7 Cara Mengatasi Masalah Punggung saat Hamil, Aman dan Mudah Dilakukan

Jum'at, 04 Juni 2021 16:11 Penulis: Puput Saputro
7 Cara Mengatasi Masalah Punggung saat Hamil, Aman dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Saat hamil, para wanita akan menjaga kondisi tubuhnya sebaik mungkin, demi keselamatan diri dan bayi dalam kandungan. Namun tak bisa dipungkiri, ketika hamil berbagai masalah seringkali muncul, salah satunya mengenai nyeri punggung. Oleh sebab itu, penting bagi setiap wanita hamil untuk tahu cara mengatasi masalah punggung saat hamil.

Nyeri punggung memang jadi gangguan yang cukup sering dialami wanita hamil. Nyeri punggung harus segera ditangani, sebab dapat mengganggu kenyamanan ibu hamil saat beraktivitas. Ada banyak hal yang menyebabkan nyeri punggung, seperti dikarenakan perubahan fisik dan pengaruh hormon. Padahal, kedua penyebab tersebut merupakan hal alamiah yang terjadi pada wanita hamil, sehingga tidak mungkin bisa dihindari.

Karena sulit untuk dihindari, mengetahui cara mengatasi nyeri punggung bisa jadi satu solusi. Dirangkum dari merdeka.com, berikut beberapa cara mengatasi nyeri punggung saat hamil yang mudah dan aman untuk dilakukan.

 

 

1. Atur Posisi Tidur secara Miring

Posisi tidur bisa jadi satu penyebab dari nyeri punggung pada wanita hamil. Bahkan, tidak saja pada ibu hamil, pada orang biasa pun posisi tidur yang salah terbukti bisa membuat sakit di sekujur badan. Oleh karena itu, penting untuk mengatur posisi tidur yang tepat.

Khusus bagi ibu hamil, posisi tidur telentang harus dihindari. Sebaliknya, posisi tidur miring jadi yang paling dianjurkan. Lebih tepatnya, tidur dengan posisi miring dengan posisi kaki ditekuk salah satu atau keduanya, tergantung kenyamanan. Selain itu, dianjurkan juga untuk menggunakan bantal sebagai ganjalan antara kaki, di bawah perut, serta pinggang.

 

2. Perbaiki Postur Tubuh

Cara kedua mengatasi nyeri punggung saat hamil adalah dengan melakukan latihan perbaikan postur tubuh. Hal ini perlu dilakukan pasalnya ketika hamil, perut yang membesar akan membuat gravitasi terpusat ke bagian depan. Artinya, potensi untuk terjatuh ke depan akan semakin tinggi. Untuk mencegah terjatuh, biasanya ibu hamil akan berjalan lebih tegak. Hal inilah yang semakin memperbesar risiko nyeri punggung.

Untuk menghindari nyeri punggung tersebut, berikut beberapa latihan perbaikan postur tubuh yang bisa dilakukan ibu hamil:

1) Berdiri dengan tegak

2) Membusungkan dada

3) Memundurkan posisi pundak dan coba untuk lebih dilemaskan

4) Hindari merapatkan lutut

5) Berdiri dalam kuda-kuda lebar

6) Ketika duduk, gunakan kursi dengan penyangga punggung. Kemudian, tempatkan bantal pada punggung bagian bawah.

 

 

3. Tetap Beraktivitas

Rasa nyeri dan pegal di bagian punggung sering membuat ibu hamil jadi malas beraktivitas. Padahal, wanita hamil tetap harus aktif beraktivitas. Malahan, melakukan aktivitas rutin justru mampu meredakan sakit di bagian punggung. Selain itu sebaiknya, di sela-sela aktivitas, lakukan gerakan peregangan ringan. 

 

 

4. Pilih Alas Kaki yang Tepat

Alas kaki juga jadi satu hal yang harus diperhatikan oleh wanita hamil. Khusus untuk wanita hamil, sebaiknya pilih sepatu atau sandal yang ringan dengan hak rendah. Hindari sepatu dan sandal yang berat dan punya hak tinggi karena bisa menyebabkan nyeri punggung semakin parah.

 

 

5. Perhatikan Posisi Tubuh saat Mengangkat Beban

Cara mengatasi nyeri punggung saat hamil berikutnya yaitu dengan memperhatikan posisi tubuh saat mengangkat beban. Banyak orang yang mengangkat beban dengan asal-asalan. Padahal, ada cara yang tepat untuk melakukannya. Saat akan mengangkat beban, pastikan berada dalam posisi jongkok, sehingga gunakan kaki sebagai tumpuan untuk mengangkat.

Hindari menekuk punggung saat mulai mengangkat beban. Selain itu, khusus bagi ibu hamil sebaiknya hindari juga mengangkat beban yang terlalu berat.

 

 

6. Lakukan Pijatan atau Gunakan Kantong Penghangat atau Pendingin

Pijat selama ini jadi satu cara mengatasi nyeri punggung saat hamil yang sering dilakukan. Cara ini memang terbukti efektif. Selain dengan melakukan pemijatan, ibu hamil juga bisa menggunakan kantong pemanas (heating pad) atau kantong pendingin (ice pack) untuk mengatasi nyeri punggung.

 

 

7. Melakukan Terapi

Terakhir, ibu hamil juga bisa melakukan terapi khusus untuk mengatasi nyeri punggung. Namun, tentu terapi harus dilakukan secara seksama dan hati-hati. Pastikan terapi yang dilakukan juga telah mendapatkan persetujuan dari dokter.

Itulah di antaranya 7 cara mengatasi nyeri punggung saat hamil yang aman dan mudah dilakukan. Semoga bermanfaat!

 

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI