120 Kata-Kata Kemerdekaan RI Lucu dan Gokil, Suka Cita Sambut Peringatan 17 Agustus

Kamis, 12 Agustus 2021 18:11
120 Kata-Kata Kemerdekaan RI Lucu dan Gokil, Suka Cita Sambut Peringatan 17 Agustus
Ilustrasi (credit: shutterstock.com)


Kapanlagi Plus - Hari kemerdekaan Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945. Peringatan hari kemerdekaan RI biasanya disambut sangat meriah dengan berbagai macam cara seperti upacara, perlombaan, atau kegiatan lainnya untuk merayakan ulang tahun bangsa Indonesia. Ini dilakukan untuk membangkitkan semangat juang dan rasa nasionalisme di hari istimewa dan bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Hari kemerdekaan Indonesia bukan hanya sekedar peringatan ulang tahun RI melainkan juga sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa pahlawan bangsa. Sebab perjuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa begitu luar biasa yang bisa kita rasakan sampai detik ini.

Sebab itulah, hari kemerdekaan RI diharapkan menjadi momen istimewa untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia. Seperti sejumlah kata-kata kemerdekaan yang bisa jadi pendorong semangat juang. Selain kata-kata kemerdekaan yang dapat bangkitkan semangat nasionalisme, ada juga sejumlah kata-kata kemerdekaan lucu yang menghibur.

Kata-kata kemerdekaan lucu tersebut mengandung pesan gokil dan menghibur tentang HUT RI. Adapun kata-kata kemerdekaan lucu dapat kalian jadikan pilihan buat caption media sosial yang menarik dan gokil. Berikut ulasannya tentang kata-kata kemerdekaan lucu dan gokil telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Kata-Kata Kemerdekaan Lucu

Ada beragam cara menyambut kemerdekaan RI, salah satunya dengan ungkapan kata-kata kemerdekaan lucu. Sebab, kata-kata kemerdekaan lucu berikut ini bisa jadi caption buat media sosial yang menghibur sekaligus gokil. Meski dirangkai dengan untaian kata jenaka, namun ada pesan bermakna tentang rasa nasionalisme dan perjuangan. Berikut ulasannya tentang kata-kata kemerdekaan lucu dan gokil.

1. "Bentar lagi 17 Agustusan bakal ada lomba panjat pinang, mbak nanti boleh pilih mau saya panjat atau saya pinang?"

2. "Apa cuma gue di sini yang sekolahnya masuk tanggal 17 Agustus."

3. "Juara 1 lomba lari dari kenangan masa lalu."

4. "Kenapa 17-an selalu ada lomba makan kerupuk, kenapa nggak makan yang lain? Soalnya kalo lomba makan nasi Padang mungkin sekampung pada ikutan semua, terutama anak kos."

5. "Lagi musim tarik tambang kok masih aja, tarik ulur perasaan?"

6. "Ikut lomba 17 Agustus makan obat nyamuk, biar greget."

7. "Coming soon, lomba gebuk bantal melawan pacar baru mantan."

8. "Cukup hadiah 17 Agustusan aja yang digantung, perasaanku jangan."

9. "NU dan Muhammadiyah sepakat perayaan HUT RI jatuh pada tanggal 17 Agustus."

10. "17 Agustus nggak ikut upacara, kampungan!!"

11. "Salah satu alasan aku suka 17 Agustus, ada paskibraka cantik nian."

12. "Ini lomba makan kerupuk atau nembak gebetan sih? Ngeles mulu kaya bajaj."

13. "17 Agustus lomba memanjat lalu meminang."

14. "Di 17 Agustus kali ini lagi musim lomba lari, lari dari kenyataan."

15. "Kamingsun lomba menangkap hati gebetan."

16. "17 Agustus nih, kamu nggak mau perjuangin aku?"

17. "Coming soon, lomba tarik ulur perasaan."

 

2. Kata-Kata Kemerdekaan Jadikan Penyemangat

Sejumlah kata-kata kemerdekaan berikut ini mengandung pesan penyemangat buat kalian. Sehingga dengan kata-kata kemerdekaan tersebut harapannya dapat membangkitkan rasa semangat juang kalian untuk negeri tercinta di hari spesial dan istimewa yakni 17 Agustus. Langsung saja simak ulasannya tentang kata-kata kemerdekaan buat dijadikan penyemangat.

18. "Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan." - Wiji Thukul

19. "Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa."

20. "Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras. Selamat ulang tahun untuk rakyat Indonesia."

21. "Selalu jaga semangat patriotisme, bersinar dalam dirimu, banggalah menjadi Indonesia. Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia!"

22. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia."

23. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI."

24. "Apakah kelemahan kita: kelemahan kita ialah kurang percaya diri sebagai bangsa sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang memercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah rakyat gotong royong. Semangat hari Kemerdekaan!"

25. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya." - Sutan Syahrir

26. "Hidup ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka bersungguh-sungguhlah dalam berjuang. Merdeka!"

27. "Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa."

28. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI."

29. "Nasib bangsa tidak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Sekali merdeka tetap merdeka!"

30. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun." - Bung Karno

31. "Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."

32. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita. Dirgahayu Republik Indonesia."

33. "Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut, dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan."

34. "Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat." - Mohammad Hatta

35. "Jangan mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segitiga warna, selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk, pekerjaan kita belum selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Dirgahayu RI." - Soekarno

 

3. Kata-Kata Kemerdekaan Keren

Kata-kata kemerdekaan di bawah ini bisa jadi inspirasi buat caption media sosial yang keren dan menarik. Kata-kata tentang hari kemerdekaan tersebut bisa jadi motivasi dan inspirasi tentang makna kemerdekaan. Yuk simak ulasannya tentang kata-kata kemerdekaan yang keren dan bermakna.

36. "Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Merdeka!"

37. "Jangan membuat perbedaan menjadi alasan untuk bertengkar dan melemahkan rasa kasih sayang kita. Jadikanlah itu sebagai kekuatan. Selamat hari ulang tahun Republik Indonesia."

38. "Merah darah pahlawan tertumpah di tanah ibu pertiwi, putih tulang para pejuang tertanam dalam tanah air Indonesia tercinta. Di sini aku terlahir, di sini pula aku tiada."

39. "Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Semangat 45, Dirgahayu Indonesiaku."

40. "Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa."

41. "Dalam pidatoku, sekali merdeka tetap merdeka. Kucetus semboyan: Kita cinta damai, tetapi kita lebih cinta kemerdekaan." - Ir Soekarno

42. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. Dirgahayu Republik Indonesia."

43. "Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan." - Sutan Syahrir

44. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu lebih susah karena melawan bangsamu sendiri. Dirgahayu Republik Indonesia!"

45. "Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!"

46. "Selama orang percaya bahwa kemerdekaan akan tercapai dengan jalan putch atau anarchisme, hal itu hanyalah impian seorang yang lagi demam." - Tan Malaka

47. "Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai ingin terpecah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu dan buat bangsa ini bangga. Selamat hari kemerdekaan."

48. "Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."

49. "Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut. Dirgahayu Indonesiaku."

50. "Darahmu tumpah di tanah pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat hari Kemerdekaan bangsa Indonesia."

51. "Hari Rabu, pergi ke Australia. Dirgahayu Republik Indonesia."

52. "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita." - Mohammad Hatta

 

4. Kata-Kata Kemerdekaan Bangkitkan Rasa Nasionalisme

Adapun kata-kata kemerdekaan berikut ini bisa bangkitkan rasa nasionalisme kalian di hari spesial bagi bangsa Indonesia. Selain itu, kata-kata kemerdekaan ini dapat mengenang kembali perjuangan dan pengorbanan pahlawan bangsa Indonesia yang begitu luar biasa. Berikut ulasannya tentang kata-kata kemerdekaan buat bangkitkan rasa nasionalisme.

53. "Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan."

54. "Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, jasa yang punya tujuan 'Merdeka atau Mati'. Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta."

55. "Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan."

56. "17 Agustus bukan sekadar balap karung atau lomba makan saja. Lebih dari itu, 17 Agustus adalah mengenang jasa pahlawan dan memupuk persatuan bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia."

57. "Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya, tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga." - Jenderal Soedirman

58. "Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita. Selamat hari kemerdekaan Indonesia."

59. "Merdeka hanyalah sebuah jembatan, walaupun jembatan emas, di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis!" - Ir Soekarno

60. "Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa."

61. "Mari kita ingat semua pahlawan masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita. Dirgahayu Republik Indonesia."

62. "Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri." - Mohammad Yamin

63. "Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun, jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!"

64. "Sanggup mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan negara Republik Indonesia, yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, sampai titik darah penghabisan." - Jenderal Soedirman

65. "Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas."

66. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka."

67. "Manakala suatu bangsa telah sanggup mempertahankan negerinya dengan darahnya sendiri, dengan dagingnya sendiri, pada saat itu bangsa itu telah masak untuk kemerdekaan." - Ir. Soekarno

68. "Benar atau salah negeriku, lebih-lebih kalau kita tahu negara kita dalam keadaan bobrok, maka justru saat itu pula kita wajib memperbaikinya." - Prof Dr R Soeharso

 

5. Kata-Kata Kemerdekaan yang Penuh Semangat Juang

Kemudian ada pula kata-kata Kemerdekaan yang penuh akan semangat juang. Kata-kata ini dapat menjadi ungkapan penuh semangat yang bisa membuat Hari Kemerdekaan kita lebih bermakna. Berikut ini kata-kata Kemerdekaan RI yang penuh semangat juang tersebut:

69. "Mari kita ingat semua pahlawan masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita. Dirgahayu Republik Indonesia."

70. "Apakah kelemahan kita: kelemahan kita ialah kurang percaya diri sebagai bangsa sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang memercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah rakyat gotong royong. Semangat hari Kemerdekaan!"

71. "Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita. Selamat hari kemerdekaan Indonesia."

72. "Jadikan perbedaan sebagai sebuah keunikan dalam berbangsa dan bernegara agar terlihat indah dengan banyaknya warna, dan janganlah menjadikan sebuah perbedaan sebagai kesombongan akan rasa paling benar dalam berpikir dan bertindak karena perbedaanlah yang mengakibatkan perpecahan yang membuat bangsa dan negara melemah. Merdeka!"

73. "Darahmu tumpah di tanah pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat hari Kemerdekaan bangsa Indonesia."

74. "Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar, walau panasnya peluru menembus tubuh."

75. "Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Semangat 45, Dirgahayu Indonesiaku."

76. "Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan."

77. "Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketidakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut. Dirgahayu Indonesiaku."

78. "Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!"

79. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI ke-76."

80. "Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita. Selamat hari kemerdekaan Indonesia."

81. "Perjuangan kita belum selesai selama masih banyak masyarakat yang tidak sejahtera. Mari lanjutkan perjuangan para pahlawan. Merdeka!"

82. "Indonesia akan terlihat indah jika kita tetap bersama untuk saling menolong. Perbedaan bukanlah halangan, melainkan jembatan untuk bersatu!"

83. "Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa."

84. "Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa."

85. "Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan."

86. "Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan."

87. "Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!"

88. "Mari kita ingat semua pahlawan, masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita."

89. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita. Dirgahayu ke-76 Republik Indonesia."

90. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia."

 

 

6. Kata-Kata Kemerdekaan dari Para Pahlawan

91. "Pahlawan-pahlawan di dalam tentara kami, satu dengan yang lainnya berselisih, dan kemudian yang gagah berani menyerah." - Pangeran Diponegoro

92. "Hidup dan mati ada dalam genggaman Illahi. Takdir adalah kepastian, tapi hidup harus tetap berjalan. Proses kehidupan adalah hakikat, sementara hasil akhir hanyalah syariat. Gusti Allah akan menilai ketulusan perjuangan manusia, bukan hasil akhirnya. Kalaupun harus menjumpai kematian, itu artinya mati syahid di jalan Tuhan." - Pangeran Diponegoro

93. "Aku adalah pejuang! Sebagai pejuang, tugasku adalah berjuang. Soal kalah atau menang, itu bukan urusanku, karena tugasku adalah berjuang!" - Pangeran Diponegoro

94. "Kalau kita sudah mau mengusir penjajah, sepakat membela, jangan sampai diberi muka, jangan sampai menyerah, haram dijamah penjajah, haram diriku dipenjara, haram negeri ku dijajah." - Pangeran Antasari

96. "Setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat, menunjukkan integrasi komprehensif antara ilmu akademis, aplikatif, beretika dan bermoral." - Tjokroaminoto

97. "Ketamakan akan membuat orang kaya menjadi miskin." - Sri Sultan Hamengkubuwono VIII

98. "Kemurnian di dalam hati menghasilkan kekuatan dalam kehidupan." - Sri Sultan Hamengkubuwono VIII

99. "Bila kami diserang, maka kami akan mempertahankan diri dan menyerang kembali dengan segenap kemampuan yang ada. Kami berada di pihak yang benar. Kami ingin mempertahankan kebenaran dan kemerdekaan negeri kami." - Sultan Hasanuddin

100. "Berdoa bagi pemimpin-pemimpin Negara berarti membuat tanggung jawab bangsa menjadi tanggung jawab umat Islam juga." - Tuanku Imam Bonjol

101. "Keberhasilan bukan dinilai dari apa yang kita mulai, melainkan dari apa yang kita selesaikan." - Radin Inten II

102. "Apapun tidak akan terjadi. Selama aku hidup, aku tidak akan mengakui kekuasaan Belanda di negeri ini." - I Gusti Ketut Jelantik

103. "Pattimura-pattimura tua boleh dihancurkan, tetapi kelak Pattimurapattimura muda akan bangkit." - Pattimura

104. "Jangan sanjung aku, tetapi teruskanlah perjuanganku." - Silas Papare

105. "Kami sanggup dan berjanji bertempur terus hingga cita-cita tercapai." - I Gusti Ngurah Rai

106. "Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa, jika memang mau berjuang." - Abdul Muis

107. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang." - RA. Kartini

108. "Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang." - RA. Kartini

109. "Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa bahagia baginya." - RA. Kartini

110. "Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai." - RA. Kartini

111. "Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!" - Soekarno

112. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka." - Soekarno

113. "Pemilihan umum jangan menjadi tempat pertempuran. Perjuangan kepartaian yang dapat memecah persatuan bangsa Indonesia." - Soekarno

114. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun." - Soekarno

115. "Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia." - Soekarno

116. "Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun, tidak jujur sulit diperbaiki." - Bung Hatta

117. "Kematian adalah yang terakhir dalam waktu, tetapi sekaligus yang awal dari kekalahan." - Bung Hatta

118. "Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran." - Bung Hatta

119. "Perjuanganku melawan penjajah lebih mudah, tidak seperti kalian nanti. Perjuangan kalian akan lebih berat karena melawan bangsa sendiri." - Bung Hatta

120. "Maka dengan tercapainya penyerahan kedaulatan, perjuangan belum selesai." - Bung Hatta

Nah itulah 120 kata-kata kemerdekaan RI lucu dan gokil, suka cita sambut peringatan 17 Agustus. Sejumlah kata-kata tentang hari kemerdekaan di atas bisa jadi referensi buat ucapan HUT RI ataupun caption keren di sosial media.

Sumber: brilio.net, liputan6.com, bola.com

 

 

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI