98 Kata-Kata Perpisahan Sedih dan Haru untuk Orang Spesial

Selasa, 25 Mei 2021 12:22
98 Kata-Kata Perpisahan Sedih dan Haru untuk Orang Spesial
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Perjumpaan dan perpisahan menjadi dua hal yang tak bisa dipisahkan. Meski tak diinginkan untuk terjadi, perpisahan sering kali terjadi secara begitu saja. Bagaimanapun perpisahan memang menjadi hal yang sangat berat dan menyedihkan. Terlebih, jika perpisahan yang dialami dengan seseorang yang sangat berarti di kehidupan kita. Kata-kata perpisahan bisa jadi pilihan untuk mengungkapkan kesedihan itu.

Kata-kata perpisahan bukan saja cocok untuk ungkapkan kesedihan. Lewat kata-kata ini, kita juga bisa menyampaikan seberapa berharganya sosok orang tersebut di kehidupan kita. Dengan begitu, perpisahan bisa dilalui dengan perasaan yang lebih ikhlas dan melegakan.

Untuk kalian yang sedang dilanda galau karena perpisahan, berikut sejumlah kata-kata perpisahan yang mungkin saja bisa mewakili perasaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Kata-Kata Perpisahan Penuh Kesedihan

Setiap orang yang saling menyayangi pasti ingin selamanya bisa tinggal bersama. Oleh sebab itu, perpisahan jadi salah satu hal yang paling tidak pernah diharapkan siapapun. Terlebih, perpisahan acap kali hanya menyisakan duka dan kesedihan yang mendalam. Berikut ini beberapa kata-kata perpisahan yang bisa tunjukkan kesedihan mendalam.

1. "Sakitnya perpisahan itu bukanlah apa-apa dibandingkan kebahagiaan saat bertemu lagi."

2. "Beberapa orang masuk dalam kehidupan kita dan pergi dengan cepat. Beberapa tinggal untuk sementara waktu, meninggalkan jejak di hati kita."

3. "Tidak seorang pun siap dengan perpisahan, namun setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan."

4. "Perpisahan, semanis apapun, seindah apapun, tetaplah berpisah. Ada cerita yang sejak detik itu harus berubah menjadi kenangan."

5. "Perpisahan itu pasti adanya, cukup kita kenang yang selama ini kita lewati bersama. Semoga kita bahagia dengan pilihan kita masing-masing."

6. "Perpisahan itu ada, agar kita bisa menghargai sebuah pertemuan."

7. "Jika pertemuan adalah awal dari perpisahan, maka perpisahan adalah awal dari keindahan dalam pertemuan yang selanjutnya."

8. "Tersenyumlah dan berhentilah menangis, karena air mata yang engkau teteskan hanya akan membuat kaki ini sulit untuk melangkah."

9. "Perpisahan memang tak akan pernah mudah karena sifat dasar manusia ingin memiliki bukan melepaskan."

10. "Bukan bagaimana cara kita supaya tidak berpisah dengannya, melainkan bagaimana caranya supaya ketika perpisahan datang, bukan kenangan pahit yang harus dipendam."

 

 

2. Kata-Kata Perpisahan dari Tokoh Terkenal

Tokoh-tokoh terkenal sering kali membagikan petuah-petuah penting tentang kehidupan lewat kata-kata bijaknya. Begitu pula tentang perpisahan, berikut ini ada beberapa kata-kata perpisahan dari tokoh terkenal, yang mempunyai makna mendalam. Membacanya, bisa membuat kalian lebih memahami makna dari sebuah perpisahan.

1. "Tidak ada perpisahan di antara kita. Di mana pun kamu berada, kamu akan selalu ada di hatiku." - Mahatma Gandhi

2. "Mengucapkan selamat tinggal tidak berarti apa-apa. Waktu kebersamaan kitalah yang berarti, bukan bagaimana kita berpisah." - Trey Parker

3. "Ketika seorang teman pergi jauh, kamu terus bergerak maju. Namun, ketika seorang sahabat yang berpisah darimu, bagian dari hidupmu ikut menghilang." - Misti Hemlock.

4. "Jangan merasa kecewa dengan ucapan selamat tinggal. Sebuah perpisahan itu penting sebelum kamu bisa bertemu lagi. Dan sebuah pertemuan adalah hal yang pasti kalau kalian memang berteman." - Richard Bach.

5. "Perpisahan memang dibuat untuk menjadikan pertemuan kembali terasa indah sekali." - Ken Terate

6. "Berjanjilah padaku, bahwa kau kan selalu setia di sisiku. Tapi jika Tuhan tak menghendaki, dan takdir memisahkan kita. Jika suatu hari nanti kau punya anak, saat mereka melihat foto-foto kita, beritahu namaku pada mereka." - Taylor Swift

7. "Selamat tinggal hanya untuk mereka yang mencintai dengan mata mereka. Karena bagi mereka yang mencintai dengan hati dan jiwa tidak ada yang namanya perpisahan." - Rumi

8. "Harapanku untukmu adalah agar hidup ini berjalan sesuai keinginanmu. Impianmu tetap besar, kegelisahanmu selalu kecil, dan kau tak akan mendapatkan beban yang melebihi kemampuanmu." - Rascal Flatts

9. "Terkadang, pertemuan dan perpisahan terjadi terlalu cepat. Namun, kenangan dan perasaan tinggal terlalu lama." -Fiersa Besari

10. "Selama kenangan akan seorang sahabat yang kusayangi masih hidup di dalam hatiku, aku akan selalu berkata hidupku menyenangkan." - Helen Keller

11. "Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal karena selamat tinggal berarti pergi selamanya. Dan pergi selamanya berarti melupakan." - J.M. Barrie, Peter Pan

 

 

3. Kata-Kata Perpisahan Penuh Makna

Meski memilukan, perpisahan semestinya tidak saja dipandang sebagai tragedi. Sebab dari sudut pandang lain, perpisahan kerap memberikan pembelajaran hidup berharga. Memetik makna mendalam dari suatu perpisahan juga dapat membuat kita menjadi lebih bijaksana. Seperti beberapa kata-kata perpisahan yang penuh makna berikut ini.

1. "Kawanku, selamat menjalani aktivitasmu yang jauh di sana, jangan lupa selalu ingatkan dan ingatlah aku untuk selama-lamanya."

2. "Semoga sukses untuk perjalananmu selanjutnya. Kamu akan selalu menjadi bagian dari kami. Kami akan merindukanmu."

3. "Perpisahan mengajarkan kita untuk menghargai bahwa setiap detik kebersamaan adalah anugerah yang tidak boleh disia-siakan."

4. "Kemarin membawa awal, esok membawa akhir, meskipun kita di suatu tempat yang berbada, kita menjadi sahabat sejati."

5. "Semua pasti berubah, mau tidak mau. Semua pasti berpisah, ingin tidak ingin. Semua pasti berakhir, siap tidak siap."

6. "Bahkan jika kita tidak bisa bersama pada akhirnya, aku senang kamu menjadi bagian dari hidupku."

7. "Manusia merencanakan pertemuan namun Tuhan yang menentukan jika akhirnya harus ada perpisahan, tidak ada yang harus di sesali."

8. "Beberapa orang masuk kehidupan kita dan pergi dengan cepat. Beberapa tinggal untuk sementara waktu, meninggalkan jejak di hati kita."

9. "Perpisahan bukan berarti berhenti menyatukan hati meski tidak ada di satu tempat."

10. "Perpisahan itu pasti adanya, cukup kita kenang yang selama ini kita lewati bersama. Semoga kita bahagia dengan pilihan kita masing-masing."

11. "Tuhan, jangan ajarkan aku takut kehilangan. Ajarkan aku melepas tanpa penyesalan."

12. "Senja mengajarkan kita menerima sebuah perpisahan dengan jaminan pertemuan yang hangat pada esok hari."

13. "Jika sebuah perpisahan itu indah, maka katakanlah keindahan yang Anda rasakan, tapi ketika Anda menemui bahwa perpisahan itu menyakitkan, maka terdiam tanpa kata dan mengambil hikmah di balik derita adalah hal yang paling bijak yang pernah Anda lakukan."

 

 

4. Kata-Kata Perpisahan dengan Sosok Berharga

Berpisah dengan sosok paling berharga di hidup kita, tentu adalah hal yang paling berat. Namun, sayangnya perpisahan memang menjadi bagian dari takdir yang harus dijalani. Untuk menggambarkan seberapa berartinya sosok berharga tersebut di hidup kita, buatlah perpisahan kalian jadi berkesan. Salah satunya, bisa dengan memberikan kata-kata perpisahan dengan sosok berharga di bawah ini.

1. "Sahabat yang baik tidak pernah mengatakan selamat tinggal. Mereka hanya mengucapkan sampai jumpa lagi."

2. "Setiap ada pertemuan pasti ada juga perpisahan, tetapi dengan perpisahan tersebut bukan menjadi alasan untuk kita saling melupakan."

3. "Bersenang-senang dan berbahagia di sini tidak akan mudah tanpa orang hebat sepertimu. Aku pasti akan merindukanmu."

4. "Persahabatan sejati adalah ketika kamu harus melihat sahabatmu pergi dan mengetahui kamu tidak akan melihatnya lagi. Tapi kamu tahu ia akan selalu berada di dalam hati dan pikiranmu selamanya."

5. "Renungkanlah setiap detik penuh makna, setiap menit diiringi canda tawa, kini waktu telah memisahkan kita. Semoga persahabatan kita selalu terjaga selamanya."

6. "Tidak ada jarak tempat atau selang waktu yang dapat mengurangi persahabatan. Persahabatan benar-benar diyakinkan akan nilai satu sama lain."

7. "Tidak ada yang tahu saat yang tepat ketika persahabatan terbentuk, tetapi saat terlupakan yang diam-diam inilah yang menyebabkan rasa sakit ketika kita harus mengucapkan selamat tinggal."

8. "Kita sudah saling kenal sepanjang hidup kita dan sekarang kita akan berpisah. Beberapa akan mengingat dan beberapa akan saling melupakan, tetapi kita akan selalu memiliki bagian dari satu sama lain di dalam diri kita."

9. "Meski jarak ada di antara kita, kita tidak pernah merasa jauh. Karena persahabatan tidak diukur dengan jarak, melainkan hati."

10. "Ingat aku dengan senyum dan tawa, untuk itulah aku akan mengingatmu. Jika kamu hanya dapat mengingatku dalam kesedihan dan air mata, maka jangan ingat aku sama sekali.

11. "Kini kau bukan lagi milikku, kini kau telah berada di tempat yang jauh lebih baik."

 

 

5. Kata-Kata Perpisahan untuk Pacar

Sejumah kata-kata perpisahan untuk pacar di bawah ini dapat mewakili perasaan kalian karena ditinggalkan pacar. Terlebih jika kata-kata perpisahan untuk pacar berikut ini relate dengan persoalan asmara kalian dan pacar sehingga memutuskan untuk berpisah, maka dapat menjadi cara mudah menyampaikan semua isi hati.

1. "Sebuah perpisahan hanya terjadi bagi mereka yang mengaku cinta hanya melalui mata. Bagi siapa pun yang cinta dengan hati dan juga jiwanya, tidak akan pernah merasakan sebuah perpisahan."

2. "Sekarang, setiap melihatmu aku selalu tersenyum. Hati kecil ku selalu berkata 'ini dia seseorang yang dahulu selalu aku perjuangan dengan segenap jiwaku tetapi kini waktu telah berlalu dan jauh meninggalkan kita. Kamu bukan lagi milikku dan bahkan telah berada di tempat yang jauh lebih baik pula'."

3. "Terkadang Tuhan hanya mempertemukan bukan mempersatukan."

4. "Mengikhlaskan artinya merelakan dia bersama siapa pun. Sebab, akhirnya aku paham. Kita dipertemukan hanya untuk menjadi teman."

5. "Itulah cinta. Kalau kita ikhlas mempersilakannya masuk ke hati, kita harus mampu menanggung segala kebahagiaan dan luka yang diakibatkan rasa itu." - Cassandra Massardi

6. "Tidak semua yang hilang dari kita, harus kita cari kembali. Ada banyak kehilangan yang cukup kita hadapi dengan merelakan. Karena hanya dengan merelakan, kita akan mendapat pengganti yang lebih baik."

7. "Di saat namamu tak lagi disebutkan, di saat doa-doa dan harapan bukan lagi untukmu. Dan engkau terlupakan, itulah sebuah akhir, tapi tidak apa-apa. Bukankah Allah pernah memberimu waktu untuk bersamanya, waktu untuk mencoba dan berusaha."

8. "Tolong jangan bicarakan tentang kita ataupun kenangan kita, cukup ceritakan pada mereka bahwa kita hanya tinggal sebuah cerita."

9. "Hati itu mudah patah, makanya kau harus mampu menjaga dan memeliharanya. Jika tidak, dia akan sering terjatuh lagi dan lagi hingga akhirnya hancur tak tersisa, terluka dan sakit selamanya. Dan apabila kau tak mampu menyembuhkannya dia akan mati rasa dan menutup selamanya, jadi jagalah hatimu."

10. "Tidak masalah jika kamu menolak cintaku. Aku tetap akan mencintaimu, dan cintaku cukup untuk kita berdua."

11. "Mungkin aku kurang berjuang untuk mendapatkan cintamu, walaupun dirimu telah mengatakan kalau dirimu tidak mencintaiku, aku akan tetap mencintaimu."

12. "Jangan menangis karena semua itu telah usai, tersenyumlah karena hal itu terjadi." - Dr Seuss

13. "Kamu akan merindukanku dan ketika kamu merasakannya, kamu akan menyadari bahwa kamu hanya bisa menyalahkan dirimu, dan aku harap kesalahan itu membuatmu sakit, seperti rasa sakit yang kamu tinggalkan untukku." - M.V

14. "Jika kau merasa sedang berada di cerita yang salah, pergilah." - Mo Wilems.

15. "Aku tidak bisa mengkompromikan rasa hormatku untuk cintamu. Kamu dapat menjaga cintamu, aku akan menjaga rasa hormatku."

16. "Sangat menyakitkan ketika orang yang membuatmu merasa begitu spesial kemarin, membuatmu merasa sangat tidak diinginkan hari ini."

17. "Beberapa orang masuk dalam kehidupan kita dan pergi dengan cepat. Beberapa tinggal sebentar dan meninggalkan jejak di hati kita!"

 

 

6. Kata Kata Perpisahan untuk Pacar Bikin Baper

Berbicara tentang perpisahan, memang erat dengan perasaan sedih dan bikin baper. Terlebih jika kalian harus berpisah dari orang yang begitu spesial seperti pacar. Untuk itulah sejumlah kata-kata perpisahan untuk pacar yang bikin baper di bawah ini bisa dijadikan referensi yang mewakili perasaan terdalam.

1. "Karena kata hanya perantara, tak bisa seutuhnya. Biarkan rasa yang bicara dari kedalamannya, detik ini. Masih. Rindu ini, untukmu." - Moammar Eka

2. "Kamu terlalu jauh untuk tanganku memelukmu, tapi terlalu dekat bagi hatiku untuk mencintaimu." - Heraline

3. "Yang jauh hanya pijakan bukan perasaan. Yang berjarak hanyalah raga bukan rasa."

4. "Akan aku bunga semua cerita dan sisi sedih serta menyakitkan dari kisah kita. Akan aku sisakan bagian yang indah saja. Supaya suatu saat nanti aku akan tetap tersenyum dengan mengingat kisah kita ini."

5. "Kini hanyalah waktu yang akan mengerti bahwa perpisahan ini sangatlah berat. Tapi aku berharap semoga cerita cinta kita akan selalu menjadi kenangan indah dan tersimpan di memori aku dan juga kamu."

6. "Selamat tinggal sayang ku, selamat tinggal kekasihku. Kamu adalah kekasih paling baik yang pernah ada dalam hidupku."

7. "Cinta sejati tidak harus berarti menyatu, terkadang cinta sejati itu terpisah, namun tak ada yang berubah."

8. "Ada yang hanya berstatus, tapi tak saling cinta. Ada yang sudah saling cinta, tapi tak bisa bersama." - Boy Candra

9. "Melepaskan orang yang dicintai memang sungguh menyakitkan, mungkin memang tak semua yang dicintai harus dimiliki."

10. "Dunia ini memang terasa hampa tanpa cinta. Namun ketika cinta tidak lagi membuatmu bisa bersama, di situlah terasa betapa pahitnya menerima semua fakta yang ada."

11. "Biar Tuhan yang menjawab sampai kita akan bersama."

12. "Tuhan memang satu, kita yang tak sama." - Peri Cinta

13. "Apapun penjelasan dan alasannya kehilangan akan selalu terasa begitu menyakitkan."

14. "Pada akhirnya, seseorang yang bertahan akan memilih untuk merelakan. Sebab, bahagia tak datang hanya dari satu orang."

15. "Cara terbaik untuk bisa ikhlas merelakan sesuatu adalah dengan meyakini bahwa apapun yang datang pasti akan pergi."

16. "Tuhan memberikan ujian berupa kegagalan dan kehilangan pada kita untuk mengajarkan hikmah di dalamnya pada kita."

17. "Lupakanlah aku, kekasihku. Mungkin itu akan menyiksaku. Tapi tidak mengapa, karena aku ingin kamu bahagia."

18. "Maafkan jika aku harus pergi. Aku tidak suka dengan ini. Aku tidak bodoh selayaknya kekasih kamu yang lain. Terima kasih, mohon maaf, dan selamat tinggal."

 

 

7. Kata-Kata Perpisahan untuk Pacar Karena LDR

Ada beragam faktor yang menyebabkan kalian harus berpisah dari pacar salah satunya karena LDR. Meski terasa berat melepasnya, tapi demi kebaikan bersama kalian pun harus benar-benar ikhlas dan rela menjalin hubungan jarak jauh. Nah, sejumlah kata-kata perpisahan untuk pacar karena ldr berikut ini bisa menginspirasi kalian untuk mengungkapkan isi hati.

1. "Kita hanya berjarak namun bukan berpisah. Di pelukanmu sayang, aku akan pulang." - Fiersa Besari

2. "Waktu yang akan mempertemukan kita, waktu yang akan membuktikan besarnya cinta kita untuk bersama. Mereka meremehkan kita karena tidak mampu seperti kita, terpisah jarakpun masih saling setia." -Anonim

3. "Laut hanya memisahkan daratan, bukan jiwa."- Munia Khan

4. "Jika saatnya tiba, sedih akan menjadi tawa, perih akan menjadi cerita, kenangan akan menjadi guru, rindu akan menjadi temu, kau dan aku akan menjadi kita." - Fiersa Besari

5. "Untukmu, semoga jarak membuat kita dekat karena rindu, bukan justru menjauh karena jauh."

6. "Aku, kamu, dan jarak adalah tim solid yang nantinya akan membawa kisah indah bagi kita, yaitu pernikahan." - Anonim

7. "Ketahuilah, cinta: tak ada jarak yang mampu membuatku beranjak darimu."- Sam Haidy

8. "Jangan saling berjanji untuk tidak saling meninggalkan. Cukup berjanjilah untuk saling mempertahankan." - SA

9. "Untukmu yang jauh disana dan sedang aku rindukan. Semoga kau selalu dilindungi oleh Tuhan."

10. "Mari berterima kasih kepada jarak. Sebab tanpanya rinduku padamu tak akan menjejak. Pertemuan tak akan semarak. Dan aku tak akan pernah tau rasanya haru yang terisak. Saat penantian telah sampai puncak."

11. "LDR itu kaya pacaran sama hantu. Ada suaranya tapi gak ada wujudnya." 

12. "Hubungan LDR akan mudah dijalani kalau kita tidak LDR sama sekali." -Anonim

13. "Hubungan LDR mengajarkan kita tentang penderitaan, maksudnya menambah penderitaan karena kangen gitu."

14. "Kita pacaran atau tendangan jarak jauh, kok pacaran jarak jauh?"

15. "Kita ini jauh di mata, dekat di hati, berat di pulsa."

16. "Biar jarak kita jauh, aku masih bisa meluk kamu pake doa."

17. "Memang aku tak terlihat oleh matamu. Tapi coba kau tengok hatimu, di sana ada cintaku kan?

18. "LDR terjauh itu ketika Assalamualaikum dibalas dengan shalom."

Itulah di antaranya 98 kata-kata perpisahan sedih dan haru untuk orang yang spesial. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi!

 

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI