65 Kata-Kata Tentang Rasa Cinta, Hampa, dan Kecewa untuk Pelampiasan Penuh Makna

Selasa, 25 Mei 2021 18:22 Penulis: Anik Setiyaningrum
65 Kata-Kata Tentang Rasa Cinta, Hampa, dan Kecewa untuk Pelampiasan Penuh Makna
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Perasaan merupakan sesuatu sangat peka yang berada dalam diri seseorang. Meskipun bisa mengenali berbagai macam rasa, seseorang tak selalu bisa mengungkapkannya. Kata-kata tentang rasa memang tak mudah diungkapkan karena terkadang, seseorang tak terlalu yakin dengan yang ia rasakan.

Mungkin kalian juga pernah berusaha mengidentifikasi rasa yang bersemayam dalam dada, terasa rumit dan membingungkan. Kalian mulai tak tahan untuk mengutarakan, tapi tak segera menemukan kata-kata tentang rasa yang pas sebagai ungkapan.

Hal itu wajar, karena perasaan itu bermacam-macam. Kalian hanya perlu menimbangnya sekali lagi, jika masih merasa ragu, pertimbangkan sekali lagi, dan seterusnya. Mengukur perasaan memang tak ada batasnya, entah itu rasa cinta, benci, atau kecewa. Bahkan terkadang perbedaannya sangat tipis.

Oleh karena itu, berikut ini terdapat kata-kata tentang rasa yang dilansir dari berbagai sumber untuk kalian cocokkan dengan perasaan yang bersemayam dalam hati kalian.

 

1. Kata-Kata Tentang Rasa Cinta

Beberapa orang mungkin merasa sudah sangat mahir dalam mengatasi rasa cinta. Mengungkapkannya pun bukan hal yang sulit. Namun, bagi orang yang belum terbiasa, menemukan kata-kata tentang rasa cinta bisa bikin pusing. Nah, daripada pusing, berikut ini terdapat kata-kata tentang rasa cinta yang bisa kalian jadikan referensi.

1. "Cinta terbaik adalah jenis yang membangkitkan jiwa dan membuat kita meraih lebih banyak, yang menanam api di hati kita dan membawa kedamaian dalam pikiran kita." - Nicholas Sparks

2. "Mereka mengatakan seseorang hanya perlu tiga hal untuk benar-benar bahagia di dunia ini: seseorang untuk dicintai, sesuatu untuk dilakukan, dan sesuatu untuk diharapkan." - Tom Bodett

3. "Jangan puas dengan hubungan yang tidak akan membuatmu menjadi dirimu sendiri" - Oprah Winfrey

4. "Bahagia itu sederhana, di mana hati selalu bersyukur atas apa yang kita dapat."

5. "Cinta sejati memandang kelemahan lalu dijadikan kelebihan untuk selalu mencintai." - Bacharuddin Jusuf Habibie

6. "Merelakan, melepaskan bukan sekadar mengurai ikatan. Tetap akan ada sisa yang tertinggal. Selesaikan dan mulailah yang baru."

7. "Cinta adalah kondisi di mana kebahagiaan orang lain sangat penting untukmu sendiri." - Robert A. Heinlein

8. "Aku mencintaimu karena hal-hal gelap tertentu harus dicintai, secara rahasia, antara bayangan dan jiwa." - Pablo Neruda

9. "Sederhana dalam mencintai, ikhlas menerima kekurangan, dan setia dalam menjalin hubungan."

10. "Aku memilihmu. Dan aku akan memilihmu lagi, lagi dan lagi. Tanpa henti, tanpa ragu, dalam sekejap, aku akan terus memilihmu."

11. "Mungkin ketidaksempurnaan kita yang membuat kita begitu sempurna satu sama lain."

12. "Aku mencintaimu bukan karena siapa kamu, tetapi karena siapa aku ketika aku bersamamu."

13. "Bertemu denganmu adalah takdir, menjadi temanmu adalah pilihan, tapi jatuh cinta denganmu benar-benar di luar dayaku."

14. "Biarkan aku menunggu takdirku bersama rasa percaya yang ku bawa sebab keadaan buatku jengah dengan cinta yang semu."

15. "Rasanya jatuh cinta pun, yang kata orang sejuta rasanya, aku tak bisa merasakannya lagi. Hati aku kosong, hampa!" - Tisa T. S

 

2. Kata-Kata Tentang Rasa Hampa

Rasa hampa kerap menghampiri hati seseorang, bahkan seperti tak mengenal waktu. Dibilang senang kok ada yang mengganjal, atau bisa juga sebaliknya. Pada situasi seperti itu, kata-kata tentang rasa hampa bisa menjadi pilihan yang tepat saat kalian bingung dengan perasaan.

16. "Andai aku dapat memohon agar hidupku sempurna, kemungkinan ini sangat menggiurkan, tapi aku akan merasa hampa, karena hidup tidak lagi mengajariku apa pun." - Allyson Jones

17. "Ada satu hal yang paling nyakitin bagi cowok sehat kayak kita di dunia ini, yakni jadi jomblo hampa di tengah-tengah begitu banyaknya cewek berkualitas." - Adham T. Fusama

18. "Hari ini seperti hari lain. Kita bangun, merasa hampa dan takut. Jangan buka pintu kamar. Belajar dan mulai membaca." - Haidar Bagir

19. "Kata orang, patah hati itu hampa rasanya. Kosong. Malas melakukan aktivitas apa pun." - Viera Fitani

20. "Ketika terasa diri ini hampa, tak ada apa-apa, bagai butiran debu di tengah samudera keagungan Allah. Saat itulah rahmat Allah turun meyentuh rasa yang dapat diwakili kata." - Abdul Somad

21. "Aku melirik ibuku. Ia membalas melirikku. Ibu tersenyum hampa. Aku tahu, Ibu ingin pesawat ini jatuh. Dan kami mati. Mati bersama. Kakakku terbangun dari tidurnya yang lelap, mungkin mimpinya terganggu oleh guncangan. Ia lalu menggamit tangan ibuku. Ia juga menatapku lekat. Semoga kita mati bersama." - Bamby Cahyadi

22. "Tanpa dukungan orang lain, hidup akan terasa lebih hampa." - Primadonna Angela

23. "Sebanyak-banyaknya oksigen yang berhamburan di dunia ini, tapi kalau nggak ada diri lo dikehidupan gue, tetap aja rasanya hampa. Karena hanya lo oksigen yang bisa membuat gue bernapas dengan bahagia di dunia ini." - Vanesa Marcella

24. "Memang impian bisa jadi nyata tapi yang nyata bisa jadi hampa." - Ahmad Fuadi

25. "Ada kalanya ketika segala keinginanmu terwujud, hatimu malah bereaksi sebaliknya, merasa hampa. Mungkin karena kamu kurang bersyukur. Atau mungkin karena kebahagiaanmu mengorbankan kebahagiaan orang lain. Sehingga hatimu tidak akan pernah terpuaskan." - Ninna Rosmina

26. "Para pemikul doa menyongsong pemikul gunungan seharusnya upacara diutuhkan, tapi selalu saja para penagih berkah yang semalam tidur di halaman masjid gelisah dan cemas tidak kebagian jatah nasib 'Kalau tidak merebut akan hampa tanganku.'" - Mustofa W. Hasyim

27. "Puisi yang sekedar berindah-indah tapi hampa makna hanya akan jadi deretan kalimat-kalimat klise. Puisi yang baik adalah ruang yang lapang dan juga gerbang yang mengundang siapa saja untuk datang bersenang. Seberapa lapang ruang dalam puisi kita? Ini juga tantangan terbesar dalam menulis puisi." - Hasan Aspahani

28. "Telah kulampaui semua asa. Aku dan mimpi-mimpiku jauh terpisah; Hanya tinggal kesedihan yang tersedia. Dari sebuah hati yang hampa terlimpah." - Robert Alexander

29. "Yang terpenting bukanlah tempanya, tapi dengan siapa kita bersama. Tanpa orang yang kita sayangi, semuanya akan hambar dan hampa." - Agnes Jessica

30. "Anda akan menjadi hampa. Kami akan meremas Anda menjadi kosong, dan kemudian kami akan mengisi Anda dengan diri kita sendiri." - George Orwell

31. "Kehidupan tanpa sesekali sepotong kue adalah kehidupan yang hampa." - Kathryn Little

32. "Ketika kepala dan buku bertabrakan dan kedengarannya hampa, apakah itu selalu terjadi?" - G. C. Lichtenberg

 

3. Kata-Kata Tentang Rasa Kecewa

Mungkin kalian sudah sering mendengar ajaran untuk mengikhlaskan sesuatu yang hilang. Namun, semua orang juga tahu bahwa ikhlas bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Salah satu cara yang bisa ditempuh agar tak terlalu larut saat kehilangan yaitu, mengungkapkannya dengan kata-kata tentang rasa kecewa seperti berikut ini.

33. "Jika aku memperlakukanmu sebagaimana kamu memperlakukanku, nampaknya kamu akan membenciku. Jadi, sebenarnya demikianlah aku."

34. "Aku memang sering kali bersabar, namun alangkah baiknya jika kamu tidak menguji kesabaranku."

35. "Sering kecewa? Sepertinya Anda terlalu berharap kepada manusia. Karena, InsyaaAllah jika berharap hanya kepada Allah SWT pasti tidak akan kecewa."

36. "Diberkatilah orang-orang yang tidak berharap apa pun, sebab tak akan datang rasa penyesalan." - Alexander Pope

37. "Ekspektasi merupakan akar dari segala sakit hati." - William Shakespeare

38. "Sangat luar biasa, betapa cepat seseorang bisa menjadi orang asing."

39. "Terima kasih karena telah menjadi seorang teman yang baik dan bersikap layaknya malaikat saat hati ini menangis sepi, sebelum akhirnya dinding kepercayaan pertemanan hancur karena rasa kecewa."

40. "Ketika aku dalam kondisi benar-benar tidak peduli, kamu tidak akan mau bersamaku saat kondisi tersebut."

41. "Kamu dapat menutup matamu dari suatu hal yang mungkin tidak bisa kamu lihat. Namun, kamu tidak bisa menutup hatimu dari suatu hal yang tidak ingin kau rasakan."

42. "Aku menitipkan harap bukan karena sebuah rasa percaya semata, tapi juga ada rasa yakin dan ingin. Kau yang telah kuberikan harap untuk memegang kepercayaan hati, mengapa diam dan mengabaikan perasaan tanpa bertindak untuk mengabulkannya."

43. "Jika aku memperlakukanmu seperti kamu memperlakukanku, kau akan membenciku."

44. "Semua orang memandang lemah ke arahku, tanpa harus diperjelas apa salah dan kekuranganku. Ini menyakitkan walau semua tidak menganggap kelebihan dan kemampuan yang ada pada diri, tapi percayalah aku bisa bertahan, aku baik-baik saja walau sulit untuk kembali menata hati yang telah hancur karena kecewa."

45. "Sebenarnya aku bukan ingin melarikan diri darimu. Aku berusaha menjauh secara perlahan dan itu ternyata membunuhku. Dan kamu tak cukup peduli untuk berusaha menghentikanku."

46. "Aku harus belajar dari permainan catur, dimana ketika salah gerakan satu saja, itu akan berakibat fatal yaitu bisa kehilangan ratu."

47. "Bahagia karena sebuah kebohongan yang menjadi sebab kecewa, mengajarkanku untuk lebih memilih rasa sakit karena kejujuran yang benar."

48. "Kecewa mirip seperti bangkrut. Bangkrutnya jiwa karena terlalu banyak membeli harapan dan ekspektasi." - Eric Hoffer

 

4. Kata-Kata Tentang Rasa Sebagai Pelampiasan

Tak ada seorang pun yang rela menjadi pelampiasan orang yang dicintainya. Menjadi pelampiasan bisa memunculkan perasaan rendah diri, hanya berguna sebagai pilihan terakhir. Kalian sebaiknya mengambil tindakan untuk tegas menghadapi orang yang hanya menganggap kalian sebagai pelampiasan.

Salah satu cara yang bisa kalian coba yaitu, kuatkan diri dengan membaca kata-kata tentang rasa pelampiasan berikut ini.

49. "Menjadi pelampiasan amarahmu adalah bahagiaku."

50. "Didekati sebagai pelampiasan, disayangi karena kasihan, dijauhi sebab bosan."

51. "Ternyata aku salah memantapkan hati padamu. Aku pikir aku ini adalah peran utama, tetapi aku hanya sekadar peran pengganti di saat peran utamanya tidak ada."

52. "Dia mendekat, bukan berarti dia suka. Mungkin tidak ada lagi tempat pelampiasan selain kamu."

53. "Setelah ku sadari kamu itu bukan mencariku, kamu hanya seorang yang kesepian yang menjadikanku sebagai objek pelampiasan."

54. "Perasaan seseorang tidak pantas dijadikan bahan percobaan."

55. "Kau patahkan banyak hati hanya karena satu hati yang mematahkan hatimu sendiri."

56. "Jika memarahiku bisa menenangkan hatimu maka lakukanlah itu."

57. "Kau sebenarnya paham, bahwa kau hanya dijadikan pelampiasan semata. Namun kau memilih buta dengan menciptakan ilusi-ilusi yang seolah nyata."

58. "Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup, dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia."

59. "Bagaimana dengan segala rencana yang berakhir bencana? Dengan cinta? Dengan kepercayaan? Bagaimana dengan kita?"

60. "Buat apa mempertahankan seseorang yang ujung-ujungnya hanya membuat sakit hati banyak orang. Jadi, nggak ada guna kan."

61. "Kamu cuma jadi pelampiasan rindu dia yang tak tersampaikan."

62. "Jika bukan kepadaku saja dia berkabar di sela kesibukannya, berarti aku ini apa?"

63. "Terlalu nyaman, sampai lupa bahwa aku hanyalah pelampiasan di saat tokoh utama tidak ada."

64. "Kalau kau belum berdamai dengan masalahmu, jangan datang kepadaku. Karena aku bukan tempat pelampiasan."

65. "Awalnya emang indah, tapi siapa yang menyangka ternyata kamu cuman sebagai tempat pelampiasan saja."

KLovers, itulah kata-kata tentang rasa yang bisa kalian baca dan jadikan jurus saat buntu dan kesusahan untuk mengungkapkan isi hati.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI