62 Kata-Kata Menguatkan Hati yang Penuh Makna, Jadi Penenang Saat Sedih

Kamis, 11 Maret 2021 12:44 Penulis: Nurul Wahida
62 Kata-Kata Menguatkan Hati yang Penuh Makna, Jadi Penenang Saat Sedih
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Setiap orang memiliki perjalanan hidup berbeda baik pahit ataupun manis. Dalam hal ini, saat tengah terjatuh, mendapat support dari orang terdekat begitu berarti buat kalian. Namun, lewat kata-kata menguatkan hati ternyata juga bisa membantu kalian kuat menghadapi masalah dan persoalan hidup.

Tidak dapat dipungkiri kehidupan tak selalu berjalan mulus seperti kehendak manusia. Layaknya roda yang berputar ada saatnya seseorang mencapai puncak teratas atau justru paling bawah.

Namun perlu diketahui bahwa usaha dan upaya untuk tetap kuat serta bangkit perlu kalian pertahankan saat persoalan hidup menerpa. Sebab itulah, dari persoalan yang datang, kalian bisa mengambil pelajaran berharga serta membuat diri sendiri lebih kuat serta tidak mudah putus asa.

Dukungan dari orang terdekat baik keluarga dan sahabat bisa menguatkan kalian agar tetap semangat. Selain dukungan orang terdekat, kalian bisa mendapatkan motivasi semangat dari kata-kata menguatkan hati.

Sebab, kata-kata menguatkan hati mengandung makna mendalam tentang suatu persoalan yang relate banget dengan kehidupan kalian. Adapun kata-kata menguatkan hati yang penuh makna dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut kata-kata menguatkan hati telah dirangkum Kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Kata-Kata Menguatkan Hati yang Penuh Makna

Kata-kata menguatkan hati yang penuh makna di bawah ini mungkin cukup relate dengan kehidupan kalian. Sebab, kata-kata menguatkan hati mengandung makna mendalam tentang beragam persoalan hidup baik asmara, karir, atau keluarga. Adapun kata-kata menguatkan hati sebagai berikut.

1. Tetaplah menaruh harapan, meskipun segala yang kamu hadapi tampak mustahil. Karena jika kamu berhenti berharap, maka detik itu pula, hidupmu akan mati.

2. Kehidupan terus berjalan, sadar atau tidak, kita semakin jauh meninggalkan masa lalu. Jangan pernah bimbang mengambil pilihan.

3. Tetaplah berharap, meskipun kadang harapan itu nampak kosong. Yakinlah di balik hujan ada pelangi, begitu juga dengan harapan yang akan hadir di saat yang indah.

4. Setiap orang punya jatah untuk jatuh, tetapi mereka terkadang tidak menyadari jika mereka juga punya hak untuk bangkit dan jauh lebih sukses dari sebelumnya.

5. Selama masih ada impian, harapan akan selalu ada. Selama masih ada harapan, kebahagiaan pasti kita dapatkan.

6. Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yg salah, dan teruslah melangkah.

7. Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit.

8. Cobaan adalah cara Tuhan membuat diri kita menjadi pribadi yang lebih sabar dan kuat.

9. Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup.

10. Masalah, adalah ujian pendewasaan. Tidak ada alasan menyalahkan orang lain, benahi diri sendiri dan jadilah pribadi yang dewasa.

11. Ketika Tuhan mendorongmu ke ujung, Percaya sepenuhnya kepadanya karena hanya dua hal yang bisa terjadi. Entah Dia akan menangkapmu atau Dia akan membuatmu belajar terbang.

12. Percayalah kepada Tuhan ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti yang kamu inginkan. Tuhan telah merencanakan sesuatu yang lebih baik untukmu.

13. Setiap napas baru yang Tuhan izinkan untuk kamu ambil bukan hanya berkah, tetapi juga tanggung jawab.

14. Jangan pernah menyerah dan berusaha lari, tapi hadapilah cobaan yang ada di depan kita dengan sabar.

15. Menulis itu baik, berpikir lebih baik. Kebijaksanaan itu baik, sabar lebih baik. - Hermann Hesse

 

 

2. Kata-Kata Menguatkan Hati yang Menenangkan

Seperti diketahui, terkadang support dari orang terdekat cukup menenangkan hati kalian ketika menghadapi persoalan tertentu. Menariknya, lewat kata-kata menguatkan hati juga bisa sejenak menenangkan perasaan kalian. Adapun sejumlah referensi kata-kata menguatkan hati yang menenangkan sebagai berikut.

16. Jangan membenci mereka yang mengatakan hal buruk tuk menjatuhkanmu, karena merekalah yang buatmu semakin kuat setiap hari.

17. Selalu lakukan kebaikan dengan cara terbaik. Karena dengan cara itulah kedamaian akan tercipta.

18. Ketika sedang jatuh, jangan lupa untuk tersenyum. Karena senyuman kamu merupakan kekuatan untuk diri kamu sendiri, bahkan orang lain.

19. Kecantikan sebenarnya bukanlah dari wajah, tapi kecantikan sebenarnya adalah dari Hati.

20. Jangan terus menerus bersedih atas apa yang menimpa, hidup adalah perputaran, hadapi dengan senyuman.

21. Bersedih hanya akan membuatmu semakin terkurung dan tenggelam di dalam pikiranmu sendiri.

22. Tak ada sesuatu yang tidak mungkin, hanya saja, ketika kita tak berhenti dan menyerah terhadap semua yang menimpa.

23. Jika tidak ada pundak untuk bersandar, setidaknya masih ada lantai untuk bersujud.

24. Masalah tidak akan menjadi rumit jika kamu bisa menyikapinya dengan sabar dan dengan kelapangan hati.

25. Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini. - Ali bin Abi Thalib

26. Tidak penting apa yang orang lain pikirkan tentang dirimu. Tetapi apa yang lebih penting ialah apa yang kita pikirkan tentang diri kita dan orang lain.

 

3. Kata-Kata Menguatkan Hati yang Bijak

Sejumlah kata-kata menguatkan hati yang bijak di bawah ini bisa menginspirasi kalian untuk lebih bijak menghadapi persoalan tertentu. Berikut ini beberapa referensi kata-kata menguatkan hati yang bijak.

27. Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan teruslah melangkah.

28. Hidup tak pernah lepas dari masalah, karena masalah adalah salah satu cara Tuhan menjadikanmu pribadi yang lebih kuat dan dewasa.

29. Terkadang, kamu berpikir seseorang telah berubah tanpa kamu menyadari hal itu terjadi karena dia mulai bersikap dewasa.

30. Tidak semua akan kita dapatkan jawabannya sekarang, beberapa jawaban bisa jadi disimpan sebagai kejutan di masa depan.

31. Kadang lupa, jika terlalu banyak orang di luar sana yang lebih menyakitkan daripada kondisi yang kita alami, namun tetap berjuang tanpa henti.

32. Orang yang merasa bahagia adalah orang yang menerima semua takdir dari Tuhan dengan senang hati.

33. Tersenyumlah dalam situasi apapun, tanpa disadari senyum itu yang akan menguatkanmu.

34. Hidup bukan tentang mendapatkan apa yang kamu inginkan, tetapi tentang menghargai apa yang kamu miliki, dan sabar menanti yang akan menghampiri.

35. Kunci kedamaian hidup sebenarnya sederhana ialah dengan menjalaninya, menikmatinya dan mensyukuri setiap perihal yang ada.

36. Kehidupan adalah serangkaian pelajaran yang harus dialami untuk dimengerti.

37. Ketika dalam sebuah perjuangan terdapat tantangan yang besar, berarti keberhasilan yang menanti juga lebih besar.

38. Orang yang tidak takut kelihatan sedih, malah akan menjadi bahagia. Orang yang takut kelihatan sedih, sangat beresiko merasakan sedih. Intinya adalah rasa syukur.

39. Ketika hidup memberimu seratus alasan untuk sedih dan menangis, perlihatkan pada hidup bahwa kamu memiliki sejuta alasan untuk tersenyum dan tertawa.

 

 

4. Kata-Kata Menguatkan Hati Agar Tetap Semangat

Tidak dapat dipungkiri ketika hati dan perasaan tengah sedih, terkadang membuat kalian merasa patah semangat. Selain mendapatkan support dari orang terdekat, kalian juga bisa memperoleh semangat dari kata-kata menguatkan hati. Sebab kata-kata menguatkan hati di bawah ini bisa memotivasi kalian agar tetap bangkit dan semangat menghadapi persoalan hidup.

40. Ketika kamu jatuh, jangan tetap di bawah. Jatuh bukan berarti kalah, itu hanya berarti kamu harus bangkit dan kembali mencoba.

41. Kegagalan dalam hidup merupakan salah satu proses untuk menuju sukses.

42. Mimpi yang dilangitkan tak akan pernah turun ke bumi. Dia akan terus membersamai orang-orang yang berusaha tanpa kenal lelah.

43. Berusahalah sekuat dan semampu yang kita bisa, katakan pada hati kita bahwa harapan kita tak akan pernah mati.

44. Yakin membuat segalanya menjadi mungkin, harapan membuat segalanya menjadi indah.

45. Tidak masalah seberapa sering engkau jatuh, yang terpenting adalah seberapa cepat engkau bangkit.

46. Tidak ada kata yang salah dari menang dan kalah. Yang salah adalah ketika kita mengharapkan kemenangan tanpa mau berjuang.

47. Perjuangan itu bukan proses penderitaan menuju tujuan, tapi proses memantaskan diri untuk meraih tujuan.

48. Saat kamu melakukan sesuatu dan gagal, kamu mendapatkan hikmah. Jika tidak melakukan apa-apa artinya kamu kalah oleh rasa takut.

49. Tetaplah berwibawa. Tak angkuh dan tak jumawa. Meski terkadang diri harus kecewa, sebab ia tengah dididik untuk jadi istimewa.

50. Manusia yang berusaha. Tuhan yang menentukan. Tetapi, tentu jangan cepat putus harapan. Karena, segala sesuatu yang diusahakan percaya akan menemui keberhasilan. Asalkan, kita tetap yakin dengan keadilan Tuhan.

51. Jangan pernah lelah dengan mimpi, jika tidak terpenuhi. Ketakutan akan kegagalan seharusnya tidak menghalangimu dari jalan kepercayaan diri.

52. Jika saya tidak bisa melakukan hal-hal besar, saya bisa melakukan hal-hal kecil dengan cara yang hebat. - Martin Luther King Jr

53. Bekerja keraslah, bermimpilah lebih besar dan jadilah yang terbaik.

 

 

5. Kata-Kata Menguatkan Hati Saat Galau

Kata-kata menguatkan hati saat galau dapat mewakili perasaan kalian yang tengah sedih, kecewa, ataupun marah. Berikut ini sejumlah kata-kata menguatkan hati saat galau yang dapat dijadikan referensi.

54. Jika hati telah diberikan sepenuh pasrah, maka yang tersisa hanya takdir di ujung kisah.

55. Sabarlah, tidak semua hal bisa kamu selesaikan sendiri. Untuk hal-hal di luar jangkauanmu, kamu harus belajar sabar dan merelakannya.- Wuwun Wiati

56. Tapi sungguh, siapa pun yang sabar dan tekun akan mekar seperti bunga, akan indah seperti purnama dan menakjubkan seperti kupu-kupu. - Tere Liye

57. Tetaplah tegar meski yang lain berguguran. Tetaplah tersenyum meskipun perjuangan ini terasa pahit dan berliku. - Dhiya Zafira

58. Ketika kamu menetapkan pikiran untuk mencapai sesuatu, kamu harus memberi kesempatan dirimu sendiri untuk menyelesaikannya.

59. Tinggalkan pikiran yang membuatmu lemah, dan peganglah pikiran yang memberi kekuatan bagimu.

60. Jangan takut akan perubahan. Kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun kita akan peroleh sesuatu yang lebih baik lagi.

61. Lebih baik menjaga apa yang ada di tangan kita, daripada mengejar apa yang ada di tangan orang lain.

62. Cintailah dirimu terlebih dahulu dan semua hal lainnya menjadi sejalan. Kamu benar-benar harus mencintai diri sendiri untuk menyelesaikan apa pun di dunia ini. - Lucille Ball

Nah itulah 62 kata-kata menguatkan hati yang penuh makna, jadi penenang hati. Sejumlah kata-kata menguatkan hati di atas dapat mewakili perasaan kalian ketika berada pada situasi sedih, kecewa, ataupun patah semangat.

Sumber: Brilio.net, liputan6.com

 

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI