62 Kata-Kata Tentang Ikhlas dan Sabar, Penuh Kerelaan Jalani Kehidupan

Penulis: Anik Setiyaningrum

Diterbitkan:

62 Kata-Kata Tentang Ikhlas dan Sabar, Penuh Kerelaan Jalani Kehidupan
Ilustrasi (Credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Ikhlas, erat kaitannya dengan kerelaan seseorang ketika kehilangan sesuatu. Menumbuhkan rasa ikhlas penting demi mendapatkan kedamaian dalam hidup. Salah satu cara yang bisa ditempuh jika kalian ingin menumbuhkannya yaitu, dengan membaca kata-kata tentang ikhlas.

Kata-kata tentang ikhlas jika diresapi bisa membawa kalian pada kehidupan yang lebih tenang. Hal tersebut bisa terjadi karena kedamaian dan ketenangan hidup memang bersumber dari keikhlasan hati. Kalian akan menyadari bahwa yang kalian punya hari ini, bisa saja hilang di hari lain.

Nah, berikut ini terdapat kata-kata tentang ikhlas yang dirangkum dari berbagai sumber dan bisa kalian baca untuk menumbuhkan ketenangan jiwa. Selain itu, kalian jadi lebih bisa menerima keadaan dan menjauhkan diri dari rasa putus asa.

 

1. Kata-Kata Tentang Ikhlas dan Sabar

Ikhlas dan sabar merupakan hal penting dalam hidup. Dengan memiliki dua sifat tersebut, hidup akan terasa lebih ringan karena mengerti arti penerimaan. Berikut ini terdapat kata-kata tentang ikhlas yang bisa kalian baca untuk melatih diri agar lebih ikhlas dan sabar.

1. "Mengikhlaskan artinya merelakan dia bersama siapa pun. Sebab, akhirnya aku paham. Kita dipertemukan hanya untuk menjadi teman."

2. "Kadang-kadang kita cuma bisa bisa ikhlas, terima dan lanjutkan hidup. Biar kita bisa berdamai sama diri sendiri, dan hidup pasti lebih tenang." - Sheva Thalia.

3. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." - Ali bin Abi Thalib.

4. "Hal yang paling tidak kusuka dari sebuah kedatangan adalah kepergian. Sesuatu yang tidak bisa kulerai hingga harus kurelakan."

5. "Belajar untuk merelakan dan ikhlas akan membuatmu lebih dewasa dan mampu kembali menatap masa depan tanpa beban masa lalu."

6. "Semua orang yang kita kenal akan pergi. Tapi sebelum merelakan mereka pergi. Genggam mereka, sekuat yang kita bisa."

7. "Tidak semua yang hilang dari kita, harus kita cari kembali. Ada banyak kehilangan yang cukup kita hadapi dengan merelakan. Karena hanya dengan merelakan, kita akan mendapat pengganti yang lebih baik."

8. "Cara terbaik untuk bisa ikhlas merelakan sesuatu adalah dengan meyakini bahwa apapun yang datang pasti akan pergi."

9. "Pada akhirnya, seseorang yang bertahan akan memilih untuk merelakan. Sebab, bahagia tak datang hanya dari satu orang."

10. "Merelakan itu harus belajar ikhlas, belajar mengerti bahwa apa yang kita lepaskan semua untuk kebaikan."

11. "Kehilangan membuat kita belajar untuk menerima dan mensyukuri dengan apa yang masih kita miliki."

12. "Terkadang, hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk seseorang yang kamu cintai adalah melepaskannya. Bebaskan ia. Doakan kebahagiaan untuknya dan bebaskan ia. Bebaskan dirimu."

13. "Tuhan memberikan ujian berupa kegagalan dan kehilangan pada kita untuk mengajarkan hikmah didalamnya pada kita."

14. "Beberapa orang tidak akan belajar menghargaimu sampai mereka kehilangan dirimu."

15. "Tuhan menempatkan seseorang di hidupmu karena sebuah alasan. Dan jika kamu kehilangannya maka itu karena sebuah alasan yang lebih baik."

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kata-Kata Tentang Ikhlas Penuh Kerelaan

Merelakan sesuatu yang hilang dari hidup memang tidak mudah. Kalian harus berusaha sekuat tenaga untuk mencapai tingkat kerelaan yang cukup. Sebagai salah satu sumber motivasi, kalian bisa membaca kata-kata tentang ikhlas berikut ini.

16. "Saat kamu kehilangan sesuatu pastikan ada hal yang tak hilang dari dirimu. Yaitu keyakinan bahwa kamu pasti bisa mendapatkan yang lebih baik."

17. "Ketika kamu berpikiran negatif tentang sesuatu hal, maka secara tidak langsung kamu sudah merelakan beberapa hal baik untuk hilang."

18. "Terkadang kita harus merelakan sesuatu hal bukan karena kita menyerah tapi mengerti bahwa ada hal yang tidak bisa dipaksakan."

19. "Terkadang manusia harus merasakan kehilangan terlebih dahulu untuk arti mengerti sebuah kehadiran."

20. "Apapun penjelasan dan alasannya kehilangan akan selalu terasa begitu menyakitkan."

21. "Ada perbedaan yang sangat besar antara merelakan dengan ikhlas dan merelakan karena tidak memiliki pilihan. Seseorang yang mampu merelakan dengan ikhlas berarti bisa menerima semuanya dengan hati lapang, melepaskan tanpa penyesalan, dan yang terpenting, tidak berkubang dalam kesedihan." - Alexia Chen.

22. "Tidak selamanya kenangan buruk hadir untuk menyakiti, kadang itu ada untuk mengingatkan kita, bahwa proses hidup itu sungguh nyata. Lo nggak perlu susah payah menyingkirkannya, sering kali yang kita butuhkan hanyalah ikhlas." - Dini Novitasari.

23. "Semua orang meninggalkan jejak dalam ingatanmu. Tapi hanya mereka yang meninggalkan jejak di hatimulah yang akan benar-benar kau ingat." - Nicholas Sperling.

24. "Beberapa orang pergi dari kehidupanmu. Tapi bukan berarti kisahmu berakhir. Yang berakhir hanyalah bagian mereka dalam kisah hidupmu."

25. "Kukira saat cintaku untukmu mati, aku juga akan mati. Lalu cinta itu benar-benar mati. Tapi anehnya, aku tetap hidup, meski sendiri." - Rupert Brooke.

26. "Cinta tak pernah mati. Jika tak berbalas, ia akan mengalir kembali untuk melembutkan dan menyucikan hatimu." - Washington Irving.

27. "Aku pernah mencintai dan kehilangan. Lalu aku mulai percaya, semuanya baik-baik saja. Terkadang apa yang kita kira sebagai sesuatu yang terbaik hanyalah permulaan dari apa yang benar-benar baik untuk kita." - Nikki Rowe.

28. "Hidup ini selamanya indah kalau kita pandai bersyukur. Kalau kita ikhlas menerima skenario Tuhan, apa pun bentuknya." - Irene Dyah.

29. "Melihat cahaya matahari merupakan tanda bahwa Tuhan masih memberikan kita kesempatan untuk bekerja

30. "Jalan untuk mendapatkan kesuksesan memang banyak. Namun untuk mendapatkan harta yang berkah kamu perlu racikan khusus untuk itu yakni doa dan kerja keras."

 

3. Kata-Kata Tentang Ikhlas dalam Menjalani Kehidupan

Menjalani kehidupan bukan hanya soal meraih suatu pencapaian, tapi juga bisa menerima ketika kalian kehilangan. Kerelaan hati sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, kalian perlu melatihnya dengan menyimak kata-kata tentang ikhlas berikut ini.

31. "Apabila kita menginginkan hal besar terjadi di hidup kita, maka kita juga harus siap untuk melakukan perjuangan yang lebih besar juga."

32. "Lakukan segala sesuatunya dengan semaksimal mungkin, maka hasil yang akan didapatkan juga akan demikian."

33. "Segala sesuatunya akan terasa menyenangkan, apabila kita mau bersyukur dengan setiap hal-hal kecil yang sudah kita dapat."

34. "Orang yang paling kuat adalah mereka yang bisa melewati setiap cobaan yang diberikan Tuhan kepadanya."

35. "Buruh itu bukan pekerjaan hina, karena buruh memberikan mencurahkan setiap keringatnya untuk kepentingan orang lain."

36. "Kecerdasan bukan satu-satunya yang menjamin seseorang untuk sukses, semua butuh kerja keras."

37. "Keberhasilan dalam kehidupan hanya bisa didapatkan ketika seseorang mau berjuang dengan keras."

38. "Keberhasilan seseorang sangat ditentukan dari seberapa perjuangan yang mereka sudah mereka lakukan."

39. "Saat kita masih diberi kesempatan bangun di pagi hari, itu berarti Tuhan masih memberi kesempatan kepada kita untuk melakukan pekerjaan yang harus kita lakukan."

40. "Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin."

41. "Kerja ikhlas ialah membersihkan niat semata-mata untuk mencari rida Allah."

42. "Tak peduli seberapa keras kamu bekerja, tidak akan ada yang berhasil tanpa pertolongan Allah. Maka bantulah dirimu dengan meminta pertolongan kepada Allah." (Abdul Bary Yahya)

43. "Bekerja bukan sekadar masalah bagaimana mendapatkan uang, melainkan bagaimana menjadikannya sebagai jalan menuju surga Allah."

44. "Kewajiban kita hanyalah bekerja. Kewajiban rezeki ialah mengejar kita, bukan kita yang mengejar rezeki."

45. "Perhatikan bagaimana keadaan hatimu. Ikhlasnya hati akan menenangkan dirimu dalam bekerja."

46. "Berjuanglah menggapai cita-cita namun hatimu harus tetap tenang."

47. "Jadikan siang hari sebagai puncak semangat kerjamu. Malam hari sebagai puncak dari doa-doamu."

48. "Jangan pernah mengeluh karena lelah. Lelahnya seorang muslim merupakan kafarat penebus untuk dosa-dosa."

49. "Jangan lupa untuk selalu memohon rezeki dari Allah. Bekerja hanyalah upaya untuk mendapatkannya."

50. "Semoga bagimu yang bekerja lembur hingga malam hari mendapatkan anugerah dari-Nya.

 

4. Kata-kata Tentang Ikhlas dalam Bahasa Inggris

Menyimak kata-kata tentang ikhlas dalam bahasa Inggris juga bisa menjadi alternatif saat kalian berada di ambang putus asa. Dengan meresapi atau memasangnya di media sosial, bisa jadi kalian mendapat spirit untuk terus ikhlas dan sabar dalam menjalani kehidupan.

51."Don't stop when you're tired, stop when you're done." (Jangan berhenti saat Anda lelah, berhentilah saat Anda selesai).

52. "Struggle that you do today is the single way to build a better future." (Perjuangan yang kamu lakukan hari ini merupakan cara untuk membangun kualitas yang lebih baik di hari esok).

53. "Do your best at every opportunity that you have." (Lakukan yang terbaik pada semua kesempatan yang kamu miliki).

54. "Think big, and act now." (Berpikirlah besar, dan bertindaklah sekarang).

55. "Great men are not born great, they grow great." (Manusia yang hebat tidak hebat sejak lahir, tapi menjadi hebat saat ia tumbuh). - Mario Puzo, from The Godfather

56. "When you want to give up, look at back and then see how far you have climbed to reach your goal." (Ketika kamu ingin menyerah, lihatlah ke belakang dan kemudian ketahui seberapa jauh kamu telah berusaha untuk meraih tujuanmu).

57."There is no elevator to success. You have to take the stairs." (Tidak ada lift untuk mencapai kesuksesan. Kamu harus menaiki tangga).

58."It always seems impossible until it's done." (Sesuatu selalu terlihat mustahil sampai itu terselesaikan). - Nelson Mandela

59. "Change your life today. Don't gamble on the future, act now, without delay." (Ubah hidup kamu hari ini. Jangan mempertaruhkan masa depan, bertindaklah sekarang, tanpa penundaan). - Simone de Beauvoir

60. "We can succeed if we learn from mistakes." (Kita menjadi berhasil jika kita belajar dari kesalahan).

61. "There's a victory in letting go of your expectations." (Ada kemenangan dalam melepaskan harapan-harapanmu). - Mike White

62. "Some of us think holding on makes us strong; but sometimes it is letting go." (Sebagian dari kita berpikir bahwa bertahan membuat kita kuat; namun terkadang melepaskan yang membuat kita seperti itu). - Hermann Hesse

Itulah kata-kata tentang ikhlas yang bisa kalian simak dan resapi untuk mendapatkan spirit dalam menjalani kehidupan yang penuh kedamaian.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending