7 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Rambut, Bikin Kamu Pede Tiap Hari!

Penulis: gilar ramdhani

Diperbarui: Diterbitkan:

7 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Rambut, Bikin Kamu Pede Tiap Hari! Ilustrasi seorang perempuan tengah mengalami masalah rambut dan gejala penuaan dini pada rambut. (Shutterstock/Boyloso)

Kapanlagi.com - Cara mengatasi penuaan dini pada rambut sangatlah dibutuhkan oleh sebagian orang. Pasalnya, penuaan dini pada rambut dapat menjadi masalah yang bikin frustasi bagi banyak orang, terutama wanita.

Bagaimana tidak? Penuaan dini pada rambut dapat membuat penampilan para wanita jadi terlihat kurang menarik dan segar. Dampak negatif dari penuaan rambut di sini bukan hanya kusam atau memudarnya warna alami rambut, tapi juga menunjukkan tanda-tanda kerusakan rambut. Kerusakan rambut itu diantaranya rambut terasa kasar dan kering, dan mudah patah.

Penuaan dini pada rambut menyebabkan kekeringan dan kerapuhan karena rambut menua cenderung kehilangan kelembapan, sehingga rambut terlihat kusam dan tidak sehat.

Tak hanya itu, penuaan dini pada rambut juga dapat menyebabkan rambut menjadi lebih tipis karena hilangnya kepadatan rambut. Dengan begitu, rambut yang tipis akan cenderung kurang bervolume dan menarik secara visual.

Kondisi penuaan dini pada rambut itu pun dapat membuat seorang wanita merasa kurang percaya diri. Apalagi, jika penuaan dini pada rambut terjadi pada usia-usia muda sekitar 20an, yang sedang aktif-aktifnya dan ingin eksis. Kondisi tersebut makin membuat seorang wanita kurang percaya diri.

Penuaan dini pada rambut memang gak bisa disepelekan, karena faktornya ada banyak. Paling nyata adalah paparan sinar UV yang berlebihan, polusi udara hingga suhu panas dari alat styling.

Namun jangan khawatir, dengan perawatan rambut yang tepat, kamu bisa mengurangi efek penuaan dini pada rambut dan memelihara kesehatan rambut yang indah. So, berikut ini 7 cara mengatasi penuaan dini pada rambut yang efektif kamu lakukan tiap hari!

Cara Atasi Penuaan Dini pada Rambut

Wanita dengan rambut sehat dan cantik. (Shutterstock/metamorworks)

1. Perhatikan Pola Makan

Pola makan yang seimbang dan kaya akan nutrisi dapat berperan penting dalam mengatasi penuaan dini pada rambut. Ini karena rambut, seperti bagian tubuh lainnya, sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang diterima.

Untuk itu, sangat penting mendapatkan asupan protein yang cukup dari makanan seperti daging, ikan, telur, dan produk susu dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat dan mencegah kelemahan serta kerapuhan yang terkait dengan penuaan.

Selain itu, nutrisi seperti vitamin A, C, E, dan beberapa mineral seperti seng, selenium, dan biotin penting untuk kesehatan rambut. Nutrisi tersebut dapat membantu melindungi folikel rambut, mendorong pertumbuhan rambut baru, dan menjaga kekuatan rambut.

Dan, jangan lupa juga untuk mengonsumsi air yang cukup guna menjaga hidrasi kulit kepala. Pasalnya, kulit kepala sehat mendukung pertumbuhan rambut yang kuat dan mencegah kekeringan serta kerapuhan.

2. Hindari Styling Rambut Berlebih

Dengan kamu tidak hairstyling berlebih, helai rambut dapat terjaga kesehatannya. Pasalnya, jika kamu menggunakan alat pemanas seperti pengering rambut, catokan, atau pelurus rambut secara berlebih dapat membuat rambut menjadi rapuh, kering, dan mudah patah.

3. Hindari Ikat Rambut Terlalu Sering

Kamu perlu tahu, bahwa mengikat rambut terlalu sering dapat menimbulkan stres mekanis pada akar rambut. Tekanan yang berulang-ulang pada folikel rambut pun dapat menyebabkan kerusakan pada struktur rambut, bahkan menyebabkan penipisan atau kerontokan rambut.

Selain itu, mengikat rambut terlalu sering juga dapat menghambat sirkulasi darah di sekitar akar rambut. Akibatnya, pasokan nutrisi dan oksigen ke folikel rambut dapat terganggu dan dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan pertumbuhan rambut yang sehat.

So, sebaiknya kamu gunakan ikatan rambut yang lebih longgar atau pilih gaya rambut yang lebih lembut untuk meminimalkan risiko kerusakan pada rambut.

4. Gunakan Kondisioner

Kondisioner merupakan produk perawatan rambut yang dirancang khusus untuk memberikan kelembapan tambahan, melembutkan, dan melindungi rambut dari kerusakan. Bahan-bahan ini membantu menjaga kelembapan alami rambut dengan menutupi kutikula rambut dan mengurangi kehilangan air.

Selain itu, kondisioner pun dapat membantu mengurangi kerapuhan rambut dengan meningkatkan kekuatan dan elastisitasnya. Penggunaan kondisioner secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan rambut, memperlambat penuaan rambut, dan melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh berbagai faktor eksternal dan internal.

5. Kurangi Penggunaan Sampo

Sampo mengandung bahan-bahan yang bermanfaat mengangkat kotoran dan minyak alami dari kulit kepala dan rambut. Namun, penggunaan sampo yang berlebihan dapat menyebabkan stripping berlebihan dari minyak alami yang diperlukan untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut.

Hal itu bisa membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan rentan terhadap kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan rambut. Dengan mengurangi frekuensi penggunaan sampo, minyak alami di kulit kepala dan rambut bisa tetap terjaga, menjaga keseimbangan kelembaban dan kekuatan rambut.

6. Gunakan Sisir yang Tepat

Menggunakan sisir yang tepat dapat mencegah penuaan dini pada rambut karena sisir seperti itu dapat membantu merawat rambut dengan lebih lembut dan efektif. Sisir yang tepat juga dapat membantu meluruskan helai rambut dengan lebih lembut dan tanpa merusak struktur rambut.

Selain itu, sisir yang tepat juga dapat membantu mengurangi kusut dan kerutan pada rambut, terutama setelah keramas atau tidur. Dengan mengurangi kusut dan kerutan, sisir membantu menjaga penampilan rambut yang lebih halus dan lebih muda.

7. Lakukan Perawatan Rambut Secara Rutin

Kamu perlu tahu bahwa rambut membutuhkan berbagai nutrisi untuk pertumbuhan dan kesehatannya. Salah satu jurus jitu untuk menjaga kedua hal itu adalah dengan melakukan perawatan rambut secara rutin dengan menggunakan hair vitamin.

Dengan melakukan perawatan menggunakan hair vitamin, kamu bisa memberikan asupan nutrisi tambahan yang mungkin kurang dari pola makan sehari-hari. Dengan begitu, rambut kamu dapat tumbuh lebih kuat dan lebih sehat sehingga tidak mudah rontok karena patah.

Presented by Ellips Hair Vitamin

Nah, untuk melakukan perawatan rambut dan mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu menggunakan hair vitamin yang diperkaya dengan Moroccan Oil yang punya manfaat untuk menghidrasi rambut dan kaya akan antioksidan yang bisa mengatasi penuaan rambut dan melindungi rambut dari sinar UV dan radikal bebas.

So, itulah langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan secara rutin dan konsisten untuk mengatasi penuaan dini pada rambut dan menjaga penampilan agar tetap segar dan menarik setiap hari. Yang perlu kamu ingat adalah, hasil yang akan didapat tidaklah terjadi secara instan, kamu perlu membutuhkan kesabaran dan konsistensi, ya!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/Fch)

Editor:

gilar ramdhani

Rekomendasi
Trending