105 Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat dari Hati Terdalam, Menyentuh dan Mengharukan

Kamis, 24 Juni 2021 13:55 Penulis: Anik Setiyaningrum
105 Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat dari Hati Terdalam, Menyentuh dan Mengharukan
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Mungkin kalian pernah mendengar sebuah pepatah yang mengatakan bahwa setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan. Pepatah tersebut bisa dikatakan benar, tapi tak banyak orang yang benar-benar menyadarinya. Oleh karena itu, kalian sering tak siap ketika harus mengucapkan kata-kata perpisahan untuk sahabat.

Saat waktu kebersamaan hampir habis, seperti saat menjelang kelulusan sekolah, kalian perlu menyiapkan kata-kata perpisahan untuk sahabat. Selain untuk mengungkapkan perasaan, ucapan selamat tinggal juga bisa jadi bumbu untuk momen mengharukan.

Selain itu, kalian juga bisa menyampaikan doa baik serta harapan untuk bertemu kembali melalui kata-kata perpisahan untuk sahabat. Jika kalian masih bingung harus memilih ucapan seperti apa, langsung saja simak beberapa contoh yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

 

 

 

1. Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat dari Hati Terdalam

Mengucapkan kata-kata perpisahan untuk sahabat harus diikuti dengan ketulusan. Doa dan harapan yang disampaikan dengan sungguh-sungguh akan membuat momen perpisahan kalian lebih bermakna.

1. "Mengucapkan selamat tinggal tidak berarti apa-apa. Waktu kebersamaan kitalah yang berarti, bukan bagaimana kita berpisah." - Trey Parker

2. "Ketika seorang teman pergi jauh, kamu terus bergerak maju. Namun, ketika seorang sahabat yang berpisah darimu, bagian dari hidupmu ikut menghilang." - Misti Hemlock

3. "Ruang hati tak lagi bernyanyi. Berubah sepi nan sunyi sejak dia pergi. Sisa penyesalan masih ada di sudut hati. Kenangannya pun belum hilang dalam ingatan ini." - Massbow

4. "Yang hilang bukan kabarnya, tetapi perasaannya yang tidak lagi sama."

5. "Waktu tidak membuatku lupa akan dirimu. Waktu hanya membuatku terbiasa tanpa dirimu."

6. "Aku akan datang kepadamu sebagai hujan dan aku juga akan datang menghampirimu sebagai salju pertama." - Goblin

7. "Perpisahan, semanis apa pun, seindah apa pun, tetaplah berpisah. Ada cerita yang sejak detik itu harus berubah menjadi kenangan."

8. "Perpisahan bukan berarti tidak akan berjumpa kembali, perpisahan hanyalah nasihat supaya keakraban tetap terjalin ketika bertemu kembali."

9. "Selamat tinggal, sahabatku. Kutahu aku tidak akan pernah bertemu denganmu lagi. Tapi, kenangan kebersamaan kita akan menghilangkan air mata ini." - Linda Ronstadt

10. "Tidak ada perpisahan di antara kita. Di manapun kamu berada, kamu akan selalu di hatiku." - Mahatma Gandhi

11. "Manusia merencanakan pertemuan, namun Tuhan yang menentukan jika akhirnya harus ada perpisahan, tidak ada yang harus disesali."

12. "Karena sesungguhnya berpisah itu tidak sepenuhnya berpisah, hanya jarak yang memisahkan."

13. "Tidak ada jarak tempat atau selang waktu yang dapat mengurangi persahabatan. Persahabatan benar-benar diyakinkan akan nilai satu sama lain."

14. "Kawanku, selamat menjalani aktivitasmu yang jauh di sana, jangan lupa selalu ingatkan dan ingatlah aku untuk selama-lamanya."

15. "Sakitnya perpisahan itu bukanlah apa-apa dibandingkan kebahagiaan saat bertemu lagi."

 

 

 

2. Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat yang Menyentuh Hati

Tanpa menciptakan momen haru secara sengaja, mungkin kalian sudah akan menitikan air mata saat harus berpisah dengan orang terdekat. Namun, doa dan harapan baik harus tetap disampaikan agar kalian makin cemerlang pada pertemuan yang akan datang.

16. "Jangan merasa kecewa dengan ucapan selamat tinggal. Sebuah perpisahan itu penting sebelum kamu bisa bertemu lagi. Dan sebuah pertemuan adalah hal yang pasti kalau kalian memang berteman." - Richard Bach

17. "Banyak orang akan masuk dan keluar dari hidupmu, tapi hanya sahabat sejati yang akan meninggalkan jejak dalam hatimu." - Eleanor Roosevelt

18. "Tidak ada perpisahan di antara kita. Ini hanya persoalan jarak yang memisahkan kita."

19. "Mengucapkan selamat tinggal tidak berarti apa-apa. Waktu kebersamaan kitalah yang berarti, bukan bagaimana kita berpisah." - Trey Parker

20. "Ketika seorang teman pergi jauh, kamu terus bergerak maju. Namun, ketika seorang sahabat yang berpisah darimu, bagian dari hidupmu ikut menghilang." - Misti Hemlock

21. "Semoga sukses untuk perjalananmu selanjutnya. Kamu akan selalu menjadi bagian dari kami. Kami akan merindukanmu."

22. "Kamu adalah kritikus terbaikku, teman yang jujur, rekan se-tim yang handal dan bisa diandalkan. Selamat tinggal dan tetap berhubungan."

23. "Tanpa rekan kerja yang menyenangkan sepertimu, kantor akan terasa membosankan dan sepi. Selamat tinggal teman, kami akan merindukanmu."

24. "Menjadi partner kerjamu adalah salah satu pengalaman professional dalam karierku. Sampai jumpa sahabat."

25. "Lanjutkan perjuanganmu dan raihlah impianmu yang selama ini selalu kamu ceritakan padaku. Sekarang sudah tiba waktunya kita berpisah, selamat jalan wahai sahabatku. Dirimu akan selalu melekat didalam diriku."

26. "Meski jarak ada di antara kita, kita tidak pernah merasa jauh karena persahabatan tidak diukur dengan jarak, melainkan hati."

27. "Sahabat yang baik tidak pernah mengatakan selamat tinggal. Mereka hanya mengucapkan sampai jumpa lagi."

28. "Bersenang-senang dan berbahagia di sini tidak akan mudah tanpa orang hebat sepertimu. Aku pasti akan merindukanmu."

29. "Persahabatan sejati adalah ketika kamu harus melihat sahabatmu pergi dan mengetahui kamu tidak akan melihatnya lagi. Tapi, kamu tahu ia akan selalu berada di dalam hati dan pikiranmu selamanya."

30. "Dari lubuk hatiku yang terdalam, aku ingin mengucapkan terima kasih karena telah menjadi sahabat terbaikku. Semoga perjalananmu mewujudkan mimpi baru akan tercapai."

31. "Setiap ada pertemuan pasti ada juga perpisahan, tetapi dengan perpisahan tersebut bukan menjadi alasan untuk kita saling melupakan."

32. "Selamat tinggal hanya untuk mereka yang mencintai dengan mata mereka karena bagi mereka yang mencintai dengan hati dan jiwa, tidak ada yang namanya perpisahan."

 

 

 

3. Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat Bahasa Inggris

Kata-kata perpisahan untuk sahabat bisa kalian sampaikan dengan bahasa Inggris. Itu akan menjadi hal yang bermakna jika kalian memang menggunakan bahasa tersebut dalam keseharian. Sebagai referensi, silakan simak beberapa kutipan berikut ini.

33. "We laughed until we had to cry, we loved right down to our last goodbye, we were the best." - St. Elmo's Fire

(Kami tertawa sampai kami harus menangis, kami mencintai sampai perpisahan terakhir kami, kami adalah yang terbaik.)

34. "A farewell is necessary before we can meet again, and meeting again, after moments or a lifetime, is certain for those who are friends." - Richard Bach

(Perpisahan diperlukan sebelum kita bisa bertemu lagi, dan bertemu lagi, setelah beberapa saat atau seumur hidup, pasti bagi mereka yang berteman.)

35. "No distance of place or lapse of time can lessen the friendship of those who are thoroughly persuaded of each other's worth." - Robert Southey

(Tidak ada jarak tempat atau selang waktu yang dapat mengurangi persahabatan mereka yang benar-benar yakin akan nilai satu sama lain.)

36. "Can miles truly separate you from friends? If you want to be with someone you love, aren't you already there?" - Richard Bach

(Bisakah miles benar-benar memisahkan Anda dari teman? Jika Anda ingin bersama seseorang yang Anda cintai, bukankah Anda sudah ada di sana?)

37. "May the road rise up to meet you, may the wind be ever at your back. May the sun shine warm upon your face and the rain fall softly on your fields. And until we meet again, may God hold you in the hollow of his hand." - Blessing

(Semoga jalan naik untuk menemuimu, semoga angin selalu di belakangmu. Semoga matahari bersinar hangat di wajahmu dan hujan turun dengan lembut di ladangmu. Dan sampai kita bertemu lagi, semoga Tuhan menahanmu di lubang tangannya.)

38. "You have been my friend. That in itself is a tremendous thing." - E.B. White

(Kamu telah menjadi temanku. Itu sendiri adalah hal yang luar biasa.)

39. "Great is the art of beginning, but greater is the art of ending." - Henry Wadsworth Longfellow

(Hebat adalah seni memulai, tetapi lebih besar adalah seni mengakhiri.)

40. "Be well, do good work, and keep in touch." - Garrison Keillor

(Baik-baik saja, lakukan pekerjaan dengan baik, dan tetap berhubungan.)

41. "This is the beginning of anything you want." - Unknown

(Ini adalah awal dari apa pun yang Anda inginkan.)

42. "Thank you for everything that you've accomplished so far, and good luck to everything you will in the future." - Unknown

(Terima kasih atas semua yang telah Anda capai sejauh ini, dan semoga sukses untuk semua yang Anda inginkan di masa depan.)

43. "Having awesome colleagues is a bad habit, because it’ll be impossible to work with someone else now that you're leaving. Goodbye." - Unknown

(Memiliki rekan kerja yang luar biasa adalah kebiasaan buruk, karena tidak mungkin bekerja dengan orang lain sekarang setelah Anda pergi. Selamat tinggal.)

44. "So, old friends, now it's time to start growing up, taking charge, seeing things as they are, facing facts, not escaping them, still with dreams, just reshaping them, growing up." - Stephen Sondheim

(Jadi, teman-teman lama, sekarang saatnya untuk mulai tumbuh, mengambil alih, melihat segala sesuatu sebagaimana adanya, menghadapi fakta, tidak melarikan diri, masih dengan mimpi, hanya membentuk kembali mereka, tumbuh dewasa.)

45. "They must often change, who would be constant in happiness or wisdom." - Confucius

(Mereka harus sering berubah, siapa yang akan konstan dalam kebahagiaan atau kebijaksanaan.)

46. "Every new beginning comes from some other beginnin's end." - Semisonic

(Setiap awal baru datang dari akhir beberapa awal lainnya.)

47. "Farewell! God knows when we shall meet again." - William Shakespeare

(Perpisahan! Tuhan tahu kapan kita akan bertemu lagi.)

48. "It is so hard to leave-until you leave. And then it is the easiest thing in the world." - John Green

(Sangat sulit untuk pergi-sampai Anda pergi. Kemudian Anda tahu bahwa itu adalah hal termudah di dunia.)

49. "If you're brave enough to say goodbye, life will reward you with a new hello." -  Paulo Coelho

(Jika Anda cukup berani untuk mengucapkan selamat tinggal, hidup akan menghadiahi Anda dengan halo baru.)

50. "Goodbyes make you think. They make you realize what you've had, what you've lost, and what you've taken for granted." - Ritu Ghatourey

(Perpisahan membuatmu berpikir. Perpisahan membuatmu menyadari apa yang telah kamu miliki, apa yang telah hilang, dan apa yang telah kamu terima begitu saja.)

51. "It's sad, but sometimes moving on with the rest of your life, starts with goodbye." - Carrie Underwood

(Menyedihkan, tetapi terkadang melanjutkan sisa hidup Anda, dimulai dengan selamat tinggal.)

52. "Don't cry because it's over. Smile because it happened." - Dr. Seuss

(Jangan menangis karena ini sudah berakhir. Tersenyumlah karena itu terjadi.)

53. "Goodbyes, they often come in waves." - Jarod Kintz

(Selamat tinggal, mereka sering datang bergelombang.)

54. "Goodbye always makes my throat hurt." - Charlie Brown

(Selamat tinggal selalu membuat tenggorokanku sakit.)

 

 

 

4. Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat untuk Bertemu lagi

Setiap menghadapi perpisahan dengan orang terdekat, pasti muncul harapan agar bisa bertemu lagi. Kalian bisa menyampaikan harapan tersebut sebagai sebuah komitmen melalui kata-kata perpisahan untuk sahabat berikut ini.

55. "You and I will meet again, When we're least expecting it, One day in some far off place, I will recognize your face, I won't say goodbye my friend, For you and I will meet again." - Tom Petty

(Kamu dan aku akan bertemu lagi, Ketika kita tidak mengharapkannya, Suatu hari di suatu tempat yang jauh, aku akan mengenali wajahmu, aku tidak akan mengucapkan selamat tinggal temanku, Karena kamu dan aku akan bertemu lagi.)

56. "Never say goodbye because goodbye means going away and going away means forgetting." - J.M. Barrie (Peter Pan)

(Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal karena selamat tinggal berarti pergi dan pergi berarti melupakan.)

57. "It's time to say goodbye, but I think goodbyes are sad and I'd much rather say hello. Hello to a new adventure." - Ernie Harwell

(Sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal, tapi saya pikir perpisahan itu menyedihkan dan saya lebih suka menyapa. Halo untuk petualangan baru.)

58. "Saying goodbye doesn't mean anything. It's the time we spent together that matters, not how we left it." - Trey Parker

(Mengucapkan selamat tinggal tidak berarti apa-apa. Yang penting adalah waktu yang kita habiskan bersama, bukan bagaimana kita meninggalkannya.)

59. "The pain of parting is nothing to the joy of meeting again." - Charles Dickens

(Rasa sakit karena perpisahan tidak sebanding dengan kebahagiaan bertemu lagi.)

60. "There are no goodbyes for us. Wherever you are, you will always be in my heart." - Mahatma Gandhi

(Tidak ada kata selamat tinggal untuk kita. Dimanapun kamu berada, kamu akan selalu ada di hatiku.)

61. "We'll meet again, don't know where, don't know when, but I know we'll meet again, some sunny day." - Vera Lynn

(Kita akan bertemu lagi, tidak tahu di mana, tidak tahu kapan, tapi aku tahu kita akan bertemu lagi, suatu hari yang cerah.)

62. "Good friends never say goodbye. They simply say 'see you soon.'"

(Teman baik tidak pernah mengucapkan selamat tinggal. Mereka hanya mengatakan 'sampai jumpa.)

 

 

5. Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat Semasa Sekolah

Masa-masa sekolah bisa jadi salah satu momen terseru dan paling membahagiakan dalam hidup. Oleh karenanya, momen perpisahan sekolah akan terasa berat bagi sebagian orang. Lantaran, pada momen tersebut setiap anak harus siap meninggalkan sekolah yang penuh kenangan dan berpisah dengan sahabat serta guru tersayang. Berikut kata-kata perpisahan untuk sahabat semasa sekolah.

63. "Kemesraan ini. Janganlah cepat berlalu. Kemesraan ini. Ingin kukenang selalu." -Iwan Fals, Kemesraan

64. "Beberapa orang tinggal untuk sementara waktu, meninggalkan jejak di hati kita”

65. "Perpisahan bukanlah akhir dari kehidupan. Tetapi, langkah awal seberapa kuat kita meneruskan kehidupan ini tanpanya."

66. "Perpisahan membawa pelajaran dan pengalaman."

67. "Saat dua orang yang bukan teman berdekatan, tak akan ada pertemuan. Saat ada dua orang yang berteman berjauhan, tak akan ada perpisahan."

68. "Jika aku tahu perpisahan sesakit ini, aku lebih memilih untuk tidak mengenalmu sama sekali."

69. "Perpisahan bukan berarti berhenti menyatukan hati, meski tidak ada di satu tempat."

70. "Jika pertemuan adalah awal dari perpisahan, maka perpisahan adalah awal dari keindahan dalam pertemuan yang selanjutnya."

71. "Setiap tetes air mata yang tertumpah di hari ini, akan menjadi saksi atas jalinan erat yang selama ini kita simpul seerat-eratnya."

72. "Perpisahan ini hanyalah jeda buat mengakrabkan kita pada saat bertemu kembali."

73. "Sebuah perpisahan bukanlah akhir dari kehidupan. Karena hal itu adalah perpindahan menuju sebuah keabadian."

74. "Perpisahan terkadang menyadarkan kita betapa berartinya seseorang setelah dia pergi."

75. "Tidak ada kata yang pantas terucap kecuali kata selamat jalan dan selamat menjalani kisah yang sesungguhnya."

76. "Kelulusan itu seperti hari pembalasan. Kamu akan dinilai berdasarkan apa yang sudah kamu tanam."

77 "Tiada masa paling indah masa-masa di sekolah, tiada kisah paling indah kisah kasih di sekolah."

78. "Kemarin membawa awal, esok membawa akhir, meskipun kita di suatu tempat yang berbeda, kita menjadi sahabat sejati."

79. "Janganlah terus meratapi perpisahan ini, bangunlah dari kesedihanmu sobat, lihatlah orang-orang yang ada di sekelilingmu. Mereka siap menuntunmu ke jalan kebahagiaan yang lainnya."

80. "Tidak seorang pun siap dengan perpisahan, namun setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan."

 

6. Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat Bijak

Perpisahan sejatinya tak sekadar momen menyedihkan. Lebih dari itu, perpisahan juga mengajarkan banyak hal bijak, khususnya tentang bagaimana menghargai keberadaan dan kebersamaan dengan orang lain. Berikut kata-kata perpisahan untuk sahabat dengan pesan bijak.

81. "Sahabat selamat melanjutkan langkahmu, selamat berjumpa lagi di tangga kesuksesan, dalam senyum yang lebih indah."

82. "Meninggalkan segala kenangan yang telah kita buat bersama itu berat."

83. "Bahkan jika kita tidak bisa bersama pada akhirnya, aku senang kamu menjadi bagian dari hidupku."

84. "Meski jarak ada di antara kita, kita tidak pernah merasa jauh. Karena persahabatan tidak diukur dengan jarak, melainkan hati."

85. "Kau telah menjadi sahabatku. Hal tersebut sudah menjadi hal yang luar biasa." - E. B. White, Charlotte’s Web

86. "Renungkanlah setiap detik penuh makna, setiap menit diiringi canda tawa, kini waktu telah memisahkan kita. Semoga persahabatan kita selalu terjaga selamanya."

87. "Perpisahan semanis apapun, seindah apapun, tetaplah perpisahan. Ada cerita yang sejak detik itu harus berubah menjadi kenangan."

88. "Ingat aku dengan senyum dan tawa, untuk itulah aku akan mengingatmu."

89. "Seolah takdir, perpisahan memang ada supaya kita bisa menghargai suatu pertemuan dan kebersamaan."

90. "Aku merasa sangat beruntung bisa mengenal seseorang yang begitu sulit bagiku untuk mengucapkan selamat tinggal."

91. "Kita telah bersama begitu lama sehingga aku tidak pernah berpikir betapa sulitnya untuk mengucapkan selamat tinggal."

92. "Meski jarak ada di antara kita, kita tidak pernah merasa jauh. Karena persahabatan tidak diukur dengan jarak, melainkan hati."

93. "Sahabat, perpisahan ini juga bukan akhir dari pertemuan kita. Pasti, kita kan bertemu lagi suatu hari lagi, so all give me five."

94. "Perpisahan yang memang disengaja sebagai momentum untuk bertemu kembali akan terasa sangat bermakna dan indah sekali."

95. "Karena kamu telah menjadi sahabatku dan hal itu menjadi luar biasa untukku."

97. "Perpisahan mengajarkan kita untuk menghargai bahwa setiap detik kebersamaan adalah anugerah yang tidak boleh disia-siakan."

98. "Perpisahan diciptakan Allah agar menjadikan pertemuan kembali terasa lebih indah."

99. "Persahabatan sejati adalah ketika kamu harus melihat sahabatmu pergi dan mengetahui kamu tidak akan melihatnya lagi. Tapi kamu tahu ia akan selalu berada di dalam hati dan pikiranmu selamanya."

100. "Sesungguhnya perpisahan dengan sahabat akan menjadikan momentum pertemuan menjadi sangat indah."

KLovers, itulah kata-kata perpisahan untuk sahabat yang bisa kalian baca untuk bersiap menyongsong berakhirnya sebuah kebersamaan.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI