66 Kata-Kata Perpisahan Sahabat yang Mengharukan untuk Sampaikan Pesan dan Harapan

Senin, 28 Juni 2021 15:44 Penulis: Anik Setiyaningrum
66 Kata-Kata Perpisahan Sahabat yang Mengharukan untuk Sampaikan Pesan dan Harapan
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Menghadapi perpisahan memang tak selalu mudah. Pasalnya, pada momen tersebut, orang sering kali terbayang kebersamaan di masa lalu. Belum lagi ketika harus menerima kata-kata perpisahan sahabat yang mengharukan.

Jika berada pada momen itu, tentu kalian boleh sedih. Namun, jangan sampai menghilangkan kesan pertemuan untuk terakhir kalinya dengan hanya memunculkan kesan sedih. Kalian juga perlu menyisipkan pesan dan harapan melalui kata-kata perpisahan sahabat yang mengharukan sebelum berpamitan.

Walaupun begitu, merangkai kata-kata indah memang tak mudah. Kalian perlu mencari referensi mengenai kata-kata perpisahan sahabat yang mengharukan dan berkesan. Oleh karena itu, berikut ini terdapat beberapa contoh yang dilansir dari berbagai sumber untuk kalian.

 

1. Kata-Kata Perpisahan Sahabat yang Mengharukan

Kesan mengharukan pada sebuah acara perpisahan itu wajar maka biarkan itu berjalan sebagaimana mestinya. Agar lebih berkesan, kalian bisa menambahkan bumbu dengan menyampaikan kata-kata perpisahan sahabat yang mengharukan seperti berikut ini.

1. "Sahabat yang baik tidak pernah mengatakan selamat tinggal. Mereka hanya mengucapkan sampai jumpa lagi."

2. "Dari lubuk hatiku yang terdalam, aku ingin mengucapkan terima kasih karena telah menjadi sahabat terbaikku. Semoga perjalananmu mewujudkan mimpi baru akan tercapai."

3. "Setiap ada pertemuan pasti ada juga perpisahan, tetapi dengan perpisahan tersebut bukan menjadi alasan untuk kita saling melupakan."

4. "Manusia merencanakan pertemuan namun Tuhan yang menentukan jika akhirnya harus ada perpisahan, tidak ada yang harus di sesali."

5. "Mengucapkan perpisahan itu sama halnya seperti sedikit merasa mati." - Raymond Chandler, The Long Goodbye

6. "Selamat tinggal, sahabatku. Kutahu aku tidak akan pernah bertemu denganmu lagi. Tapi, kenangan kebersamaan kita akan menghilangkan air mata ini." - Linda Ronstadt

7. "Tidak ada perpisahan di antara kita. Di manapun kamu berada, kamu akan selalu di hatiku." - Mahatma Gandhi

8. "Manusia merencanakan pertemuan, namun Tuhan yang menentukan jika akhirnya harus ada perpisahan, tidak ada yang harus disesali."

9. "Karena sesungguhnya berpisah itu tidak sepenuhnya berpisah, hanya jarak yang memisahkan."

10. "Tidak ada jarak tempat atau selang waktu yang dapat mengurangi persahabatan. Persahabatan benar-benar diyakinkan akan nilai satu sama lain."

11. "Kawanku, selamat menjalani aktivitasmu yang jauh di sana, jangan lupa selalu ingatkan dan ingatlah aku untuk selama-lamanya."

12. "Sakitnya perpisahan itu bukanlah apa-apa dibandingkan kebahagiaan saat bertemu lagi."

13. "Jangan merasa kecewa dengan ucapan selamat tinggal. Sebuah perpisahan itu penting sebelum kamu bisa bertemu lagi. Dan sebuah pertemuan adalah hal yang pasti kalau kalian memang berteman." - Richard Bach

14. "Mengucapkan selamat tinggal tidak berarti apa-apa. Waktu kebersamaan kitalah yang berarti, bukan bagaimana kita berpisah." - Trey Parker

15. "Ketika seorang teman pergi jauh, kamu terus bergerak maju. Namun, ketika seorang sahabat yang berpisah darimu, bagian dari hidupmu ikut menghilang." - Misti Hemlock

2. Kata-Kata Perpisahan Sahabat yang Mengharukan untuk Sampaikan Pesan

Sebelum berpisah dalam waktu yang tak bisa ditentukan, kalian sebaiknya menyampaikan pesan baik untuk sahabat. Pesan-pesan itu bisa kalian sampaikan melalui kata-kata perpisahan sahabat yang mengharukan seperti berikut ini. Dengan begitu, sahabat kalian akan selalu ingat jika kalian tetap seorang teman meskipun berjauhan.

16. "Ruang hati tak lagi bernyanyi. Berubah sepi nan sunyi sejak dia pergi. Sisa penyesalan masih ada di sudut hati. Kenangannya pun belum hilang dalam ingatan ini." - Massbow

17. "Yang hilang bukan kabarnya, tetapi perasaannya yang tidak lagi sama."

18. "Waktu tidak membuatku lupa akan dirimu. Waktu hanya membuatku terbiasa tanpa dirimu."

19. "Aku akan datang kepadamu sebagai hujan dan aku juga akan datang menghampirimu sebagai salju pertama." - Goblin

20. "Perpisahan, semanis apa pun, seindah apa pun, tetaplah berpisah. Ada cerita yang sejak detik itu harus berubah menjadi kenangan."

21. "Perpisahan bukan berarti tidak akan berjumpa kembali, perpisahan hanyalah nasihat supaya keakraban tetap terjalin ketika bertemu kembali."

22. "Selamat tinggal, sahabatku. Kutahu aku tidak akan pernah bertemu denganmu lagi. Tapi, kenangan kebersamaan kita akan menghilangkan air mata ini." - Linda Ronstadt

23. "Tidak ada perpisahan di antara kita. Di manapun kamu berada, kamu akan selalu di hatiku." - Mahatma Gandhi

24. "Manusia merencanakan pertemuan, namun Tuhan yang menentukan jika akhirnya harus ada perpisahan, tidak ada yang harus disesali."

25. "Karena sesungguhnya berpisah itu tidak sepenuhnya berpisah, hanya jarak yang memisahkan."

26. "Perpisahan bukan berarti kalian tidak akan berjumpa kembali, perpisahan hanyalah nasihat supaya kalian tetap akrab ketika bertemu kembali."

27. "Tidak masalah jika kamu memiliki lima teman atau lima ratus teman. Ketika semuanya berakhir, popularitas tidak berarti apa-apa. Yang penting adalah kamu tahu kelima orang itu akan berada di sana memegang tanganmu, saat kelima ratus orang lainnya meninggalkanmu."

28. "Saat dua orang yang bukan teman berdekatan, tak akan ada pertemuan. Saat ada dua orang yang berteman berjauhan, tak akan ada perpisahan."

29. "Selalu sulit untuk mengucapkan selamat tinggal, terutama ketika seseorang telah menghabiskan waktu yang lama bertahun-tahun di dalam satu atau dua karakter, susah dan senang bersama."

30. "Sahabat, perpisahan hari ini ialah pertemuan di esok hari. Kepergianmu hari ini merupakan kedatangan di lain hari. Dan diantara perpisahan & pertemuan, selalu ada kisah yang tak akan terlupakan. Good luck sahabat!"

31. "Untuk teman-teman yang aku rindukan, aku berharap kalian tidak akan pernah melupakan kenangan putih abu-abu, Yang penuh dengan tawa, manis, sedih dan pahit, serta duka & air mata kita lewati bersama 3 tahun."

32. "Perpisahan ini hanyalah jeda buat mengakrabkan kita pada saat bertemu kembali."

33. "Tiada masa paling indah masa-masa di sekolah, tiada kisah paling indah kisah kasih di sekolah."

34. "Lanjutkan perjuanganmu dan raihlah impianmu yang selama ini selalu kamu ceritakan padaku. Sekarang sudah tiba waktunya kita berpisah, selamat jalan wahai sahabatku. Dirimu akan selalu melekat didalam diriku."

35. "Perpisahan bukanlah berarti suatu tangisan yang harus kita tangisi. Namun perpisahan sesuatu bentuk wujud kita buat menemukan jati diri yang lebih berarti."

3. Kata-Kata Perpisahan Sahabat yang Mengharukan untuk Sampaikan Harapan

Menyisipkan berbagai harapan dalam kata-kata perpisahan sahabat yang mengharukan juga bisa menjadi pilihan. Apalagi jika hubungan kalian cukup dekat, mendoakan keselamatan dan kesuksesan sahabat melalui ucapan di bawah ini memang sudah seharusnya kalian lakukan.

36. "Wahai sahabatku, jangan kamu anggap perpisahan ini akhir dari segalanya, karena bagiku perpisahan adalah sebuah perjalanan supaya kita menjadi sosok pribadi yang lebih mandiri."

37. "Kawanku, selamat menjalani aktivitasmu yang jauh di sana, jangan lupa selalu ingatkan dan ingatlah aku untuk selama-lamanya."

38. "Sahabat mencarimu ketika yang lain mencacimu. Mereka merangkulmu ketika yang lain memukulmu."

39. "Sahabat itu seperti bintang, dia memang tidak selalu terlihat. Tapi dia selalu ada untukmu."

40. "Sahabat ibarat mata dan tangan, saat mata menangis tangan mengusap. Saat tangan terluka mata menangis."

41. "Sahabat bukan hanya mereka yang telah berada lama di sampingmu, tetapi mereka yang telah lama berada di hatimu."

42. "Sahabat, bukanlah perpisahan yang aku tangisi, namun pertemuan yang aku sesali, mengapa kita harus bertemu kalau akhirnya harus berpisah juga?"

43. "Janganlah terus meratapi perpisahan ini, bangunlah dari kesedihanmu sobat, lihatlah orang-orang yang ada di sekelilingmu. Mereka siap menuntunmu ke jalan kebahagiaan yang lainnya."

44. "Jangan pernah kamu lupakan kenangan manis yang selama ini kita ciptakan sahabat, meskipun kini kita sudah berpisah dan tidak akan pernah lagi terjadi hal-hal luar biasa yang akan kita ciptakan."

45. "Jangan pernah melupakan sahabatmu ketika sahabat barumu datang kepadamu, sebab semua sahabatmu baik yang baru atau lama dia adalah keluargamu."

46. "Aku merasa sangat beruntung bisa mengenal seseorang yang begitu sulit bagiku untuk mengucapkan selamat tinggal."

47. "Sakitnya perpisahan itu bukanlah apa-apa dibandingkan kebahagiaan saat bertemu lagi." - Charles Dickens, Nicholas Nickleby

48. "Mengucapkan selamat tinggal tidak berarti apa-apa. Waktu kebersamaan kitalah yang berarti, bukan bagaimana kita berpisah." - Trey Parker

49. "Saat sebuah pertemuan berawal dengan kebaikan. Maka akhirilah sebuah pertemuan dengan perpisahan yang memiliki kenangan terindah."

50. "Kita telah bersama begitu lama sehingga aku tidak pernah berpikir betapa sulitnya untuk mengucapkan selamat tinggal."

51. "Meski jarak ada di antara kita, kita tidak pernah merasa jauh. Karena persahabatan tidak diukur dengan jarak, melainkan hati."

52. "Sahabat, perpisahan ini juga bukan akhir dari pertemuan kita. Pasti, kita kan bertemu lagi suatu hari lagi, so all give me five."

53. "Kawanku, selamat menjalani aktivitasmu yang jauh di sana, jangan lupa selalu ingatkan dan ingatlah aku untuk selama-lamanya."

54. "Persahabatan sejati adalah ketika kamu harus melihat sahabatmu pergi dan mengetahui kamu tidak akan melihatnya lagi. Tapi kamu tahu ia akan selalu berada di dalam hati dan pikiranmu selamanya."

55. "Waktunya untuk mengatakan salam perpisahan, tapi aku pikir 'selamat tinggal' itu menyedihkan dan aku lebih suka mengucapkan 'halo'. Halo untuk petualangan baru." - Ernie Harwell

 

4. Kata-Kata Perpisahan Sahabat yang Mengharukan dalam Bahasa Inggris

Selain berbagai ucapan di atas, kalian juga bisa menyampaikan harapan melalui kata-kata perpisahan sahabat yang mengharukan dalam bahasa Inggris berikut ini. Ini tak berlebihan, apalagi jika kalian memang bisa memakai bahasa ini dalam keseharian. Jika tak biasa pun tak masalah karena ada terjemahan yang bisa kalian simak dengan mudah.

56. "You have been my friend. That in itself is a tremendous thing." - E.B. White (Charlotte's Web)

(Kamu telah menjadi temanku. Itu sendiri adalah hal yang luar biasa.)

57. "Don't be dismayed at goodbyes. A farewell is necessary before you can meet again. And meeting again, after moments or lifetimes, is certain for those who are friends." - Richard Bach

(Jangan kecewa pada perpisahan. Perpisahan diperlukan sebelum Anda dapat bertemu lagi. Dan bertemu lagi, setelah momen atau kehidupan, pasti bagi mereka yang berteman.)

58. "How lucky I am to have something that makes saying goodbye so hard." - A.A. Milne (Winnie-the-Pooh)

(Betapa beruntungnya saya memiliki sesuatu yang membuat mengucapkan selamat tinggal begitu sulit.)

59. "Never say goodbye because goodbye means going away and going away means forgetting." - J.M. Barrie (Peter Pan)

(Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal karena selamat tinggal berarti pergi dan pergi berarti melupakan.)

60. "Goodbyes are not forever, are not the end; it simply means I'll miss you until we meet again." - Unknown

(Selamat tinggal tidak selamanya, bukan akhir; itu hanya berarti aku akan merindukanmu sampai kita bertemu lagi.)

61. "So long as the memory of certain beloved friends lives in my heart, I shall say that life is good." - Helen Keller

(Selama kenangan dari teman-teman tercinta tertentu hidup di hati saya, saya akan mengatakan bahwa hidup ini baik.)

62. "Yesterday brought the beginning, tomorrow brings the end, though somewhere in the middle we became the best of friends." - Unknown

(Kemarin membawa awal, besok membawa akhir, meskipun di suatu tempat di tengah kita menjadi teman terbaik.)

63. "Good friends never say goodbye. They simply say "see you soon"."

(Teman baik tidak pernah mengucapkan selamat tinggal. Mereka hanya mengatakan" Sampai jumpa.")

64. "Though miles may lie between us, we are never far apart, for friendship doesn't count miles, it's measured by the heart." - Unknown

(Meskipun mil mungkin terletak di antara kita, kita tidak pernah berjauhan, karena persahabatan tidak menghitung mil, itu diukur dengan hati.)

65. "You and I will meet again. When we're least expecting it. One day in some far off place. I will recognize your face, I won't say goodbye my friend. For you and I will meet again." - Tom Petty

(Kamu dan aku akan bertemu lagi. Ketika kita tidak mengharapkannya. Suatu hari di suatu tempat yang jauh, aku akan mengenali wajahmu, aku tidak akan mengucapkan selamat tinggal temanku. Karena kamu dan aku akan bertemu lagi.)

66. "Nothing makes the earth seem so spacious as to have friends at a distance; they make the latitudes and longitudes." - Henry David Thoreau

(Tidak ada yang membuat bumi tampak begitu luas selain memiliki teman di kejauhan; mereka membuat garis lintang dan garis bujur.)

Itulah kata-kata perpisahan sahabat yang mengharukan untuk kalian pakai sebagai ucapan sebelum mengakhiri pertemuan.

(Sumber: Liputan6.com, Diadona.id, Gifts.com)

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI