7 Hal yang Wajib Diperhatikan Millennial Sebelum Beli Apartemen Baru, Apa Saja?

Rabu, 13 September 2017 00:01 Penulis: Wuri Anggarini
7 Hal yang Wajib Diperhatikan Millennial Sebelum Beli Apartemen Baru, Apa Saja?
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Punya rumah sendiri di usia muda memang jadi salah satu hal yang membanggakan. Hal ini juga seringnya jadi dambaan para millennial. Tapi, nggak sedikit dari kaum muda yang mengalami kesulitan. Yang paling umum adalah harga lahan yang sangat tinggi hingga terbatasnya jumlah lahan di kota besar. Nggak jarang hal ini menimbulkan dilema tersendiri bagi kaum millennial.

Beruntungnya, sekarang sudah muncul alternatif hunian di kota besar, salah satunya adalah apartemen. Dengan harga yang lebih kompetitif, kamu bisa mendapatkan hunian modern yang sesuai dengan gaya hidup kaum millennial. Tapi, perhatikan 7 hal ini sebelum membeli apartemen, ya!

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Ada tiga jenis apertemen yang ditawarkan oleh pengembang, yaitu tanpa furnitur sama sekali (unfurnished), furnitur sebagian (semi unfurnished) dan siap ditinggali (full furnished). Jumlah kamar juga memengaruhi, harga. Tinggal sesuikan dengan kebutuhan. Lebih-lebih jika sudah berkeluarga.

Tinjau Lokasi Apartemen

Ketika membeli apartemen jangan hanya harga murah yang dipertimbangkan. Perhitungkan pula jaraknya dengan lokasi bekerja. Jangan terlalu jauh, agar tidak menimbulkan penyesalan lantaran setiap hari kudu bolak-balik antar kota untuk bekerja. Belum lagi kalau terkena macet. Maka dari itu, tinjaulah langsung ke lokasi apartemen sebelum menentukan keputusan membeli atau tidak.

Fasilitas Penunjang, Jangan Dilupakan!

Hal lain yang tak kalah penting saat membeli apartemen adalah ketersediaan fasiliast penunjang. Setidaknya apartemen yang bakal ditinggali dekat dengan rumah sakit, kantor polisi, halte bus seperti Transjakarta, sekolah, perguruan tinggi, pusat perbelanjaan hingga lokasi kerja sekarang. Dengan begitu, keuntungan yang diperoleh lebih maksimal.

Pahami Legalitas Perusahaan

Pahami hak guna bangunan (HGB) yang dimiliki pengembang. Termasuk surat izin prinsip,  surat izin mendirikan bangunan (IMB) hingga surat izin penggunaan peruntukan tanah (SIPPT). Cobalah validasi sertifikat dan legalitas bangunan tersebut di instansi yang berkaitan. Jika memang legal, pemilik apartemen harusnya berhak memiliki sertifikat hak satuan rumah susun (SHSRS), usai melakukan transaksi pembelian apartemen baru.

Rekam Jejak Pengembang Wajib Diperhatikan

Ada banyak pengembang yang menawakan bermacam jenis apartemen. Umumnya pembelian apartemen bergantung penuh pada pengembang, sehingga tak jarang kasus bermunculan seperti apartemen ditelantarkan. Untuk menghindari pengembang bermasalah, pelajari kredibilitas pengembang lewat Asosiasi Perhimpunan Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Jangan Lupakan Keamanan Apartemen

Penting pula mempertimbangkan tingkat keamanan sebuah apartemen, sebelum benar-benar membelinya. Terlebih jika memiliki kendaraan pribadi, fasilitas parkir yang memadai saja kurang mencukupi. Namun, juga perlu ditunjang dengan sistem keamanan yang canggih, jika bisa.

Usia Bangunan Penting Dipikirkan

Ingat, tujuan utamanya adalah membeli apartemen baru. Jadi, jangan keburu tertarik saat ditawari hunian bekas. Maka dari itu, mempertimbangkan usia bangunan amatlah penting diperhatikan. Jika tidak, perlu biaya perawatan tinggi untuk renovasi.

Membeli apartemen memang sering bikin galau seperti saat memilih jodoh. Tapi, kini nggak perlu bingung lagi karena Meikarta hadir sebagai solusi hunian modern bagi kaum millennial. Berlokasi Cikarang, megaproyek besutan Lippo Group ini menawarkan kota masa depan yang sesuai dengan gaya hidup kaum urban masa kini.

Meikarta yang tahap pertamanya dikembangkan di lahan seluas 500 hektar ini menawarkan empat tipe apartemen yang bisa kamu pilih sendiri, yaitu Asian, American, European, dan Modern. Meikarta juga siap dikembangkan untuk meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Hal ini terbukti dengan keberadaan beragam fasilitas modern yang menyertai proyek ini, mulai dari pusat perkantoran dan bisnis, rumah sakit, shopping mall, shopping street, hingga fasilitas pendidikan dengan perpustakaan internasional.

Nggak ketinggalan, Meikarta juga memiliki sebuah ikon bernama Central Park, yaitu taman terbuka hijau seluas 100 hektar dengan sebuah danau di tengahnya. Taman ini dibangun hanya dalam waktu 2 bulan saja yang jadi bukti keseriusan Lippo Group membangun kota mandiri ini.

Selain itu, Meikarta nantinya juga akan terintegrasi dengan beragam moda transportasi, dari tol layang Jakarta-Cikampek, kereta cepat Jakarta-Bandung, pelabuhan Patimban, serta bandara internasional Kertajati. Jika semua proyek tersebut rampung, otomatis akan menjadikan Meikarta sebagai kota modern terpadu di kawasan Cikarang.

Tertarik lebih jauh tentang Meikarta ini? Langsung berkunjung ke situs resminya meikarta.com.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



PLUS TERKAIT

LATEST UPDATE




REKOMENDASI