

Rabu, 31 Maret 2021 16:50 Penulis: Dhia Amira
60 Nasehat Islami Tentang Kehidupan yang Menyentuh Hati, Jadi Nasihat Bijak
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Ada banyak sekali nasihat Islami yang bisa kalian ambil dalam kehidupan. Nasihat Islami tentang kehidupan ini menyangkut kehidupan sehari-hari yang kalian jalani. Nasihat lembut ini tak hanya terdapat dalam kitab suci saja, namun juga dari tokoh-tokoh Islam yang terkemuka. Tidak heran bila nasihat Islami tentang kehidupan ini masih sangat populer bahkan sering dibuat sebagai quotes bijak di media sosial.

Dalam kehidupan, kita butuh tuntunan hidup agar tidak tersesat dalam keburukan. Dan tuntunan agama merupakan hal baik yang bisa menuntun manusia kepada jalan kebaikan. Setiap agama mengajarkan untuk selalu berbuat baik demi manusia itu sendiri. Salah satunya yaitu agama Islam, yang memberikan tuntunan kebaikan walaupun dalam hal-hal kecil sekalipun.

Nah, bagi para KLovers yang sedang mencari sebuah nasihat atau kata-kata bijak Islami, maka nasihat Islami tentang kehidupan berikut ini bisa menjadi solusinya. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 60 nasihat Islam tentang kehidupan yang bijak. Yuk langsung saja dicek Klovers.

1. Nasehat Islami Tentang Kehidupan yang Menyentuh

Inilah nasihat Islami tentang kehidupan yang menyentuh hati, dan menjadi sebuah nasihat bijak yang luar biasa. Berikut beberapa nasihat Islami tentang kehidupan tersebut:

  1. "Dokter bisa merawatmu, tapi hanya Allah yang bisa menyembuhkan dirimu."
  2. "Allah tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan yang terbaik bagimu untuk memilikinya."
  3. "Jika kamu melihat bahwa Allah menghiburmu dengan zikirnya, maka ketahuilah bahwa Dia memang mencintaimu."
  4. "Tawakkul adalah memiliki keyakinan penuh bahwa Allah akan menjaga kamu bahkan ketika segala sesuatunya tampak mustahil."
  5. "Waktu Allah sempurna dalam segala hal. Kami tidak selalu memahami kebijaksanaan di baliknya. Tapi, kita harus belajar memercayainya."
  6. "Ketika kamu mencari dunia, kamu kehilangan akhirat. Ketika kamu mencari akhirat, kamu mendapatkan dunia dan akhirat. Transaksi mana yang lebih bijak?"
  7. "Masa-masa sulit akan selalu ada, tapi begitu juga pertolongan Allah."
  8. "Kadang-kadang Allah menginginkan tingkat tertentu Jannah (surga) untuk seseorang; dan ketika perbuatan baik mereka sendiri tidak bisa membawa mereka ke sana, Dia memberi mereka kesulitan."
  9. "Bicaralah hanya ketika kata-katamu lebih indah daripada keheningan."
  10. "Jadilah seperti berlian, berharga dan langka. Tidak seperti batu, ditemukan di mana-mana."
  11. "Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini." - Hasan al Bashri
  12. "Hidup adalah sebuah ujian, jika Allah menjawab doa-doamu, berarti Allah ingin meningkatkan keimananmu. Jika Allah menunda menjawab doamu, berarti Allah ingin meningkatkan kesabaranmu. Jika Allah tidak menjawab doamu, maka yakinlah bahwa Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu."
  13. "Hidup tanpa ALLAH ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik."
  14. "Setiap situasi buruk yang menimpa pasti ada sisi positifnya. Bahkan jam dinding yang rusak sekalipun akan menunjukkan waktu yang tepat selama dua kali sehari. Maka tetaplah berpikir positif dalam hidup. Allah maha tahu apa yang terbaik buatmu."
  15. "Setiap menit yang kita lalui dalam kehidupan di dunia ini sangatlah berharga. Maka kita harus bisa memanfaatkannya untuk menggapai balasan terbaik di akhirat nanti."
  16. "Ketika hidupmu sedang terpuruk, pada saat itulah kamu berada dalam posisi sempurna untuk berdoa."
  17. "Hidup ini tidak akan terasa membosankan jika kita mau menjalin kontak dengan Allah, sang pemberi kebahagiaan."
  18. "Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah."
  19. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, melainkan hanyalah main-main dan senda gurau belaka." - Q.S al-An’am: 32
  20. "Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pada kesalahan orang lain."

2. Nasehat Islami Tentang Kehidupan yang Menyentuh

Inilah nasihat Islami tentang kehidupan yang menyentuh hati, dan menjadi sebuah nasihat bijak yang luar biasa. Berikut beberapa nasihat Islami tentang kehidupan tersebut:

  1. "Kita tidak boleh putus asa selama kita mendapat dukungan Allah SWT dan Dialah Yang Maha Esa yang dapat membuat apa pun terjadi."
  2. "Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan memberinya cobaan."
  3. "Waktu Allah sempurna dalam segala hal. Kita tidak selalu memahami kebijaksanaan di baliknya, tapi kita harus belajar memercayainya."
  4. "Allah memahami doa-doa kita bahkan ketika kita tidak dapat menemukan kata-kata untuk mengucapkannya."
  5. "Tidak semua musibah adalah azab. Beberapa di antaranya adalah karena rahmat Allah untuk membawa kita kembali kepada-Nya."
  6. "Janganlah patah hati jika doa engkau tidak dikabulkan oleh Allah, Allah tahu apa yang akan Dia perbuat."
  7. "Allah tidak membebani jiwa lebih dari yang dapat ditanggungnya."
  8. "Ilmu tanpa adanya agama adalah sesuatu kecacatan dan agama tanpa ilmu merupakan kebutaan."
  9. "Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untuk dirimu."
  10. "Meminta maaf tak perlu menunggu momen Lebaran, meminta maaflah ketika berbuat salah."
  11. "Kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang gagal menghargai berkat yang sudah mereka miliki. Ucapkan Alhamdulillah setiap saat dalam hidup."
  12. "Sedekah tidak sama dengan matematika bisa ditambah, dikurangi, dibagi, dan dikali karena sedekah itu akan berlimpah dan berkali lipat kembali kepada kita."
  13. "Lebih baik menunggu orang yang benar-benar kita harapkan daripada menghabiskan waktu dengan orang yang tidak tepat."
  14. "Tak peduli seberapa banyak orang yang senang menggosipimu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya Dia sedang memberimu pahala."
  15. "Waspadalah bila ditemukan di tempat yang dilarang Allah dan waspadalah terhadap ketidakhadiran dari tempat yang Allah perintahkan kepadamu."
  16. "Tetapi kalian (orang-orang kafir) lebih memilih kehidupan dunia. Padahal kehidupan akhirat itu jauh lebih baik dan lebih kekal." - Q.S Al-A’laa:16-17
  17. "Hidup ini adalah sebuah perjalanan untuk mengenal Allah." Dr. Mustafa Mahmud
  18. "Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan." - Amr ibn Abdullah
  19. "Jalanilah kehidupan di dunia ini tanpa membiarkan dunia hidup di dalam dirimu, karena ketika perahu berada di atas air, ia mampu berlayar dengan sempurna, tetapi ketika air masuk ke dalamnya, perahu itu tenggelam." - Ali bin Abi Thalib RA
  20. "Jadilah engkau di dunia seakan-akan orang asing atau pengembara." - HR. Bukhari

3. Nasehat Islami Tentang Kehidupan yang Menyentuh

Inilah nasihat Islami tentang kehidupan yang menyentuh hati, dan menjadi sebuah nasihat bijak yang luar biasa. Berikut beberapa nasihat Islami tentang kehidupan tersebut:

  1. "Berikan cinta secara rahasia dengan berdoa untuk satu sama lain."
  2. "Allah membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin."
  3. "Kita bisa menyelamatkan diri kita dari api neraka hanya jika kita meminta pengampunan setiap hari dari-Nya sehingga dosa dan kesalahan kita dapat diampuni."
  4. "Kegembiraan dan kemewahan dunia ini hanya sementara. Sukacita abadi hanya ada di kehidupan akhirat."
  5. "Baik itu penyakit paling serius yang didiagnosis oleh dokter, selalu berdoa kepada Allah kesembuhan atas penyakit tersebut."
  6. "Tidak ada yang mau mati sebagai orang berdosa. Jadi, pergilah untuk bertobat dari dosa-dosamu secepat mungkin karena hidup tidak dapat diprediksi."
  7. "Bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, jangan pernah menyerah. Teruslah berdoa dan yakinlah kepada Allah."
  8. "Doa itu bukan untuk mengingatkan Allah tentang masalah yang sedang kamu hadapi, tetapi doa adalah mengingatkanmu akan siapa Allah itu."
  9. "Berdoa untuk hidup dan mati hanya dengan nama Allah SWT."
  10. "Hadiah terbaik yang bisa kamu berikan dan kamu terima adalah doa."
  11. "Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan." - Q.S Yunus: 56
  12. "Setiap kehilangan yang kita alami tidak lain adalah sebuah pengingat bahwa tidak ada satu pun dari kehidupan ini yang kekal." - Dr. Bilal Philips
  13. "Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu." - Ali bin Abi Thalib
  14. "Demi Allah, tidaklah kehidupan dunia dibandingkan dengan kehidupan akhirat melainkan seperti salah seorang dari kalian mencelupkan jarinya ke laut, maka lihatlah apa yang tersisa di jarinya ketika ia angkat kembali dari laut?"
  15. "Ciptakan sebuah kehidupan yang terasa baik di dalam, bukan hanya yang terlihat bagus dari luar."
  16. "Hal terbaik dalam hidup selalu datang bersama dengan kesabaran."
  17. "Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang yang sedang tidur? Dia merasakan kesenangan di dalamnya selama beberapa saat, dan kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan." - Hasan Al-Bashri
  18. "Hidup ini penuh dengan pasang surut. Jadi, tetaplah bersyukur saat berada di puncak dan penuh harapan saat berada di posisi terendah."
  19. "Khawatirlah dengan kehidupan kamu yang selanjutnya (akhirat), bukan kehidupan yang sekarang ini."
  20. "Dunia ini seperti air asin, semakin kamu meminumnya, semakin kamu merasakan haus."
Itulah 60 nasihat Islami tentang kehidupan yang menyentuh hati, dan bisa menjadi sebuah nasihat bijak untuk kalian dalam sebuah kehidupan.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI